Author Topic: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi  (Read 1022 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 27, 2018, 10:45:56 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 956
  • bosan jadi omdo, mari belajar bersama
Setau saya, depresi bisa dipengaruhi sikon, tapi ada yg depresi tanpa pengaruh sikon, yang ini termasuk cacat dalam pengendalian otak.

Untuk yg kedua ini tentunya butuh obat untuk menyeimbangkan fungsi otak.
Walaupun dengan iman percaya, tak ada yg mustahil untuk disembuhkan.

Seperti contohnya orang yg buta sejak lahir, bisa melihat.




September 28, 2018, 12:34:15 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Utk sekedar tahu:

Ada org Prancis yg hidupnya relatif normal dan sehat,
walau terdapat kerusakan hampir seluruh otaknya.
Hal ini menyebabkan para ilmuwan hrs berpikir ulang 
apa yg ada dr perspektif biologi yg membuat kita sadar.

Meet The Man Who Lives Normally With Damage to 90% of His Brain
The father of two lives a normal life.

https://www.sciencealert.com/a-man-who-lives-without-90-of-his-brain-is-challenging-our-understanding-of-consciousness

Dan yg ini dr halaman BBC ttg otak-kecil:
Beberapa kasus ekstrem menunjukkan bw org dpt kehilangan sebagian besar otak mereka tanpa efek buruk yg signifikan - mengapa? Tom Stafford menjelaskan apa yg dikatakannya ttg sifat sebenarnya dr materi abu2 kita.

Sebenarnya, seberapa banyak otak yg kita perlukan?
Sejumlah cerita telah muncul dlm berita ttg org2 yg potongan otaknya hilang atau rusak. Kasus ini menceritakan kisah ttg pikiran yg lebih dlm dr faktor kejutan awal mereka. Bukan hanya karena kita tidak mengerti bagaimana otak bekerja, tetapi juga karena kita mungkin memikirkannya dgn cara yg sepenuhnya salah.

Awal thn ini ada sebuah kasus dilaporkan ttg  seorg wanita yg kehilangan otak kecilnya, sebuah struktur berbeda yg ditemukan di bagian belakang otak. Beberapa perkiraan otak-kecil manusia  itu mengandung setengah sel otak yg anda miliki. Ini bukan hanya kerusakan otak , tapi seluruh struktur tidak ada. Namun wanita ini hidup normal; dia lulus dari sekolah, menikah dan punya anak setelah kehamilan dan kelahiran yg tidak ada henti.

Wanita itu tidak sepenuhnya tidak terpengaruh - dia telah menderita ketidakpastian, jadi agak kikuk seluruh hidupnya. Tetapi yg mengejutkan adalah bagaimana dia bisa sungguh2 bergerak, walau kehilangan bagian dr otak yg begitu fundamental, berevolusi dgn vertebrata pertama. Hiu yg berenang dan dinosaurus berjalan pun hrs memiliki cerebellum (otak kecil).

Kasus ini menunjukkan fakta yg menyedihkan ttg ilmu otak. Kami tidak sering berteriak ttg itu, tetapi ada kesenjangan besar bahkan dlm pemahaman dasar kami ttg otak. Kami tidak dpt menyetujui fungsi, bahkan beberapa wilayah otak yg paling penting, seperti otak kecil. Kasus langka seperti ini menunjukkan ketidaktahuan itu. Sering kali seseorg masuk ke rumah sakit dan hasil scaning otaknya mengungkapkan perbedaan yg mengejutkan yg bisa kita miliki di dlm kepala kita. Perbedaan mengejutkan yg mungkin hanya memiliki efek kecil yg dpt diamati pd perilaku kita.

Sebagian dari masalah itu mungkin cara berpikir kita. Adalah wajar untuk melihat otak sebagai bagian dari teknologi yg dipilih secara alami, dan dlm teknologi manusia sering ada pemetaan satu per satu antara struktur dan fungsi otak.

(bersambung)
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 28, 2018, 12:35:08 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
(sambungan)

Jika saya memiliki pemanggang roti,
panas disediakan oleh elemen pemanas,
waktu dikendalikan oleh timer dan
popping up didorong oleh pegas.

Kasus otak-kecil yg hilang mengungkapkan tidak ada skema sederhana seperti itu untuk otak. Meskipun kami senang berbicara ttg wilayah otak utk penglihatan, utk rasa lapar atau cinta, tidak ada wilayah otak spt  itu, karena otak bukanlah spt logika teknologi di mana fungsi apa pun diatur oleh hanya satu bagian.

Ambil kasus baru lainnya, kasus seorg pria yg ditemukan memiliki cacing pita di otaknya. Lebih dari empat tahun ia menggali "dr satu sisi ke sisi lain", menyebabkan berbagai masalah spt kejang, masalah ingatan dan sensasi bau aneh. Terdengar bagi saya spt dia lepas ringan karena memiliki benda hidup yg bergerak melalui otaknya. Jika otak bekerja spt kebanyakan teknologi yg dirancang, hal ini tidak akan mungkin terjadi. Jika cacing membenamkan dari satu sisi ponsel anda ke sisi yg lain, gadget itu akan mati. Memang, ketika komputer elektromekanik awal tidak berfungsi pd thn 1940-an, penyelidikan mengungkapkan bw: ngengat terjebak dalam relay – inilah kasus sebenarnya yg pertama terjadi, sehingga kini ada istilah “debugging” pd ilmu komputer.

Bagian dari penjelasan untuk ketangguhan otak adalah 'plastisitas' - kemampuan utk menyesuaikan strukturnya berdasarkan pengalaman. Tapi kiat lain berasal dr konsep yg diusulkan oleh ahli syaraf pemenang Hadiah Nobel, Gerald Edelman. Dia memperhatikan bw fungsi biologis sering didukung oleh beberapa struktur - fitur fisik tunggal dikodekan oleh beberapa gen, misalnya, sehingga merontokkan gen tunggal tidak dpt mencegah fitur itu berkembang secara normal. Dia menyebut kemampuan struktur yg berbeda untuk mendukung satu fungsi 'degenerasi'.

Demikian juga dgn otak. Fungsi penting otak kita melakukan tidak bertani ke daerah otak tunggal yg berbeda, tetapi didukung oleh beberapa daerah, sering dgn cara yg sama tetapi sedikit berbeda. Jika satu struktur rusak, yg lain bisa mengambil kendur.

Ini membantu menjelaskan mengapa ahli saraf kognitif memiliki masalah seperti bekerja di wilayah otak yg berbeda. Jika Anda mencoba dan memahami area otak menggunakan aturan satu fungsi-per-wilayah dan satu wilayah-per-fungsi sederhana, Anda tidak akan pernah dpt merancang eksperimen yg diperlukan untuk membongkar jalinan struktur dan fungsi yg merosot.

Otak kecil paling dikenal untuk mengendalikan gerakan yg tepat, tetapi area otak lain seperti basal ganglia dan korteks motorik juga terlibat erat dalam menggerakkan tubuh kita. Maka pertanyaan “apa hal unik yg dilakukan oleh masing2 bidang” adalah pertanyaan yg salah, jika semuanya berkontribusi pd hal yg sama. Memori adalah contoh lain dari fungsi biologis esensial yg tampaknya didukung oleh banyak sistem otak. Jika Anda bertemu dgn seseorg yg pernah Anda temui sebelumnya, Anda mungkin ingat bw dia memiliki reputasi org baik, ingat insiden khusus bw dia bersikap baik, atau hanya mengambil perasaan positif yg samar2 ttgnya, maka semua bentuk memori yg memberi tahu Anda utk mempercayai org ini didukung oleh area otak yg berbeda tapi melakukan pekerjaan yg sama dgn cara yg sedikit berbeda.

Edelman dan koleganya, Joseph Gally, menyebut degenerasi sebagai "properti biologis yg ada di mana-mana ... suatu ciri kerumitan", mengklaim itu adalah hasil seleksi alam yg tak terelakkan. Ini menjelaskan mengapa kondisi otak yg tidak biasa tidak semengerikan yg mungkin terjadi, dan juga mengapa para ilmuwan menemukan otak itu begitu membingungkan untuk dicoba dipahami.

Salam Damai!

Sumber:
Dpt kah kau hidup normal
Hanya dgn separuh otak?
http://www.bbc.com/future/story/20141216-can-you-live-with-half-a-brain
« Last Edit: September 28, 2018, 12:59:27 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 29, 2018, 06:17:08 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1366
(sambungan)

Jika saya memiliki pemanggang roti,
panas disediakan oleh elemen pemanas,
waktu dikendalikan oleh timer dan
popping up didorong oleh pegas.

Kasus otak-kecil yg hilang mengungkapkan tidak ada skema sederhana seperti itu untuk otak. Meskipun kami senang berbicara ttg wilayah otak utk penglihatan, utk rasa lapar atau cinta, tidak ada wilayah otak spt  itu, karena otak bukanlah spt logika teknologi di mana fungsi apa pun diatur oleh hanya satu bagian.

Ambil kasus baru lainnya, kasus seorg pria yg ditemukan memiliki cacing pita di otaknya. Lebih dari empat tahun ia menggali "dr satu sisi ke sisi lain", menyebabkan berbagai masalah spt kejang, masalah ingatan dan sensasi bau aneh. Terdengar bagi saya spt dia lepas ringan karena memiliki benda hidup yg bergerak melalui otaknya. Jika otak bekerja spt kebanyakan teknologi yg dirancang, hal ini tidak akan mungkin terjadi. Jika cacing membenamkan dari satu sisi ponsel anda ke sisi yg lain, gadget itu akan mati. Memang, ketika komputer elektromekanik awal tidak berfungsi pd thn 1940-an, penyelidikan mengungkapkan bw: ngengat terjebak dalam relay – inilah kasus sebenarnya yg pertama terjadi, sehingga kini ada istilah “debugging” pd ilmu komputer.

Bagian dari penjelasan untuk ketangguhan otak adalah 'plastisitas' - kemampuan utk menyesuaikan strukturnya berdasarkan pengalaman. Tapi kiat lain berasal dr konsep yg diusulkan oleh ahli syaraf pemenang Hadiah Nobel, Gerald Edelman. Dia memperhatikan bw fungsi biologis sering didukung oleh beberapa struktur - fitur fisik tunggal dikodekan oleh beberapa gen, misalnya, sehingga merontokkan gen tunggal tidak dpt mencegah fitur itu berkembang secara normal. Dia menyebut kemampuan struktur yg berbeda untuk mendukung satu fungsi 'degenerasi'.

Demikian juga dgn otak. Fungsi penting otak kita melakukan tidak bertani ke daerah otak tunggal yg berbeda, tetapi didukung oleh beberapa daerah, sering dgn cara yg sama tetapi sedikit berbeda. Jika satu struktur rusak, yg lain bisa mengambil kendur.

Ini membantu menjelaskan mengapa ahli saraf kognitif memiliki masalah seperti bekerja di wilayah otak yg berbeda. Jika Anda mencoba dan memahami area otak menggunakan aturan satu fungsi-per-wilayah dan satu wilayah-per-fungsi sederhana, Anda tidak akan pernah dpt merancang eksperimen yg diperlukan untuk membongkar jalinan struktur dan fungsi yg merosot.

Otak kecil paling dikenal untuk mengendalikan gerakan yg tepat, tetapi area otak lain seperti basal ganglia dan korteks motorik juga terlibat erat dalam menggerakkan tubuh kita. Maka pertanyaan “apa hal unik yg dilakukan oleh masing2 bidang” adalah pertanyaan yg salah, jika semuanya berkontribusi pd hal yg sama. Memori adalah contoh lain dari fungsi biologis esensial yg tampaknya didukung oleh banyak sistem otak. Jika Anda bertemu dgn seseorg yg pernah Anda temui sebelumnya, Anda mungkin ingat bw dia memiliki reputasi org baik, ingat insiden khusus bw dia bersikap baik, atau hanya mengambil perasaan positif yg samar2 ttgnya, maka semua bentuk memori yg memberi tahu Anda utk mempercayai org ini didukung oleh area otak yg berbeda tapi melakukan pekerjaan yg sama dgn cara yg sedikit berbeda.

Edelman dan koleganya, Joseph Gally, menyebut degenerasi sebagai "properti biologis yg ada di mana-mana ... suatu ciri kerumitan", mengklaim itu adalah hasil seleksi alam yg tak terelakkan. Ini menjelaskan mengapa kondisi otak yg tidak biasa tidak semengerikan yg mungkin terjadi, dan juga mengapa para ilmuwan menemukan otak itu begitu membingungkan untuk dicoba dipahami.

Salam Damai!

Sumber:
Dpt kah kau hidup normal
Hanya dgn separuh otak?
http://www.bbc.com/future/story/20141216-can-you-live-with-half-a-brain
Para manusia bodoh yang sok pintar dari dahulu kala meneliti otak dan darah...mau buat sintetis ?...tapi sampai sekarang apa hasilnya ? Baru bisa buat Coca cola, Fanta aja udah sombong....
Mereka semua udah kena dikibuli Ular iblis yang membujuk makan pohon pengetahuan sehingga mau menyaingi Allah...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
October 01, 2018, 05:53:16 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Para manusia bodoh yang sok pintar dari dahulu kala meneliti otak dan darah...mau buat sintetis ?...tapi sampai sekarang apa hasilnya ? Baru bisa buat Coca cola, Fanta aja udah sombong....
Mereka semua udah kena dikibuli Ular iblis yang membujuk makan pohon pengetahuan sehingga mau menyaingi Allah...

Ya! Begitulah. Bro!
Kayaknya hal2 itu tergantung pd pemasarannya
Ikaln surgawi susah lakunya dan berat mikirnya
Maka kerap dilecehkan khasiat dan mujizatnya

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 02, 2018, 07:41:38 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1366
Ya! Begitulah. Bro!
Kayaknya hal2 itu tergantung pd pemasarannya
Ikaln surgawi susah lakunya dan berat mikirnya
Maka kerap dilecehkan khasiat dan mujizatnya

Salam Damai!
Bro, iklan Surgawi akan dirasa Berat dan membingungkan kalau dicerna dengan hanya memakai logika manusia tok (memegahkan dir/sok pinteri)...coba kalo dicerna pakai Hikmat Tuhan (Kerendahan hati), maka akan terasa sangat mudah dan meyakinkan karena Tuhan langsung yang membimbing kita untuk mengerti Ajaran-Nya (DIA pasi akan memberi Hikmat-Nya kok, jika kita mau dengang rendah hati berdoa terus menerus minta dibimbing oleh-Nya)....

Salam Damai Bro....
Tuhan Memberkati...
October 02, 2018, 02:54:22 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Bro, iklan Surgawi akan dirasa Berat dan membingungkan kalau dicerna dengan hanya memakai logika manusia tok
Yes! Bro!
Sebab itu dr pengalaman imannya, Paulus berkata [Rom.12:3]:
Janganlah kamu memikirkan hal2 yg lebih tinggi dr pd yg patut kamu pikirkan,
Pikirkanlah yg patut dikuasai sesuai ukuran iman yg dikaruniakan-Nya kpd kita.

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 18, 2018, 06:48:37 PM
Reply #47
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
Baru pernah dengar nih...ada orang berdoa pakai syarat toleransi waktu menurut diri sendiri...(Sebenarnya ga tahu yang nyembuhin itu doanya atau obatnya/psikolognya, tapi dengan yakinnya langsung klaim obatlah yang menyembuhkan)
Melihat dari reply"nya dan topik lain yang dibuatnya tentang Atheis...wajar saja dia bisa kena Depresi...(membuktikan bahwa kalau mengandalkan diri kita sendiri ada batasnya, kalau ga kuat ya wajar kalau korslet jiwanya)...
Orang yang "Percaya" dan bergantung penuh pada-Nya tidak akan kena Depresi...
Kalau lihat reply" nya, ini bukan mantan gegar otak, tapi Tegar tengkuk/memegahkan kepandaian diri sendiri...
Hikmat Tuhan pasti "Benar", hikmat dunia bisa menyesatkan (termasuk kata" motivasi dunia)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
anda kira jawaban doa cuma berupa mujizat? saya sering sakit sejak jadi Kristen, dan jawaban doa saya tidak selalu berupa mujizat, tapi sebagian besar berupa petunjuk atau jalan keluar dari penyakit saya, seperti dokter yang tepat atau tukang pijat yang tepat saat punggung saya sakit. saya sudah doa dan didoakan atas penyakit saya, tapi tidak sembuh2. sudah doa dan didoakan mungkin sakit saya karena okultisme, tapi tidak ada hasil. sampai kemudian ada teman mama saya yang suaminya juga punya gejala2 seperti saya dan menganjurkan ke psikiater. begitu minum obat dari psikiater langsung sembuh. ya faktanya memang obat dari psikiater yang menyembuhkan depresi saya, dan psikiater dan obatnya adalah jawaban dari Tuhan atas penyakit depresi saya. sepertinya anda orang yang tidak begitu percaya pada ilmu pengetahuan, coba baca2 penelitian tentang depresi, jangan buat orang Kristen kelihatan bodoh dong dengan mengatakan kalau orang yang percaya pada Yesus tidak akan kena depresi. depresi itu karena ada kelainan zat kimia di otak, semua orang bisa terkena itu karena itu penyakit. ada banyak kesaksian orang2 Kristen yang kena depresi.
hahaha cobalah belajar lagi tentang depresi dari sudut ilmu pengetahuan, jangan mempermalukan orang Kristen dengan memaksakan "pengetahuan" anda yang tidak berdasar. atau begini saja, saya tantang anda buat penelitian yang membuktikan orang Kristen tidak dapat kena depresi karena ketidak seimbangan zat kimia otak.
October 18, 2018, 06:58:27 PM
Reply #48
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
Jika hanya flu aku perbanyak makan dan minum
Setiap makan hrs berdoa agar yg masuk itu kudus
Lalu kubiarkan tubuhku memperbaiki dirinya sendiri

Salam Damai!

NB:
Ketik "emoto" di youtube
Mungkin ada bahan pikir
Walau masih pro-kontra
jika penyakit lain? apakah anda tidak berobat?

Dr mana datangnya ketakutan dan keraguan?
Mengapa bukan datang yg sebaliknya saja?
Kurasa semua itu dr endapan otak kita

mengupdate isi otak itu bagaimana toh?
Mungkin sama dgn bagaimana mengisi memori otak
Menimbun memori ketakutan-keraguan dgn kepastian
Sehingga pd saat konslet ditampilkan timbunan yg beda

Kalau memori otak tak bisa diisi berarti tak bisa di-up-date
Artinya, bisa ada gangguan perkembangan otak spt autisme
Maka tak bisa menghasilkan kimia otak dlm sel atau lorong2nya

otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
Kalau sepanjang waktu otak sakit apa boleh buatlah, Bro!
Tak ada saat utk mengisi/menuker/updating memori
Sedimen ketakutan dan keraguan tetap mengendap

Salam Damai!

kalau dari pengalaman saya, ketakutan dan keraguan pada penderita depresi itu karena ketidak seimbangan zat kimia di otak, begitu minum obat untuk menyeimbangkan zat kimia di otak, maka ketakutan dan keraguan itu hilang.
atau begini saja, saya tantang anda coba buat penelitian yang membuktikan kalau depresi itu bukan karena ketidak seimbangan zat kimia di otak. anda bisa dapat nobel lho atau paling tidak, bisa membantu orang sehingga tidak lagi membeli obat untuk mengatasi depresinya. ayo buktikan saya salah tentang depresi dan ketidak seimbangan otak!

Bro...sepertinya ini sakit "Geger otak" ala Atheis... :coolsmiley:

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
"gegar otak" ala ateis itu seperti apa ya?
October 18, 2018, 07:06:29 PM
Reply #49
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 459
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
Utk sekedar tahu:

Ada org Prancis yg hidupnya relatif normal dan sehat,
walau terdapat kerusakan hampir seluruh otaknya.
Hal ini menyebabkan para ilmuwan hrs berpikir ulang 
apa yg ada dr perspektif biologi yg membuat kita sadar.

Meet The Man Who Lives Normally With Damage to 90% of His Brain
The father of two lives a normal life.

https://www.sciencealert.com/a-man-who-lives-without-90-of-his-brain-is-challenging-our-understanding-of-consciousness

Dan yg ini dr halaman BBC ttg otak-kecil:
Beberapa kasus ekstrem menunjukkan bw org dpt kehilangan sebagian besar otak mereka tanpa efek buruk yg signifikan - mengapa? Tom Stafford menjelaskan apa yg dikatakannya ttg sifat sebenarnya dr materi abu2 kita.

Sebenarnya, seberapa banyak otak yg kita perlukan?
Sejumlah cerita telah muncul dlm berita ttg org2 yg potongan otaknya hilang atau rusak. Kasus ini menceritakan kisah ttg pikiran yg lebih dlm dr faktor kejutan awal mereka. Bukan hanya karena kita tidak mengerti bagaimana otak bekerja, tetapi juga karena kita mungkin memikirkannya dgn cara yg sepenuhnya salah.

Awal thn ini ada sebuah kasus dilaporkan ttg  seorg wanita yg kehilangan otak kecilnya, sebuah struktur berbeda yg ditemukan di bagian belakang otak. Beberapa perkiraan otak-kecil manusia  itu mengandung setengah sel otak yg anda miliki. Ini bukan hanya kerusakan otak , tapi seluruh struktur tidak ada. Namun wanita ini hidup normal; dia lulus dari sekolah, menikah dan punya anak setelah kehamilan dan kelahiran yg tidak ada henti.

Wanita itu tidak sepenuhnya tidak terpengaruh - dia telah menderita ketidakpastian, jadi agak kikuk seluruh hidupnya. Tetapi yg mengejutkan adalah bagaimana dia bisa sungguh2 bergerak, walau kehilangan bagian dr otak yg begitu fundamental, berevolusi dgn vertebrata pertama. Hiu yg berenang dan dinosaurus berjalan pun hrs memiliki cerebellum (otak kecil).

Kasus ini menunjukkan fakta yg menyedihkan ttg ilmu otak. Kami tidak sering berteriak ttg itu, tetapi ada kesenjangan besar bahkan dlm pemahaman dasar kami ttg otak. Kami tidak dpt menyetujui fungsi, bahkan beberapa wilayah otak yg paling penting, seperti otak kecil. Kasus langka seperti ini menunjukkan ketidaktahuan itu. Sering kali seseorg masuk ke rumah sakit dan hasil scaning otaknya mengungkapkan perbedaan yg mengejutkan yg bisa kita miliki di dlm kepala kita. Perbedaan mengejutkan yg mungkin hanya memiliki efek kecil yg dpt diamati pd perilaku kita.

Sebagian dari masalah itu mungkin cara berpikir kita. Adalah wajar untuk melihat otak sebagai bagian dari teknologi yg dipilih secara alami, dan dlm teknologi manusia sering ada pemetaan satu per satu antara struktur dan fungsi otak.

(bersambung)
tidak semua orang yang otaknya pernah cedera atau habis dioperasi kena depresi, bukan masalah otaknya, tapi keseimbangan zat kimia di otak. orang sakit diabetes bisa kena depresi seperti suami dari teman mama saya, tapi tidak semua yang diabetes kena depresi. orang gegar otak bisa kena depresi, tapi tidak semua yang gegar otak kena depresi. otak anda bisa tidak masalah, tapi kalau zat kimia di otak tidak seimbang, bisa kena depresi. coba cari ketidak seimbangan zat kimia di otak
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)