Author Topic: Bisakah Protestan-Katolik bersatu dalam pernikahan?  (Read 692 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 23, 2018, 11:46:32 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2484
  • Gender: Male
  • be a light!
  • Denominasi: Protestan
Aku punya pacar, saat ini kami sedang memikirkan untuk hubungan yang serius.

Kebetulan agama kami beda biarpun sama2 Nasrani. Aku penganut Protestan, sedangkan dia Katolik. Karena perbedaan itu selama ini kami beribadah ke gereja masing2, tidak pernah bersama-sama. Kami sama2 taat dan terlibat pelayanan

Yang membuatku bimbang, dengan perbedaan ini mungkinkah kami bisa bersatu? Perlukah salah satu dari kami mengalah, pindah keyakinan agar bisa menikah? Baikkah bila setelah menikah nanti kami menjalani keyakinan kami masing2 ? Selama ini kami belum membicarakan lebih lanjut soal ini. Dalam hatiku pribadi, rasanya berat kalau harus ikut keyakinan dia.

August 24, 2018, 11:41:13 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 801
  • Gender: Male
  • Denominasi: pro-testan
Pacar  sdh ikut katekisasi katolik atau sdh dibaptis ?  jika sdh dibaptis pun memang bisa pindah juga sih.
Yang penting adalah lebih baik mana ? satu agama namun rumah tangga sering konflik atau tetap seperti sekarang ini dalam arti anda protestan dan pacar tetap katolik sampai menikah namun setelah menikah tetap harmonis dan tidak konflik.

banyak berdoa dan bergumul bro.

banyak juga rumah tangga bertahan langgeng walau masing masing beda ( suami protestan istri katolik ) namun rumah tangga mereka sangat harmonis ,saling menghargai dan bahagia.

 :afro:




"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
August 24, 2018, 04:23:16 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Aku punya pacar, saat ini kami sedang memikirkan untuk hubungan yang serius.

Kebetulan agama kami beda biarpun sama2 Nasrani. Aku penganut Protestan, sedangkan dia Katolik. Karena perbedaan itu selama ini kami beribadah ke gereja masing2, tidak pernah bersama-sama. Kami sama2 taat dan terlibat pelayanan

Yang membuatku bimbang, dengan perbedaan ini mungkinkah kami bisa bersatu? Perlukah salah satu dari kami mengalah, pindah keyakinan agar bisa menikah? Baikkah bila setelah menikah nanti kami menjalani keyakinan kami masing2 ? Selama ini kami belum membicarakan lebih lanjut soal ini. Dalam hatiku pribadi, rasanya berat kalau harus ikut keyakinan dia.
Salam Kenal Bro Rendy...
Bener juga kata Bro Felice di atas...Saya share dikit nih Bro, Kakak perempuan saya (Katolik) yang menikah dengan suaminya (Protestan, DR Filsafat Theologi/Pendeta), Rumah Tangga mereka adem ayem aja/rukun dan harmonis sampai maut memisahkan mereka (Suaminya meninggal th 2011. setelah hampir 20 tahun menikah). Berkat Nikah mereka dulu  di Gereja Katedral, anak mereka/tunggal dididik secara Katolik. Tiap Minggu kakak saya dan anaknya Gereja di Gereja Katolik, sedangkan suaminya di Gereja Protestan. Saya lihat jarang sekali mereka cekcok (karena saya pernah juga tinggal di rumah mereka)...

Salam Damai Bro Rendy...
Tuhan memberkati...
August 25, 2018, 01:34:39 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2231
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Sependek yang kuketahui, sekarang ini sudah tidak diakui oleh negara pencatatan perkawinan pasangan yang beda agama. Jika sepasang suami istri beda agama, anak-anaknya akan menjadi anak haram di mata negara, sebab perkawinan orang tuanya tidak memiliki Akta Perkawinan dari Kantor Pencatatan Sipil. Maka, Akta Kelahiran anak-anak dari pasangan beda agama akan menyatakan si anak sebagai anak akuan, alias yang diakui sebagai anak, karena orang tuanya tidak memiliki Akta Perkawinan.

Semoga pengetahuanku itu salah, dalam arti, semoga negara mengakui perkawinan dua orang beda agama.

Kalau dahulu kala, konon, pasangan yang beda agama diberikan Akta Perkawinan. Contohnya, konon Presiden Soeharto penganut Islam, sementara istrinya Siti Hartinah penganut Katolik, walaupun beberapa waktu sebelum meninggal, akhirnya Siti Hartinah menjadi muallaf dan sempat naik haji. Ketika melahirkan anak-anak mereka, Presiden Soeharto menganut Islam, sementara Siti Hartinah menganut Katolik.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
August 30, 2018, 12:00:05 PM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 344
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Aku punya pacar, saat ini kami sedang memikirkan untuk hubungan yang serius.

Kebetulan agama kami beda biarpun sama2 Nasrani. Aku penganut Protestan, sedangkan dia Katolik. Karena perbedaan itu selama ini kami beribadah ke gereja masing2, tidak pernah bersama-sama. Kami sama2 taat dan terlibat pelayanan

Yang membuatku bimbang, dengan perbedaan ini mungkinkah kami bisa bersatu? Perlukah salah satu dari kami mengalah, pindah keyakinan agar bisa menikah? Baikkah bila setelah menikah nanti kami menjalani keyakinan kami masing2 ? Selama ini kami belum membicarakan lebih lanjut soal ini. Dalam hatiku pribadi, rasanya berat kalau harus ikut keyakinan dia.
ada temanku (pr) seminggu yg lalu menikah dengan pria katolik, dia menikah di gereja katolik. tapi aku gak menanyakan apakah nanti dia bergereja di katolik, atau sendiri2 beribadah nantinya. aku kurang tau.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
October 06, 2018, 11:05:59 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1710
bisa saja sih selama bisa saling memahami perbedaan masing2 denominasi. saudara saya yg katolik juga ada kok yg menikah dgn orang protestan. paling agak ruwet aja jadinya pas mau ibadah bareng di gereja (musti ada salah satu yg mengalah) plus ada dampak yg kurang baik juga buat anak (nanti jd bingung kenapa gereja ortunya lain2 & musti ikut yg mana, suatu saat ortu harus bisa jelaskan jika waktunya tiba). makanya kebanyakan pada nyaranin supaya suami dan istri digembalakan di gereja yg sama.
« Last Edit: October 06, 2018, 11:25:29 AM by jegan2000 »
October 17, 2018, 02:09:04 PM
Reply #6
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
  • Denominasi: protestan
November 19, 2018, 10:09:38 AM
Reply #7
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 165
  • Hidup hanya sementara.
  • Denominasi: Protestan
Bisa. Paling nanti hari minggu pisah pergi ke gerejanya saja.. Lu ke kiri, dia ke kanan.. he he he.
Trus nanti anak bingung ikut siapa..
Hidup hanya sementara.
November 20, 2018, 06:09:07 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2231
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
ada temanku (pr) seminggu yg lalu menikah dengan pria katolik, dia menikah di gereja katolik. tapi aku gak menanyakan apakah nanti dia bergereja di katolik, atau sendiri2 beribadah nantinya. aku kurang tau.
Yang kutahu, pernikahan yang dilakukan menurut tata cara Gereja Katolik, kepada mempelai diperintahkan untuk mendidik anak-anak yang dititipkan Tuhan di keluarga itu secara Katolik.
Nah, kalo mempelai konsisten, tentu saja anak-anak mereka akan dididik secara Katolik. Sangat mungkin, meski dihadapan saksi, jemaat, dan Tuhan (yang dipercaya hadir pada pemberkatan nikah itu) sudah berjanji, namun di kehidupan sehari-hari akan membelot. Ya sudah. Seperti Yudas Iskariot yang diketahui Yesus Kristus akan menjualNya, namun tidak dicegah. Tetapi, pada Mat 26:24, tercatat perkataan Yesus kristus: Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)