Author Topic: Monergism  (Read 2585 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 18, 2018, 02:13:40 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
Bro @oda
Wilef secara formal adalah Luteran
Sepanjang yg saya ketahui, Lutheran itu Synergism, wilef.

Monergism (often associated with Reformed theology or Calvinism) teaches salvation is the work of God alone https://www.compellingtruth.org/monergism-vs-synergism.html

Quote
Sebagai illustrasi :

Nenek Moyang saya adalah ateis yg tinggal di daerah pedalaman.
Disekelilingnya yaitu didaerah pesisir/ pantai masyarakat sdh  memeluk agama Islam.

Secara perbuatan,  tdk ada lasan bagi Allah untuk menyelamatkan etnis saya yg ateis,
karena saat itu mereka hidup dlm "kegelapan" ( didramatisir sebagai cannibal)
Ini membingungkan buat saya, wilef. Karena berdasarkan ilustrasi diatas, jadinya kesimpulan yang berupa [Allah sempet gak perduli].

Quote
Akan tetapi, tanpa diminta, Allah mengirimkan missionaris dari eropa untuk mewartakan Kabar keselamatan kepada Nenek Moyang saya.
Nah itu. Setelah etnis atheist di gak perdulikan oleh Allah sekian lama, barulah blakangan biru.

Ibarat Mr. X punya 10 anak anak nakal.
Setelah 3 dari 10 anak2 nakal tsb modar karena kenakalannya, barulah tanpa diminta Mr.X memberikan petuah2/nasehat2 ke sisanya yang 7.

Quote
ini benar2 cuma-cuma, tanpa syarat, murni adalah kasih karunia berdasarkan  otoritas mutlak Allah untuk menetapkan demikian
Ya. Mr.X menetapkan demikian : NANTI setelah 3 anak gue modar, baru dah gue bilangin sisanya yang 7 itu utk jangan nakal supaya gak modar.  :D

Quote
Tahapan kedua : Proses interaksi Allah dan ciptaan dlam proses pemberian keselamatan

Pada tahapan ini peranan, tindakan/ perbuatan manusia menentukan akan berhasil tidaknya proses interaksi ini.

Peranan manusia ada dalam2 jenis yaitu :


1. sebagai pewarta: Roma 10 : 14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?

Berdasarkan nats ini, maka secara logikanya, keselamatan yg dirancangkan Allah membutuhkan kerja manusia agar dapat terjadi.
Maap... saya rada bingung dengan kalimat2 di quote, karena saya mesti ngerobah dulu pov saya secara Synergism/Lutheran - sementara pov saya lagi berfokus di versi Monergism/Calvinist, wilef.

Yg saya tangkep thdp pov Monergism : nggak ada itu perihal bold, wilef.
Adam Hawa silahkan jumpalitan ngajarin anak2nya mengenai Allah, namun itu sia sia karena toh nantinya Allah sendiri yang bekerja. So, begimana pula itu jadinya bisa ada ["Allah membutuhkan kerja manusia"] sementara di pov Monergism : [Allah ALONE yang bekerja] ?


Quote
Kriterianya sdh jelas adalah berdasarkan pda hasil Proses Tahapan Kedua, yaitu bagaiman manusia itu merspon keselamatan tsbt.
So.... bold = Synergism. Please CMIIW.
August 18, 2018, 02:37:40 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
Apa yang wilefhas62 imani mirip dengan yang saya imani.

Keselamatan yang saya imani :
Keselamatan itu pertama- tama karena kasih karunia Allah yang harus ditanggapi dengan iman dan diwujudkan dengan perbuatan.
Bold = synergy. Please CMIIW.

Sekarang ke Synergism.
Menurut saya, kalo pov Synergism itu berupa :
iman semacem "tool" yg adalah "default" anugerah Allah berikan kepada setiap manusia.

(11) Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak,
aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak.

Sekarang sesudah aku menjadi dewasa,
aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

(12) Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar,
tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka.

Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna,
tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.

(13) Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih,
dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

And now these three remain : faith, hope and love.
But the greatest of these is love.


Sejak kanak kanak, those three already there.
Aplikasinya : how one put his/her faith, how one put his/her hope, how one put his/her love.
So, ini synergy.

Kalo Monergism, awalnya tidak punya faith.
Blakangan, orang yang Dia pilih di regenerate lalu dikasih iman olehNya.
August 18, 2018, 06:42:08 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 592
@odading

anda:Pertanyaannya utk pihak Monergism:
SEBELUM Lydia dibukakan hatinya oleh Allah, menurut Monergism, Lydia di pov Allah itu Believer ataukah NON-Believer ?

saya: jawaban dari pihak bukan monergism:

SEBELUM Lydia dibukakan hatinya oleh Allah (sebelum Lydia mendengar perkataan rasul), menurut saya, Lydia di pov Allah itu Believer karena Lydia taat menjalankan perintah Tuhan sebelumnya yaitu taurat

jika setelah mendengar perkataan rasul Lydia tidak percaya maka menurut saya Lydia di pov Allah itu NON-Believer
August 18, 2018, 07:55:06 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12228
  • tidak menyimpan kepahitan
Makanya saya sempet sarankan agar vbn gunakan kosakata "Yahweh" apabila maksud vbn pada kosakata "tuhan" itu adalah SESUATU yang bernama Yahweh, vbn :).
Iya. yg saya tulis TUHAN (huruf besar semua) itu maksudnya ke Yahweh bro.

Lydia : "If you consider me a believer in the Lord...."
IMO, di pov Lydia kosakata kosakata "the Lord" ngerujuk ke Yesus bukan ke Yahweh.


Iya juga, karena si Lydia percaya bahwa Yesus itu Yahweh yang menjadi manusia.
August 20, 2018, 12:09:35 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1775
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Apa yang wilefhas62 imani mirip dengan yang saya imani.

Keselamatan yang saya imani :
Keselamatan itu pertama- tama karena kasih karunia Allah yang harus ditanggapi dengan iman dan diwujudkan dengan perbuatan.

 :afro:

begitulah yg saya baca di Alkitab
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 20, 2018, 12:11:07 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1775
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Ini ciri2 org merdeka!

Merdeka, Bro!
Selamat HUT RI-73

Salam Damai!

benar bro

Yesus mati untuk memerdekakan kita

salam
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 20, 2018, 12:31:51 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1775
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Sepanjang yg saya ketahui, Lutheran itu Synergism, wilef.

Monergism (often associated with Reformed theology or Calvinism) teaches salvation is the work of God alone https://www.compellingtruth.org/monergism-vs-synergism.html
 Ini membingungkan buat saya, wilef. Karena berdasarkan ilustrasi diatas, jadinya kesimpulan yang berupa [Allah sempet gak perduli].
 Nah itu. Setelah etnis atheist di gak perdulikan oleh Allah sekian lama, barulah blakangan biru.

Ibarat Mr. X punya 10 anak anak nakal.
Setelah 3 dari 10 anak2 nakal tsb modar karena kenakalannya, barulah tanpa diminta Mr.X memberikan petuah2/nasehat2 ke sisanya yang 7.
 Ya. Mr.X menetapkan demikian : NANTI setelah 3 anak gue modar, baru dah gue bilangin sisanya yang 7 itu utk jangan nakal supaya gak modar.  :D
Maap... saya rada bingung dengan kalimat2 di quote, karena saya mesti ngerobah dulu pov saya secara Synergism/Lutheran - sementara pov saya lagi berfokus di versi Monergism/Calvinist, wilef.

Yg saya tangkep thdp pov Monergism : nggak ada itu perihal bold, wilef.
Adam Hawa silahkan jumpalitan ngajarin anak2nya mengenai Allah, namun itu sia sia karena toh nantinya Allah sendiri yang bekerja. So, begimana pula itu jadinya bisa ada ["Allah membutuhkan kerja manusia"] sementara di pov Monergism : [Allah ALONE yang bekerja] ?

 So.... bold = Synergism. Please CMIIW.

saya bukan Synergism juga bukan monergism

oda kurang memperhatikan :

Quote from:  
Bro @oda
Wilef secara formal adalah Luteran

Namun dlm perkembangan keimanan , secara informal, wilef belajar dari sumber yg beragam sehingga Iman wilef bertumbuh tdk murni hanya secara luteran.

IMHO
monergism dan synergism timbul karena ketidak utuhan dlm memandang karya keselamatan

« Last Edit: August 20, 2018, 01:17:34 PM by wilefhas62 »
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 21, 2018, 12:49:13 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
saya tdk mau membelengu diri saya dlm sebuah kotak imajiner yg saya buat sendiri atw dibuat orang lain.
wilef, kalo menurut pov Lutheran itu sendiri - doktrin keselamatannya kayak apa ya ?

Mungkin wilef tau ?

Jadi kira kira begini maksud saya :
Doktrin keselamatan versi Lutheran adalah berupa a, b, c, d dan e.

Namun karena wilef tidak membelenggu diri wilef, maka (entah di point yg mana) pov versi wilef tidak blekplek sama dengan a, b, c, d dan e tsb.

Nah, rather than saya menanyakan perbedaannya dgn wilef - yg saya ingin tanyakan adalah isi dari a, b, c, d dan e tsb. So... apakah wilef tau isi dari Doktrin keselamatan versi Lutheran ?

Makasih.
August 21, 2018, 01:33:01 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
@odading

anda:Pertanyaannya utk pihak Monergism:
SEBELUM Lydia dibukakan hatinya oleh Allah, menurut Monergism, Lydia di pov Allah itu Believer ataukah NON-Believer ?

saya: jawaban dari pihak bukan monergism:

SEBELUM Lydia dibukakan hatinya oleh Allah (sebelum Lydia mendengar perkataan rasul), menurut saya, Lydia di pov Allah itu Believer karena Lydia taat menjalankan perintah Tuhan sebelumnya yaitu taurat
Secara bold, saya juga berpendapat oranye, rama.

Tapiiii....
yg saya tangkep dari versi rama, versi rama kayak begini :
SETELAH Lydia menanggapi/merespond perkataan Rasul,
maka barulah Lydia di pov Allah itu a believer.

Quote
jika setelah mendengar perkataan rasul Lydia tidak percaya maka menurut saya Lydia di pov Allah itu NON-Believer

logic (versi rama yg saya tangkep) :
KARENA Lydia menanggapi/merespond perkataan Rasul
MAKA Lydia a believer di pov Allah.

KALO Lydia TIDAK menanggapi/merespond perkataan Rasul,
MAKA Lydia BUKAN a believer di pov Allah


Sedangkan versi saya kayak begini :
Lydia adalah a believer di pov Allah SEBELUM mendengar perkataan2 Rasul tsb.

Berangkat dari coklat diatas, KALO saya memformulasikannya secara runutan logika  spt sbb :
KARENA Lydia a believer di pov Allah
MAKA Tuhan membukakan hatinya


Maka runutan logika ijo menimbulkan pertanyaan ketika dimasukin aplikasinya ke pov Monergism.
Karena (dari yg saya tangkep) pov Monergism itu runutannya : (mirip kayak rama)
As soon as after Allah membukakan hati seseorang
maka barulah orang terkait itu a believer di pov Allah.


Taroh kata pink saya itu = correct di pov Monergism,
otomatis coklat saya = not correct di pov Monergism...dengan kata lain, di pov Monergism :
Lydia is not a believer di pov Allah sebelum mendengarkan perkataan Rasul


1. Terbaca bhw Allah membukakan hati Lydia ketika mendengar perkataan Rasul.
2. Terbaca Lydia dibaptis.
3. bisa diduga pula bhw perkataan Rasul tsb tentunya about Jesus historically.

Akibatnya menimbulkan pertanyaan terkait Nuh ataupun Ayub :
KAPAN Allah membukakan hati Nuh/Ayub dan mendengar perkataan dari manusia siapa Nuh/Ayub ?

Kalo itu BUKAN Nuh/Ayub, melainkan Lydia - jawabannya ada :
Allah membukakan hati Lydia diketika kondisi sbb terpenuhi :
Lydia merespond perkataan Rasul yakni manifestasinya berupa Lydia dibaptis menjadi Kristen

Berangkat dari contoh Lydia, maka secara konklusi logikanya sbb :
Diketika seseorang merespond informasi Yesus historis yg dia terima/ketahui (sumbernya informasi ini bisa dari APA/SIAPA aja) dimana manifestasinya orang terkait dibaptis Kristen ---> maka preceding point-nya adalah Allah membukakan hati orang ybs.

Kelanjutan logikanya : (muter balik)
KALO tidak ada manifestasi event orang dibaptis
(orang terkait ini sudah tau informasi Yesus historis)
MAKA ini artinya Allah, entah tidak - entah belum membukakan hati orang terkait.

KARENA Allah tidak/belum membukakan hati orang terkait
(diketahui melalui tdk terjadi manifestasi event pembaptisan menjadi Kristen),
MAKA orang ybs ini BUKAN/belum a believer di pov Allah.

Akibatnya kembali ke pertanyaan :
Begimana itu dengan Nuh ataupun Ayub ?
KAPAN Allah membukakan hati Nuh/Ayub dan mendengar perkataan dari manusia siapa Nuh/Ayub ?
« Last Edit: August 21, 2018, 02:07:32 PM by odading »
August 21, 2018, 01:36:59 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
Iya. yg saya tulis TUHAN (huruf besar semua) itu maksudnya ke Yahweh bro.
Iya juga, karena si Lydia percaya bahwa Yesus itu Yahweh yang menjadi manusia.
Dengan demikian ada dua :
yang satu Yesus (sesuatu-X, yg menjadi manusia)
yg satu lagi Yahweh (sesuatu-X tsb yg tidak menjadi manusia)

Dengan demikian,
kan mungkin2 aja diketika Yesus berujar dgn vocab "bapa", ini maksudnya ngerujuk ke Yahweh (sesuatu-X tsb yg tidak menjadi manusia) kan vbn ?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)