Author Topic: hukum tabur tuai  (Read 2692 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 01, 2018, 09:26:46 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo merasa cara Cadang gak pas buat kalian masing2 ya gpp
silahkan pake prinsip masing2 yang diyakini benar

tapi jangan sotoy juga "ohhhh kalo pake cara Cadang pasti bakal sombong ujungnyaaaa" ;D

kalo elu gak bisa, jangan anggep semua orang sama gak bisanya kek elu

penyakit itu
namanya "generalisasi"

mungkin sah2 aja dilakukan di gereja, tapi gak di forum inter-denominasi kek gini

elu akan klihatan rendah, percaya deh :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 01, 2018, 09:28:51 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Kalau saya sih terus meminta DIA membimbing dan menuntun seluruh hidup saya sesuai Kehendak-Nya yang pasti Benar dan Baik...Apalah artinya saya ini, seorang manusia lemah, bodoh, tidak mampu apa" tanpa-Nya....Hanya di dalam DIA lah ada segalanya yang baik....Sebaiknya kita selalu meminta agar senantiasa kita di dalam DIA dan DIA di dalam kita...Unconditional, Now and Forever...

Salam Damai...
Selamat Hari Minggu...
Tuhan Memberkati...

nah..

doa gini juga bisa lah...
banyak macem-macem versi..



btw..
sebenernya doa tentang keselamatan juga boleh sih..
enggak ada yg melarang..

cuma balik lagi aja..
kalo memang udah percaya bahwa "keselamatan is grace", artinya udah percaya bahwa "keselamatan itu terserah tuhan & manusia enggak bakal bisa berusaha apa-apa"...
ya udah.. ngapain didoakan... toh tuhan enggak bakal mengubah keputusannya.
October 01, 2018, 09:35:13 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Dikhawatirkan mengarah ke kesombongan.
Tidak mebutuhkan penilaian Tuhan, karena mampu menilai sendiri mana yang baik dan buruk dengan melihat hasil perbuatannya yang menurutnya hebat dan luar biasa berdampak pada sesama.

Tidak menyadari bahwa kemampuannya berbuat yang menguntungkan bagi sesama didasari dari berkat Tuhan bagi dirinya.

Merasa tidak membutuhkan keselamatan dari Tuhan karena dirinya telah memiliki kemampuan dalam memberikan dampak positif bagi sesama, tetapi sebaliknya protes jika orang lain berkata keselamatan adalah murni anugerah, tidak ditentukan oleh perbuatan baik.

Pada akhirnya akan menyindir Tuhan tidak mampu menilai, jika orang super hebat seperti dirinya yang telah dengan kekuatannya sendiri memberikan dampak positif bagi sesama tetap tidak diselamatkan karena dosa kesombongan dan mencuri kemuliaan Tuhan.

Seharusnya prinsip cadang justru hampir sejalan dengan keslamatan murni anugerah, bukan berdasar perbuatan. Tapi bedanya perbuatan kita didasari teladan Yesus sebagai guru kita dan utk kemuliaan Tuhan sebagai bukti cinta kita padaNya. Sedangkan perbuatan Cadang untuk kemuliaan dirinya sendiri karena dia menyatakan tidak membutuhkan keselamatan dari Tuhan.

wah.. maap baru baca ada reply ini dari mas cba..

iya betul sekali mas..

karena kita (or at least saya) sadar bahwa "keselamatan itu terserah suka-suka tuhan"
dan manusia "enggak bakal mampu mengubah keputusan tuhan tentang keselamatan, mau dengan usaha apapun gimanapun.."

maka saya memilih untuk: "ya udah.. kita kerjakan saja yang memang jadi bagian kita sebagai manusia"
yang beyond human capabilities --> ya udah mau diapain.. kita cuma bisa pasrah sama tuhan.



tapi sekali lagi...
cara saya ini jelas bisa benar dan bisa salah, karena ini adalah interpretasi versi cadang atas "hukum tabur tuai"

silakan aja anda mau doa pakai cara apapun..
toh pada akhirnya Tuhan sendiri yg bakal memutuskan apakah doa itu bakal dijawab atau enggak.

kalo elo tanya: apakah doanya model cadang pasti bakal dijawab oleh tuhan?
jelas gw kagak ngarti, kan gw bukan tuhan..

sebaliknya: apakah doa model cadang pasti akan dianggap sombong oleh tuhan?
gw juga kagak ngarti, kan gw bukan tuhan...

dan seterusnya...
October 01, 2018, 09:55:17 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
mmmm..

enggak juga sih..

karena, really, keselamatan adalah sesuatu yang enggak ngaruh mau didoakan atau dimintakan sama tuhan atau didoakan sehari 5 kali...
tetep aja terserah suka-suka tuhan apakah mau menyelamatkan atau enggak..

so...
kalo doa minta keselamatan itu bisa jadi termasuk "Doa yang SIA-SIA"


iya kan?

kalo saya sih milih untuk berdoa yang lebih enggak sia-sia..
misalnya:
"karuniakanlah kesehatan dan akalbudi yang baik, sehingga kita bisa mengambil keputusan yang terbaik dalam melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu."
Setiap orang yang percaya sesuatu tentang Tuhan elu bilang sebagai sok jadi Tuhan. Sekarang elu sendiri berteori tentang Tuhan.

Elu darimana taunya keselamatan adalah sesuatu yang enggak ngaruh mau didoakan atau dimintakan sama tuhan atau didoakan sehari 5 kali...?

Elu dibisikin Tuhan ya?

Semoga nyadar, kalau selama ini elu itu ngotot memaksakan konsep Tuhan versi elu.

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 01, 2018, 10:03:56 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
kalo merasa cara Cadang gak pas buat kalian masing2 ya gpp
silahkan pake prinsip masing2 yang diyakini benar

tapi jangan sotoy juga "ohhhh kalo pake cara Cadang pasti bakal sombong ujungnyaaaa" ;D

kalo elu gak bisa, jangan anggep semua orang sama gak bisanya kek elu

penyakit itu
namanya "generalisasi"

mungkin sah2 aja dilakukan di gereja, tapi gak di forum inter-denominasi kek gini

elu akan klihatan rendah, percaya deh :)
Dari awal dulu si cadang berteori, dulu suka sok-sokan pake istilah continues improvement, saya sudah bilang, kalau si cadang bisa melakukan itu sih bagus. Lalu saya kasih case, apabila dalam kondisi ekstrim, apakah masih mampu melakukan hal itu? Kalau bisa sih bagus. Tapi kalau saya mengakui memang tidak mampu. Makanya saya butuh Tuhan.

Kita disini berdiskusi, saling mengemukakan pandangan masing-masing termasuk kelemahan dan kekurangannya. Elu aja yang otaknya udah kalap nuduh orang generalisasi.


If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 01, 2018, 10:22:14 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Setiap orang yang percaya sesuatu tentang Tuhan elu bilang sebagai sok jadi Tuhan. Sekarang elu sendiri berteori tentang Tuhan.

Elu darimana taunya keselamatan adalah sesuatu yang enggak ngaruh mau didoakan atau dimintakan sama tuhan atau didoakan sehari 5 kali...?

Elu dibisikin Tuhan ya?

Semoga nyadar, kalau selama ini elu itu ngotot memaksakan konsep Tuhan versi elu.

lho.. bukankah elo percayanya gitu?

apa elo merasa bahwa tUhan bisa disogok pake doamu?
udah ganti sekarang?

hahaha....
October 01, 2018, 10:25:13 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
lho.. bukankah elo percayanya gitu?

apa elo merasa bahwa tUhan bisa disogok pake doamu?
udah ganti sekarang?

hahaha....
Nah kan, begitu ditanyain, kepepet langsung buru-buru tuduh sana sini...
wkwkwkw...
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 01, 2018, 11:21:55 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 956
  • bosan jadi omdo, mari belajar bersama
wah.. maap baru baca ada reply ini dari mas cba..

iya betul sekali mas..

karena kita (or at least saya) sadar bahwa "keselamatan itu terserah suka-suka tuhan"
dan manusia "enggak bakal mampu mengubah keputusan tuhan tentang keselamatan, mau dengan usaha apapun gimanapun.."

maka saya memilih untuk: "ya udah.. kita kerjakan saja yang memang jadi bagian kita sebagai manusia"
yang beyond human capabilities --> ya udah mau diapain.. kita cuma bisa pasrah sama tuhan.



tapi sekali lagi...
cara saya ini jelas bisa benar dan bisa salah, karena ini adalah interpretasi versi cadang atas "hukum tabur tuai"

silakan aja anda mau doa pakai cara apapun..
toh pada akhirnya Tuhan sendiri yg bakal memutuskan apakah doa itu bakal dijawab atau enggak.

kalo elo tanya: apakah doanya model cadang pasti bakal dijawab oleh tuhan?
jelas gw kagak ngarti, kan gw bukan tuhan..

sebaliknya: apakah doa model cadang pasti akan dianggap sombong oleh tuhan?
gw juga kagak ngarti, kan gw bukan tuhan...

dan seterusnya...

Kalau ini sedikit setuju, perbuatan tidak menentukan keselamatan. Sedikit menyerempet, keselamatan sepenuhnya anugerah.


Segala perbuatan baik atau buruk berdampak pada tabur tuai di dunia. Tapi keselamatan sepenuhnya anugerah.

Sepertinya mulai sedikit sadar

« Last Edit: October 01, 2018, 11:38:20 AM by cba_k »
October 01, 2018, 11:29:32 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 956
  • bosan jadi omdo, mari belajar bersama
kalo merasa cara Cadang gak pas buat kalian masing2 ya gpp
silahkan pake prinsip masing2 yang diyakini benar

tapi jangan sotoy juga "ohhhh kalo pake cara Cadang pasti bakal sombong ujungnyaaaa" ;D

kalo elu gak bisa, jangan anggep semua orang sama gak bisanya kek elu

penyakit itu
namanya "generalisasi"

mungkin sah2 aja dilakukan di gereja, tapi gak di forum inter-denominasi kek gini

elu akan klihatan rendah, percaya deh :)

Saya hanya memberi tiga contoh yang saling berlawanan bro

Jadi sekarang malah jadi ada tiga tipe contoh doa:


Ya Tuhan terimakasih telah menjamin keselamatan hambaMu, sebagai milikMu dan pengikutMu, saya mengikuti teladanMu dgn berbuat kebaikan.


Ya Tuhan kupersembahkan perbuatan2 baikku untuk menyenangkanMu, untuk kemuliaanMu, agar saya masuk surga dan lepas dari ancaman hukuman.


Ya Tuhan perbuatan baikku kupersembahkan untuk manfaat sesama, bukan untuk menyenangkanMu, bukan untuk kemuliaanMu, bukan untuk surga ataupun neraka.

Jika yang karakter cadang di poin ke tiga bukan kesombongan buat anda dan buat Tuhan. Sayapun memang tak berhak menghakimi.
Walaupun menurut anda Cadang berhak menghakimi yang poin ke satu dengan membeela poin yang kedua, tapi anehnya dia sendiri tidak setuju dengan poin yang kedua.
« Last Edit: October 01, 2018, 11:36:58 AM by cba_k »
October 01, 2018, 11:36:15 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo anda gak merasa begitu, ya tulisan itu bukan buat anda broh :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)