Author Topic: Siapakah Yesus .. (Roma 14:9)  (Read 7875 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 20, 2019, 09:56:04 PM
Reply #140
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Kalo menurut saya sih, nggak ada (blakangan) itu event lahir kembali pada Yesus.

He saved us, not on the basis of deeds which we have done in righteousness, but according to His mercy, by the washing of regeneration and renewing by the Holy Spirit

versi saya:
merah itu = born again, regenerated.
Yesus nggak perlu merah.

Kalo event pembaptisan Yesus,
menurut saya itu event "penobatan" (anointing)....
bukan "pertobatan" loh  :D
Penobatan itu, maksutnya apa yah ?

Jbu
January 20, 2019, 10:11:42 PM
Reply #141
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12795
    • fossil coral cantik
Penobatan itu, maksutnya apa yah ?
Pengurapan, 888.
(bukan peng-kurap-an loh ya  :char11: )

Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit dan turunlah ROH KUDUS dalam rupa burung merpati ke atas-Nya

Setelah sebulanan lebih, Yesus menyatakan :

Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
January 21, 2019, 05:48:45 PM
Reply #142
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1829
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit dan turunlah ROH KUDUS dalam rupa burung merpati ke atas-Nya
Yg kau lewatakan perkataan-Nya, oda
Itu merupakan deklarasi Allah Trinitas
Mungkin bagimu "kata" itu tak penting

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
January 22, 2019, 03:57:11 AM
Reply #143
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Pengurapan, 888.
(bukan peng-kurap-an loh ya  :char11: )

Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit dan turunlah ROH KUDUS dalam rupa burung merpati ke atas-Nya

Setelah sebulanan lebih, Yesus menyatakan :

Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
Ohh .. pengurapan itu adalah manifestasi dari lahir baru atau lahir secara rohani.

Dalam pemahaman saya, lahir secara rohani inilah yg “membuktikan” bahwa Yesus itu benar2 menjadi manusia, manusia yg sama seperti saya dan anda.

Karena Yesus benar2 telah menjadi manusia dan yg dilahirkan secara alami, maka Yesus harus dilahirkan kembali secara rohani.

Kelahiran Yesus secara rohani, bukan berarti Yesus itu memiliki dosa dan bertobat, tetapi kelahiran secara rohani, agar Yesus “menerima pengurapan tsb”.

Jadi, ROH KUDUS yg turun atas Yesus pada saat dibabtis, adalah “visi” yg dilihat oleh Yohanes Pembabtis sendiri, sebagai gambaran “pengurapan tsb”, dan “visi atau penglihatan” yg dialami oleh Yohanes Pembabtis itu “tidak riil”.

Karena itulah, sekalipun Yesus memiliki ROH KUDUS sejak Ia dilahirkan, tetapi Yesus memperoleh “pengurapan tsb”, setelah Ia dibabtis atau dilahirkan secara Rohani, dan “pengurapan itu” adalah “pernyataan kuasa Allah”, artinya : Kuasa Allah turun atas Yesus, sejak Yesus dibabtis, karena itulah .. sejak setelah pembaptisan itu, Maka dimulailah pemberitaan kerajaan surga oleh Yesus.

Jbu

January 22, 2019, 01:01:20 PM
Reply #144
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12795
    • fossil coral cantik
Ohh .. pengurapan itu adalah manifestasi dari lahir baru atau lahir secara rohani.
Maksud 888, yg bold itu [pembaptisan] kali ?

Quote
Dalam pemahaman saya, lahir secara rohani inilah yg “membuktikan” bahwa Yesus itu benar2 menjadi manusia, manusia yg sama seperti saya dan anda.
Apabila vocab [manusia] disitu strictly about the Noun, saya gak keberatan, 888.

Namun kalo versi saya kayak gini :
walo saya dan 888 sama sama manusia, tapi saya dan 888 itu berbeda.

So, terkait Yesus :
walo Yesus dan kita kita sama sama manusia, tapi Yesus berbeda sendiri dari kita kita semua.

lanjut:
dengan demikian nggak ada itu [regenerate] pada Yesus.

Quote
Karena Yesus benar2 telah menjadi manusia dan yg dilahirkan secara alami,
maka Yesus harus dilahirkan kembali secara rohani.
Versi saya tidak menempatkan perihal harus/tidak-harus terkait [regeneration]. Adanya perbedaan antara saya dan 888 adalah karena patokan awal thdp pengertian [Lahir Kembali / Regenerate / Born Again] kita udah duluan berbeda....

oda : aplikasi Regenerasi adalah ke manusia-yg-telah-berbuat-dosa di pov Allah.
888 : aplikasi Regenerasi adalah ke manusia, tidak pandang bulu mao itu telah berbuat dosa atopun belon berbuat dosa di pov Allah.

Quote
Kelahiran Yesus secara rohani, bukan berarti Yesus itu memiliki dosa dan bertobat, tetapi kelahiran secara rohani, agar Yesus “menerima pengurapan tsb”.
Kalo menurut saya, kelahiran Yesus itu sudah secara rohani. Yang didalam kandungan Maria itu adalah inkarnasi-Allah.

do not fear to take Mary as your wife, for that which is conceived in her is from the Holy Spirit

Again, secara pov versi saya :
walo saya dan Yesus sama sama manusia, namun proses terjadinya saya dan Yesus didalam kandungan berbeda

Quote
Jadi, ROH KUDUS yg turun atas Yesus pada saat dibabtis, adalah “visi” yg dilihat oleh Yohanes Pembabtis sendiri, sebagai gambaran “pengurapan tsb”, dan “visi atau penglihatan” yg dialami oleh Yohanes Pembabtis itu “tidak riil”.
Ya. Mungkin bisa demikian sikon-nya.

Quote
Karena itulah, sekalipun Yesus memiliki ROH KUDUS sejak Ia dilahirkan, tetapi Yesus memperoleh “pengurapan tsb”, setelah Ia dibabtis atau dilahirkan secara Rohani, dan “pengurapan itu” adalah “pernyataan kuasa Allah”, artinya : Kuasa Allah turun atas Yesus, sejak Yesus dibabtis, karena itulah .. sejak setelah pembaptisan itu, Maka dimulailah pemberitaan kerajaan surga oleh Yesus.
Oke. Kayaknya antar kita berdua sama sama punya ujung yang sama yakni event pembaptisan, namun beda terminologi. Kalo di pov 888, [pembaptisan Yesus = Regenerasi] .... kalo di pov saya, [pembaptisan Yesus = Pengurapan].
February 07, 2019, 03:38:39 PM
Reply #145
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1829
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@all

Sebab utk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali,
spy Ia menjadi Tuhan, baik atas org2 mati,
maupun atas org2 hidup. [Rom.14: 9] 

Re: Siapakah Yesus... (Rom.14: 9)
Yesus ialah Tuhan semua orang
Usul:
Dgn ini trit sudah terjawab!


Kecuali mo bahas saat Manusia, bw:
Yesus tidak keberatan di sebut Guru
Yesus tidak keberatan disebut Tuhan
Tak ada larangan atau perintah utk itu

Tapi mengapa masih spt keberatan disebut "baik"?
Spt jawab Yesus: "Mengapa kau katakan Aku baik?
Tak seorangpun yg baik selain dr pd Allah saja
[Luk.18:19]


888:Menurut saya ..
Yesus mau klarifikasi, bahwa “jangan sampai manusia” pd masa hidup Yesus,
dipahami sbg Allah, itulah sebabnya .. pada Luk 18:19.. Yesus katakan “hanya Allah yg baik”.
http://forumkristen.com/index.php?topic=63856.msg1242471#msg1242471

MK:Akur, Bro!
Dan saat itu Ia hanya dikenal sbg Guru (lokal saja)
Tapi kpd muridnya Ia memberi pengertian ttg Guru dan Tuhan [Yoh.13.13-19]
Bagaimana hubungan murid dan guru, dan bagaimana utusan dan yg mengutus
...
Setelah banyak memberi contoh keteladanan, lalu kata Yesus,
Aku mengatakannya kpd-mu sekarang juga sebelum hal itu terjadi,
supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.


123: Amiin...
Jawaban yg tepat sekali broohhh..

HH: ya udahla,
yg penting sekarang Dia bisa disebut Tuhan kan

Salam Tutup!
« Last Edit: February 07, 2019, 03:45:39 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
February 08, 2019, 07:27:15 AM
Reply #146
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
@all

Sebab utk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali,
spy Ia menjadi Tuhan, baik atas org2 mati,
maupun atas org2 hidup. [Rom.14: 9] 

Re: Siapakah Yesus... (Rom.14: 9)
Yesus ialah Tuhan semua orang
Usul:
Dgn ini trit sudah terjawab!


Kecuali mo bahas saat Manusia, bw:
Yesus tidak keberatan di sebut Guru
Yesus tidak keberatan disebut Tuhan
Tak ada larangan atau perintah utk itu

Tapi mengapa masih spt keberatan disebut "baik"?
Spt jawab Yesus: "Mengapa kau katakan Aku baik?
Tak seorangpun yg baik selain dr pd Allah saja
[Luk.18:19]


888:Menurut saya ..
Yesus mau klarifikasi, bahwa “jangan sampai manusia” pd masa hidup Yesus,
dipahami sbg Allah, itulah sebabnya .. pada Luk 18:19.. Yesus katakan “hanya Allah yg baik”.
http://forumkristen.com/index.php?topic=63856.msg1242471#msg1242471

MK:Akur, Bro!
Dan saat itu Ia hanya dikenal sbg Guru (lokal saja)
Tapi kpd muridnya Ia memberi pengertian ttg Guru dan Tuhan [Yoh.13.13-19]
Bagaimana hubungan murid dan guru, dan bagaimana utusan dan yg mengutus
...
Setelah banyak memberi contoh keteladanan, lalu kata Yesus,
Aku mengatakannya kpd-mu sekarang juga sebelum hal itu terjadi,
supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.


123: Amiin...
Jawaban yg tepat sekali broohhh..

HH: ya udahla,
yg penting sekarang Dia bisa disebut Tuhan kan

Salam Tutup!

Mantapppp..
February 08, 2019, 09:43:17 AM
Reply #147
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Ulasan ini tidak dimaksudkan, untuk membawa perdebatan baru, tentang doktrin - doktrin gereja, tetapi ulasan ini dimaksudkan.. untuk menjadi “masukan” bagi setiap orang yg  “tidak percaya”, untuk memahami “siapakah Yesus itu”.

Roma 14:9 .. sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, SUPAYA  IA  MENJADI  TUHAN, baik atas orang2 mati, maupun atas orang2 hidup.

Jadi, berdasarkan FT tersebut, TERNYATA.. Yesus itu disebut Tuhan, setelah kebangkitan-Nya, artinya adalah: Selama Ia hidup didunia ini sampai Ia mati, maka berdasarkan FT tersebut, Yesus TIDAK dapat disebut sebagai Tuhan.

Lalu, jika sebelum kematiannya Yesus tidak dapat disebutkan sbg Tuhan, kita sebut apakah Yesus itu ?

Yohanes 1:14 mengatakan ..Firman itu TELAH  MENJADI  MANUSIA dan diam diantara kita..

Jadi, sebelum mati dan bangkit, seperti kata FT diatas, TERNYATA Yesus itu telah menjadi manusia, seperti saya dan anda, artinya adalah: Sejak Yesus dilahirkan hingga mati, maka Yesus itu disebut MANUSIA.

Lalu, siapakah Yesus (sebelum menjadi manusia)?

Yohanes 1:4 ==> Yohanes 1:1.. Pada mulanya adalah Firman .. Firman itu adalah Allah.

Jadi, berdasarkan FT tsb, maka sebelum menjadi manusia, Yesus itu adalah Firman yg disebut sebagai Allah.

Sehingga kesimpulannya seperti ini:
(1). Sebelum jadi manusia, Yesus di sebut Allah.
(2). Setelah dilahirkan jadi manusia (sebelum kematian-Nya), Yesus itu disebut manusia.
(3). Setelah Kebangkitan-Nya, Yesus itu disebut Tuhan.==> oleh Thomas, disebut Tuhan  dan Allah.

Simpel bukan ?? Hahaha .. JBU
Rm 14:9
Kata TUHAN di sini adalah kurieuo:
Definisinya:
1) to be lord of, to rule, have dominion over
2) of things and forces
   2a) to exercise influence upon, to have power over

Jadi kata yang dipakai bukan kurios, yaitu kata yang sering dipakai untuk Yahweh atau ELOHIM di Hebrew.
Kata kurios sendiri juga TIDAK SELALU bermakna Tuhan dalam arti suatu sosok Ilahi. Dalam beberapa ayat diartikan sebagai tuan/master.

Jadi kurang tepat kalau dari ayat ini disimpulkan Yesus menjadi sosok Ilahi hanya setelah kebangkitannya.


Yoh 1:14.
Allah menjadi manusia, tidak bisa dipaksakan artinya Allah berhenti menjadi Allah lalu berubah menjadi manusia.
Bisakah Allah berhenti menjadi Allah? Ini pertanyaan filosofis yang tidak bisa kita jawab secara pasti karena kita tidak akan mampu mengerti natur Allah dan logika Allah.
Kita hanya bisa mempelajari dari apa yang disampaikan Alkitab.

Oleh karena itu, sebelum menyimpulkan, sebaiknya pelajari juga ayat-ayat lain, misalnya Yesus tidak menolak sembah, padahal hanya Allah yang boleh disembah.
Atau misalnya Yesus menggunakan kata "I AM" pada diriNya. Kata ini menunjuk kepada Allah Israel di PL.

Bapa-bapa gereja sudah menyelidiki ayat-ayat tentang ketuhanan dan kemanusiaan Yesus. Hasilnya adalah doktrin Hypostatic Union. Memang jadi "tidak masuk akal", tapi itulah yang dinyatakan alkitab.
Kalau mau "menggugat" doktrin ini, silakan pelajari dari semua sudut. Jangan hanya ambil satu ayat kemudian diartikan secara simple.

Demikian pendapat saya.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
February 08, 2019, 10:24:37 AM
Reply #148
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Rm 14:9
Kata TUHAN di sini adalah kurieuo:
Definisinya:
1) to be lord of, to rule, have dominion over
2) of things and forces
   2a) to exercise influence upon, to have power over

Jadi kata yang dipakai bukan kurios, yaitu kata yang sering dipakai untuk Yahweh atau ELOHIM di Hebrew.
Kata kurios sendiri juga TIDAK SELALU bermakna Tuhan dalam arti suatu sosok Ilahi. Dalam beberapa ayat diartikan sebagai tuan/master.

Jadi kurang tepat kalau dari ayat ini disimpulkan Yesus menjadi sosok Ilahi hanya setelah kebangkitannya.


Yoh 1:14.
Allah menjadi manusia, tidak bisa dipaksakan artinya Allah berhenti menjadi Allah lalu berubah menjadi manusia.
Bisakah Allah berhenti menjadi Allah? Ini pertanyaan filosofis yang tidak bisa kita jawab secara pasti karena kita tidak akan mampu mengerti natur Allah dan logika Allah.
Kita hanya bisa mempelajari dari apa yang disampaikan Alkitab.

Oleh karena itu, sebelum menyimpulkan, sebaiknya pelajari juga ayat-ayat lain, misalnya Yesus tidak menolak sembah, padahal hanya Allah yang boleh disembah.
Atau misalnya Yesus menggunakan kata "I AM" pada diriNya. Kata ini menunjuk kepada Allah Israel di PL.

Bapa-bapa gereja sudah menyelidiki ayat-ayat tentang ketuhanan dan kemanusiaan Yesus. Hasilnya adalah doktrin Hypostatic Union. Memang jadi "tidak masuk akal", tapi itulah yang dinyatakan alkitab.
Kalau mau "menggugat" doktrin ini, silakan pelajari dari semua sudut. Jangan hanya ambil satu ayat kemudian diartikan secara simple.

Demikian pendapat saya.
Roma 14:9, sudah sangat jelas dibedakan penggunaan perkataan “Kristus” dan “Tuhan”, kalau anda mau “protes”, protes lah pada rasul Paulus, jangan ke saya ... hahaha..

Terus anda katakan, jangan berpatokan pada 1 ayat saja, tetapi harus dilihat ayat2 lain, nah .. semua isi kitab itu “tidak ada yg bertentangan”, walaupun 1.000 ayat mengatakan “x” dan 1 ayat mengatakan “y”, maka bukan berarti yg 1 ayat di abaikan dan membenarkan 1.000 ayat.  Jika pemahaman manusia terhadap pemahaman yg 1.000 ayat itu “berbeda” dengan yg satu ayat tsb, BERARTI pemahaman manusia itu “keliru” dalam memahami Firman tersebut.

Nah, anda mengagungkan “bapa gereja”, seakan-akan, bapa gereja itu tidak pernah salah.

Tahukah anda ada banyak bapa gereja ? Lalu bapa gereja mana yg benar ? Denom A mengatakan bapa gereja denom B salah dan sebaliknya, lalu mana yg benar.

Anda membenarkan bapa gereja, karena dia bapa gereja anda, apakah anda juga akan membenarkan bapa gereja yg bertentangan dengan gereja anda ???

Percayalah ke pada Alkitab, maka engkau tidak akan pernah salah, tetapi jika kamu cuma percaya pada bapa gereja mu, maka kamu tidak akan pernah menemukan kebenaran.

Jbu
February 08, 2019, 10:47:52 AM
Reply #149
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
...cut..
Yoh 1:14.
Allah menjadi manusia, tidak bisa dipaksakan artinya Allah berhenti menjadi Allah lalu berubah menjadi manusia.
Bisakah Allah berhenti menjadi Allah? Ini pertanyaan filosofis yang tidak bisa kita jawab secara pasti karena kita tidak akan mampu mengerti natur Allah dan logika Allah.
Kita hanya bisa mempelajari dari apa yang disampaikan Alkitab.
Sebenarnya tidak sulit kok, cuma karena sudah “ter doktrin” oleh ajaran gereja, maka “sulit menerima kebenaran Alkitab”.

Allah itu tidak “bisa” dipahami dgn “berhenti” sebagai Allah, sebab Allah itu kekal, tetapi Allah itu “bisa dipahami” TIDAK  LAGI  BERSAMA  KUASA NYA (Filipi 2:7.. melainkan TELAH  MENGOSONGKAN  diri - Nya sendiri artinya: setelah ditanggalkannya segala kuasanya, barulah Ia menjadi manusia, karena itulah pada kalimat selanjutnya dalam Filipi tsb.. dan mengambil rupa seorang hamba, dan MENJADI SAMA DENGAN MANUSIA)==> simpelkan, dan pengertian yg “sangat” simpel ini, akan menjadi sulit diterima, sbg akibat sudah duluan ter doktrin oleh gereja.

Quote from:
Bapa-bapa gereja sudah menyelidiki ayat-ayat tentang ketuhanan dan kemanusiaan Yesus. Hasilnya adalah doktrin Hypostatic Union. Memang jadi "tidak masuk akal", tapi itulah yang dinyatakan alkitab.
Kalau mau "menggugat" doktrin ini, silakan pelajari dari semua sudut. Jangan hanya ambil satu ayat kemudian diartikan secara simple.

Demikian pendapat saya.
Nah, anda mengatakan “doktrin hypostatic Union”, apakah anda memahami doktrin ini dgn benar ??

Jika Paham, saya mau bertanya kepada anda: Apanya yg hypostatic dan apanya yg union ?

Jbu
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)