Author Topic: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?  (Read 1126 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 18, 2018, 09:46:33 AM
Reply #10
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Terima kasih Bro Witu,
Saya sependapat dg Bro dan sangat diberkati.

Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
September 18, 2018, 10:10:43 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Gimana sense yg ini, Bro!

Bahwa
Mungkin hanya manusia yg terhimpit yg tidak meragukan-Nya
Atau manusia yg membutuhkan pertolongan yg lekas percaya
Tapi orang2 yg merasa “dewa-sa” selalu hati2 meyakinkan diri
Sebab itu Petrus menyangkal-Nya 3x dan kembali menjala ikan

Salam Damai!

jiah
kalo ambil sample tulis nulis asal jeplak mah anak saya juga bisa mas
analisanya dimana??
Yohanes sudah mendapat kepenuhan ROH KUDUS sejak dari kandungan
bahkan dalam janin ibunya pun dia sudah bisa gembira karena dikunjungi Tuhannya
Petrus sewaktu menyangkal Yesus apa sudah menerima kepenuhan ROH KUDUS??
lihat nubuat Zakaria dalam kepenuhan ROH KUDUS
73. yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita,
74. supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut,
75. dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita.
76. Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya,
77. untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka,
78. oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi,
79. untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera."
lihat yang saya bold dan italic
Yohanes adalah nabi Allah yang Mahatinggi,  dia akan berjalan lebih dulu untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan, agar kita terlepas dari musuh dan beribadah tanpa rasa takut

anda ngomong asal jeplak, dan sok2an nnyambung2in dengan Petrus, maksud anda apa??
ingin membenturkan pandangan antara Yohanes dengan Petrus??
sehingga ada kesempatan asal jeplak nyambung menyalah2kan Petrus karena Petrus dipercaya umat katolik sebagai paus pertama??
jangan konyol dech kalau mo diskusi

September 18, 2018, 10:15:42 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen

tidak mengerti perkataan bukan berarti ragu kepada Yesus
saya kadang tidak mengerti perkataan orang tua saya
apa saya ragu mereka orang tua saya??

Yg membuat kita tidak ragu kpd ortu karena jumlah cinta-nya
Yg membuat ragu kpd yg lain karena belum ada bukti sikitpun
Yg membuat manusia bertanya2 karena ingin melengkapi bukti

Tak kenal maka tak sayang, utk kenal hrs tanya2
Tanya2 itu spt ragu, bukan sungguh2 ragu, Bro!
Yg ragu itu yg tanya2 melulu sampai mengap2
Model atheis.

Maka kemaren ku katakan "spt" meragukan,
Bukan ragu sebab tak mengerti perkataan-Nya

Aku pun percaya penafsiran spt itu, Bro!
Sebab semua manusia yg baru mengenal Yesus spt meragukan-Nya
Lihat murid2-Nya, pun Maria ibu-nya, Yosef bapak-nya, tak mengerti perkataan-Nya
Mungkin semua manusia hrs begitu pd mulanya; Apakah Marta sedikit lebih [Yoh.11:27]?

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 18, 2018, 10:45:43 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Yg membuat kita tidak ragu kpd ortu karena jumlah cinta-nya
Yg membuat ragu kpd yg lain karena belum ada bukti sikitpun
Yg membuat manusia bertanya2 karena ingin melengkapi bukti

Tak kenal maka tak sayang, utk kenal hrs tanya2
Tanya2 itu spt ragu, bukan sungguh2 ragu, Bro!
Yg ragu itu yg tanya2 melulu sampai mengap2
Model atheis.

Maka kemaren ku katakan "spt" meragukan,
Bukan ragu sebab tak mengerti perkataan-Nya

Salam Damai!

di depannya kata seperti yang anda tulis ada yang baru mengenal
sedangkan di alkitab tertulis bahwa bahkan dalam kandungan pun Yohanes sudah bisa mengetahui ada Yesus dalam kandungan Maria
apa Yohanes baru mengenal??
kita baca Yohanes 3 dengan perikop "Kesaksian Yohanes tentang Yesus"
apa mungkin bersaksi jika tidak mengenal??
(31) Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.

tegas Yohanes menyebut Yesus datang dari atas
(32) Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu.
Yohanes sudah tahu banyak yang meragukan kesaksian Yesus

(33) Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar.
apa Yohanes tidak menerima kesaksianNya??? apa Yohanes ragu Allah adalah benar??

(34) Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.
(35) Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.
(36) Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

Yohanes tahu Yesus adalah Anak
dan mengatakan agar kita taat kepadaNya dan mengatakan akibat yang akan timbul bila kita tidak taat kepadaNya
sebanrnya tidak perlu saya perjelas, karena sudah sangat jelas


September 18, 2018, 11:09:27 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
di depannya kata seperti yang anda tulis ada yang baru mengenal
sedangkan di alkitab tertulis bahwa bahkan dalam kandungan pun Yohanes sudah bisa mengetahui ada Yesus dalam kandungan Maria
apa Yohanes baru mengenal??

Ya!
Yohanes hanya sudah tahu rohani
Tetapi baru mengenal alami-Nya
Belum tahu fungsi duniawi-Nya

Perhatikanlah!
Yohanes baru berdialog dgn Yesus di Sungai Yordan
Yohanes telah mendengar deklarasi Allah Trinitas
Yohanes masih bertanya utk melengkapi bukti2

"Engkaukah yg akan datang itu atau
Hrs-kah kami menantikan org lain?"


Ini selaras dgn himbauan Paulus:
Ujilah segala sesuatu, spy jgn asal jeplak
Jadi Yohanes bertanya itu mungkin ingin menguji bukti

Salam Damai!
« Last Edit: September 18, 2018, 11:20:36 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 18, 2018, 11:35:04 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Ya!
Yohanes hanya sudah tahu rohani
Tetapi baru mengenal alami-Nya
Belum tahu fungsi duniawi-Nya

Perhatikanlah!
Yohanes baru berdialog dgn Yesus di Sungai Yordan
Yohanes telah mendengar deklarasi Allah Trinitas
Yohanes masih bertanya utk melengkapi bukti2

"Engkaukah yg akan datang itu atau
Hrs-kah kami menantikan org lain?"


Ini selaras dgn himbauan Paulus:
Ujilah segala sesuatu, spy jgn asal jeplak
Jadi Yohanes bertanya itu mungkin ingin menguji bukti

Salam Damai!


mas
kalau diskusi tolong dibaca ya
Yohanes 3 itu peristiwa sebelum Yohanes di tahan ya
perikopnya Kesaksian Yohanes ttg Yesus

mo berdialog atau gak
baru dalam kandungan pun Yohanes sudah tahu Yesus
(41) Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan ROH KUDUS,
baru denger Maria datang saja Yohanes sudah tahu

(44) Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
tuch baca lagi, anak dalam rahim yang adalah Yohanes saja sudah langsung tahu

(66) Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: "Menjadi apakah anak ini nanti?" Sebab tangan Tuhan menyertai dia.
tangan Tuhan menyertai Yohanes, apakah karena akan mati Yohanes jadi ragu pada Tuhan???
I doubt it

silahkan menguji, logika saya tidak sama dengan anda yang asal jeplak
modal ngeyel, kalau perlu bawa2 ayat ke Petrus untuk dukung kengeyelan
modal hanya untuk ngebantah
jiah diskusi kok gak mo mikir

och iya nambahin sedikit
logika saya menatakan bahwa Yohanes mendengar sendiri langsung kesaksian Bapa ttg Yesus
lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
OMG, kesaksian sebegitu juga masih ragu??
I can't speak no more
« Last Edit: September 18, 2018, 11:52:53 AM by pengen_tahu »
September 18, 2018, 12:43:21 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
mas
kalau diskusi tolong dibaca ya
Yohanes 3 itu peristiwa sebelum Yohanes di tahan ya
perikopnya Kesaksian Yohanes ttg Yesus

Mungkin yg masih tulalit diantara kita adalah:
Soal kenal rohani, kenal alami dan kenal duniawi
Bagimu satu bukti kenal cukup, bagiku perlu tiga, Bro!
Spy jangan asal jeplak, "poko'e", gitu, loh!

Yohanes sudah tahu Dia secara rohani
Tapi baru kenal secara alami di Sungai Yordan
Yohanes belum tahu perkerjaan duniawi-Nya, keburu dipenjara
Maka ia bertanya memastikan, Dia-lah Kristus. Semoga maklum, Bro!

Salam Damai!
« Last Edit: September 18, 2018, 12:45:43 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 18, 2018, 01:38:02 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Mungkin yg masih tulalit diantara kita adalah:
Soal kenal rohani, kenal alami dan kenal duniawi
Bagimu satu bukti kenal cukup, bagiku perlu tiga, Bro!
Spy jangan asal jeplak, "poko'e", gitu, loh!

Yohanes sudah tahu Dia secara rohani
Tapi baru kenal secara alami di Sungai Yordan
Yohanes belum tahu perkerjaan duniawi-Nya, keburu dipenjara
Maka ia bertanya memastikan, Dia-lah Kristus. Semoga maklum, Bro!

Salam Damai!

buset
Rohani
(41) Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan ROH KUDUS,
(44) Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Alami
(13) Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
(14) Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
(10) Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.
(11) Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
21) Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit
(22) dan turunlah ROH KUDUS dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
(29) Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
(30) Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
baru lihat saja sudah tahu itu Anak domba Allah

Pekerjaan duniawi
(11) Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api
(12) Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.
(16) Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.
(17) Alat penampi sudah di tangan-Nya untuk membersihkan tempat pengirikan-Nya dan untuk mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung-Nya, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."
(31) Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.
(32) Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu.

kurang jelas lagi???
mo kenal macem apalagi sih??
ada kenal versi 3d 4d 5d juga??
September 18, 2018, 01:40:36 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Menurut pendapatku, Yohanes menyuruh muridnya bertanya kepada Yesus apakah Yesus itu Mesias atau bukan, itu bukan karena ketidaktahuan atau keraguan Yohanes kepada Yesus. Kutangkap, justru maksud "pertanyaan" Yohanes itu ialah permintaan agar Yesus segera tampil memerankan kemesiasanNya.

Sederhananya, di penangkapanku, seperti ini:
Katakanlah si Yo sudah dijanjikan dan mengetahui bahwa si Ye akan mendampingi si Yo ke suatu tempat yang belum pernah didatanagi oleh si Yo. Dalam perjalanan waktu kemudian, si Yo sudah siap-siap pergi ke tempat yang dituju tersebut, namun si Ye seperti sibuk mengerjakan hal-hal yang menurut pandangan si Yo "tidak terkait" dengan kepergian mereka ke tempat yang hendak dituju.

Maka, si Yo bertanya kepada si Ye, "Manaaa... jadi nggak, mendampingiku? Ato kuminta pendampingan orang lain?"

Nah, dalam hal itu, si Yo bukan menanyakan karena tidak menngetahui Ye berkenan mendampinginya, namun merupakan permintaan, ato himbauan, ato ajakan agar si Ye merealisasi janji menunjukkan tempat yang hendak mereka tuju.

Jadi, pada pertanyaan Yohanes melalui muridnya kepada Yesus apakah Yesus adalah Mesias, bukan didorong oleh ketidaktahuan atau keraguan, melainkan merupakan permintaan agar Yesus segera menampilkan diri sebagai Mesias, sebagai Penebus.

Salam damai (tanpa pentung).
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
September 18, 2018, 01:52:00 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
buset
Rohani

Berikut ini bukan buset,
Ini pengakuan Yohanes:

Yohanes 1:29-31
1:31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia,
tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya:
"Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air,
telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya,
Dialah itu yang akan membaptis dengan ROH KUDUS.
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

Dia tidak meragukan Yesus sbg Mesias
Hanya memastikan, Yesus yg dibaptis itulah Mesias
Jadi tidak ada org yg lain yg hrs dinanti oleh Yohanes Pembaptis
Tugas utamanya selesai

Salam Damai!
« Last Edit: September 18, 2018, 02:09:03 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)