Author Topic: Monergism  (Read 2586 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 06, 2018, 11:41:24 AM
Reply #130
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9072
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo gereja kita masuknya barat ya?
tapi soal ginian cocoknya ke timur

;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
September 06, 2018, 12:19:19 PM
Reply #131
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Protestan, Pentakosta itu turunan dari gereja barat.
Makanya gaya berpikirnya mirip-mirip.
Tp Pentakosta dan karismatik udah berkurang filosofisnya sih.
Ada bahayanya jg, yaitu kl terlalu mngandalkan pengalaman dan mjadikan pengalaman sbg doktrin universal.

Mksdnya bgini Bro, kl di karismatik itu sangat mungkin Tuhan memberikan visi khusus kpd suatu denominasi. Akan jadi masalah kl visi khusus ini digeneralisasi dan dijadikan spt ajaran yg harusnya berlaku di sluruh gereja.

Misal, minyak urapan adl sarana khusus suatu denominasi yg jadi ciri khasnya, akan jadi problem kl minyak urapan jadi doktrin spesial seolah sejajar dg hal-hal penting lainnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
September 06, 2018, 12:23:21 PM
Reply #132
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9072
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
agree, filosofisnya udah hampir ngga ada bahkan
saya aja ngerasa aneh sendiri di gereja, blajar2in ginian, gembalanya aja kagak rasanya ;D

minyak urapan itu udah jadi tradisi kalo menurut saya broh
tiap ada sesi pengurapan harus ada minyak
misal minyak kebetulan abis ato ga prepare, harus dicari2 sampe dapet
seolah2 itu sesi batal kalo ga ada minyak ;D

generalisasi juga terjadi sih
cuma sekarang udah mending daripada dulu
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
September 06, 2018, 01:04:12 PM
Reply #133
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
Bukan.
Weleh... ternyata saya masih salah juga.... hahaha..  ;D

Quote
SG di zaman PL itu iman akan kedatangan Mesias.
SG di zaman PB itu Mesias adalah Yesus.
Tanpa saya sudah punya informasi dari internet, yang bold itu sudah duluan ada di pemikiran saya bhw pov Monergism kayak bold, siip. Oleh karena itulah saya ajukan Ayub dan Nuh.

Abraham.
Ada artikel the internet yang menggunakan ayat Gen 12 sbg foolproof bahwa "Abraham itu beriman akan kedatangan Mesias" : "Go forth from your country, And from your relatives And from your father's house. To the land which I will show you; And I will make you a great nation, And I will bless you, And make your name great; And so you shall be a blessing; And I will bless those who bless you, And the one who curses you I will curse. And in you all the families of the earth shall be blessed"

So, begimana itu ceritanya ujug2 di pov Monergism :  "Abraham itu beriman akan kedatangan Mesias"

Nuh/Ayub/Melkisedek.
Saya tidak/belum menemukan di ayat2 terbaca perihal janji Allah kepada mereka. So begimana itu ceritanya ujug2 di pov Monergism : "mereka itu beriman akan kedatangan Mesias" ?

Sepanjang yang saya bisa ketahui, perihal janji Allah mengenai "kedatangan Mesias" itu adanya berupa nubuatan. Dan nubuatan itu sendiri (dalam penangkapan saya) TIDAK terjadi di jaman Nuh/Ayub/Abraham/Melkisedek/Henokh.

Quote
Anggaplah Lidia disebut 'beribadah kpd Allah' krn ia punya SG bhw Mesias akan datang.
Point-nya kan disini adalah logika situasi si Lydia sebelum Paulus duduk dan berbicara ke perempuan2 tsb, siip.

So... kalo kita taroh anggapan, maka anggapannya adalah :
anggaplah Lydia sudah mengalami born-of-the-HolySpirit (BoS, Regenerate) yang sehingga secara OTOMATIS menyebabkan Lydia beriman akan kedatangan Mesias, sebelum oranye.

Quote
The Spirit regenerates her shg ia punya iman SG-tipe-lama.
Ya.

Quote
Tp saat Mesias sudah datang dalam Yesus, maka ia harus mengalami regenerasi lagi menuju SG-tipe-baru.
Dengan demikian, BoS yg dialami Lydia TIDAK OTOMATIS menyebabkan Lydia beriman bhw Yesus adalah Mesias.

Nah, bagaimana dengan the rest of Israel (selain para nabi) ?
Apakah mereka mengalami BoS shg otomatis mereka beriman akan kedatangan Mesias sehubungan hal tsb dikumandangkan/dinubuatkan oleh para nabi di jaman tsb ?

Quote
Disitulah peran Paulus bersaksi kpd Lidia shg Roh meregenerasi Lidia supaya bisa menerima Yesus Kristus.
Ya... peran nabi di jaman tsb menyampaikan kabar sukacita bhw akan datang seorang Mesias.

So, kalo jawabannya : YA
maka : the rest of Israel beriman akan kedatangan Mesias

oda :
the rest of Israel mengalami BoS shg otomatis mereka beriman akan kedatangan Mesias.

BUT WAIT, another one yg possible adalah :
the rest of Israel beriman bahwa mereka akan menjadi bangsa yang besar dan melalui Israel seluruh bangsa diberkati. Demikianlah kabar sukacita yang mereka ketahui spt yang Allah sampaikan kepada Abraham.

maka oda :
SEBELUM Israel beriman akan kedatangan Mesias, mereka sudah mengalami BoS sehingga akibatnya mereka secara otomatis percaya kabar sukacita dari Abraham tsb. However, sebelum kabar sukacita akan kedatangan Mesias disampaikan, Allah bikin mereka matot kembali AGAR situasinya mereka tidak beriman akan kedatangan Mesias. Selanjutnya Allah regenerate LAGI agar otomatis mereka beriman percaya kedatangan Mesias ketika nubuatan disampaikan oleh para Nabi. Selanjutnya, masuk ke jaman Yesus, Allah bikin mereka matot kembali AGAR situasinya mereka tidak beriman bhw Yesus adalah sang Mesias. Selanjutnya Allah regenerate LAGI agar otomatis mereka beriman percaya bhw Yesus = Mesias.


bersambung
September 06, 2018, 01:04:22 PM
Reply #134
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
Quote
Skrg definisi 'beribadah kpd Allah' apakah itu SG-tipe-lama (iman akan kedatangan Mesias) ataukah hanya common-grace bhw seseorang taat pd taurat, itu tidak ada pembahasan resminya.
Apakah seseorang yg SG-tipe-lama pasti akan diregenerasi ke SG-tipe-baru scr otomatis itu juga tidak ada bahasan resminya.
At least di pov Monergism : [ada orang2 pra-Yesus yg mengalami BoS/Regenerate], siip.

So terkait Lydia, berdasarkan quote siip diatas :
Tidak bisa diketahui ["beribadah kpd Allah"nya si Lydia] itu apakah akibat dari BoS ataukah akibat dari common-grace.

Akibat selanjutnya, Monergism jadinya kayak gini :
A. KALO sebelumnya Lydia itu mengalami BoS,
MAKA Lydia adalah orang beriman di pov Allah dalam kerangka BoS lama.

B. KALO sebelumnya Lydia itu tidak mengalami BoS,
MAKA Lydia itu adalah orang tidak-beriman di pov Allah dalam kerangka CommonGrace.

Nah... berangkat dari A dan B....

Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.


begimana itu dengan Nuh/Ayub ?
Mereka ini orang beriman di pov Allah dalam kerangka BoS/SG/Regenerate lama ?
ataukah mereka orang tidak-beriman di pov Allah dalam kerangka CommonGrace ?

Apakah jawabannya sama spt thdp Lydia ?
A. KALO sebelumnya mereka (Ayub/Nuh) mengalami BoS,
MAKA mereka adalah orang beriman di pov Allah dalam kerangka BoS lama.

B. KALO sebelumnya mereka tidak mengalami BoS,
MAKA mereka itu adalah orang tidak-beriman di pov Allah dalam kerangka CommonGrace.

Dengan kata lain, ayat terbaca mengenai Nuh/Ayub diatas :
mungkin itu dikarenakan BoS lama - mungkin juga itu dikarenakan CommonGrace.

Maka kembali lagi ke pertanyaan :
Taroh kata itu dikarenakan BoS lama, ayat mana yang bisa ditarik ke kesimpulan bahwa [Nuh dan Ayub itu beriman akan kedatangan Mesias] ?

Quote
Monergism itu teori konseptual.
Belum tentu teori ini sudah di expand utk mjelaskan bbrp alternatif pertanyaan sbgmn yg saya sebut di atas.
Sekali lagi, at least mereka sudah berkonsep bahwa [ada orang2 PL yang mengalami BoS]. Selanjutnya berangkat dari konsep tsb, mereka mengembangkan lebih lanjut berupa [ada orang2 PL yang mengalami BoS LAMA].
September 15, 2018, 12:51:19 AM
Reply #135
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1097
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Tentukan... d e f i n i s i... dimaksud... singkat dan jelas
September 15, 2018, 09:41:43 AM
Reply #136
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
Tentukan... d e f i n i s i... dimaksud... singkat dan jelas
Ada kok di awal thread :

In brief,
monergism (often associated with Reformed theology or Calvinism) teaches salvation is the work of God alone

https://www.compellingtruth.org/monergism-vs-synergism.html
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)