Author Topic: Perumpamaan Pokok Anggur  (Read 10728 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 28, 2018, 01:45:33 PM
Reply #90
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2752
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Coba kita fokuskan [Yoh.15:1-8] pd:
Awal perumpamaan: "Akulah pokok anggur yg benar"
Dan akhir perumpamaan: :Kamu adalah murid2-Ku"

Ditengah2nya ada pengusaha dan jenis2 ranting
Yg kita bahas adalah diri ranting yg sudah bersih

1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Kukatakan kpd-mu.

4  Tinggallah di dlm Aku dan Aku di dalam kamu.
Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dr dirinya sendiri,
kalau ia tidak tinggal pd pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah,
jikalau kamu tidak tinggal di dlm Aku.
5  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting2-nya.
Barangsiapa tinggal di dlm Aku dan Aku di dlm dia, ia berbuah banyak,
sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
6  Barangsiapa tidak tinggal di dlm Aku,
ia dibuang ke luar spt ranting dan menjadi kering,
kemudian dikumpulkan org dan dicampakkan ke dlm api lalu dibakar.
7  Jikalau kamu tinggal di dlm Aku dan firman-Ku tinggal di dlm kamu,
mintalah apa saja yg kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
8  Dlm hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak
dan dgn demikian kamu adalah murid2-Ku."

Salam Damai!
« Last Edit: October 01, 2018, 05:33:31 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 28, 2018, 03:26:04 PM
Reply #91
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11002
Kalau memang keselamatan hanya kasih karunia melalui iman, dan perbuatan tidak ikut andil dalam keselamatan, maka kalau gak ada perbuatan baik mestinya bisa selamat. Logikanya begitu kan? Coba elu mikir..
ya enggak dong..
kan masih ada premis "iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong"..

katanya elo bilang ayat alkitab itu Firman Tuhan...
Firman Tuhan yang itu elo kemanain?
apa elo kira tuhan lagi khilaf?
ahahaha.....

Quote
Tapi kalau saya pertanyakan seperti itu, langsung pada ngeles, mutar muter kesana kemari, akhinya nuduh, gak ngerti-ngerti, atau nuduh sok jadi Tuhan, atau bilang sudah dijelasin di blog, dlsb.
haha.. coba aja palingan elo yang ngeles pura-pura gak baca James 2:20
wkwk.. seneng kan elo ada kutipan nomer buntutnya? diskusinya lebih Kristen? wkwk

Quote
Saya gak bilang gitu, itu karangan guoblok dari elu yang otaknya cuma seuprit.
Kalau menurut saya, orang bisa menolak untuk beriman.
Lho.. tunggu... tunggu..

bukannya menurut ajaran tradisimu, setiap manusia itu udah dipastikan selamat atau enggak selamatnya?
kok bisa minta pindah kamar?

Quote
Tapi orang yang mau percaya akan diselamatkan. Kemudian dalam kehidupannya dia terus menerus percaya akan keselamatan yang merupakan anugerah Tuhan semata, maka hidupnya akan menghasilkan perbuatan baik.

ahahahaha... ini yang elo bilang "didikan tuhan" itu??
wkwkwkwkwkwkwkwkw....

coba dijelasin dong mas..
gimana jalan pikiran tuhan nya?

jadi nurut elo:
Tuhan berkehendak agar manusia yang sudah mengaku-ngaku percaya, dan terus-menerus ngaku-ngaku terus percaya, maka otomatis manusia tersebut tidak dapat berbuat jelek?


ahahahahaha....
ini didikan tuhanmu itu mas?
wkwkwkw
September 28, 2018, 05:25:31 PM
Reply #92
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2752
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@cadangdata
Yg dierami tadi baru menetas kini
Yg kini menetasnya mungkin nanti
Lalu kapan berbuah jika betelur mulu

@Siip
Bukankah kita perlu umpama berbuah?
Atau kita perlu cari tahu/bahas ini dulu:
Mengapa banyak hal anggur dlm Alkitab?

Mujizat pertama Yesus pd pesta kawin di Kana ialah hal anggur
Perumpamaan terakhir-Nya di Yerusalem ttg pokok anggur
Ada apa dgn anggur?

... Antara lain:
1. Mujizat anggur di Kana [Yoh.2]

2. Buruh kebun anggur[Matius 20:1-16]
3. Penggarap kebun [Mat.21:33-44; Mar.12:1-12; Luk.20:9-19]
4. Perjamuan kawin [Matius 22:1-14]
5. Gadis bijak dan gadis bodoh [Mat.25:1-13]
6. Kantong anggur yg baru [Mat.9:17]
7. Pokok anggur yg benar [Yoh.15:1-15]

Salam Damai!
« Last Edit: September 28, 2018, 05:46:49 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 29, 2018, 12:46:38 AM
Reply #93
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Koreksi:
Coba kita fokuskan [Yoh.15:1-8] pd:
Awal perumpamaan: "Akulah pohon anggur yg benar"
...
Bukan "pohon" melainkan "pokok".

Salam damai (tanpa pentung).
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
September 29, 2018, 03:59:39 AM
Reply #94
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 975
  • Denominasi: Protestan
...
Kalau memang keselamatan hanya kasih karunia melalui iman, dan perbuatan tidak ikut andil dalam keselamatan, maka kalau gak ada perbuatan baik mestinya bisa selamat. Logikanya begitu kan? Coba elu mikir..
...
Lho, kan PERCAYA itu perbuatan baik, bray?

Ya, kecuali kalo menurut elo PERCAYA itu bukan perbuatan baik sih.
September 29, 2018, 04:56:51 AM
Reply #95
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 975
  • Denominasi: Protestan
Coba kita fokuskan [Yoh.15:1-8] pd:
Awal perumpamaan: "Akulah pohon anggur yg benar"
Dan akhir perumpamaan: :Kamu adalah murid2-Ku"

Ditengah2nya ada pengusaha dan jenis2 ranting
Yg kita bahas adalah diri ranting yg sudah bersih

1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Ku katakan kpd-mu.
...
Nah itu dia poinnya, bray.

Yang ngomong SUDAH BERSIH-nya kan adalah Yesus Kristus sendiri. Jadi unquestionable gitu.
Lah kalo gue, paling sebatas rasa-rasanya gue percaya barangkali atau mungkin sudah bersih...
Itu pas lagi up, kalo pas lagi down, lain lagi ceritanya.

Kalo elo gimana, bray?
Kayaknya sih yakin SUDAH BERSIH gitu... ???
September 29, 2018, 07:21:56 AM
Reply #96
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Lho, kan PERCAYA itu perbuatan baik, bray?

Ya, kecuali kalo menurut elo PERCAYA itu bukan perbuatan baik sih.
Yaela, argumen beginian muncul terus.
Bernapas juga termasuk perbuatan ya bray. Jadi emang alkitab itu salah kali ya. Gak mungkin kita bisa selamat tanpa perbuatan baik kita.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
September 29, 2018, 04:39:47 PM
Reply #97
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11002
Yaela, argumen beginian muncul terus.
Bernapas juga termasuk perbuatan ya bray. Jadi emang alkitab itu salah kali ya. Gak mungkin kita bisa selamat tanpa perbuatan baik kita.

yang salah itu ELO dul...

hahahaha....
September 30, 2018, 09:30:07 PM
Reply #98
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 975
  • Denominasi: Protestan
Yaela, argumen beginian muncul terus.
Ya, mo gimana lagi, bray.
Pakemnya kan udah ada dari sejak dahulu kala. Bahkan sudah ada sebelum TULIP & OSAS nongol loh.

Bernapas juga termasuk perbuatan ya bray.
Lah, emang menurut elo, bernafas bukan perbuatan (baik), bray?

Jadi emang alkitab itu salah kali ya.
Yang ngomong siapa, bray?

Gak mungkin kita bisa selamat tanpa perbuatan baik kita.
Kalo elo sih kayaknya bisa, bray. Moga-moga az yah.

Kalo di gue sih, mustahil bingits, bray. Kan gue mesti percaya dulu. Dan percaya itu, nurut gue, adalah perbuatan baik. Cuma yang mesti jadi catatan adalah, setiap perbuatan baik gue SEMATA-MATA HANYA KARENA anugerah Allah.

Jadi ga ada ceritanya tuh, gue bisa gembar-gembor kalo keselamatan gue adalah sebab-akibat perbuatan baik gue.

Lah, kalo setiap perbuatan baik gue bisa terjadi semata-mata hanya karena anugerah Allah, so apa yang perlu digembar-gemborin?

Jadi, gue diberi iman, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue percaya, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue selamat/diselamatkan/dapat keselamatan, ya KARENA anugerah Allah.

SOLA GRATIA forever.
« Last Edit: September 30, 2018, 10:02:06 PM by viruskasih »
October 01, 2018, 07:33:42 AM
Reply #99
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Ya, mo gimana lagi, bray.
Pakemnya kan udah ada dari sejak dahulu kala. Bahkan sudah ada sebelum TULIP & OSAS nongol loh.
Lah, emang menurut elo, bernafas bukan perbuatan (baik), bray?
Yang ngomong siapa, bray?
Kalo elo sih kayaknya bisa, bray. Moga-moga az yah.

Kalo di gue sih, mustahil bingits, bray. Kan gue mesti percaya dulu. Dan percaya itu, nurut gue, adalah perbuatan baik. Cuma yang mesti jadi catatan adalah, setiap perbuatan baik gue SEMATA-MATA HANYA KARENA anugerah Allah.

Jadi ga ada ceritanya tuh, gue bisa gembar-gembor kalo keselamatan gue adalah sebab-akibat perbuatan baik gue.

Lah, kalo setiap perbuatan baik gue bisa terjadi semata-mata hanya karena anugerah Allah, so apa yang perlu digembar-gemborin?

Jadi, gue diberi iman, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue percaya, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue selamat/diselamatkan/dapat keselamatan, ya KARENA anugerah Allah.

SOLA GRATIA forever.
Oh jadi ente percaya kayak takdir gitu ya.
Manusia tinggal pasrah, kalau diberi iman sama Tuhan ya puji Tuhan, kalau kagak diberi ya nasib. Mo ngapa-ngapain juga gak bakalan bisa selamat.

Gitu ya?
Mirip predestinasi-nya reformed?

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)