Author Topic: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi  (Read 1326 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 21, 2018, 10:26:41 PM
Reply #30
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
Dari kalimat" Bro, ada keraguan bahwa Tuhan bisa membuat Mujizat penyembuhan...Boleh saja bro mengaku sudah berdoa (doa tapi masih ada keraguan lebih baik ga usah berdoa, percuma)....Dari argumen" Bro(ini penyakit medis, cairan kimia, dll), secara tanpa sadar bro lebih mengagungkan kepandaian Bro...Seolah olah seperti lebih tahu dari Tuhan...Tuhan tidak akan marah Bro, DIA hanya membiarkan Bro berjuang dengan kekuatan Bro sendiri (DIA bukan pemaksa)....
Maaf Bro, jangan tersinggung ya...Orang yang percaya penuh pada Tuhan(bukan hanya pengakuan di mulut tapi dibuktikan dengan perbuatan yang selaras) jarang yang depresi/penyakit kejiwaan....
Dari reply" nya, saya menilai bahwa kliatannya Bro ini sehat secara fisik....Bro merasa "Depresi" karena dari dalam diri bro ada sesuatu yang ga beres (mungkin iblis/setan)...Refleksi dan introspeksi diri Bro...minta Hikmat Tuhan dengan kerendahan hati dan biarkan DIA yang selalu menuntun dan membimbing Bro...
Sorry Bro, kalau ada kata" saya yang kliatan kasar...percayalah Bro...saya banya berusaha membagi demi untuk kebaikan Bro....Semoga Bro cepat "Normal" kembali...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Roh Ketakutan, kecemasan, kekhawatiran, keserakahan, ego yang tinggi biasanya datang dari Iblis...
Kata kata motivasi dunia belum tentu bisa menghilangkannya....Apakah Bro tahu bahwa kata" motivasi sekuler masih mengandalkan kekuatan "sendiri" ? Kekuatan yang Maha Dashyat hanya datang dari Tuhan dan ini bisa terjadi untuk setiap orang...asal orang itu mau rendah hati, datang pada-Nya, percaya penuh pada-Nya, minta Hikmat dan tuntunan-Nya..dan nanti lihat Kuasa-Nya yang Maha Dashyat akan bekerja dengan sendirinya...Mo sakit, kere, takut, cemas, dll akan dengan mudah disembuhkan...Tapi hal ini ga berlaku buat mereka yang masih meragukan-Nya dengan dalil yang tanpa sadar memegahkan kepandaian manusia...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati....


apakah anda pengikut christian science yang menolak pengobatan?
kalau anda sakit secara fisik seperti flu, apakah anda langsung berobat atau menolak pengobatan tapi berdoa minta kesembuhan? menurut saya sungguh konyol kalau sudah ada pengobatannya, tapi hanya berdoa pada Tuhan minta kesembuhan penyakit itu. manusia bisa dengan mudah melakukan, tapi tidak dilakukan, malah meminta Tuhan yang melakukannya. seperti lelucon seorang yang berdoa minta Tuhan menyelamatkan dari banjir, saat ada seorang yang datang untuk menyelamatkannya malah ditolak karena dia menantikan penyelamatan Tuhan. saat meninggal, dia tanya ke Tuhan "kok Engkau tidak menyelamatkan saya" dan Tuhan jawab "sudah Saya kirim orang untuk menyelamatkan kamu".
Tuhan sudah memberikan manusia jalan keluar untuk penyakit depresi, yaitu pengobatan, kok masih menolak pengobatan dan meminta Tuhan yang menyembuhkan.
saya tidak meragukan Tuhan. saya sudah sering berdoa pada Tuhan saat punya penyakit yang tidak sembuh2 dan jawaban doa saya sebagian besar berupa informasi dari orang2. baik itu informasi dokter yang tau penyakit saya, maupun pengobatan alternatif seperti pemijat yang menyembuhkan sakit punggung saya yang tidak bisa disembukan dokter2. mungkin 10-20% berupa mujizat kesembuhan. jadi dari pengalaman saya, menurut saya, jalan keluar sudah Tuhan sediakan berupa pengobatan, kalau masih belum ada baru Tuhan memberikan mujizat.

hahaha depresi itu penyebabnya fisik, pemicunya bisa psikis. siapa saja bisa kena. dari cerita2 para bule Kristen, mereka takut mengungkapkannya karena penghakiman orang2 Kristen pada penderita depresi. selain itu juga orang Kristen dengan depresi percaya bahwa depresi bisa dikalahkan hanya dengan doa dan pikiran positif, tapi akhirnya tau kalau depresi itu penyakit fisik, bukan psikis.
depresi saya bukan karena psikis, sudah 3 psikiater yang mengatakannya. masing2 psikiater sudah mewawancarai saya 1-2 jam. depresi (dan ADHD) saya mulai bersamaan dengan gegar otak saya. beberapa waktu setelah gegar otak, baru terasa mulai ada tanda2 keanehan dalam diri saya dan mengganggu kehidupan sehari-hari saya. sudah berdoa dan didoakan beberapa tahun, tapi tidak hilang. dikira okultisme, tapi berdoa dan didoakan tidak hilang. sampai kemudian ada teman mama saya yang suaminya juga depresi karena diabetes, dan menganjurkan saya ke psikiater karena ciri2nya mirip dengan suaminya saat depresi. setelah pengobatan, hilang depresinya tanpa perlu kata2 motivasi apapun.
kalau sumbernya roh ketakutan ya silahkan pake cara2 rohani. kalau sumber penyakitnya secara fisik ya pake pengobatan dan menjaga kesehatan agar tidak depresi lagi. konyol kalau penyakitnya secara fisik, tapi didoakan agar roh2nya menyingkir, saya sudah pengalaman didoakan banyak macam, padahal sangat yakin akan sembuh tapi tidak berhasil, malah pengobatan yang berhasil.
September 21, 2018, 10:28:40 PM
Reply #31
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
@gusgus

Asal mau dan rela,
Tuhan pasti bisa, koq.
Yes! Utk semua itu kita kudu belajar mengenal Yesus
Tak kenal maka tak sayang, tak dikenal tak disayang
Belajar mengenal berarti belajar mencintai Yesus

Banyak kita yg telah belajar dan mengaku mencintai-Nya
Tapi pelajaran yg di dpt masih di seputar wacana org
Spt hrs belajar ini-itu, hrs begini-begitu, dll yg sulit2.

Pelajaran yg terbaik adalah dr pengalaman
Maka mengalami Yesus menjadi pelajaran
Sangkal diri, pikul salib, lalu ikut Yesus

Jika “Experience is a good teacher”, maka
Kuat diludahin” itu salah satu pelajaran
Merintih utk-Nya, dan mengadu kpd-Nya

Dgn itu Nama Yesus kita permuliakan
Hingga beroleh kekuatan yg dahsyat
Bahkan akan beroleh hidup yg kekal

Salam Damai!
apakah anda meminum obat atau ke dokter kalau sakit flu? atau hanya mengandalkan cara2 rohani seperti berdoa?
September 21, 2018, 10:32:02 PM
Reply #32
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
Ketakutan/keraguan untuk mengikuti Kehendak-Nya saja adalah upaya Iblis untuk menahan kita masuk garis/Finish (Adam dan Hawa aja bisa jatuh..)...Kalo dipikir pikir...mau dikasi enak dan mudah oleh Tuhan....eh malah bikin susah diri sendiri (akibat dari kebanyakan makan Buah tahu, jadi tahu arti "Bergaya, gengsi, sombong"...hehehe)...Aneh tapi nyata....

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
ketakutan dan keraguan orang yang depresi itu karena gangguan zat kimia di otak, kalau zat kimianya seimbang baru hilang ketakutan dan keraguannya

@gusgus

Apakah dgn meng-update isi sel otak belum masuk akal juga?
Artinya, gimana agar saat korsleting selalu masuk confort zone
Dgn demikian tidak perlu lagi makan obat2an nantinya, ya kan?

Bila bisa demikian maka doa2 itu pun hrs paralel
Artinya, yg mendoakan dan yg didoakan sinkron
Jika tidak, maka akan tetap sia2 hasilnya, kurasa

Salam Damai!
mengupdate isi otak itu bagaimana toh? otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
September 21, 2018, 10:39:50 PM
Reply #33
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
SAYA BERANI KATAKAN BAHWA "ORANG PERCAYA TIDAK MENGENAL ISTILAH DEPRESI" ASALKAN KITA MAU BERGANTUNG SEPENUHNYA KEPADA TUHAN DAN MENJADIKAN Firman Tuhan SEBAGAI PEDOMAN HIDUP KITA.
CONTOHNYA:
DENGAN MEMBACA APA YANG DIKATAKAN AYUB DALAM Ayub 1:21
"Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"
MAKA KITA PERTARUHKAN SELURUH KEHIDUPAN KITA KE DALAM TANGAN PENGASIHAN TUHAN SEBAB KITA TAHU BAHWA
Rom 8:28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
1Co 10:13  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
JADI DENGAN MEMPERCAYAI KEBENARAN Firman Tuhan YG MENYATAKAN DALAM
Rom 10:11  Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan."
MAKA APAPUN YANG MENIMPA DIRI KITA BILA KITA MAU PERCAYA PENUH ATAS PEMELIHARAAN TUHAN MAKA PASTILAH TUHAN AKAN MENOLONG KITA DENGAN MEMBERIKAN JALAN KELUAR BAGI PERMASALAHAN KITA
apakah semua orang Kristen selalu sehat? tidak semua orang Kristen selalu sehat. seperti saya yang kena depresi karena gegar otak. ada lagi yang kena depresi karena diabetes. ada lagi yang kena depresi karena gangguan hormon. ada lagi yang kena depresi karena ada tumor otak.
depresi itu penyakit fisik, bung. bukan penyakit psikis. masalah itu cuma pemicunya.
September 21, 2018, 11:07:56 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Baru pernah dengar nih...ada orang berdoa pakai syarat toleransi waktu menurut diri sendiri...(Sebenarnya ga tahu yang nyembuhin itu doanya atau obatnya/psikolognya, tapi dengan yakinnya langsung klaim obatlah yang menyembuhkan)
Melihat dari reply"nya dan topik lain yang dibuatnya tentang Atheis...wajar saja dia bisa kena Depresi...(membuktikan bahwa kalau mengandalkan diri kita sendiri ada batasnya, kalau ga kuat ya wajar kalau korslet jiwanya)...
Orang yang "Percaya" dan bergantung penuh pada-Nya tidak akan kena Depresi...
Kalau lihat reply" nya, ini bukan mantan gegar otak, tapi Tegar tengkuk/memegahkan kepandaian diri sendiri...
Hikmat Tuhan pasti "Benar", hikmat dunia bisa menyesatkan (termasuk kata" motivasi dunia)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
September 24, 2018, 10:21:52 AM
Reply #35
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Bbrp orang yg tidak belajar medis dan psikologi sangat mungkin mengidentikkan masalah kejiwaan dengan problem psikis.

Ngga selalu bgitu sih.

Ada, bahkan banyak penyakit kejiwaan yg diakibatkan masalah fisik.

Ya coba kalian ibaratkan ada orang yg tulangnya patah tp nyambungnya ngga sempurna krn patahnya parah.
Akibat dari sambungan tidak sempurna ini orang tsb setiap 3 hari sekali akan ngilu tulang kakinya.
Dokter bukakan dia obat penahan sakit.

Kl kasusnya spt itu, orang paham bhw obat tsb harus dia minum, unless Tuhan do something utk sembuhkan tulang kakinya sempurna atau setiap kali dia sakit dan dia doa maka Tuhan pulihkan dari rasa sakit.
Justru kl orangnya bandel ngga mau minum obat dan hanya mau doa, akan ada bbrp orang yg menyalahkan dia terlalu fanatik.

Depresipun ada yg diakibatkan masalah fisik.
Penyakit kejiwaan itu not that simple, ada yg problem otak, ada yg genetik.
Masalahnya, otak tidak bisa ditransplant, gen tidak bisa diganti bgitu saja.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
September 24, 2018, 10:25:51 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kbykan orang yang "overdosis kharismatik" itu menyalahkan iblis atas semuanya

koresterol aje nyalahin iblis
tp makannya dalam nama Yesus semua sehat ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
September 26, 2018, 01:06:50 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
apakah anda meminum obat atau ke dokter kalau sakit flu?
atau hanya mengandalkan cara2 rohani seperti berdoa?

Jika hanya flu aku perbanyak makan dan minum
Setiap makan hrs berdoa agar yg masuk itu kudus
Lalu kubiarkan tubuhku memperbaiki dirinya sendiri

Salam Damai!

NB:
Ketik "emoto" di youtube
Mungkin ada bahan pikir
Walau masih pro-kontra
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 27, 2018, 12:16:23 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 934
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
ketakutan dan keraguan orang yang depresi itu karena gangguan zat kimia di otak,
kalau zat kimianya seimbang baru hilang ketakutan dan keraguannya


Dr mana datangnya ketakutan dan keraguan?
Mengapa bukan datang yg sebaliknya saja?
Kurasa semua itu dr endapan otak kita

mengupdate isi otak itu bagaimana toh?
Mungkin sama dgn bagaimana mengisi memori otak
Menimbun memori ketakutan-keraguan dgn kepastian
Sehingga pd saat konslet ditampilkan timbunan yg beda

Kalau memori otak tak bisa diisi berarti tak bisa di-up-date
Artinya, bisa ada gangguan perkembangan otak spt autisme
Maka tak bisa menghasilkan kimia otak dlm sel atau lorong2nya

otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
Kalau sepanjang waktu otak sakit apa boleh buatlah, Bro!
Tak ada saat utk mengisi/menuker/updating memori
Sedimen ketakutan dan keraguan tetap mengendap

Konon masalah otak itu baru 10% yg diketahui fungsinya. Ada triliunan sel di situ yg salah satu fungsinya adalah spt kondensator, penyimpan data (memori) dr reaksi kimia otak (muatan listrik).

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 27, 2018, 12:28:44 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Dr mana datangnya ketakutan dan keraguan?
Mengapa bukan datang yg sebaliknya saja?
Kurasa semua itu dr endapan otak kita

mengupdate isi otak itu bagaimana toh?
Mungkin sama dgn bagaimana mengisi memori otak
Menimbun memori ketakutan-keraguan dgn kepastian
Sehingga pd saat konslet ditampilkan timbunan yg beda

Kalau memori otak tak bisa diisi berarti tak bisa di-up-date
Artinya, bisa ada gangguan perkembangan otak spt autisme
Maka tak bisa menghasilkan kimia otak dlm sel atau lorong2nya

otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
Kalau sepanjang waktu otak sakit apa boleh buatlah, Bro!
Tak ada saat utk mengisi/menuker/updating memori
Sedimen ketakutan dan keraguan tetap mengendap

Salam Damai!
Bro...sepertinya ini sakit "Geger otak" ala Atheis... :coolsmiley:

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)