Author Topic: hukum tabur tuai  (Read 2691 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 01, 2018, 03:31:54 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
mungkin kita bisa pakai ilustrasi ini:

Seorang IBU berkata pada anak2nya..
"Barangsiapa sudah selesai PR-nya, maka pasti akan mendapat Hadiah Komik pada waktunya"

maka yang ada dalam pikiran anak-anaknya:
- Hadiah Komik itu adalah anugerah dari guru
- suka-suka guru akan memberikan komik kepada siapa aja, karena suka-suka guru yang menentukan kriteria "sudah selesai PR-nya" itu yang gimana


anak A dengan sangat cepat dan sungguh-sungguh menyelesaikan PR nya dengan memeriksa kembali pekerjaanya.. kemudian diserahkan ke bu Guru.
setelah itu dia keluar kelas, dan bermain.
A merasa: aku sudah berusaha menyelesaikan PR sebaik-baiknya yang saya mampu, terserah bu guru aku mau dikasih hadiah komik atau tidak.


anak B dengan sangat cepat, sungguh-sungguh dan proaktif menyelesaikan PR nya dengan memastikan PR-nya dikerjakan persis seperti cara yang bu Guru tulis di papan tulis, diperiksa berulang-ulang sampai benar-benar persis.
kemudian diserahkan ke bu Guru
setelah itu dia keluar kelas dan bermain.
si B bertemu si A, C, D, dan teman2nya, dengan bangga dan penuh kegembiraan berkata: Saya SUNGGUH YAKIN bahwa SAYA SUDAH PASTI BAKAL MENDAPAT HADIAH KOMIK, karena saya SUDAH MENYELESAIKAN PR dengan PERSIS, dan bu Guru enggak mungkin bohong.


Ternyata, yg namanya PR bisa aja mengandung trick-question, atau kalo istilah sekarang HOTS (higher order thinking skills), yang malah enggak ada contoh persisnya di papan tulis..
sekali lagi... TERSERAH bu guru mau bikin soal kayak gimana pun kan?
enggak bakal si murid bisa nyogok gurunya kasih soal gampang gara-gara muridnya bilang "bu guru.. aku sudah benar-benar persis mengikuti penjelasan ibu di papan tulis lho bu... aku sungguh-sungguh percaya pada ibu lho bu.. beneran lho bu.. ibu enggak mungkin bohong kan buuuu..."


maka pertanyaannya:
1. mungkinkah ternyata PR yang dikerjakan oleh si B banyak salah-nya?
2. mungkinkah bahwa ternyata kriteria "Selesai mengerjakan PR" itu maksudnya bu guru: "selesai kerjakan soal dan hasilnya benar"?
3. boleh gak bu Guru bikin kriteria kayak gitu? Boleh gak bu Guru enggak nulis detil kriteria yg dimaksud?
4. boleh gak bu Guru memutuskan bahwa si A dan si B dua-duanya enggak dapat komik, atau salah satu dapat komik, atau dua-duanya dapat komik?
Guru macam apa itu ngasih pentunjuk mengerjakan soal kok kagak jelas.
Sampe muridnya bisa mikir 'itu suka-suka gurunya'.

Lagipula, kalau  keselamatan diibaratkan guru yang menilai muridnya untuk diberi reward, maka keselamatan itu bukan lagi anugerah (meskipun si murid kagak tau kriteria penilaian guru).

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 01, 2018, 03:58:02 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Guru macam apa itu ngasih pentunjuk mengerjakan soal kok kagak jelas.
Sampe muridnya bisa mikir 'itu suka-suka gurunya'.
haha... pinter...

artinya elo mau bilang: Tuhan macam apa kok ngasih petunjuk keselamatan enggak jelas..
ada yg osas ada yg enggak osas..

gitu kan maksudmu?

Quote
Lagipula, kalau  keselamatan diibaratkan guru yang menilai muridnya untuk diberi reward, maka keselamatan itu bukan lagi anugerah (meskipun si murid kagak tau kriteria penilaian guru).
wkwkw... eh dogol...

namanya ANUGERAH itu ya karena GAK JELAS KRITERIA-nya...

Kalo JELAS KRITERIA-nya itu namanya REWARD..

paham gol?
tolong otaknya jangan dibikin rendang dong..
kasian yang baca tulisanmu jadi ketawa terus... ahahaha...


ini juga nominasi: Post of the day..
rotfl....
October 01, 2018, 04:01:44 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400

Ayat legendaris

Yohanes 3:16 (TB)  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Firman mengatakan tidak akan binasa, tentu artinya diselamatkan.

Melakukan firmanNya termasuk bagian dari perbuatan percaya.

Sama sekali bukan pemaksaan minta selamat, tapi pengamalan firman.


Memang yang sulit adalah tindakan berikutnya, yaitu sangkal diri dan pikul salib.
Tapi mengamalkan Yohanes 3:16 adalah usaha yang tidak sulit walau terpaksa harus dihindari  orang2 tertentu demi mempertahankan doktrin.

betul mas..

yang tidak binasa adalah: Setiap ORANG YANG PERCAYA KEPADANYA..

nah disinilah letak hak prerogratif tuhan untuk men-judge suka-suka tuhan siapa-siapa yang dianggap "percaya kepadaNya beneran"

iya kan??


sementara kita manusia..
CUMA MAMPUNYA sebatas "sebisa mungkin berusaha Percaya kepada-Nya" semampu kita..
iya kan?

Perkara binasa atau tidak binasa... itu terserah tuhan..
namanya aja Anugerah..
October 01, 2018, 04:35:20 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
haha... pinter...

artinya elo mau bilang: Tuhan macam apa kok ngasih petunjuk keselamatan enggak jelas..
ada yg osas ada yg enggak osas..

gitu kan maksudmu?
wkwkw... eh dogol...

namanya ANUGERAH itu ya karena GAK JELAS KRITERIA-nya...

Kalo JELAS KRITERIA-nya itu namanya REWARD..

paham gol?
tolong otaknya jangan dibikin rendang dong..
kasian yang baca tulisanmu jadi ketawa terus... ahahaha...


ini juga nominasi: Post of the day..
rotfl....
Anugerah itu diberikan kepada orang yang tidak layak menerima. Bukan atas jasa-jasanya.
Kalau reward itu diberikan atas jasa orang itu, meskipun orang itu tidak tahu kriteria yang diperlukan untuk menerima reward itu.

Jadi jelas elu percaya keselamatan bukan anugerah tapi berdasarkan atas jasa elu. Meskipun sekarang elu ngaku kagak tau kriterianya.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
October 01, 2018, 04:47:04 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 956
  • bosan jadi omdo, mari belajar bersama
betul mas..

yang tidak binasa adalah: Setiap ORANG YANG PERCAYA KEPADANYA..

nah disinilah letak hak prerogratif tuhan untuk men-judge suka-suka tuhan siapa-siapa yang dianggap "percaya kepadaNya beneran"

iya kan??


sementara kita manusia..
CUMA MAMPUNYA sebatas "sebisa mungkin berusaha Percaya kepada-Nya" semampu kita..
iya kan?

Perkara binasa atau tidak binasa... itu terserah tuhan..
namanya aja Anugerah..

Maka kita setuju percaya adalah langkah pertama untuk selamat.

Jika langkah pertama untuk percaya bahwa tidak akan binasa saja, tidak mau kita ikuti maka kebinasaan memang sudah jelas, walaupun perbuatan anda sungguh mulia tapi memuliakan diri sendiri.




October 01, 2018, 06:00:51 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Anugerah itu diberikan kepada orang yang tidak layak menerima. Bukan atas jasa-jasanya.
Kalau reward itu diberikan atas jasa orang itu, meskipun orang itu tidak tahu kriteria yang diperlukan untuk menerima reward itu.

Jadi jelas elu percaya keselamatan bukan anugerah tapi berdasarkan atas jasa elu. Meskipun sekarang elu ngaku kagak tau kriterianya.

anugerah diberikan kepada orang yang tidak layak menerima?????

buset dah?

itu tuhan bikin kriteria gitu??
jadi "orang yang layak menerima" ENGGAK BAKAL dikasih anugerah itu??


ahahahahaha.....

luar biasa... sudah paham kriteria tuhan...
wkwkwkw....

forum kita sungguh diberkati...
October 01, 2018, 06:03:06 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Maka kita setuju percaya adalah langkah pertama untuk selamat.

Jika langkah pertama untuk percaya bahwa tidak akan binasa saja, tidak mau kita ikuti maka kebinasaan memang sudah jelas, walaupun perbuatan anda sungguh mulia tapi memuliakan diri sendiri.

langkah pertama untuk selamat???

lho katanya selamat itu anugerah..

kok ngejar-ngejar anugerah?
anda pengen mempengaruhi tuhan atau menyogok tuhan supaya tuhan masukin anda ke surga?



emangnya kalau anda sudah mengambil langkaah pertama, langkah kedua dst...
apakah bisa mengubah Keputusan Tuhan bakal menyelamatkan anda atau tidak?



gini aja deh..
kita balik ke ilustrasi PR bu guru tadi..

anda menyelesaikan PR-nya karena MUPENG KOMIK?
 ataukah anda menyelesaikan PR karena anda pengen jadi lebih paham pelajaran tsb ?
« Last Edit: October 01, 2018, 06:05:25 PM by cadangdata »
October 01, 2018, 08:59:42 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 956
  • bosan jadi omdo, mari belajar bersama
langkah pertama untuk selamat???

lho katanya selamat itu anugerah..

kok ngejar-ngejar anugerah?
anda pengen mempengaruhi tuhan atau menyogok tuhan supaya tuhan masukin anda ke surga?



emangnya kalau anda sudah mengambil langkaah pertama, langkah kedua dst...
apakah bisa mengubah Keputusan Tuhan bakal menyelamatkan anda atau tidak?



gini aja deh..
kita balik ke ilustrasi PR bu guru tadi..

anda menyelesaikan PR-nya karena MUPENG KOMIK?
 ataukah anda menyelesaikan PR karena anda pengen jadi lebih paham pelajaran tsb ?

Cukup percaya saja maka dosa kita diampuni, jika percaya adalah hal yang berat bagi anda, maka anda boleh katakan itu bukan anugerah tapi perjuangan.

1 Yohanes 4:17 (TB)  Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.



Tentu ada juga orang percaya tapi tindakannya tidak percaya.
Tentu ada seorang pengikut Yesus, tapi tindakannya jauh dari tindakan yang mengikuti tindakan Yesus.
Tapi jika seseorang benar2 percaya maka hukum tabur tuai akan menjadi keras padanya.
Baca kembali tabur tuai yg saya kemukakan di awal.


Tabur tuai masih berlaku



Setiap orang percaya akan menjadi sasaran tembak iblis, maka hukum tabur tuai menjadi sangat relevan bagi orang percaya.

1 Petrus 5:8
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.



Orang percaya memiliki baju zirah, perlindungan untuk menangkal serangan2 iblis, jika jatuh dalam dosa, baju zirah akan terbuka dan iblis akan segera melukai.

1 Tesalonika 5:8 (TB)  Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan.



Jika hukum tabur tuai begitu ketat bagi orang percaya, bagaimanakah hukum tabur tuai bagi orang tak percaya?
Mereka aman dan damai di dunia ini, bebas hukum tabur tuai, iblis tak perlu repot menghajar dan menjatuhkannya.

1 Tesalonika 5:3 (TB)  Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman — maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin — mereka pasti tidak akan luput.


Jadi perbuatan adalah bukti atau buah iman kita, bukan produk yang kita jual ke Tuhan.

Anda mempunyai dua istri,
Istri yang satu mengasihi anda karena anda mau membakarnya jika dia tidak mengasihi anda.
Istri yang satunya tidak anda ancam bakar tapi dia mengasihi anda


1 Yohanes 4:18-19 (TB)  Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.
Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.


Jika dalam PL menekankan Hukum Taurat.

Dalam PB menekankan Kasih Karunia, bukan Hukum Kasih Karunia.




« Last Edit: October 01, 2018, 09:02:47 PM by cba_k »
October 01, 2018, 09:16:03 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 956
  • bosan jadi omdo, mari belajar bersama


gini aja deh..
kita balik ke ilustrasi PR bu guru tadi..

anda menyelesaikan PR-nya karena MUPENG KOMIK?
 ataukah anda menyelesaikan PR karena anda pengen jadi lebih paham pelajaran tsb ?

Tentang PR tidak bisa tepat, tp mungkin analoginya begini:

Guru memberi PR agar murid mengerjakannya dan memberi iming2 komik.

Si. A mengerjakan PRnya tapi isinya banyak salahnya dan guru membimbingnya, dan dia yakin dapat komik.
Si. B mengerjakan PRnya isinya juga banyak salahnya dan dia tidak yakin dapat komik.


Penokohan:

Si A murid,
Si B tukang semir sepatu yang tidak pernah mendaftar sekolah.


Haha bercanda bro, kan cuma analogi
October 02, 2018, 07:31:08 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1365
Yesus disalib untuk memberi keselamatan/kehidupan kekal kepada Seluruh manusia...
Eh..sama manusia maksud Yesus malah diplintir plintir...maksudnya bukan seluruh manusia Tuhan Yesus...tapi cuma yang ada syarat"nya seperti ini Tuhan Yesus...
Yang menjalankan Iman Plus perbuatan dengan baik tidak akan sengsara di Purgatory...tetapi kita semua pada akhirnya tetap akan dibawa Yesus pada kehidupan kekal sesuai dengan maksud  pengorbanannya di kayu salib...Jadi jangan ada yang memegahkan diri/termasuk sok pinter mau mlintir" Kehendak Tuhan...
Rancangan Penebusan-Nya adalah sesuatu yang sangat bermakna, selain menebus keselamatan kita semua...juga menyentuh hati kita dengan Pengorbanannya yang sangat besar, sehingga dengan menghayati pengorbanan-Nya di kayu salib kita bisa tersentuh, Percaya (Bahwa DIA Maha Tulus, murni dan sangat sayang pada kita semua) dan pada akhirnya kita mau mempraktekkan segala ajaran dan Nasehat"Nya dalam kehidupan sehari hari (Iman Plus Perbuatan)...

Salam Damai Temans...
Tuhan Memberkati...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)