Author Topic: Monergism  (Read 2249 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 16, 2018, 03:33:13 PM
Reply #10
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6290
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Agak beda ya dari pandangan Lutheran tradisional
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
August 16, 2018, 04:35:33 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 703
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Sejujurnya saya tidak tahu istilah monergism dan synergism.

Yes,saya juga tak!

Dan sesungguhnya itu hanya istilah saja, keknya
Dan tidak berat hati, jika hrs mengamini ke-dua2-nya
Paling diomelin fanatisme yg satu jika pro kpd yg lainnya

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 16, 2018, 04:57:43 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1775
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Agak beda ya dari pandangan Lutheran tradisional

saya tdk mau membelengu diri saya dlm sebuah kotak imajiner yg saya buat sendiri atw dibuat orang lain.
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 16, 2018, 09:37:15 PM
Reply #13
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 269
  • Denominasi: Katolik
Apa yang wilefhas62 imani mirip dengan yang saya imani.

Keselamatan yang saya imani :
Keselamatan itu pertama- tama karena kasih karunia Allah yang harus ditanggapi dengan iman dan diwujudkan dengan perbuatan.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
August 17, 2018, 10:04:50 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 703
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
saya tdk mau membelengu diri saya dlm sebuah kotak imajiner yg saya buat sendiri atw dibuat orang lain.

Ini ciri2 org merdeka!

Merdeka, Bro!
Selamat HUT RI-73

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 18, 2018, 12:57:19 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12072
    • fossil coral cantik
Sejujurnya saya tidak tahu istilah monergism dan synergism.
Saya juga baru tau wiltu. Makanya tak bikin thread ini :).

Quote
Mengenai Kisah Para Rasul 16:13-14

Lidia adalah seorang perempuan Yahudi saleh yang mendapat panggilan menjadi Kristen setelah mendengarkan perkataan Paulus.

Dasar saya menyimpulkan Lydia orang beragama Yahudi yaitu berdasarkan ayat pada Kisah Para Rasul 16:13  dimana membahas perempuan-perempuan yang yang berkumpul  di tempat sembahyang Yahudi.
Walo tidak dikatakan secara lebih mendetail, ya saya sependapat atas kesimpulan bold wiltu.

Quote
Jadi hal ini bukan hanya karena Lidia beribadah kepada Allah karena ahli Taurat & Orang Farisi juga beribadah kepada Allah, melainkan karena Allah berkenan kepada Lidia.
Saya nggak sependapat dgn yg di quote atas.

Menurut saya,
[beribadah kepada Allah]-nya si Lydia berkenan di pov Allah
[beribadah kepada Allah]-nya para ahli Taurat/Farisi tidak berkenan di pov Allah.

Alesan saya ....
Quote
Memang tidak dijelaskan mengapa Allah berkenan kepada Lidia sehingga Lidia mendapat panggilan untuk mengimani Yesus.
Alesan saya mengapa Allah berkenan kepada Lydia :  [beribadah kepada Allah]-nya si Lydia dengan iman.

Quote
melihat hati manusia dan hal-hal tersembunyi yang dilakukan manusia.
Nah itu, "hal tersembunyi" disitu ada di perihal iman  :).

Quote
Lidia bisa beribadah kepada DiriNya karena Lidia lahir di keluarga Yahudi
Lydia dan perempuan2 laen yg saat itu mendengarkan perkataan Rasul, semuanya bisa dikatakan [beribadah kepada Allah].

Buat saya terasa aneh kalo kayak begini :
KARENA  Perempuan2 laen saat itu juga beribadah kepada Allah,
tapi Tuhan tidak membuka hati mereka....

MAKA (kesimpulan) :
dengan demikian Allah berkenan kepada Lydia BUKAN karena Lydia beribadah kepada Allah.

Quote
Jadi yang pertama kali terjadi adalah inisiatif Allah atau dengan kata lain Tuhan yang mencari manusia sehingga manusia bisa mengenal Allah dan mencari Allah.
Jadi begimana dengan Lydia ?

Quote
Nuh itu mempunyai garis keturunan sampai jalur Seth yaitu orang beriman dan dekat dengan Allah. Maka keimanan ini pasti diajarkan turun temurun dari Seth kepada keturunannya sampai Nuh. Jadi bisa dikatakan Nuh mengenal Allah dan bisa beribadah kepada Allah sesuai yang diajarkan keluarganya kepada Nuh. Jadi jelaslah Allah dahulu yang berinisiatif.
Ini jadinya membingungkan kalo secara dari pov Monergism, wiltu. Sepanjang yang saya ketahui, di pov Monergism - Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah ---> ini SETELAH Allah regenerate Nuh dan lalu memberi iman kepada Nuh. Kenapa Nuh ? Ya karena Nuh itu adalah salah satu dari orang yg Allah pilih SBJ utk nantinya Dia regenerate dan Dia kasih iman.


Quote
Mengenai Ayub walaupun tidak jelas silsilahnya tetapi tetap saja inisiatif ini berasal dari Allah. Bisa saja keluarganya orang beriman
Nah ... kalo Ayub bisa bisa saja kayak bold, kenapa jadi tidak bisa bisa saja ortu-nya Lydia orang beriman ?

Quote
kalau tidak pastilah Ayub mendapat anugrah Allah sehingga bisa mengenal dan beriman kepada Allah
Jadi...
1. bisa dikarenakan Ayub mendapat anugerah Allah (dikasih iman ?),
2. bisa juga karena keluarga/ortu Ayub adalah orang beriman.

Dengan demikian, iman bisa bisa saja BUKAN anugerah yang diberikan disuatu ketika setelah seseorang menjalani kehidupannya didalam span waktu tertentu, melainkan dikarenakan keturunan dari ortu yg beriman.

Berdasarkan yg nomor-1, urutan logika realita-nya begini :
KARENA Ayub mendapat anugerah Allah
MAKA Ayub menjadi orang yg saleh dan jujur, takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.


Quote
Yang pasti Allah tidak membedakan manusia. Allah mencintai manusia sehingga Allah tidak mungkin menentukan seseorang masuk surga dan seseorang masuk neraka sejak semula, sejak orang tersebut belum dilahirkan.
Sepertinya kalimat di quote atas itu BUKAN pov Monergism. (Oleh karena itu thread ini saya tujukan ke pihak monergism).

Monergism (sepanjang yg saya duga) itu MLULU Allah yang bekerja, dimulai Allah memilih SBJ (otomatis sebelum satu orangpun eksis, apalagi telah berbuat ini itu).

bersambung
« Last Edit: August 18, 2018, 02:42:21 AM by odading »
August 18, 2018, 12:57:30 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12072
    • fossil coral cantik
Quote
Ayub, Nuh pasti masuk surga karena mereka orang yang berkenan kepada Allah walaupun Yesus belum dilahirkan dan mereka belum mengenal Yesus.
Makanya saya tanyakan ke pihak Monergism :
Lydia SEBELUM dibukakan hatinya oleh Allah, adalah a Believer ato bukan di pov Allah menurut Monergism ?

Yg saya duga, urutan di pov Monergism itu :
Diketika Allah membukakan hati Lydia (sewaktu mendengarkan perkataan Rasul) ---> ini = event regenerate.
Setelah Lydia Allah regenerate, Allah memberi Lydia iman. Akibatnya : Lydia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Barulah setelah itu [Lydia adalah a Believer di pov Allah] menurut pov Monergism.


Apabila dugaan saya yg oranye bener, kalo di aplikasikan ke Nuh atopun Ayub jadinya aneh, karena tidak ada itu "mendengarkan perkataan Rasul ttg kisah Yesus historis" di saat itu.

Quote
Kewajiban mengimani Yesus adalah setelah Yesus eksis bukan sebelumnya.
Kewajiban setiap orang yang hidup setelah Yesus eksis ? Begimana itu ceritanya orang2 saat Rasul memberitakan kisah Yesus historis di "timbuktu" Allah wajibkan mengimani Yesus ?

Quote
Jadi yang beranggapan Ayub dan Nuh tidak selamat karena tidak mengenal Yesus adalah orang-orang yang dangkal ilmunya, bodoh, tidak mengerti Kitab Suci dan menyesatkan.
Ayub dan Nuh selamat, karena Yesus belon eksis. Pertanyaannya : Begimana itu orang2 di "timbuktu" diwajibkan mengimani Yesus setelah/sewaktu Yesus eksis ?

Mohon diabaikan pertanyaan saya karena pertanyaan saya tsb udah keluar dari pov Monergism.
Menurut saya, di pov Monergism tidak ada itu Kewajiban. Kalo ada itu Kewajiban, maka ini kan jadinya synergism. Monergism : manusia tidak diwajibkan ngapa2in, semuanya Allah sendiri-lah yang wajib ngapa2in.

:)
salam.
August 18, 2018, 01:05:31 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12072
    • fossil coral cantik
@odading

masalah surga dan neraka saya percaya bahwa 1000% itu adalah hak mutlak Tuhan
Saya duga, di pov Monergism juga demikian spt yg terbaca di quote atas, rama.

Adalah hak mutlak Tuhan sebelum bumi jadi utk berkehendak sebagian ada di neraka - sebagian ada di sorga.

Pertanyaannya utk pihak Monergism :
SEBELUM Lydia dibukakan hatinya oleh Allah, menurut Monergism, Lydia di pov Allah itu Believer ataukah NON-Believer ?


August 18, 2018, 01:08:19 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12072
    • fossil coral cantik
Kalau yang kuimani 10000000% kehendak Tuhan adalah supaya umat manusia itu semuanya selamat dan masuk surga.
Well... sepanjang yg saya ketahui, di pov Monergism - kehendak Tuhan itu adalah [sebagian ada di sorga - sebagian ada di neraka], sima :).
August 18, 2018, 01:16:13 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12072
    • fossil coral cantik
Kalo menurut saya sih gak ada "plesetan", sebab pemahaman orang (baik orang Yahudi maupun orang non Yahudi; Baik dulu maupun sekarang)), kata/penyebutan Allah itu adalah menunjuk kepada TUHAN.
Makanya saya sempet sarankan agar vbn gunakan kosakata "Yahweh" apabila maksud vbn pada kosakata "tuhan" itu adalah SESUATU yang bernama Yahweh, vbn :).

Lydia : "If you consider me a believer in the Lord...."
IMO, di pov Lydia kosakata kosakata "the Lord" ngerujuk ke Yesus bukan ke Yahweh.

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)