Author Topic: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono  (Read 1712 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 02, 2018, 08:57:44 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 792
  • Denominasi: Protestan
Dulu Pak Erastus pernah bilang,

"Sebenarnya pandangan di atas, bahwa ROH KUDUS adalah tenaga aktif yang mengalir berasal dari Bapa, memuat sebagian kebenaran saja. Mengapa dikatakan sebagian kebenaran? Sebab memang ROH KUDUS keluar dari diri Allah Bapa. Dalam Yohanes 15:26 tertulis: Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. ROH KUDUS keluar dari Allah Bapa dan tidak pernah menjadi Pribadi yang terpisah dari diri Bapa.

"Dalam hal ini juga disingkapkan kepada kita bahwa Pribadi-Pribadi dalam lembaga Allah ELOHIM bisa terpisah. Kecuali Bapa dan Roh Allah."

Yah, mungkin pernyataan Pak Erastus di 2018 ini, hanyalah kelanjutannya saja. Mungkin.
October 03, 2018, 08:59:36 AM
Reply #41
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Jadi bgini Bro,
Dalam ajaran tradisional gereja sejak abad pertama hingga kini,
Bapa, Yesus, ROH KUDUS adalah tiga Pribadi yang berbeda namun tidak terpisahkan.
Ajaran ini dirumuskan di abad ke-4 dg Una Substantia Tres Personae.

Nah, dalam pengajaran Rehobot, Pribadi ROH KUDUS tidak dapat dibedakan dari Pribadi Bapa dan Pribadi Anak.
Jadi ROH KUDUS bukan dilihat sbg Pribadi, melainkan 'sebutan' atau 'gelar' atau 'nama generik'.

Roh Allah/ROH KUDUS bukan Pribadi tersendiri mlainkan 'Rohnya dari Pribadi Pertama'.
Jadi ROH KUDUS dan Bapa adalah Pribadi yg sama.

Itulah mengapa GBI menyebut ajaran ini hakekatnya menjadi 'dwitunggal'.

Lebih lanjut, Rehobot mengajarkan bhw ROH KUDUS adalah Pribadi yg sama dg Bapa namun ROH KUDUS dapat memenuhi alam semesta scr mandiri; sdgkn 'pribadiNya' tetap di sorga dalam Bapa.

Ini berbeda dg ajaran tradisional Gereja turun-temurun.

Apakah sesat?
Saya pikir kl sebatas ini ya tidak sesat.
Orang tidak ke neraka krn misinterpretasi thd Pribadi ROH KUDUS saja.

Namun bukan hanya soal pribadi Roh saja yg ajarannya berbeda.
Saya worry ini merembet kemana-mana menjadi cult.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 03, 2018, 09:43:00 AM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Dulu Pak Erastus pernah bilang,
"Sebenarnya pandangan di atas, bahwa ROH KUDUS adalah tenaga aktif yang mengalir berasal dari Bapa, memuat sebagian kebenaran saja. Mengapa dikatakan sebagian kebenaran? Sebab memang ROH KUDUS keluar dari diri Allah Bapa. Dalam Yohanes 15:26 tertulis: Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. ROH KUDUS keluar dari Allah Bapa dan tidak pernah menjadi Pribadi yang terpisah dari diri Bapa.
"Dalam hal ini juga disingkapkan kepada kita bahwa Pribadi-Pribadi dalam lembaga Allah ELOHIM bisa terpisah. Kecuali Bapa dan Roh Allah."
Yah, mungkin pernyataan Pak Erastus di 2018 ini, hanyalah kelanjutannya saja. Mungkin.

Sorri, bukan soal 3 atau 2 pribadi
Tapi aku tertarik dgn [Yoh.15.26]

Kata Yesus:
Jikalau Penghibur yg akan Kuutus dr Bapa datang,
yaitu Roh Kebenaran yg keluar dr Bapa, 
Ia akan bersaksi tentang Aku.

Apa keliru kutangkap begini, Bro, Siip:

Bw Roh yg keluar dan datang dr Bapa
Yg akan bersaksi ttg kebenaran, yaitu Yesus
Sebab Dia-lah kebenaran, Dia penghibur, suka-cita kita
Orang saleh menantikan penghiburan itu [Luk.2:25].

Lalu Penghibur itu selaras dgn:

[Yoh.8.42]
Kata Yesus: ‚ÄĚJikalau Allah adalah Bapamu,
kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dr Allah.
Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yg mengutus Aku.

Bagiku:
Yesus datang membawa Allah kpd manusia
Untuk membawa manusia kepada Allah

Kes. Sementara:
Firman keluar dr Allah datang kpd Allah
Mengeluarkan Roh dr Allah utk bersaksi ttg Allah yg datang

Salam Damai!
« Last Edit: October 03, 2018, 09:49:48 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 03, 2018, 09:49:26 AM
Reply #43
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Maaf Bro Maren, saya blm sepenuhnya memahami apa yg Bro maksudkan,
Bisa diperjelas Bro?
Maaf...
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 03, 2018, 10:01:57 AM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Baiklah, Bro, sambil jalan kita perkaya
Sebab aku tak sangat memandang teori
Mungkin hanya teorilah yg bisa menjelaskan

Namun rasanya theology pun bukanlah segalanya
Maka sambil jalan sajalah, Bro, mungkin bisa jelas terbatas
Ttg apa atau siapa atau di mana sesungguhnya posisi ROH KUDUS

Salam Damai, Bro!
« Last Edit: October 03, 2018, 10:13:01 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 03, 2018, 10:28:09 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
... dst
tapi kalo menurut elu GBI udah setara tuhan dan gak mungkin salah dalam menyimpulkan
dan kalo menurut elu tulisan itu bisa lebih dipercaya DARIPADA orangnya sendiri ngomong langsung
ya terserah kamu ajah ;D


Setara tuhan ... orang-nya ...!

Itu sebab aku kurang suka membahas plat form roh-ani org lain secara akademis
Walau Pdt, Pst, Prof, Dr, M.Th cukup enak menjelaskan rumus2 Allah dgn ramuan ayat
Tapi ia tak bisa lebih dr Roh Allah; Hanya Roh Allah yg tahu apa yg ada dlm diri Allah, kan?

Siapa gerangan manusia yg tahu apa yg terdapat dlm diri Allah selain Roh Allah?
Kita hanya tau apa yg ada di dlm diri sebab roh manusia ada dlm kita [1Kor.2.11]

Menurutku roh ada tiga:
Ada ROH-KU, ada ROH KUDUS, ada ROH TAK KUDUS; ROH JANIN DARI MANA?
Halaman ini sepi dr pemirsa rasa yg ingin tahu dan diskusi bersama ttg roh itu
http://forumkristen.com/index.php?topic=32498.msg1221892#msg1221892

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 03, 2018, 10:42:37 AM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
iya, memang ajaran sesat itu awalnya dari begini2
awalnya cuma bias2 dikit, lama2 bablas

saya mempelajari teologinya pak Erastus, saya berani bilang, ajarannya gak sampe sesat
cuma memang ada bias2nya dari original

nah masalahnya dia mampu gak untuk meneruskan ke jemaatnya supaya apa yang dia pahami itu juga dipahami jemaat dengan baik?
mampu gak jemaatnya tidak misinterpretasi apa yang beliau maksud?
sesuai dengan contoh yang dia berikan semasa hidupnya, kalau beda pendapat, ya udah pecah aja, apakah ini gak akan ditiru lagi oleh bawahannya? :) most likely we know the answer

pecah itu lebih banyak ruginya daripada untungnya WALAUPUN yang memecahkan diri itu MEMANG yang benar
masalahnya sebenar2nya kamu, kamu gak bisa hidup selamanya untuk mempertahankan kebenaran yang kamu pahami itu

makanya udah bener itu jaman2 dulu, mereka sangat tegas soal doktrin, yang gak sependapat diekskomunikasi

kita udah lihat bagaimana lahirnya saksi yehuwa ya dari bgini2 nih :)

let's just pray for the best
« Last Edit: October 03, 2018, 11:05:24 AM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 03, 2018, 11:48:46 AM
Reply #47
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Dari pengalaman saya selama ini membaca cikal-bakal tumbuhnya cult (sekte/kultus), kalimat-kalimat ini jadi tanda-tanda yg perlu diwaspadai:

Kebanyakan gereja di luar sana tidak memahami/menerima/mengerti pengajaran ini (namun saya/kita dibukakan hal ini)

Kebanyakan gereja di luar sana selama ini sudah berjalan dalam kebiasaan dan tidak mau berubah (namun saya/kita mau berubah sesuai dengan pengajaran baru ini)

Selama ini saya bergereja dan jadi pendeta, baru sekarang saya mengerti hal ini namun ini tidak diajarkan di gereja lain di luar sana

Yg benar itu ini, yg lainnya tidak sadar atau mereka sadar tapi tidak mau terima karena sudah kebiasaan

Ini pewahyuan baru, ROH KUDUS baru mengkoreksi dan membukakannya pada gereja saat ini (sebelumnya selama 2 millenial ROH KUDUS diam saja soal ini)

Di atas itu kalimat-kalimat lampu kuning.
Kl org mulai mengucapkannya dan myakini hal tsb, itu berbahaya.

Belum sesat, hanya bahaya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 03, 2018, 11:53:44 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Dari pengalaman saya selama ini membaca cikal-bakal tumbuhnya cult (sekte/kultus), kalimat-kalimat ini jadi tanda-tanda yg perlu diwaspadai:

Kebanyakan gereja di luar sana tidak memahami/menerima/mengerti pengajaran ini (namun saya/kita dibukakan hal ini)

Kebanyakan gereja di luar sana selama ini sudah berjalan dalam kebiasaan dan tidak mau berubah (namun saya/kita mau berubah sesuai dengan pengajaran baru ini)

Selama ini saya bergereja dan jadi pendeta, baru sekarang saya mengerti hal ini namun ini tidak diajarkan di gereja lain di luar sana

Yg benar itu ini, yg lainnya tidak sadar atau mereka sadar tapi tidak mau terima karena sudah kebiasaan

Ini pewahyuan baru, ROH KUDUS baru mengkoreksi dan membukakannya pada gereja saat ini (sebelumnya selama 2 millenial ROH KUDUS diam saja soal ini)

Di atas itu kalimat-kalimat lampu kuning.
Kl org mulai mengucapkannya dan myakini hal tsb, itu berbahaya.

Belum sesat, hanya bahaya.

haha...

kalo istilah saya sih "sedang membangun Brand, menjelaskan Brand Story, dan memperjelas Unique Selling Preposition"


hahaha...
susah kan untuk bahas substansi an-sich without taking into account the motives (both the manifest ones and especially the latent ones)

salam
October 03, 2018, 12:24:02 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
iya, memang ajaran sesat itu awalnya dari begini2
awalnya cuma bias2 dikit, lama2 bablas
makanya udah bener itu jaman2 dulu, mereka sangat tegas soal doktrin,
yang gak sependapat diekskomunikasi

Tergantung motif juga kali, Hen!

Memang ada saja org yg menggunakan firman Allah itu bagaikan palu godam
Menurutku yg semacam itu lebih memberantakkan, sebab ia berat, brisik dan tumpul
Sesungguhnya firman Allah itu ialah hidup dan menghidupkan dan powerful dan tajam
Jadi tak kudu diekskomunikasi dia eksit sendiri tanpa sakit hati merenung utk kembali

Salam Damai!
« Last Edit: October 08, 2018, 04:05:04 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)