Author Topic: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono  (Read 1711 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 26, 2018, 10:13:52 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1542
  • Denominasi: Gak tau dah...
Sebagai orang luar, saya coba memberi tanggapan dengan berhati-hati sekali.

Saya coba membuat urutan peristiwa, hasil pencarian saya.

1. Pdt. Erastus Sabdono menyatakan niatnya untuk keluar dari Sinode GBI. Alasan sudah diberitahukan disertai permohonan maaf. Video atau surat dapat dengan mudah kita cari.

2. Muncul tanggapan / surat edaran dari GBI, mengenai perbedaan pemahaman / pengajaran Pdt. Erastus Sabdono dengan pengajaran GBI. Dapat kita lihat seperti yang dishare Om Siip.

3. Kembali Pdt. Erastus menanggapi surat edaran tersebut. Dapat dicari dengan mudah.

4. Terjadi pertemuan antara GBI dengan Pdt. Erastus Sabdono. Tidak ada videonya.

5. GBI kemudian dalam konfrensi persnya menyatakan tidak ada masalah dengan keluarnya Pdt. Erastus Sabdono. Perbedaan teologis yang ada tidak usah dipertentangkan.

6. Dari pihak Pdt. Erastus Sabdono juga mengeluarkan hak jawab dalam bentuk tulisan. Bahwa telah terjadi pertemuan antara dirinya dengan BPH GBI.

Sampai di sini sepertinya sudah terselesaikan dengan baik. Di poin nomor enam, dikatakan (hasil pertemuan maksudnya) bahwa memang terdapat perbedaan pengajaran antara dirinya dengan GBI, tetapi tidak ada yang menyimpang dari pengajarannya (bandingkan dengan nomor 5).

Yang agak menarik adalah di poin nomor tiga. Beliau menutip tanggapan dengan kalimat, "Bacalah buku-buku ini, barulah fair untuk memberikan pandangan."

Untuk berikutnya, sebagai orang luar saya mungkin tidak berani memberikan tanggapan lebih jauh.
« Last Edit: September 26, 2018, 10:29:11 PM by mrt_bla »
September 27, 2018, 07:26:54 AM
Reply #11
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
https://youtu.be/gFP3xNuv2Ps

Benar bro Mrt,
Terima kasih sudah reminding kami semua,
Ini tanggapan Pak Erastus.

Kita sikapi ini dg bijaksana, yg kita lihat adalah substansi di dalamnya, kita hindari mngarah ke gbi vs erastus.
Mari kita lihat isi diskusinya, anggap saja yg bicara bukan si A vs si B, tp ttg ajaran x dg ajaran y.

Anggaplah misal kelak ada yg bilang kl lucifer tmsk anak Allah dan mhakiminya harus atas sistem corpus delicti, bukankah ini menarik?
« Last Edit: September 27, 2018, 10:12:20 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
September 27, 2018, 07:46:23 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Mari coba kita pikir dengan baik ya : :)
all welcome to correct me of course

1.
jika beliau ada di gereja masing2
pengajarannya sudah seperti itu
katakanlah sudah ditegor pun ga berubah
cocokkah beliau dikeluarkan dari gereja masing2? :)

2.
Jika diri anda sendiri jadi beliau
katakanlah anda "mendapatkan sesuatu yang baru" dari Tuhan
anda berusaha meyakinkan gereja tempat anda berjemaat tentang apa yang anda dapat itu
namun gereja / mayoritas menolaknya, mungkin anda diejek2, lalu anda tulis buku2 tentang itu
kebetulan lagi anda posisinya seorang gembala yang punya banyak jemaat (dalam artian "mampu" untuk bikin gereja baru secara independen)
akankah anda memutuskan untuk memisahkan diri dari gereja tersebut? :)



selalu ingat prinsip Firman Tuhan ini :
apa yang kamu ukurkan ke orang lain, selalu akan diukurkan kembali kepada kamu
so sebelum mengeluarkan judgement yang gimana2
akan lebih baik jika kita berpikir secara jernih dan seimbang :)

saya sih yakin 2 pertanyaan saya diatas itu cukup menarik untuk dijawab dan didiskusikan, dan bahkan mungkin bisa jadi refleksi buat kita masing2 :)



at the end :

jangan bawa ini jadi GBI vs Erastus
coba melihatnya itu doktrin vs doktrin
sebab intinya dia keluar itu adalah gara2 doktrinnya, bukan gara2 denominasinya



as for myself :

selama Dia masih mengajarkan Yesus adalah Tuhan, keselamatan hanya dari Tuhan Yesus saja
apalagi masih percaya Tritunggal

sy selalu anggap itu teman dalam memberitakan injil, itulah yang terutama :)

doktrin bias2 dikit gak terlalu penting, selama itu gak menentang yang fundamental (buat saya)

malah terkadang dari pemikiran yang "baru" ini, siapa tahu pewahyuan teologia bisa berkembang :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
September 27, 2018, 07:50:35 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
may i offer to look at it from the p.o.v of "theological entrepreneurship"?

seeeeeee ??
it all starts to make more sense, rite?
haha...


let's encourage entrepreneurship di indonesia lah..
jumlahnya masih kurang banget soalnya.. :D

salam
September 27, 2018, 07:53:00 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
September 27, 2018, 08:26:17 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1366
Saya rasa ada "Faktor lain" sehingga Pdt. Erastus ga boleh/ga mau di GBI lagi...Feeling saya sepertinya masalah PERPULUHAN....

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
September 27, 2018, 09:10:01 AM
Reply #16
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 186
  • Gender: Male
  • King James Bible, Fundamentalis, Militan
    • Baptis Militan
  • Denominasi: Baptis Independen (Anabaptis)
as for myself :

selama Dia masih mengajarkan Yesus adalah Tuhan, keselamatan hanya dari Tuhan Yesus saja
apalagi masih percaya Tritunggal

sy selalu anggap itu teman dalam memberitakan injil, itulah yang terutama :)
intinya anda tidak menganggap si erastus adalah teman dalam memberitakan injil.
Syarat agar selamat hanya percaya. Bukan dibaptis, tobat dari dosa, rajin ibadah, makan roti minum anggur atau perbuatan lainnya (Kisah Rasul 16:30-31). Ini kabar baiknya: mudah masuk surga.

Pelajari doktrin Alkitab secara mendalam di sini:
https://www.youtube.com/channel/UC3xZkWLNo6-AAnzv3ZfnjQQ
September 27, 2018, 09:14:01 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
hahaha

gak semua soal itu dang

ati2 generalisasi ;D
hahaha... okay...

rather than on the substance, i d like to comment on a "rather bigger picture"

1. On proposing "new theories"
jika pak sabdono ini bidang keahliannya di ilmu pengetahuan (eksakta maupun sosial), alias ilmu beneran..
maka ketika beliau mem-propose konsep baru-nya, beliau tinggal melakukan verifikasi dan pembuktian atas hipotesis-nya itu..
dan andaikatapun belum bisa dibuktikan saat itu (misal spt wkt einstein propose e=mc2), jika hipotesisnya cukup robust dan plausible karena didasarkan pada pembuktian2 sebelumnya..

maka.. walaupun itu sesuatu yang "baru" dan "anti-mainstream",
komunitasnya to some extent akan bisa menerima, walaupun dgn catatan masih sekedar tesis atau teori.

inilah yang menyebabkan Theologia itu BELUM BISA Naik Kelas setara dgn ILMU PENGETAHUAN beneran.


2. On the "Official" version of Christianity
- oleh karena theologia itu berbasis asumsi yang ENGGAK BOLEH DI-CHALLENGE
- maka akibatnya berlaku prinsip DEMOKRASI alias Survival of the Mainstream, alias HUKUM RIMBA
- konsep mana yang diterima oleh MAYORITAS maka akan DIANGGAP sebagai "KONSEP RESMI" atau "Kristen yang BENAR"
- padahal sebenernya adalah: "Kesepakatan Mainstream atas Konsep Kristen", yang ENGGAK TAHU BENAR SALAHNYA.


3. On Institutionalised Faith
Persis mirip dalam kasus kayak gini ini, yang sudah sering terjadi, dan bakal lebih sering lagi terjadi..
- tawaran konsep yg "anti-mainstream" sering bakal di cap BERBEDA, TIDAK BERSUMBER ALKITAB (menurut versi yg bilang gitu.. wkwk), dlsb...
- dan at the end of the day... it is all about ORGANISATIONAL PROBLEMs... if not Financial..

just my two cent
September 27, 2018, 09:41:33 AM
Reply #18
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Substansinya para Bro, substansi.
Kl soal motif itu Tuhan yg tau.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
September 27, 2018, 09:54:27 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
intinya anda tidak menganggap si erastus adalah teman dalam memberitakan injil.

artinya kamu belum tonton video yang dishare oleh Siip

mungkin ga ada quota?

kalo udah tonton ga mungkin kamu berpendapat seperti diatas ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)