Author Topic: Yesus dan Beelzebul - Apa itu penghujatan terhadap ROH KUDUS?  (Read 177 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 19, 2018, 11:58:19 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 22
  • Denominasi: Interdenominasi
(Markus 3 : 20-30)

Beelzebul atau juga bisa disebut Ba'al adalah nama lain dari setan.

Suatu kali setelah Yesus memilih 12 muridnya, Masuklah Ia ke dalam sebuah rumah diikuti oleh orang banyak, saking banyaknya orang datang sehingga sekedar hanya untuk makan pun mereka tidak dapat. Dalam keadaan seperti itu datanglah kaum keluarga Yesus (entah adik, ibu, ayah, om atau tantenya saya tidak tau), mereka ini sepakat datang untuk membawa Yesus keluar dari kerumunan itu dan mereka berkata bahwa "Yesus sudah tidak waras lagi". Ini keluarga Yesus sendiri yang berkata bahwa Ia sudah tidak waras lagi, dan merupakan sebuah penghinaan sempurna dari keluargaNya sendiri.

Mungkin mendengar kata-kata tadi keluar dari mulut keluarga Yesus, lalu para ahli Taurat yang secara "nyeleneh" juga ternyata ikut di dalam kesesakan rumah itu, kemudian berusaha menggambil kesempatan untuk menjatuhkan "kredibilitas" Yesus yang waktu itu bak "rising star" di kalangan orang Yahudi. Yesus sedang mau "naik daun" istilahnya, dengan tanda bahwa orang-orang (Yahudi) mengikut Dia sebegitu rupa, begitu banyak yang terpengaruh oleh Yesus. Kemudian ahli-ahli taurat itupun ikut "nyeplos"/ ikut ngomong "ngomporin" dengan berkata di hadapan orang banyak tadi bahwa "Ia (Yesus) kerasukan setan", & "Dengan penghulu setan Ia (Yesus) mengusir setan".

Anehnya, respon Yesus berbeda dari saat mendengar kaum keluargaNya bilang bahwa "Ia sudah gila", Yesus dibilang gila tapi tidak menanggapi penghinaan itu dan tidak merespon dengan serius. Namun kemudian Yesus merespon dengan serius soal perkataan para ahli taurat mengenai hal "kerasukan setan"&"kuasa setan". Lalu setelahnya kita tahu Yesus merespon dengan berbicara soal "kerajaan","keluarga","rumah orang kuat".

Ini adalah hal yang perlu diperhatikan oleh kita agar supaya berhati-hati, sehingga tidak dimasukan ke dalam kategori sebagai "penghujat ROH KUDUS". Kita harus perhatikan bahwa biarpun dihujat seburuk apapun Yesus tetap bergeming, Yesus tahu dari semula bahwa pengajaranNya adalah "gila" bagi kebanyakan orang. Namun ceritanya berbeda ketika ada orang yang menganggap pekerjaan Yesus bukan berasal dari Tuhan, malah disebut berasal dari setan / Beelzebul. Kita tahu darisini bahwa Yesus berfokus pada pekerjaan Tuhan. Apabila pekerjaan Tuhan (lewat ROH KUDUS) disebut berasal dari setan oleh perkataan manusia, inilah yang menjadi masalah penghujatan terhadap ROH KUDUS. Yesus sendiri yang bilang bahwa penghujatan demikian adalah dosa kekal, dosa kekal tidak akan diampuni selama-lamanya.

Berhatihatilah supaya kita ini tidak lekas berkata bahwa sebuah hasil pekerjaan seseorang / kelompok "adalah pekerjaan setan"/"roh jahat yang merasuk", karena bisa-jadi jangan-jangan kita yang tidak tahu bahwa ada ROH KUDUS yang bekerja dalam pekerjaan yang kita lihat/rasakan tadi.

GBU  :afro:
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)