Author Topic: hukum tabur tuai  (Read 2887 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 16, 2018, 01:44:30 PM
Reply #170
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Saya nggak stuju soal pemilahan kategori dalam suatu surat jika tidak disebut scr tekstual akan adanya pemilahan, Jika tidak disebutkan pemilahannya, nanti tergantung siapa yg baca utk memilah ini utk apa dan itu utk apa, orang laen yg baca pilahnya beda lagi. Sangat subyektif.

Anda akan tergantung pengkotbah Anda utk memberikan parameter, jemaat lain pasti beda lagi parameternya lalu masing-masing bilang 'ilham Roh'.

------

Murtad itu special case krn syarat-syaratnya sangat berat utk dicapai, pendeta yg beredar skrg aja belum tentu memenuhi syarat tsb, satu-satunya yg kemungkinan masuk syarat itu adalah Yudas Iskariot. 1 diantara 12 rasul, 1 diantara 70 murid dan 1 diantara 150 yg menantikan pentakosta, bisa jadi Yudas Iskariot saja satu-satunya.
Saking beratnya itu syarat, dia mungkin saja bersifat teori, tp ya itu ada di kitab Ibrani.

Kalo ada ya bilang ada saja.

Lagian siapa jg yg bilang 'bisa tidak kudus lagi'?
Itu kan pemelintiran kata dari apa yg saya maksudkan.

Knapa sih orang maunya bikin sebuah rumusan baku?

Teori gravitasi saja bisa relatif.
Kl di bumi pakai rumus Newton,
Kl di angkasa pakai rumus Einstein,
Kl kcepatan cahaya (scr teori bisa, tp apakah scr nyata bisa tercapai ya blm tentu akan pernah ada yg bisa) teorinya pasti beda lagi.

Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 16, 2018, 03:48:41 PM
Reply #171
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Saya nggak stuju soal pemilahan kategori dalam suatu surat jika tidak disebut scr tekstual akan adanya pemilahan, Jika tidak disebutkan pemilahannya, nanti tergantung siapa yg baca utk memilah ini utk apa dan itu utk apa, orang laen yg baca pilahnya beda lagi. Sangat subyektif.

Anda akan tergantung pengkotbah Anda utk memberikan parameter, jemaat lain pasti beda lagi parameternya lalu masing-masing bilang 'ilham Roh'.
Justru saya tidak memilah surat Ibrani ini, Siip.
Surat ini ditujukan kepada orang-orang Yahudi yang tentunya paham budaya Yahudi dan taurat. Tidak menekankan soal ditujukan kepada yang sudah percaya atau belum. Jadi tidak dipilah-pilah.

Isinya mengenai fakta bahwa orang Yahudi dibawah taurat harusnya menerima Kristus yang merupakan penggenapan dari taurat.
Disini ada penjabaran tentang bagaimana waktu di bawah taurat dan bagaimana dalam Kristus.

Di Ibrani 6, yang didiskusikan, silakan liat konteksnya, itu ajakan untuk meninggalkan asas-asas yang pertama (taurat) dan masuk kedalam Kristus.
Terus dijelaskan, karena meskipun (di bawah taurat) sudah pernah diterangi, mengecap karunia, mendapat bagian dalam ROH KUDUS, bila tetap murtad/berpaling/fall away, maka tidak ada pembaharuan lagi.
Quote

Murtad itu special case krn syarat-syaratnya sangat berat utk dicapai, pendeta yg beredar skrg aja belum tentu memenuhi syarat tsb, satu-satunya yg kemungkinan masuk syarat itu adalah Yudas Iskariot. 1 diantara 12 rasul, 1 diantara 70 murid dan 1 diantara 150 yg menantikan pentakosta, bisa jadi Yudas Iskariot saja satu-satunya.
Saking beratnya itu syarat, dia mungkin saja bersifat teori, tp ya itu ada di kitab Ibrani.

Kalo ada ya bilang ada saja.

Lagian siapa jg yg bilang 'bisa tidak kudus lagi'?
Itu kan pemelintiran kata dari apa yg saya maksudkan.

Knapa sih orang maunya bikin sebuah rumusan baku?

Teori gravitasi saja bisa relatif.
Kl di bumi pakai rumus Newton,
Kl di angkasa pakai rumus Einstein,
Kl kcepatan cahaya (scr teori bisa, tp apakah scr nyata bisa tercapai ya blm tentu akan pernah ada yg bisa) teorinya pasti beda lagi.
Loh, kok dibilang plintiran?
Saya mengambil kesimpulan dari pernyataan anda.
Kalau anda gak setuju dengan 'bisa tidak kudus lagi', jadi Yudas Iskariot yang menurut anda hilang keselamatannya itu masih kudus atau tidak?
Apakah dia tetap kudus tapi hilang keselamatannya?

Ini bukan soal bikin rumusan baku, tapi kita disini mencoba menggali kira-kira gimana yang dimaksud oleh surat Ibrani.
Dan nurut saya penulis Ibrani bukan sedang menulis sebuah teori relatif yang tidak mungkin terjadi.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 16, 2018, 04:09:48 PM
Reply #172
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Tentang Yudas Iskariot, Tuhan Yesus berkata:
'...selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.'

Murtad itu special case,
Dia tidak menggugurkan kondisi lainnya.

Bro Aleph dan Henhen sama-sama brusaha memaksakan argumen kpd saya, namun utk tujuan berbeda.

Lucu jg tumben kalian kompak walau arahnya berseberangan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 16, 2018, 04:48:29 PM
Reply #173
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Tentang Yudas Iskariot, Tuhan Yesus berkata:
'...selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.'

Murtad itu special case,
Dia tidak menggugurkan kondisi lainnya.

Bro Aleph dan Henhen sama-sama brusaha memaksakan argumen kpd saya, namun utk tujuan berbeda.

Lucu jg tumben kalian kompak walau arahnya berseberangan.
Gak memaksakan kok, kalau gak terima ya gak apa-apa.
Saya menyampaikan argumen yang saya tahu.
Yang maksa kan malah anda, Siip. Pokoknya murtad itu ada tapi cuma teori. Dasar untuk sampai ke kesimpulan itu? silakan direnungkan masing-masing...
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 17, 2018, 09:29:49 AM
Reply #174
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Wes, silakan direnungkan masing-masing.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
October 17, 2018, 10:34:19 AM
Reply #175
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9072
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
;D ;D ;D

gimane caranye sy jd memaksakan argumen?
coba saya rekap ye :

Siip : "satu kali kudus itu ya selamanya, bukan 1 jam kudus, 1 jam gak kudus"
Hen : "kl gt kenapa ada ayat "harus kejar kekudusan" dan "tak dapat dikuduskan kedua kali?"."
Siip : "ooo ayat kejar kekudusan itu karena orang suka ga sadar mereka udah kudus, dan murtad itu kondisi yang sulit sekali dicapai dan itu special case"
Hen : "ok, soal kejar kekudusan itu tafsiran sana, ga perlu dibahas lagi. Soal murtad ya walaupun sulit sekali dicapai dan kecil kemungkinan, tapi tetap bisa terjadi dong? gak bisa dinegasi seenaknya dong?"
"so salah gak orang nafsir dikuduskan sekali untuk selamanya itu dia artikan "hati2 kamu harus jaga kekudusan karena kamu gak bisa dikuduskan kedua kali?"

"nah apapun yang kita percaya (disini artinya saya memBEBASkan kok mau percaya yg apa, model osas, model Katolik, model ala ala bamba juga silahkaaaaaaan), tetep dalam praktis kehidupan, kita akan ngomong :
"kamu (saya) jangan berbuat dosa lagi yaaaa"

;D ;D ;D

mumet saya kl dibilang kek bgt maksa argumen
kalo masih mau lanjutin diskusi kita itu (sy sih masih anggap bgini sehat kok), silahkan, convince me further

atuh semua yg baca juga udah tau siapa yang suka maksa2, diatas juga kliatan, amfun dah

wkwkwkwk ;D
« Last Edit: October 17, 2018, 11:58:50 AM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 17, 2018, 01:43:44 PM
Reply #176
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
  • Denominasi: protestan
Masih relevankah hukum tabur tuai pada saat ini?


menurut kalian bagaimana?

 dulu, sekarng dan esok jawabanya "MASIH"
October 18, 2018, 11:35:56 AM
Reply #177
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2213
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
dulu, sekarng dan esok jawabanya "MASIH"

Sepaham..  :afro: :afro:

salam
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)