Author Topic: Perumpamaan Pokok Anggur  (Read 4604 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 09, 2018, 05:33:56 PM
Reply #120
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Sebelum spirit anggur, sekali lagi [Yoh.15]
Ayat 1-8 = Spt pokok anggur&ranting
Ayat 9-17 = Spt Bapa dan Anak-Nya

Mengapa pokok anggur dan atau air anggur dipakai sbg metapora utk mengajak dan menyatakan kemanunggalan kita dgn-Nya, setelah hubungan persahabatan-Nya dgn kita. Mari kita coba lihat histori cerita kebuh anggur Tuhan.

Pd umumnya segala macam makanan atau minuman cepat rusak, lalu membusuk dan dpt menyebarkan penyakit. Anggur beda, ia bisa tidak rusak dlm waktu yg sangat lama bila disimpan dgn benar. Peradaban kuno menganggap anggur itu sebagai hadiah dr para dewa, karena anggur dilindungi dr penyakit dan bahkan alkohol dlm anggur dpt membunuh mikro-organisme penyebab penyakit.  Dionysus dikenal sbg Dewa Anggur dlm mitos Yunani, diidentikkan sbg “Dewa Pesta”.  Bangsa Yunani adalah bangsa yg pertama yg mengkomersilkan minuman anggur, yaitu sejak thn 300 SM.  Koin bangsa Yahudi pd jaman rabi2 (jaman Makabean), ada yg bergambar anggur.

Kebun anggur pertama yg tercatat ialah kebun anggur Nuh [Kej.9:20], ini jauh sebelum Yunani mengerti anggur. Berarti anggur sudah sejak dahulu kala telah menjadi budaya yg mengikat dan membumi pd bangsa Meopotamia. Nuh dan Lut, bangsa Ibrani, tercatat di Alkitab pernah mabuk, tapi hingga kini anggur tetap hrs ada dlm jamuan kawin, sunatan, pesta paskah, dll hari raya atau acara ritual Yahudi lainnya. Itu sebab Yesus banyak menggunakan anggur sbg logo darah dan seremoni bersulang anggur dlm pesta perkawinan atau perayaan lainnya merupakan tanda persahabatan dan kesetiaan yg hangat dan bersemangat, “satu botol cukup”.

[Maz.80]: Ttg pohon anggur
Adalah kesaksian Asaf, memohon pemulihan Israel agar selamat atas belas kasih-Nya
Pohon anggur yg dicabut dr Mesir dan ditanam di T.Kana’an sudah terlanjur istimewa
Bangsa2 lain telah dihalau-Nya demi mengutamakan pertumbuhan pohon anggur ini

Pohon telah menjalar ke laut dan menjalar ke sungai Eufrat buahnya dimakan hewan
Kiranya tangan-Mu melindungi org yg di sebelah kanan-Mu,
anak manusia yg telah Kauteguhkan bagi diri-Mu itu, [Ay.17]

Bangsa Israel diumpamakan sbg pohon anggur yg dicabut dr Mesir. Boleh jadi spt Yusuf anak Yakup yg No.11 bisa mewakili Bangsa Israel sbg contoh bibit pokok anggur itu. Sedari bertumbuh dia di-“pruning”, digunting kiri-kanan, dijual, dijadikan budak Potipar, tapi tetap berbuah [Kej.39:3-4]. Lalu dia di-“pruning” lagi dgn difitnah oleh istri Potipar, lalu dipenjara, tapi tetap berbuat yg baik dan bahkan berbuah yg lebat setelah keluar dr penjara. Dia diberi kuasa oleh Firaun atas seluruh tanah Mesir [Kej.41:41].

Kerajinan Yusuf tak kendor, roh-nya tetap me-nyala2, sabar dlm kesesakan, sukacita dlm pengharapan. Ia tak dendam kpd saudara2-nya yg menjualnya sbg budak bahkan saudara2 itu pernah berniat utk membunuhnya. Tapi Yusuf justru melakukan yg sebaliknya, menyelamatkan saudara2-nya itu dr bala kelaparan di tanah Kana’an saat itu. Mungkin itulah arti mimpinya yg kerap dikemukakan kpd saudara2nya bahan kpd Yakup, bapak-nya dan terus direnungkan berulang dan mengandung makna yg tetap sama. Ia lebih terhormat dan berbuah spt mimpinya itu. Begitu juga dgn Daniel, Sandrak dan Abednego di pembuangan yg setia kpd Tuhan, mereka dihormati di istana dan dipakai oleh raja.

[Yes.5:3-7]: Ttg kebun anggur Tuhan
Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda,
adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu.

Apatah lagi yg hrs diperbuat utk kebun anggur-Ku itu,
yang belum Kuperbuat kepadanya?
Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yg baik,
mengapa yg dihasilkannya hanya buah anggur yg asam?

Maka sekarang, Aku mau memberitahukan kpd-mu
apa yg hendak Kulakukan kpd kebun anggur-Ku itu:
Aku akan menebang pagar durinya, sehingga kebun itu dimakan habis,
dan melanda temboknya, sehingga kebun itu di-injak2;

Aku akan membuatnya ditumbuhi semak2,
tidak dirantingi dan tidak disiangi, hingga tumbuh puteri malu dan rumput;
Aku akan memerintahkan awan spy jgn diturunkannya hujan ke atasnya.

Sebab kebun anggur TUHAN semesta alam ialah kaum Israel,
dan org Yehuda ialah tanam2-an kegemaran-Nya;
dinanti-Nya keadilan, tetapi hanya ada kelaliman,
dinanti-Nya kebenaran tetapi hanya ada keonaran.

Bagaimana dgn kita?
Kita diharapkan menjadi ranting pokok anggur
Berbuahlah! Pengusaha yg benar pasti merawat kita utk lebat.

Salam Berbuah!
« Last Edit: November 09, 2018, 05:36:33 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
November 16, 2018, 03:37:13 PM
Reply #121
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
... Makin mudah ditebak manggis,
Apa pentingnya perumpamaan pokok anggur itu dgn anggur Kana
Mengapa anggur Kana duluan dan analogi pokok-nya belakangan
Dan bukan analogi kesatuan tubuh dan kepala pd jelang mati-Nya?

Dgn merenungkan-nya dlm2
Semakin rada nyata spirit anggur dlm bayang kesatuan kehidupan
Semakin terbuka juga spirit anggur itu dlm kesetiaan dan kematian
Semua hanya terbuka bagi manusia2 rohani, bukan bagi yg duniawi
...

Kita tidak punya budaya anggur, mungkin itu sebab kita rada kikuk kalau bicara ttg anggur. Mungkin juga anggur itu dianggap sebagai sajian mewah karena mahal, entahlah. Memang ada anggur kita yg cukup terkenal yaitu anggur kolesom cap “Orang Tua”. Dr capnya aja udah ketahuan, bw ini bukan anggur pergaulan, bukan minuman pesta, melainkan lebih berat utk obat kuat campuran  jamu herbal. Aggur kolesom bukan spt anggur di hotel berbintang atau spt tuak kampung di Batak atau sopi (air kata2) di NTT. Ke-dua minuman kampung itu adalah minuman persahabatan dan kerap tersedia di setiap pesta adat atau hajatan tradisi budaya mereka, bahkan stok selalu ada setiap hari di kedai2 atau lapo kongkow2.

Tuak bertahan hanya utk sehari-habis, sebab besoknya sudah basi dan nggak enak lagi. Tuak basi tak bisa mendendangkan lagu “Lisoy” dgn ceria. Minum tuak basi bisa mules, meringis murus. Maka tuak baru selalu dinanti, beda dgn anggur tua, [Luk.5.39]:  “... tidak seorangpun yg telah minum anggur tua ingin minum anggur yg baru, sebab ia akan berkata: Anggur yg tua itu baik." Sementara itu sopi sudah bisa dipasarkan secara terbatas dlm botol dan mulai diberi cap spt, “BM” (Bakar Manyala). Yg ini cocok utk “orang muda”. Ada ungkapan org NTT, bw minum satu botol sopi itu jaga tradisi, dua botol jaga gengsi, tiga hrs dijaga polisi, sebab kata2-nya sudah mulai ngawur, cari pasal salah persepsi, me-layang2, spt uap sepirit-us yg me-nari2 di bibir gelas.

Utk tertawa org menghidangkan makanan
Anggur dpt meriangkan hidup, kata Salomo,
Tapi tak bijak org yg karenanya ter-huyung2

Artinya, minum anggur itu hrs benar
Tetap bijak, hrs “ahli”, tetap punya visi

Jika kita perhatikan di filem2, bagaimana nuansa minum anggur beda dgn minum tuak atau minum sopi. Gelas-ramping-jangkung selalu mereka isi anggur max. 20% spy ada ruang utk anggur di“go-yang-go-yang” disirkulasi agar uapnya nendang ke hidung atau agar ada reaksi oksigen utk menambah efek tarian di kepala, entahlah. Kemudian dlm ritual kerap ada “toas”, yaitu setelah “make a wish” utk menumbuhkan semangat (spirit) ke arah “wish” itu, yaitu hidup dgn janji yg baru atau menyatukan pengharapan baru. Sementara meminum minuman kampung tak pake gitu2an, tak pake “goyang2-mangkuk”, tak pake “toas dan ‘ting’” segala dan tak pake “make a wish”. Pd prinsipnya minum tuak atau sopi, ya, langsung minum saja diseruput atau diteguk, biasanya setelah basa-basi dikit utk mengundang gelak tawa atau mentertawakan dirinya yg riang dan baha(g)ia.

Begitulah kurasa nuansa anggur itu, dpt mempererat persahabatan
Dan juga dpt merusaknya, jika karena minum anggur ia ter-huyung2
Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua org yg menerimanya [Luk7.35]

Sebab itu Yesus berkata kpd kita: "Itulah darah-Ku,
darah perjanjian, yg ditumpahkan bagi banyak org. [Mrk 14:24] 

Mari melekat!
Semuanya itu Kukatakan kpd-mu,
Spy sukacita-Ku ada di dlm kamu dan
Sukacitamu menjadi penuh. [Yoh.15.11] 

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
December 07, 2018, 10:35:26 AM
Reply #122
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
... Kemudian dlm ritual kerap ada “toas”, yaitu setelah “make a wish” utk menumbuhkan semangat (spirit) ke arah “wish” itu, yaitu hidup dgn janji yg baru atau menyatukan pengharapan baru. Sementara meminum minuman kampung tak pake gitu2an, tak pake “goyang2-mangkuk”, tak pake “toas dan ‘ting’” segala dan tak pake “make a wish”. Pd prinsipnya minum tuak atau sopi, ya, langsung minum saja diseruput atau diteguk, biasanya setelah basa-basi dikit utk mengundang gelak tawa atau mentertawakan dirinya yg riang dan baha(g)ia.

Belum ada penelitian akurat ttg awal mula “toas” itu
Bisa jadi budaya itu tercipta bersamaan masing suku
Mungkin sama dgn budaya bersulang spt di Indonesia
Di Jepang, “Kampai!” diteriakkan sebelum minum sake

Sekaran anak2 kecil pun sudah biasa melakukan “tos”
Telapak tangan masing2 ditabrakkan di udara, “tos...plak”
Lalu sama2 girang cengengesan pertanda teman sehaluan

Salam Damai!

NB: The International Handbook on Alcohol and Culture says toasting "is probably a secular vestige of ancient sacrificial libations in which a sacred liquid was offered to the gods: blood or wine in exchange for a wish, a prayer summarized in the words 'long life!' or 'to your health!'"
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)