Author Topic: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?  (Read 1128 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 19, 2018, 02:58:46 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Mat.3:5-6
Maka datanglah kpd-nya penduduk  Yerusalem,
dr seluruh Yudea dan dr seluruh daerah sekitar Yordan.
Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.


Ada pengakuan dosa ada prosedur pembaptisan
Pasti ada ritual penyebutan nama yg dibaptis
Perlu ada perkenalan awal tentunya, Peng
Apa ini tebakan manggis?

Contoh: Spt pembabtisan-2 ini:
http://forumkristen.com/index.php?topic=56815.msg1236798#msg1236798

Ay.7
Tapi waktu ia melihat banyak org Farisi dan org Saduki datang utk dibaptis,
berkatalah ia kpd mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak.
Siapakah yg mengatakan kpd kamu, bw kamu dpt melarikan diri
dari murka yang akan datang?


Bagaimana Yohanes Pembabtis tahu rakyat, mana Saduki, mana Farisi?
Tebak manggisku: Dr penglihatan duniawi, via raut wajah sorot mata,
dr pakaiannya, dr gaya tubuh, dr bahasa dpt ditebak jitu manggis itu

Penunjang yg relevan [Yoh.4:9]:
Maka kata perempuan Samaria itu kpd-Nya:
"Masakan Engkau, Yahudi, minta minum kpd  se-org Samaria?"


Tebakan serupa:
Bagaimana perempuan Samaria itu tahu yg mita minum itu Yahudi?
Tebakanku: Dr logat, kata atau dandanan atau model jubah yg berda
Mereka konsisten membuat jumbai2 pd punca baju mereka [Bil 15:38] 

Ay:13-14
Maka datanglah Yesus dr Galilea ke Yordan kpd Yohanes utk dibaptis olehnya.
Tapi Yohanes mencegah Dia, katanya:
"Akulah yg perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yg datang kpd?"


Bagaimana Yohanes Pembabtis tahu Yesus? Ya, itu tadi tebak manggisku:
Dr penglihatan iman pd wajah sorot mata, pakaian, dan kata2 bisa ditebak
Tetapi Yohanes “off-side”, Yesus belum boleh membabtis, belum lahir kembali

Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kpd-nya:
"Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya
kita menggenapkan seluruh kehendak Allah."

Kurasa perkenalan pd pandang pertama sudah terkabul, Peng.
Petunjuk Roh yg seperti merpati itu merupakan kepastian ke-dua
Kepastian yg ke-tiga yg sudah pas, yaitu perbuatan pekerjaan Yesus.
Yg buta melihat, yg lumpuh berjalan, yg mati dibangkitkan, [Mat.11:4-5]
Tak cukup dr kesaksian2 [Yoh.3] lagi, tapi bukti dr karya dan pekerjaan-Nya

Salam Damai!
« Last Edit: September 26, 2018, 02:40:50 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 19, 2018, 06:40:05 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Wah! Janin lagi-janin lagi, Peng!
Clay sukanya mukul kelamin
Pengen_tahu tahunya janin
Aya naon, eta teh, nyak!

jadi waktu Yesus belom dibaptis oleh Yohanes, kan belom ada merpati tuch
MK: Ya! Belon ada tuh! Deklarasi Allah Trinitas pun belon berkumandang!

kenapa ngomong dia tidak layak membaptis Yesus??
MK: Karena Yohanes pikir dia sudah diproklamirkan sbg Anak Allah,
Padahal belon, lahir kembali adalah menggenapkan kehendak Allah [Mat.3:15]
Lahir kembali adalah keluar dari perihal yg duniawi masuk ke perihal yg surgawi

kalau dia tidak tahu Yesus adalah Anak Allah kok dia bilang bahwa dia yang seharusnya dibaptis??
MK: Kesksian Yohanes yg syah adalah setelah Yesus diproklamirkan oleh Allah Trinitas
Yohanes, "Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah." [Yoh.1:34]

nembak?? tebak2 buah manggis gitu??
MK: Berikut nanti tebak manggis-ku Mat.3, Peng
Komenin, ya, Peng!

Salam Damai!


ye, loe aja baca kaga ngerti
itu ada tanda tanya
tulisan gitu aja kaga ngerti tapi sok2an ngerti alkitab
aya naon coi???
masih sanggup nalarnya untuk diskusi??

belom ada deklarasi kenapa tahu bahwa Yesus adalah Anak Allah
buktinya dia bilang bahwa dirinya yang seharus dibaptis

halah
ini mah nembak aja, pikiran Yohanes dari mana anda tahu??
ayat untuk membuktikan bahwa Yohanes berpikir Yesus sudah diproklamirkan??

jiah???
karena baru sebut, baru ngomong Yesus Anak Allah???
kalo bukan Anak Allah sbelumnya kenapa Yohanes enggan membaptis
gak masuk di nalar, jawaban loe suka2 loe aje

males coi, loe mah kebanyakan ngarang cerita bukan berdasarkan analisa
loe cuma doyan bikin karangan bebas
September 19, 2018, 07:07:03 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
kepanjangan gw potong aja, entar gw gak bisa jawab loe panjang, soalya karangan loe kepanjangan


Mat.3:6-5???
nulis ayat aja aneh
ayat loe baca mundur coi???
pantes nalar loe aneh
ya udah gw anggap silap dech, i anggap saltik
so????
apa Yesus ngaku dosa coi??
bisa sebutin dosa Yesus coi??

Ay.7
loe tahu kan orang Farisi
menurut loe Yohanes gak bisa ngelihat apa ??
parah deh
asal ngarang aje sih loe
Kaum Farisi adalah pemimpin spiritual Yahudi yang berkembang pada masa Bait Allah ke-2, sekitar abad ke 2 SM.[2] Menurut para ahli, kaum Farisi adalah perkembangan dari kelompok Hasidim.[2] Kelompok Hasidim adalah kelompok yang menganggap diri mereka sebagai orang beragama yang saleh.[2] Kelompok Hasidim memisahkan diri dari orang biasa.[2]

https://id.wikipedia.org/wiki/Farisi
saduki
loe pikir saduki rakyat biasa coi???
belajar lach coi
males amat sih loe baca2
Saduki adalah nama dari kelompok aristokratik Yahudi yang berkuasa di Yerusalem hingga Bait Suci dihancurkan pada tahun 70 M. [1] Kaum Saduki juga bertanggung jawab terhadap ibadah yang dilakukan di Bait Suci sebagai kaum imam, di mana hampir seluruh imam-imam dapat digolongkan sebagai kaum ini.[1] Jabatan Imam Besar Yahudi pada umumnya diduduki oleh orang Saduki, tetapi tidak semua orang Saduki adalah imam.[2] Ada kemungkinan bahwa orang-orang Saduki juga terdiri dari orang awam yang kaya dan tuan-tuan tanah.[2]
https://id.wikipedia.org/wiki/Saduki

[Yoh.4:9]
nah ini lagi
loe gak tahu ya orang Samaria itu siapa bagi orang yahudi
Dengan ditolaknya orang Samaria oleh (Ezra 4:2-3) dan dengan langkah-langkah kebijaksanaan politik keagamaan oleh Ezra, maka orang Yahudi dan orang Samaria semakin terasing satu sama lain. Dan akhirnya mereka menjadi saling bermusuhan. Di bawah pimpinan Manasye orang Samaria membangun kenisah sendiri pada gunung Gerizim, yang di waktu pemerintahan Antiokhus IV Epifanes tidak dihancurkan (2 Makabe 6:2), tetapi dirusak oleh Yohanes Hirkanus I. Meskipun demikian Gerizim tetap menjadi tempat ibadah orang Samaria (Yohanes 4:20).
http://www.sarapanpagi.org/samaria-vt136.html

Ay:13-14
nah itu tebak2 loe
sebelum ayat ini, 3 ayat sebelumnya aja menunjukkan loe cuma baca tanpa mo tahu referensi umum
cape dech
buakakakakaka
jadi menurut loe karena belom dibaptis Yesus gak boleh membaptis gitu??
Yesus siapa sih??
manusia atau God man sih??
atau menurut loe sebelum dibaptis Yesus cuma manusia biasa?? OMG
sok bener loe ngatain Yohanes offside
noch logika loe yang offside coi
setelah Yesus dibaptis pun, gw belom pernah dapet referensi Yesus membaptis manusia secara "lahiriah"
kalau ada, tolong post ayat nya

duch coi, emang loe kaga ngerti ya kenapa Yesus menjawab seperti itu??
kan dah dibilang biar genap
cape dech

jiah, nembak doang loe mah
pandangan pertama?? hahaha, langsung kenal ye, bukan pake perkenalan
Merpati?? tanpa itu pun Yohanes mengenal "sahabat"nya
pekerjaan??? tanpa disebutkan Yesus pun, Yohanes sudah bersaksi, dan dia bertugas membuka jalan

terus jadi tugas Yesus cuma menahirkan yang buta, yang lumpuh berjalan, dan membangkitkan orang mati??
Elisa juga sudah melakukannya
Elisa membangkitkan orang mati
kenapa gak Elisa aja yang dibilang Tuhan sama orang Kristen
parah dah logika loe
wkwkwk
gak cukup dari kesaksian??
siapa pula yang bilang cukup dari kesaksian
tapi kesaksian Yohanes membuktikan bahwa Yohanes mengenali Yesus
loe tuch ye, suka strawman
belajar lagi loe coi



 
« Last Edit: September 19, 2018, 07:19:43 PM by pengen_tahu »
September 20, 2018, 07:00:09 AM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1366
Sabar coi!
Mau nggak ditebakin!
Kalau mau ngarang hrs relevan

Atau kau mau tebak validitas perkataan Yohanes ini:
Katanya: “Dan aku mula2 tidak mengenal Dia” [Yoh.1:31a]

Salam Damai!
Bro...Emang Yohanes yang nulis di Alkitab dan Yohanes Pembaptis orangnya sama (satu orang ?)

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 08:08:53 AM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Yohanes Pembabtis udah jelas orang Yahudi,
bapaknya imam malah, ibunya keturunan imam Harun

Bukankah imam itu hrs Levi?
Musa org Levi, Harun juga, kan?
Pls dgn referensinya, spy enak gitu.

ya mungkin ybs ngangap suku Lewi bukan dari 12 anak Israel kali

Lalu gimana, nih, biar enak!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 20, 2018, 08:14:45 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Bro...Emang Yohanes yang nulis di Alkitab dan Yohanes Pembaptis orangnya sama (satu orang ?)

Yg kutau:
Yohanes murid termuda mati tertua
Yohanes Pempabtis matinya muda
Yohanes itu ex murid Pembaptis

Salam Damai Ron!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 20, 2018, 08:25:41 AM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Pengen_tahu:
kepanjangan gw potong aja,
entar gw gak bisa jawab loe panjang,
soalya karangan loe kepanjangan


Maren Kitatau:
Pendek2 aja, Bro, jawanya di-potong2/posting
Supaya tanda tanya-mu nggak amat banyak2
Satu posting satu-dua tanda-tanya, kan, sedap

Salam Damai!
« Last Edit: September 20, 2018, 08:38:11 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 20, 2018, 08:33:46 AM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
saya bilang Yohanes Pembabtis itu orang Yahudi broh, bukan imam

silahkan dibaca baik2 lagi post saya :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
September 20, 2018, 08:44:45 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Kita baca aja yg ini, gimana:
Pd zaman Herodes, raja Yudea,
adalah seorang imam yg bernama Zakharia dr rombongan Abia.
Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. [Luk 1:5]

Salam Damai Hen!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 20, 2018, 09:32:35 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
ini aja enaknya

Yang dimaksud dengan keduabelas suku Israel adalah keturunan dari orang anak laki-laki Israel:

Ruben
Simeon
Lewi
Yehuda
Isakhar
Zebulon
Dan
Naftali
Gad
Asyer
Yusuf, dan
Benyamin.

https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Israel

Zakharia dan istrinya, Elisabet, adalah orang tua Yohanes Pembaptis, yang merupakan keturunan dari Imam Harun dari suku Lewi. Elisabet masih bersaudara dengan Maria, ibu Yesus Kristus

https://id.wikipedia.org/wiki/Zakharia_(imam)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)