Author Topic: Berbagai Pandangan Mengenai Keselamatan  (Read 4070 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 29, 2018, 01:41:38 PM
Reply #90
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Sebenarnya Efesus 1 : 4 sudah menjawab pertanyaan anda tetapi saya akan menambahi lagi sbb :

1 Petrus 1:1 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,
1:2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

Dari ayat diatas kita memahami bahwa :

1.Mereka yang selamat adalah yg sesuai dengan rencana Allah Bapa (tentunya didalam kekekalan krn unconditional)

2.Dikuduskan oleh Roh didalam proses kelahiran baru didalam dunia

3.Meneriman percikan darah penebusan Yesus dikayu salib didunia

Masih belum mendapatkan yang kucari. Rencana Allah Bapa ? Kalau rencana berarti ada pilihan dong atau rencana adalah sebuah kepastian ? Aneh juga.

Dalam sebuah teori labirin Rencana Allah yang Super Raksasa Gigantic, dikatakan bahwa Allah telah membentuk sebuah Rencana Super Raksasa yang penuh dengan Trilyuan pilihan yang telah ada dari awalnya sebelum dunia diciptakan yang akan menentukan kemana engkau akan berakhir nantinya.

Jadi kita dimasukkan dalam Rencana itu, lalu mulailah kita berjalan sesuai kondisi dan pilihan kita di dalamnya.

Itu rencana ?

Salam hidup hanya sementara.
Hidup hanya sementara.
November 29, 2018, 02:11:15 PM
Reply #91
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kalau non OSAS gimana? Apakah anda juga tidak melihat ada yg salah dengan non OSAS?

Kalau saya lihat dari sudut pandang OSAS tentu ada hal hal yang tidak sesuai dari non OSAS (Baca: tidak benar).
Tapi mau kita debatkan juga, itu sudah menjadi bahan diskusi sejak ratusan tahun yang lalu, tiap pandangan punya pertanggungjawaban masing masing. Dan yang pasti ada banyak pandangan dan dimensi mengenai keselamatan.

Saya sendiri masih agak bingung, karena OSAS dan bisa hilangnya keselamatan keduanya tercatat di Alkitab. Misal di Perjanjian Lama, raja-raja Israel, umat Israel, sudah dijanjikan keselamatan, tetapi mereka melanggar perjanjian dengan Tuhan.
Tapi di Perjanjian Baru, banyak ayat-ayat yang merujuk pada OSAS.
Saya sendiri masih perlu mendalami hal ini.

Nah yang sejak tadi ingin saya tekankan adalah. Kita tidak bisa menyederhanakan ajaran keselamatan menjadi "Hanya OSAS saja yang benar". Toh dimensi mengenai keselamatan begitu luas dan semua itu tertulis di Alkitab yang ditafsirkan secara berbeda-beda sepanjang sejarah Kekristenan (seperti yang saya tulis di atas mengenai surga, neraka, penghakiman, siapa/apa yang selamat, apa yang terjadi setelah kematian, dll). tapi toh nampaknya saudara/i Jamu tidak memahami maksud saya atau memang tidak mau menanggapi.hehehe

Salam
November 29, 2018, 04:03:27 PM
Reply #92
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3421
Masih belum mendapatkan yang kucari. Rencana Allah Bapa ? Kalau rencana berarti ada pilihan dong atau rencana adalah sebuah kepastian ? Aneh juga.

Dalam sebuah teori labirin Rencana Allah yang Super Raksasa Gigantic, dikatakan bahwa Allah telah membentuk sebuah Rencana Super Raksasa yang penuh dengan Trilyuan pilihan yang telah ada dari awalnya sebelum dunia diciptakan yang akan menentukan kemana engkau akan berakhir nantinya.

Jadi kita dimasukkan dalam Rencana itu, lalu mulailah kita berjalan sesuai kondisi dan pilihan kita di dalamnya.

Itu rencana ?

Salam hidup hanya sementara.

Sory saya kurang paham maksud anda mengenai kaitan rencana Allah Bapa yg anda tanya dengan proses keselamatan manusia ?

« Last Edit: November 29, 2018, 04:08:46 PM by jamu »
November 29, 2018, 04:10:41 PM
Reply #93
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3421
OSAS hanya menyangkut satu aspek dari seluruh aspek rencana keselamatan Allah dan itu menyangkut aspek apakah keselamatan bisa hilang atau tidak,itu saja.

Saya memilih salah satu dari alternatif yg diajukan TS tentang status keselamatan yg saya yakini paling benar secara Alkitabiah berdasarkan bukti bukti yang mendasarinya.

Tetapi ada member yg menanggapi dan memaksakan saya harus membuktikan apa kesalahan alternatif lain yg bukan tujuan saya memberikan komentar atau pilihan tsb selain apa yang sudah saya sajikan menurut pemahaman teologis saya atas aspek tsb !

« Last Edit: November 29, 2018, 04:16:47 PM by jamu »
November 29, 2018, 04:31:22 PM
Reply #94
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
OSAS hanya menyangkut satu aspek dari seluruh aspek rencana keselamatan Allah dan itu menyangkut aspek apakah keselamatan bisa hilang atau tidak,itu saja.

Saya memilih salah satu dari alternatif yg diajukan TS tentang status keselamatan yg saya yakini paling benar secara Alkitabiah berdasarkan bukti bukti yang mendasarinya.

Tetapi ada member yg menanggapi dan memaksakan saya harus membuktikan apa kesalahan alternatif lain yg bukan tujuan saya memberikan komentar atau pilihan tsb selain apa yang sudah saya sajikan menurut pemahaman teologis saya atas aspek tsb !



Alhamdulilah akhirnya anda agak paham sedikit.
Memaksa?hahaha
daritadi saya tanya, kalau anda bilang "Hanya OSAS yang benar", bagaimana dengan yang lain? benar atau salah? saya daritadi bertanya loh. tidak ada memaksa.

Memilih? dih.hahaha kalau gk saya sebut di atas, mungkin saudara cuma tahu keselamatan=OSAS, apa benar begitu? saya tanya loh ya.
Kalau udah tahu dari awal, ya ngomong toh. gk pake serang pribadi orang.hehehehe jadi gk panjang kayak begini.

Paling? tadi bilangnya "hanya" sekarang ganti paling ya.. hmmmmmm. jadi sekarang yang lain "bisa saja" benar? atau bagaimana?

Saran saya sih bacanya gk usah pakai esmosi.hehehe
Peace
November 29, 2018, 04:36:09 PM
Reply #95
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3421
Alhamdulilah akhirnya anda agak paham sedikit.
Memaksa?hahaha
daritadi saya tanya, kalau anda bilang "Hanya OSAS yang benar", bagaimana dengan yang lain? benar atau salah? saya daritadi bertanya loh. tidak ada memaksa.

Memilih? dih.hahaha kalau gk saya sebut di atas, mungkin saudara cuma tahu keselamatan=OSAS, apa benar begitu? saya tanya loh ya.
Kalau udah tahu dari awal, ya ngomong toh. gk pake serang pribadi orang.hehehehe jadi gk panjang kayak begini.

Paling? tadi bilangnya "hanya" sekarang ganti paling ya.. hmmmmmm. jadi sekarang yang lain "bisa saja" benar? atau bagaimana?

Saran saya sih bacanya gk usah pakai esmosi.hehehe
Peace

Kamu yang menuduh sembarangan karena anak kecilpun tahu bahwa OSAS hanya menyangkut status keselamatan tetapi kebiasaanmu menuduh sembarangan itulah yg menjadi persoalan !

Tidak pernah saya menyatakan bahwa OSAS adalah keseluruhan proses keselamatan karena dari semua komentar saya jelas bahwa keselamatan itu sudah sejak kekal ditentukan !

Makanya belajar jangan sembarangan menuduh orang dgn memanipulasi komentarnya dan membuat kesimpulan sendiri,karena itu cara berdiskusi yang sangat buruk !

November 29, 2018, 04:47:30 PM
Reply #96
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kamu yang menuduh sembarangan karena anak kecilpun tahu bahwa OSAS hanya menyangkut status keselamatan tetapi kebiasaanmu menuduh sembarangan itulah yg menjadi persoalan !

Tidak pernah saya menyatakan bahwa OSAS adalah keseluruhan proses keselamatan karena dari semua komentar saya jelas bahwa keselamatan itu sudah sejak kekal ditentukan !

Makanya belajar jangan sembarangan menuduh orang dgn memanipulasi komentarnya dan membuat kesimpulan sendiri,karena itu cara berdiskusi yang sangat buruk !



Huahahahahaha tulisan saya di atas cuma beberapa kata loh. masih belum bisa baca dengan jelas?
Sok mangga dilihat yang berwarna merah.
Udah dibilang, jangan pakai esmosi

Alhamdulilah akhirnya anda agak paham sedikit.
Memaksa?hahaha
daritadi saya tanya, kalau anda bilang "Hanya OSAS yang benar", bagaimana dengan yang lain? benar atau salah? saya daritadi bertanya loh. tidak ada memaksa.

Memilih? dih.hahaha kalau gk saya sebut di atas, mungkin saudara cuma tahu keselamatan=OSAS, apa benar begitu? saya tanya loh ya.
Kalau udah tahu dari awal, ya ngomong toh. gk pake serang pribadi orang.hehehehe jadi gk panjang kayak begini.

Paling? tadi bilangnya "hanya" sekarang ganti paling ya.. hmmmmmm. jadi sekarang yang lain "bisa saja" benar? atau bagaimana?

Saran saya sih bacanya gk usah pakai esmosi.hehehe
Peace


Toh tinggal jawab pertanyaan-pertanyaan saya kalau anda berkenan, ndak usah pakai esmosi.hehehe
November 29, 2018, 04:54:09 PM
Reply #97
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kamu yang menuduh sembarangan karena anak kecilpun tahu bahwa OSAS hanya menyangkut status keselamatan tetapi kebiasaanmu menuduh sembarangan itulah yg menjadi persoalan !

Tidak pernah saya menyatakan bahwa OSAS adalah keseluruhan proses keselamatan karena dari semua komentar saya jelas bahwa keselamatan itu sudah sejak kekal ditentukan !

Makanya belajar jangan sembarangan menuduh orang dgn memanipulasi komentarnya dan membuat kesimpulan sendiri,karena itu cara berdiskusi yang sangat buruk !



Dari awal saya sudah tanya berkali kali loh

Tidak ada yang bilang salah ya..hehehe
Yang saya tekankan. Pandangan mengenai keselamatan itu ada banyak, dan arogan jika membenarkan diri sendiri dan menganggap pandangan lain salah. Begitu kira kira..

Intinya
Anda: hanya OSAS yang benar
Saya: tidak ada masalah dengan OSAS, yang lain bisa saja benar

Yang lain menurut anda bagaimana?
Kalau salah, mengapa?
Kalau benar, mengapa anda bilang "hanya OSAS yang benar". saya rasa ini bukan tanggapan sentimentil. anda saja yang terbawa emosi

Belum lagi jika kita tempatkan Surga, Neraka dan Penghakiman. begitu luas hal mengenai keselamatan.
Contoh. Jika pasti selamat, mengapa masih ada penghakiman?

Coba tolong dijawab, "hanya OSAS yang benar" itu maksudnya bagaimana? Pandangan lain salah?



Coba saya perjelas.
Apa anda tahu dimensi keselamatan (soteriology) itu begitu luas. Tidak bisa disimpulkan hanya dengan "OSAS". apa anda tahu dan sadar akan hal itu? Ada begitu banyak pandangan.

TOH KALAU ANDA SADAR SEJAK AWAL, YA TINGGAL JAWAB AJA. TAPI NGELES AMPE RATUSAN BALASAN, BARU SADAR BEBERAPA MENIT YANG LALU. HUAHAHAHAHAHA
November 29, 2018, 04:59:09 PM
Reply #98
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3421
Dari awal saya sudah tanya berkali kali loh

TOH KALAU ANDA SADAR SEJAK AWAL, YA TINGGAL JAWAB AJA. TAPI NGELES AMPE RATUSAN BALASAN, BARU SADAR BEBERAPA MENIT YANG LALU. HUAHAHAHAHAHA

Siapa mau meladeni kalau pertanyaan OOT dan penuh dengan tuduhan palsu yang konyol !
November 29, 2018, 04:59:40 PM
Reply #99
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kamu yang menuduh sembarangan karena anak kecilpun tahu bahwa OSAS hanya menyangkut status keselamatan tetapi kebiasaanmu menuduh sembarangan itulah yg menjadi persoalan !

Tidak pernah saya menyatakan bahwa OSAS adalah keseluruhan proses keselamatan karena dari semua komentar saya jelas bahwa keselamatan itu sudah sejak kekal ditentukan !

Makanya belajar jangan sembarangan menuduh orang dgn memanipulasi komentarnya dan membuat kesimpulan sendiri,karena itu cara berdiskusi yang sangat buruk !


ORANG DI BAWAH INI NIH YANG JUSTRU MENUDUH DAN MEMBUAT KESIMPULAN SENDIRI.HAHAHAHA

Selain fitnahan anda yang tidak mampu berdiskusi secara sehat ?

Karena saya sudah menyatakan pandangan saya kalau anda tidak mau mengkritisi "content" nya itu juga hak anda !




Silahkan dikritik tanpa cenggeng kalau mampu !



Ha..ha..ha.. ternyata anda pengecut begitu dikasi ayatnya sesuai permintaanmu ternyata lari terbirit birit dengan alasan cengeng persis anak kecil !



Kamu ini masih anak kecil ?


Mengaku dari gereja latar belakang yg Calvin tetapi tidak becus menyanggah atau memahami OSAS kelihatan sekali munafiknya !

saya tidak perduli siapa anda tetapi ini forum diskusi bukan forum curhat sentimentil !

Kalau tidak bisa menunjukkan apa yang salah dari kriteria OSAS saya diatas sebaiknya duduk manis saja dipinggir lapangan ketimbang membuang tempo berdiskusi disini !

Masih saya tunggu kritikan yang nyambung !

SAYA LAGI BAYANGKAN, KALAU ADA ORANG YANG TIDAK PAHAM KESELAMATAN DAN BERTANYA KEPADA ANDA. JIKA JAWABAN ANDA SEPERTI INI, APA JADINYA.HUAHAHAHAHAHAHA
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)