Author Topic: Keselamatan sebagai Hadiah  (Read 4055 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 20, 2018, 07:03:52 AM
Reply #10
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
Hi bro,

1 Timotius 2:3-4
Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

2 Petrus 3:9
Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Kalau melihat dari 2 ayat ini, jawabannya adalah ya, kehendak Bapa tidak semua terlaksana. Saya lebih condong pakai kata kerinduan daripada kehendak.

Saya sebenarnya tidak mau keluar off topic tapi memang ayatnya begitu apa adanya karena dua ayat ini akan dipakai orang (yang
menganut pemahaman berbeda) untuk argumentasi seperti bahwa semua umat manusia akan diselamatkan, rekonsiliasi universal, dlsbnya, jadi bisa off topic.

Salam


Apakah dengan kita menyangkal (Pemberian hadiah-Nya itu), Kehendak Bapa bisa tidak terjadi ?

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 07:22:37 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Hi bro,

1 Timotius 2:3-4
Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

2 Petrus 3:9
Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Kalau melihat dari 2 ayat ini, jawabannya adalah ya, kehendak Bapa tidak semua terlaksana. Saya lebih condong pakai kata kerinduan daripada kehendak.

Saya sebenarnya tidak mau keluar off topic tapi memang ayatnya begitu apa adanya karena dua ayat ini akan dipakai orang (yang
menganut pemahaman berbeda) untuk argumentasi seperti bahwa semua umat manusia akan diselamatkan, rekonsiliasi universal, dlsbnya, jadi bisa off topic.

Salam
Bro...Bapa kita di Surga adalah SATU untuk semua manusia....Kehendak-Nya juga untuk kita semua, tanpa kecuali...ya semua kita manusia...janganlah kita berada dalam kebimbangan kepada-Nya, Kuasa-Nya, Sifat"Nya....termasuk Kehendak-Nya...Yang membuat bingung adalah Kehendak Bebas kita...
Berdoalah..minta Hikmat-Nya agar kita dapat diberi pengertian menurut cara pandang-Nya saja....

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 07:31:00 AM
Reply #12
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
Hi bro, terima kasih sdh mengingatkan melalui responsnya.  Tapi saya tidak mengerti responya ini - apakah intinya anda mengatakan kehendak Allah pasti terjadi atau semua manusia pasti diselamatkan atau pe dapat lain.  Mojon to the point saja supaya saya tidak meraba-raba dalam kegelapan. :)

Salam.

Bro...Bapa kita di Surga adalah SATU untuk semua manusia....Kehendak-Nya juga untuk kita semua, tanpa kecuali...ya semua kita manusia...janganlah kita berada dalam kebimbangan kepada-Nya, Kuasa-Nya, Sifat"Nya....termasuk Kehendak-Nya...Yang membuat bingung adalah Kehendak Bebas kita...
Berdoalah..minta Hikmat-Nya agar kita dapat diberi pengertian menurut cara pandang-Nya saja....

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 07:39:31 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Kehendak Allah untuk menyelamatkan semua manusia adalah Bukan suatu TAWARAN...
Masih ada kebingungan karena ada Neraka ? Neraka itu cuma proses, bukan hasil akhir dari proses...
Pada akhirnya, Debu akan kembali jadi debu....Roh akan kembali kepada pemilik-Nya....

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 08:24:55 AM
Reply #14
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
Hi bro,

Kesan saya, penjelasan bro ini agak malu-malu, atau tidak to the point, karena saya masih meraba-raba apa yang bro percayai.

Boleh bantu saya untuk lebih mengerti?

Dengan 2 ayat 1 Timotius 2:3-4 dan 2 Petrus 3:9, apakah bro ini  dan berdasarkan pendapat bro bahwa kehendak Allah bukan suatu tawaran, maka

1. "Semua orang" yang dimaksud dalam ayat adalah orang-2 yang dipilih Allah terlebih dahulu sebelum dunia dijadikan karena yang Bapa kehendaki selamat pasti selamat?  atau
2. "Semua orang" yang dimaksud dalam ayat adalah semua umat manusia, sehingga tidak ada satu orang pun yang tidak diselamatkan, pada nantinya.
3. "Semua orang" yang dimaksud dalam ayat ini adalah seperti pendapat Bro Adhi, semua yang memiliki roh manusia (ada manusia lain yang tidak memiliki roh manusia)
4. Yang lain?

Gpp juga sih kalau masih mau abu-abu, hak masing-masing juga ;D

Saya newbie, baru juga juga beberapa hari lalu  :), jadi belum kenal.

Salam




Kehendak Allah untuk menyelamatkan semua manusia adalah Bukan suatu TAWARAN...
Masih ada kebingungan karena ada Neraka ? Neraka itu cuma proses, bukan hasil akhir dari proses...
Pada akhirnya, Debu akan kembali jadi debu....Roh akan kembali kepada pemilik-Nya....

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 09:33:05 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12160
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
point no.6 itu tar Aleph protes lohhh ;D
Kalau elu protes semua point kecuali no 6 ya?  ;D ;D ;D

Tuhan memberikan GRACE itu bukan cuma soal keselamatan dalam arti lepas dari penghukuman akhir/masuk surga.GRACE adalah segala kebaikan yang kita sebenarnya tidak layak untuk menerima.
 
GRACE, yang merupakan hadiah itu memang bisa ditolak dan dibuang. Paulus menulis, grace bisa 'in vain'.

Tapi sekali kita menerima GRACE ini, kita diangkat sekali untuk selamannya untuk menjadi anakNya.
Jadi sejauh ini saya setuju dengan poin-poin dari TS
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
September 20, 2018, 10:13:19 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1397
Hi bro,

Kesan saya, penjelasan bro ini agak malu-malu, atau tidak to the point, karena saya masih meraba-raba apa yang bro percayai.

Boleh bantu saya untuk lebih mengerti?

Dengan 2 ayat 1 Timotius 2:3-4 dan 2 Petrus 3:9, apakah bro ini  dan berdasarkan pendapat bro bahwa kehendak Allah bukan suatu tawaran, maka

1. "Semua orang" yang dimaksud dalam ayat adalah orang-2 yang dipilih Allah terlebih dahulu sebelum dunia dijadikan karena yang Bapa kehendaki selamat pasti selamat?  atau
2. "Semua orang" yang dimaksud dalam ayat adalah semua umat manusia, sehingga tidak ada satu orang pun yang tidak diselamatkan, pada nantinya.
3. "Semua orang" yang dimaksud dalam ayat ini adalah seperti pendapat Bro Adhi, semua yang memiliki roh manusia (ada manusia lain yang tidak memiliki roh manusia)
4. Yang lain?

Gpp juga sih kalau masih mau abu-abu, hak masing-masing juga ;D

Saya newbie, baru juga juga beberapa hari lalu  :), jadi belum kenal.

Salam
Coba saya jawab sesuai pemahaman pribadi...
Bro pasti bingung...kalau nanti semuanya pasti selamat...lalu buat apa Ajaran" di Alkitab ?
Tetap ada gunanya juga Bro...Iman tanpa perbuatan yang selaras adalah mati....Trus apa pengaruhnya perbuatan itu kalau semuanya pasti selamat ? Pengaruhnya nanti ketika proses pemurnian di Neraka (Purgatory)...Udah murni, lalu Rohnya kembali ke Bapa (Selamat/hidup kekal)...
Kalau diumpamakan sebuah motor kalau kebanyakan digeber, rusaknya bisa parah, masuk bengkel bisa lama...
Kalau motornya dipakainya halus, dirawat, paling rusaknya kecil aja...setengah jam service juga kelar tuh...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 10:26:14 AM
Reply #17
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
nah begitu dong, jadi saya mengenal mahluk seperti apa anda ini  :afro:  Anda menganut universal reconciliation/salvation.  Hidup anda sekarang ini lebih tenang pasti tenang karena anda berpendapat semua orang pasti diselamatkan, nantinya.

Tapi saya sama sekali tidak sependapat.

Mungkin universal reconciliation bisa menjadi topik terpisah.

Aniwei, salam damai

Coba saya jawab sesuai pemahaman pribadi...
Bro pasti bingung...kalau nanti semuanya pasti selamat...lalu buat apa Ajaran" di Alkitab ?
Tetap ada gunanya juga Bro...Iman tanpa perbuatan yang selaras adalah mati....Trus apa pengaruhnya perbuatan itu kalau semuanya pasti selamat ? Pengaruhnya nanti ketika proses pemurnian di Neraka (Purgatory)...Udah murni, lalu Rohnya kembali ke Bapa (Selamat/hidup kekal)...
Kalau diumpamakan sebuah motor kalau kebanyakan digeber, rusaknya bisa parah, masuk bengkel bisa lama...
Kalau motornya dipakainya halus, dirawat, paling rusaknya kecil aja...setengah jam service juga kelar tuh...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
September 20, 2018, 10:30:13 AM
Reply #18
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
 :afro: :afro:

saya lihat disini sering berantem-2 tulisannya  :).

Tapi, menurut saya, ujung-ujungnya perbedaan pendapat ini, pembuktiannya ada pada kehidupan sehari-hari.

Bagi yang percaya mengenai kepastian keselamatan, tidak sembarangan menghidupi kehidupannya.  Karena memang kasih karunia yang diterima bukan alasan untuk berbuat dosa.   

Bagi yang menganut keselamatan dapat hilang bahwa apa yang dilakukannya bukan didasari oleh karena upah dan ganjaran, tetapi atas dasar saya selamat, makanya saya bekerja.  Karena kalau didasari oleh karena upah dan ganjaran, maka dia membawa dirinya kembali berada di bawah pengaruh hukum Taurat.

This is just my two cents’

Salam.
Kalau elu protes semua point kecuali no 6 ya?  ;D ;D ;D

Tuhan memberikan GRACE itu bukan cuma soal keselamatan dalam arti lepas dari penghukuman akhir/masuk surga.GRACE adalah segala kebaikan yang kita sebenarnya tidak layak untuk menerima.
 
GRACE, yang merupakan hadiah itu memang bisa ditolak dan dibuang. Paulus menulis, grace bisa 'in vain'.

Tapi sekali kita menerima GRACE ini, kita diangkat sekali untuk selamannya untuk menjadi anakNya.
Jadi sejauh ini saya setuju dengan poin-poin dari TS
September 20, 2018, 10:49:44 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10529
:afro: :afro:

saya lihat disini sering berantem-2 tulisannya  :).
enggak ada yg berantem lah mas..
disini iklim diskusinya sehat dan straightforward kok..
supaya semua pendapat bisa disampaikan secara gamblang..

haha...

Quote
Tapi, menurut saya, ujung-ujungnya perbedaan pendapat ini, pembuktiannya ada pada kehidupan sehari-hari.

Bagi yang percaya mengenai kepastian keselamatan, tidak sembarangan menghidupi kehidupannya.  Karena memang kasih karunia yang diterima bukan alasan untuk berbuat dosa.   

Bagi yang menganut keselamatan dapat hilang bahwa apa yang dilakukannya bukan didasari oleh karena upah dan ganjaran, tetapi atas dasar saya selamat, makanya saya bekerja.  Karena kalau didasari oleh karena upah dan ganjaran, maka dia membawa dirinya kembali berada di bawah pengaruh hukum Taurat.

This is just my two cents’

Salam.

hmmm......

i think i know where this leads..


btw, menurut mas aleph,
"pembuktian dalam kehidupan sehari-hari" itu enggak ngaruh terhadap keselamatan lho mas..

kalo nurut mas melang, apakah "pembuktian dalam kehidupan sehari-hari" itu ADA KORELASI-nya dengan kesalamatan seseorang atau tidak ?
« Last Edit: September 20, 2018, 10:54:46 AM by cadangdata »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)