Author Topic: Berbagai Pandangan Mengenai Keselamatan  (Read 4100 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 08, 2018, 09:32:10 AM
Reply #140
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11003
Kalau saya percaya OSAS bukan versi Calvin. Saya percaya keselamatan tidak bisa hilang karena karya Kristus menghapus seluruh dosa kita past present future. Dan ini efektif ketika kita percaya kepada Kristus.

iya mas..

ini sudah konsisten dengan imanmu bahwa Tuhanmu memang LIMITED, sehingga Tuhanmu TIDAK MAMPU untuk bertindak sesuai dengan prerogratif-Nya sendiri, dan Tuhanmu TERBATAS HARUS TERIKAT pada INTERPREATASI PENDETONGMU yang berkuasa penuh atas TUhan..

kita udah paham ini kok...
December 08, 2018, 09:37:45 AM
Reply #141
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
dan apabila di kemudian hari yang saya bold itu berubah menjadi tidak percaya alias murtad??
apakah tetap selamat?

Setahuku , dalam teori sekali selamat untuk selamanya. Sekali percaya itu juga untuk selamanya.
Murtad itu terjadi ketika proses menuju percaya. Jadi ditengah-tengah, ketika proses diterangi oleh Firman Allah.

20. Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira.

21. Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad.

Syarat untuk keselamatan itu adalah kelahiran Baru. Begitu kelahiran baru terjadi, proses udah terus maju, bertumbuh atau masih bayi dst. Bukannya mundur balik ke rahim lagi.

3. Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Salam Santai.
Hidup hanya sementara.
December 08, 2018, 01:54:45 PM
Reply #142
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
dan apabila di kemudian hari yang saya bold itu berubah menjadi tidak percaya alias murtad??
apakah tetap selamat?
Iya, tetap selamat.

Tapi kalau nurut saya, Yesus memberikan jaminan keselamatan yang kekal kepada manusia, itu supaya manusia bisa berpegang pada jaminan yang pasti. Bukan untuk berteori, bikin-bikin skenario, "kalau gak percaya lagi gimana", lalu memutuskan "berarti si ini sudah hilang keselamatannya (atau tetep selamat) dlsb.

Tapi kalau maksa mau nany skenario demikian, maka saya jawab, "Ys, tetap selamat"
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
December 08, 2018, 01:57:39 PM
Reply #143
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
entah kenapa orang2 yang kerjanya cuma ngelompok-ngelompokin gt emg sok tau
kalo lu gak kelompok A lu pasti kelompok B
kalo gak percaya OSAS, lu pasti non OSAS, lu pasti gagal, lu pasti mengandalkan kekuatan sendiri untuk selamat
kalo gak percaya Calvin, lu pasti armin, lu pasti berpikir lu bisa selamat karena usaha lu sendiri

Konyol !!

dari sejak awal mulanya gereja Purba percaya itu

ada yang dipilih
ada yang diselamatkan

berusaha disempit2in jadi pokoknya harus dipilih, pokoknya harus berusaha diselamatkan

udah jelas2 bagusan rumusan gereja purba kemana2
Kalau ngomongin keselamatan bisa hilang atau tidak, itu cuma ada 2 kondisi, BISA atau TIDAK BISA. Emang ada kondisi lain?

Mikir dikit lah Hen. Bacot doang digedein, otak kopong, asal njeplak pokoknya komen. Kebanyakan belajar ama si cadang sih lu.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
December 08, 2018, 05:46:55 PM
Reply #144
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4722
Iya, tetap selamat.

Tapi kalau nurut saya, Yesus memberikan jaminan keselamatan yang kekal kepada manusia, itu supaya manusia bisa berpegang pada jaminan yang pasti. Bukan untuk berteori, bikin-bikin skenario, "kalau gak percaya lagi gimana", lalu memutuskan "berarti si ini sudah hilang keselamatannya (atau tetep selamat) dlsb.

Tapi kalau maksa mau nany skenario demikian, maka saya jawab, "Ys, tetap selamat"

sip, sangat tegas dan jelas

jaminan memang pasti, saya tidak bikin2 skenario
kenyataan yang terjadi dan alkitab pun mengakui bahwa daging itu lemah
so konsekuensi dari osas
saat orang murtad dan tidak percaya Yesus pun dia bisa tetap selamat

ok, kalau pandangannya seperti itu saya pun hanya bisa diam

December 08, 2018, 08:59:00 PM
Reply #145
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11003
Kalau ngomongin keselamatan bisa hilang atau tidak, itu cuma ada 2 kondisi, BISA atau TIDAK BISA. Emang ada kondisi lain?

Mikir dikit lah Hen. Bacot doang digedein, otak kopong, asal njeplak pokoknya komen. Kebanyakan belajar ama si cadang sih lu.
dua skenario itu kan menurut sejauh kemampuan otakmu?

memangnya kamu kira kemampuan otak Tuhan itu cuma setara dengan otakmu?


ini memang kayaknya sudah ditakdirkan tuhan untuk dapet jatah otak segitu..
dan memang konsekuensi dari hobi bolos antrian jatah otak adalah: merasa bahwa Daya Pikir Tuhan itu sama setara dogolnya dengan daya pikir otaknya..

kalo gini memang jangan-jangan udah suratan takdir dan kehendak tuhan bahwa mmg ada orang2 yg dilahirkan dengan cipratan jatah otak yg sebagian udah dibikin rendang..
hahaha...
December 09, 2018, 01:02:09 AM
Reply #146
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 975
  • Denominasi: Protestan
Iya, tetap selamat.

Tapi kalau nurut saya, Yesus memberikan jaminan keselamatan yang kekal kepada manusia, itu supaya manusia bisa berpegang pada jaminan yang pasti.
Selama masih "bisa" berpegang kan? Kalau terlepas gimana? Kalo sengaja melepas gimana?

Bukan untuk berteori, bikin-bikin skenario, "kalau gak percaya lagi gimana", lalu memutuskan "berarti si ini sudah hilang keselamatannya (atau tetep selamat) dlsb.
Teori atau skenario (layaknya film), ya muncul dari realita yang ada dalam kehidupan, bray.

Contoh paling ekstrim, Bunuh diri, misalnya.

Entah yang bunuh diri itu orang Kristen yang baik atau tidak baik (entah dengan alasan apa pun), tetap jadi dilematis bagi hamba Tuhan manapun untuk menetapkan apakah orang tersebut tersebut pergi ke surga atau neraka.

Dua alasan utama :
1. Bunuh diri mengindikasikan bahwa yang bersangkutan tidak percaya kepada Tuhan.
2. Jika ada hamba Tuhan manapun memastikan bahwa yang bersangkutan (misalkan yang bunuh diri adalah  jemaatnya) tetap PASTI masuk ke surga (dengan tafsir/doktrin apa pun) MAKA implikasinya (sadar atau tidak sadar) adalah bahwa jika "sudah tidak sanggup lagi" maka bunuh diri bisa jadi alternatif terakhir.


Tapi kalau maksa mau nany skenario demikian, maka saya jawab, "Ys, tetap selamat"
Betewe, OSAS juga salah satu skenario/teori kan, bray?
« Last Edit: December 09, 2018, 01:10:26 AM by viruskasih »
December 09, 2018, 09:40:37 AM
Reply #147
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3452
Setahuku , dalam teori sekali selamat untuk selamanya. Sekali percaya itu juga untuk selamanya.
Murtad itu terjadi ketika proses menuju percaya. Jadi ditengah-tengah, ketika proses diterangi oleh Firman Allah.

20. Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira.

21. Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad.

Syarat untuk keselamatan itu adalah kelahiran Baru. Begitu kelahiran baru terjadi, proses udah terus maju, bertumbuh atau masih bayi dst. Bukannya mundur balik ke rahim lagi.

3. Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Salam Santai.

Amin..Amin dan Amin  ! :afro: :afro: :afro:

December 09, 2018, 09:43:18 AM
Reply #148
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3452
sip, sangat tegas dan jelas

jaminan memang pasti, saya tidak bikin2 skenario
kenyataan yang terjadi dan alkitab pun mengakui bahwa daging itu lemah
so konsekuensi dari osas
saat orang murtad dan tidak percaya Yesus pun dia bisa tetap selamat

ok, kalau pandangannya seperti itu saya pun hanya bisa diam

Kalau bisa murtad artinya itu hanya ngaku ngaku percaya saja alias iman palsu contohnya ternyata yg disembahnya hanya patung2 atau roh2 orang mati doang !


December 10, 2018, 07:57:29 AM
Reply #149
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
sip, sangat tegas dan jelas

jaminan memang pasti, saya tidak bikin2 skenario
kenyataan yang terjadi dan alkitab pun mengakui bahwa daging itu lemah
so konsekuensi dari osas
saat orang murtad dan tidak percaya Yesus pun dia bisa tetap selamat

ok, kalau pandangannya seperti itu saya pun hanya bisa diam
Istilah daging lemah itu dicatat dalam konteks ketika kita dengan kekuatan sendiri mencoba mengatasi dosa, lalu malah akan jatuh dalam perbuatan dosa.
Kita lagi ngomongin kehilangan keselamatan, jadi maksud anda karena daging lemah, lalu ketika seseorang jatuh dalam dosa, keselamatan langsung hilang, gitu?
Dengan kata lain kita mempertahankan/memperoleh keselamatan dengan perbuatan?

Padahal alkitab sangat-sangat jelas, keselamatan adalah kasih karunia melalui iman, itu BUKAN usahamu. Dan inilah yang membedakan Kekristenan dengan agama lain. Sayangnya orang Kristen sendiri banyak yang tidak percaya ajaran sendiri.
Kalau mau keselamatan oleh perbuatan, itu adalah bangsa Israel di bawah taurat. Allah memberi taurat sehingga manusia mengerti bahwa mengandalkan perbuatan/effort sendiri, tidak mungkin dapat diselamatkan.

Kemudian Allah berdasarkan kasih karuniaNya, menolong manusia melalui karya Kristus. Allah mau supaya manusia diselamatkan dengan percaya Kristus.

Sayangnya sekarang banyak gak mau percaya tapi malah membuat 'PERCAYA' itu sebagi hukum/syarat untuk diselamatkan. Lalu mulai bikin-bikin skenario, seperti kita mempelajari hukum, lalu mencari-cari celah dari Hukum itu.

Kita harus memandang keselamatan itu sebagai pertolongan Allah.
Selama kita terus memandang keselamatan itu adalah sesuatu hal yang butuh effort kita untuk meraihnya, maka kita gak akan bisa memahami keselamatan sebagai anugerah Tuhan.

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)