Author Topic: Tuhan Tidak Mungkin Kesepian/Sendiri, soalnya Tuhan (memang) ada tiga  (Read 208 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 24, 2018, 03:05:40 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 313
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
FAQ : TuhanNya orang Kristen kok ada tiga?? Tuhan itu cuma satu.
Jawab :
Tuhan yg tercatat di Alkitab memang ada tiga kok.. Allah Bapa, Anak (Allah Anak) dan ROH KUDUS.

Kenapa rupanya kalau tiga? Emang kalau satu Tuhan itu lebih masuk akal ya daripada tiga Tuhan? Justru ajaran bahwa Tuhan itu cuma satu mengundang banyak sekali pertanyaan. Misalnya apakah Tuhan kesepian sebelum segala sesuatu ada?

Menurut aku Allah tidak mungkin merasa sendiri sebelum penciptaan, karna memang dari awalnya sudah ada tiga Tuhan. Terserah mau dibilang tiga di dalam satu, atau satu di dalam tiga, atau murni tiga pribadi dan sejenisnya. (Kupikir kenapa kita tidak menerima saja bahwa memang Tuhan di dalam Alkitab atau Kristen itu ada tiga?)

Yang pasti ada tiga personel di sini. Jadi Allah tidak mungkin kesepian.

Lagipula makhluk hidup juga diciptakan 'berpasang-pasangan' dan 'tidak baik hidup sendiri'. Jadi besar kemungkinan Tuhan juga hakikatnya itu hidup berpasangan (berpasangan antara Allah Bapa, Anak dan ROH KUDUS).

Itu setengah sen dariku, Menurut aku yah begitu, hasil pemikiran dan baca Alkitab dan baca sana-sini. Bagaimana menurut pendapat Anda?

NB : aku cuma orang biasa (bukan pendeta/pastur/hamba Tuhan) dan jawabanku lebih mengarah ke pemikiran/logikaku sendiri.
« Last Edit: October 24, 2018, 03:16:58 PM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
October 24, 2018, 06:36:01 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4639
  • Gender: Male
FAQ : TuhanNya orang Kristen kok ada tiga?? Tuhan itu cuma satu.
Jawab :
Tuhan yg tercatat di Alkitab memang ada tiga kok.. Allah Bapa, Anak (Allah Anak) dan ROH KUDUS.

Kenapa rupanya kalau tiga? Emang kalau satu Tuhan itu lebih masuk akal ya daripada tiga Tuhan? Justru ajaran bahwa Tuhan itu cuma satu mengundang banyak sekali pertanyaan. Misalnya apakah Tuhan kesepian sebelum segala sesuatu ada?

Menurut aku Allah tidak mungkin merasa sendiri sebelum penciptaan, karna memang dari awalnya sudah ada tiga Tuhan. Terserah mau dibilang tiga di dalam satu, atau satu di dalam tiga, atau murni tiga pribadi dan sejenisnya. (Kupikir kenapa kita tidak menerima saja bahwa memang Tuhan di dalam Alkitab atau Kristen itu ada tiga?)

Yang pasti ada tiga personel di sini. Jadi Allah tidak mungkin kesepian.

Lagipula makhluk hidup juga diciptakan 'berpasang-pasangan' dan 'tidak baik hidup sendiri'. Jadi besar kemungkinan Tuhan juga hakikatnya itu hidup berpasangan (berpasangan antara Allah Bapa, Anak dan ROH KUDUS).

Itu setengah sen dariku, Menurut aku yah begitu, hasil pemikiran dan baca Alkitab dan baca sana-sini. Bagaimana menurut pendapat Anda?

NB : aku cuma orang biasa (bukan pendeta/pastur/hamba Tuhan) dan jawabanku lebih mengarah ke pemikiran/logikaku sendiri.

Terserah anda bagaimana maunya berfikir.

Tetapi aku menyerahkan pikiranku kepada pikiran Kristus. Karena tidak semua orang dianugrahi marifat Allah sehingga memahami hakikat dan kehendak Allah.

Matius 16:15-17
Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga."


Sementara kaum agamawi, orang-orang yang bangga dengan agama dan aturan agamanya dikisahkan demikian dalam Yohanes 5:18, "Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah."

Karena itu kita murid-murid Kristus tidak merasa heran jika dibenci, difitnah, dimusuhi, diterror bahkan dianiaya sampai dibunuh sebab disebutkan dalam pengelihatan ilahi di pulau Patmos tentang keadaan akhir zaman dalam Wahyu 12:17 demikian, "Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus." Naga itu adalah Iblis dan mereka akan memerangi bukan saja orang Yahudi tetapi juga orang-orang Kristen yang hidup menurut hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus dalam hidupnya.

Yohanes 16:2-3 menulis pesan Yesus, "Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku." Siapa mereka? Telah diidentifikasikan yaitu mereka yang tidak mengenal Allah Bapa dan Anak Allah, yang meributkan jumlah Allah seakan Allah adalah benda yang bisa dihitung jumlahnya dalam bilangan. Mereka adalah orang-orang yang picik yang tidak pernah dapat mengenal Allah walau ingin mengenal Allah. Sebab hatinya telah kerasa membantu dan menolak Ia, Yesus satu-satunya Juruselamat Dunia yang dinyatakan oleh Allah kepada umat manusia.

Jika hari ini anda masih mengimajinasikan Tuhan, mengkayalkan Tuhan seperti sebuah benda yang dapat anda bilang dan hitung dengan jari anda, maka anda tidak mengenal dengan benar siapa Allah itu sebenarnya.


« Last Edit: October 24, 2018, 08:15:44 PM by Krispus »
October 24, 2018, 07:56:56 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1373
Melogikan Allah ? Main catur sama saya aja blom tentu menang apalagi mau lawan Kasparov ? Sedangkan Kasparov itu masih sangat jauh bodohnya dibanding orang yang paling bodoh di surga....Orang" di Surga selalu mendengar apa kata Yesus tanpa perlu susah" mau menganalisa pake logika sendiri...jika kita mau maksain cuma pake logika sendiri untuk memahami Misteri Allah, maka wajar aja jika nanti kita akan berada di dalam ketidak yakinan/keraguan/kebimbangan...

Salam Damai...
Tuhan Memberkati...
October 25, 2018, 11:06:53 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9072
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo Tuhan merasa kesepian, ya Dia tidak sempurna dong...
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
November 10, 2018, 11:01:09 PM
Reply #4
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 22
  • Denominasi: Interdenominasi
Iya Tuhan itu tiga, dan juga satu saja.

Tapi menurut logika sederhana, 3 itu pastilah tidak sama dengan 1.

Sebetulnya Kristen itu bukan agama dan juga kadang orang Kristen sendiri keliru mengartikan kata monotheis.
Mono/monos itu merujuk pada kata "Tunggal", Theis/theos itu berarti Tuhan dalam bahasa Yunani.

Monotheis = Tuhan yang tunggal (kesalahanya tunggal sering diartikan terlalu simpel sebagai kata satu saja)

Padahal tunggal itu bukan sekedar satu, menurut KBBI:
tunggal /tungĀ·gal / 1 num satu-satunya: camat adalah penguasa -- di wilayahnya; agen --; anak --; 2 a bukan jamak (bukan majemuk); mufrad: kalimat --; 3 a utuh; bulat-bulat: ia selalu beramal dengan -- hati; 4 v yang menjadi satu (tentang kata majemuk): -- rasa; 5 n sebelah: berdiri berkaki -- , berdiri dengan kaki sebelah;

1. Misal kita pakai pengartian tunggal = satu-satunya
Kita ambil contoh konteks KBBI:
camat adalah penguasa tunggal/satu-satunya di wilayah kecamatan
(Kita tau camat itu jelas ada banyak, tapi secara konteks wilayah kecamatan bisa digunakan kata tunggal atau satu-satunya)
Konteks: Tuhan adalah penguasa tunggal alam semesta (Tuhan penguasa satu-satunya)

2. tunggal = bukan jamak
contoh KBBI:
Kalimat tunggal/bukan jamak
(Kita tahu bahwa sebuah kalimat itu adalah gabungan "kesatuan"yang  terdiri dari rangkaian kata-kata, tapi bisa disebut kalimat tunggal karena kata-kata telah menjadi satu kalimat tunggal yang biasanya terdiri dari 3 bagian yaitu subjek-objek-predikat)
Konteks: Tuhan Tri-tunggal (Bapa-Putra-ROH KUDUS dalam satu kesatuan)

3. tunggal = utuh
contoh KBBI:
ia selalu beramal dengan tunggal/utuh hati
(Misal sebutir telur utuh tentunya memiliki setidaknya tiga bagian, yaitu putih telur, kuning telur, dan cangkang telur)
Konteks: Tuhan itu ibarat telur tunggal/utuh yang memiliki bagian putih telur - kuning telur - cangkang telur

4. tunggal = yang menjadi satu
contoh KBBI:
Tunggal rasa
(Menjadi satu rasa, satu tujuan, satu tindakan, satu pemikiran. Kata satu disini mengandung unsur jamak yang bias karena sudah disebut yang menjadi satu, artinya aslinya bukan satu, namun menjadi satu)
Konteks: Tuhan Bapa-Putra-ROH KUDUS adalah tunggal/yang menjadi satu

Jadi jelas, tunggal itu bukan sekedar satu numerik saja.
Bapa-Putra-ROH KUDUS kalau dihitung memang tiga, begitu kita sebut Tuhan saja maka itu adalah tunggal.
Contoh dalam "satu keluarga" yang utuh terdapat Ayah, Ibu, dan anak, tapi mereka adalah "satu" keluarga

Begitu kita memahami Tuhan itu satu, maka kita harus ingat Tuhan itu tidak semudah angka 1 yang hanya sekedar garis vertikal. Ibarat "satu kalimat", kalimat itu terdiri dari gabungan kata-kata yang menjadi satu, kata itu sendiri terdiri dari gabungan huruf yang jamak, huruf juga merupakan rangkaian garis-garis, garis merupakan rangkaian dari titik-titik.

Dan lebih besar lagi Tuhan itu bahkan berada di luar logika berpikir seperti diatas.

Begitulah kura-kura  :char11:
« Last Edit: November 10, 2018, 11:06:37 PM by Nidus »
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
November 11, 2018, 03:53:10 PM
Reply #5
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9698
  • ForumKristen.com
NB : aku cuma orang biasa (bukan pendeta/pastur/hamba Tuhan) dan jawabanku lebih mengarah ke pemikiran/logikaku sendiri.
Hati-hati menafsirkan Allah dengan logika sendiri, nanti Anda bisa melahirkan bidat baru.

Salam
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
November 16, 2018, 05:41:30 AM
Reply #6
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 136
FAQ : TuhanNya orang Kristen kok ada tiga?? Tuhan itu cuma satu.
Jawab :
Tuhan yg tercatat di Alkitab memang ada tiga kok.. Allah Bapa, Anak (Allah Anak) dan ROH KUDUS.

Kenapa rupanya kalau tiga? Emang kalau satu Tuhan itu lebih masuk akal ya daripada tiga Tuhan? Justru ajaran bahwa Tuhan itu cuma satu mengundang banyak sekali pertanyaan. Misalnya apakah Tuhan kesepian sebelum segala sesuatu ada?

Menurut aku Allah tidak mungkin merasa sendiri sebelum penciptaan, karna memang dari awalnya sudah ada tiga Tuhan. Terserah mau dibilang tiga di dalam satu, atau satu di dalam tiga, atau murni tiga pribadi dan sejenisnya. (Kupikir kenapa kita tidak menerima saja bahwa memang Tuhan di dalam Alkitab atau Kristen itu ada tiga?)

Yang pasti ada tiga personel di sini. Jadi Allah tidak mungkin kesepian.

Lagipula makhluk hidup juga diciptakan 'berpasang-pasangan' dan 'tidak baik hidup sendiri'. Jadi besar kemungkinan Tuhan juga hakikatnya itu hidup berpasangan (berpasangan antara Allah Bapa, Anak dan ROH KUDUS).

Itu setengah sen dariku, Menurut aku yah begitu, hasil pemikiran dan baca Alkitab dan baca sana-sini. Bagaimana menurut pendapat Anda?

NB : aku cuma orang biasa (bukan pendeta/pastur/hamba Tuhan) dan jawabanku lebih mengarah ke pemikiran/logikaku sendiri.

KALAU KITA MEMANDANG TUHAN BERDASARKAN KETERBATASAN OTAK KITA YANG CUMA SEBESAR BUAH KEPALA INI TENTUNYA KITA AKAN BERPIKIR BAHWA TUHANNYA ALLAH Kristen ADA TIGA KARENA TERDIRI DARI:
ALLAH BAPA, ALLAH ANAK DAN ALLAH ROH KUDUS
TAPI TAFSIRAN ANDA BAHWA TUHAN Kristen ADA TIGA AKAN MENGACU KEPADA AJARAN Kristen YANG MENYEMBAH TIGA ALLAH ATAU AJARAN PANTHEISME PADAHAL YANG KITA SEMBAH ADALAH ALLAH YANG ESA. DALAM KITAB KEJADIAN DICATAT
Gen 1:25  Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
Gen 1:26  Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
Gen 1:27  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

MUNGKIN ANDA MASIH BINGUNG DENGAN PERNYATAAN Firman Tuhan INI TETAPI MARI KITA MENGACU KEPADA DIRI KITA SENDIRI. SEBAGAIMANA YANG DIAJARKAN MANSUIA TERDIRI DARI ROH, JIWA DAN TUBUH. DENGAN DEMIKIAN MANUSIA YANG DIKATAKAN SEBAGAI GAMBAR DAN RUPA ALLAH MEMILIKI GAMBARAN SEBAGAIMANA ALLAH ADANYA DAN DALAM KENYATAANNYA KITA SEBAGAI MANUSIA MERUPAKAN SATU SOSOK DIMANA ROH, JIWA DAN TUBUH KITA TIDAK BERDIRI SENDIRI2 TETAPI BERADA DI DALAM KEBERADAAN KITA SEBAGAI SATU MANUSIA YANG UTUH
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)