Author Topic: Siapakah Yesus .. (Roma 14:9)  (Read 8092 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 14, 2019, 10:51:10 AM
Reply #180
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2021
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Tapi Kita Harus Tahu.
bahwa Yesus Kristus tidak sama dengan Allah Bapa.
walaupun kita dapat memanggil Yesus Kristus sebagai Bapa kita,

toh Yesuspun pernah memanggil para murid-Nya,
dan orang yang disembuhkan-Nya sebagai anak anak-Nya
Yes! Yesus tidak terikat hukum2 atau aturan2 dr manusia
Dia pernah taat utk itu dan pernah mengabaikannya
Sebab segala hukum dan aturan2 ada pd-Nya
Dia batu penjuru

Salam Damai Lae!
« Last Edit: February 14, 2019, 11:00:18 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
February 14, 2019, 10:54:03 AM
Reply #181
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2021
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
so gpp kalo ada orang mau sebut Yesus sebagai Allah, tidak perlu di halang2i
Setuju!
Sebab semua telah berlalu dan semua telah terbukti, Dia hrs kita gunakan
Kita bebas menyebut-Nya apa dan bebas pula menggunakan-Nya utk apa

Ada yg pernah menggunakan rumbai jubah-Nya dulu
Ada yg cukup dgn menggunakan Nama-Nya saja
Bebas ... sebab Dia emang dahsyat, dll.

Salam Damai Bro!

« Last Edit: February 14, 2019, 10:56:04 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
February 14, 2019, 10:15:28 PM
Reply #182
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1254
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Maaf saudara ku ..

Selama hidup di dunia, Yesus tidak pernah “menerima” disebut sbg “Allah”, dan manusia juga (termasuk murid), tidak pernah menyebut atau memanggil Yesus itu sbg Allah.

Apakah Allah dan Tuhan adalah sama ?

Pada 1 Korintus 8:6

Namun bagi kita hanya ada “satu Allah saja”, yaitu “Bapa”.....dan “Satu Tuhan saja”, yaitu Yesus Kristus.

Ternyata.. Paulus “membedakan” antara Allah dan Tuhan tersebut.


Jbu
justeru sebagian murid2 Yesus menulis dan memberitakan Injil, krn mereka yakin Yesus itu Tuhan alias Allah

1 Korintus 8:6 (TB)  namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

yg di bold itu frasa kalimat yg dipakai dlm bhs aselinya sama dan setara, brarti dlm hal  keilahian sama dan setara krn Allah itu esa (bentuk jamak) dlm pengertian tunggal
February 14, 2019, 10:29:50 PM
Reply #183
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1254
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Memang secara pengertian “awam”, Allah itu “identik” dgn Tuhan, tetapi jika kita “kaji” lebih dalam, Allah dan Tuhan itu memiliki “perbedaan”, Allah itu akan mengarah pada penyebutan terhadap “Bapa”, dan Tuhan itu akan mengarah pada “Kristus”.

Alkitab berkata dalam 1 Korintus 8:6..

Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu “Bapa”....dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus..

Nah, dari pernyataan Paulus tersebut, sangat jelas Paulus memahami perbedaan “Allah dan Tuhan” tersebut, seperti penjelasan saya diatas, bahwa “penyebutan” Allah akan mengarah pada “Bapa” dan “Penyebutan Tuhan atau Anak”, akan mengarah pada “Yesus Kristus”.

Nah, sekalipun Bapa dan Yesus “memiliki roh yg sama”, namun eksistensi Bapa dan Yesus itu berbeda, karena itulah berkali-kali dalam penjelasan di forum ini, saya katakan .. Saat Allah telah “dilahirkan” menjadi manusia, maka Allah (Bapa) itu “tidak boleh disebutkan/dipanggil sbg “Allah/Bapa”, sebab Ia telah menjadi manusia, TETAPI karena Ia adalah Roh Allah atau Roh Bapa sendiri, maka manusia yg merupakan “Inkarnasi dari Allah (Bapa) tersebut, dipanggil sbg Tuhan/Anak Allah”.

Itulah perbedaan dan persamaan, antara Allah (Bapa) dan Tuhan (Anak Allah), karena itulah dalam banyak tulisan2 Paulus, Paulus selalu menuliskan “perkataan Allah dan Tuhan”, TETAP Jika berbicara khusus tentang Kristus, maka Paulus “hanya menuliskan perkataan Tuhan atau Anak Allah atau Kristus”.

Jbu
Berbedanya hanya secara pribadi, Bapa bukan Anak bukan ROH KUDUS
toch ketiganya ketemu dihakekat Allah yang Esa (satu adanya)
February 15, 2019, 12:22:49 PM
Reply #184
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Berbedanya hanya secara pribadi, Bapa bukan Anak bukan ROH KUDUS
toch ketiganya ketemu dihakekat Allah yang Esa (satu adanya)
Mantapppppp.. sangat tepat sekali saudara ku.. itulah Tritunggal yg Maha Kudus, Hakikat Allah itu Esa, tetapi Hadir dalam 3 Pribadi yg berbeda.

Jbu..
February 15, 2019, 12:34:39 PM
Reply #185
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
tapi ada ayat yang jelas2 mengatakan bahwa Yesus itu adalah Allah :

Yesaya 9
6. (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

so gpp kalo ada orang mau sebut Yesus sebagai Allah, tidak perlu di halang2i
Begini saudara ku..

Saya tidak menghalangi pemahaman bahwa Yesus itu, adalah Allah yg sesungguhnya, tetapi “saya hanya berusaha”, untuk menempatkan pemahaman tentang “ke Allahan” itu, berdasarkan “kronologis yg tercatat di Alkitab”, sehingga orang2 yg tidak memahami tentang Yesus, dapat menerima dan memahaminya dengan benar, tujuannya: agar “silang pendapat” tentang ke - Allahan an Yesus itu dapat diakhiri (walaupun hal ini mustahil terjadi), tetapi paling tidak .. mereka yg Non Kristen dapat mengerti tentang diri Yesus ini., bahwa Yesus itu “sekarang” memiliki 2 kemuliaan, yaitu “kemuliaan sebelum menjadi manusia dan kemuliaan setelah menjadi manusia”.

Jbu
February 15, 2019, 12:48:08 PM
Reply #186
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Yupzzz..

Setuju, Sepakat dan sepikiran broh...

Yesus adalah Allah dan tidak apa apa, tidak masalah, tidaklah melanggar hukum Tuhan kalau kita juga memanggil Yesus Kristus sebagai Bapa..

dan memang betul Kasih-Nya kepada umat manusia lebih dari Kasih seorang Ayah di dunia ini kepada anak anaknya.

Tapi Kita Harus Tahu.
bahwa Yesus Kristus tidak sama dengan Allah Bapa. walaupun kita dapat memanggil Yesus Kristus sebagai Bapa kita,
toh Yesuspun pernah memanggil para murid-Nya, dan orang yang disembuhkan-Nya sebagai anak anak-Nya
Matius 9:2. Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni."

salam
TYM
Kalau menurut saya, kita tidak boleh memanggil Yesus “Sbg Bapa”, sebab hal tersebut bertentangan dgn Alkitab, sekalipun Penyebutan Allah oleh Rasul Paulus mengarah pada perkataan “Bapa”, tetapi tetap kita tidak boleh mengganti “status Anak menjadi Bapa”, karena hal itu akan mengarah pada “pengingkaran pengorbanan salib”, mengapa ? Bukan Bapa yg dikorban kan, tetapi “Tubuh Anak yg dikorbankan”, untuk mewakili seluruh umat manusia, sehingga “penyebutan” Anak sbg Bapa, akan membawa manusia menjadi “Anti Kristus”.


Jbu
February 15, 2019, 12:52:22 PM
Reply #187
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
memang saya akui, saya belum pernah ke surga..
tapi saya Imani dan Yakini 100% bahwa Surga itu adalah Tempat yang nyata, bukan tempat yang penuh dengan ilusi dan angan angan.

1. Saya Percaya di Sorga ada Tahta Allah, tahta benaran. dari sanalah Tuhan Allah memerintah Alam Semesta ini.
2. Firman Tuhan mencatat Tahta Allah di kelilingi oleh empat Serafim.. dan saya imani, ke 4 makhluk itu betul betul ada, sebagai makhluk benaran, bukan khiasan.
3. saya Percaya saat ini Tuhan Yesus berada di Sorga, setelah kebangkitan-Nya dari alam maut. menjabat sebagai Imam Besar umat manusia sesuai yang dicatat oleh Kitab Ibrani.
4. Sorga adalah tempat yang nyata... ada beberapa anak anak manusia selain Yesus yang saat ini berada di sorga.
mereka adalah: Elia, Henokh, Musa dan beberapa para kudus yang dibangkitkan pada saat Yesus Bangkit dari alam maut.

jadi saudaraku,, SURGA Itu ADA, SURGA ITU NYATA, SURGA ITU REALISTIS,, PUNYA WUJUD, PUNYA BENTUK, Surga itu bukan angan angan. Surga itu ada sebagai suatu tempat yang nyata..
Firman Tuhan mencatat tempat-Nya berada di langit yang ke 3. 2 Korintus 12:2



salam
TYM
Pernyataan saudara tentang “surga” disini, kok berbeda dgn penjelasan saudara pada topik yg lain, disana saudara mengatakan, surga itu “dibumi”, dan disini saudara mengatakan surga itu berada “dilangit yg ke 3”.

Pemahaman anda yg benar, yg mana saudara ku ?

Jbu
February 15, 2019, 01:01:48 PM
Reply #188
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9585
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Begini saudara ku..

Saya tidak menghalangi pemahaman bahwa Yesus itu, adalah Allah yg sesungguhnya, tetapi “saya hanya berusaha”, untuk menempatkan pemahaman tentang “ke Allahan” itu, berdasarkan “kronologis yg tercatat di Alkitab”, sehingga orang2 yg tidak memahami tentang Yesus, dapat menerima dan memahaminya dengan benar, tujuannya: agar “silang pendapat” tentang ke - Allahan an Yesus itu dapat diakhiri (walaupun hal ini mustahil terjadi), tetapi paling tidak .. mereka yg Non Kristen dapat mengerti tentang diri Yesus ini., bahwa Yesus itu “sekarang” memiliki 2 kemuliaan, yaitu “kemuliaan sebelum menjadi manusia dan kemuliaan setelah menjadi manusia”.

Jbu

gak perlu
mungkin maksudmu baik dan saya yakin orang yang mempelajari Alkitab gak pny maksud buruk

tapi apa yang didapat itu adalah penting sekali untuk dikonfirmasi oleh saudara seiman

dan untuk mendapatkan maksud saudara diatas itu bisa dengan cara lain, bukan dengan cara yang jelas2 bertentangan dengan apa yang sudah tertulis di Alkitab, yang begitu2 jangan dilestarikan

kasarnya beginilah
Kalau Alkitab aja memperbolehkan menyebut Yesus sebagai Allah dan juga sebagai Bapa
maka kita jangan sampai coba2 mau memisahkannya

jangan pikir lalu demi orang supaya mengerti, dibias-biaskan dikit jd gimana gituuu
yang bisa bikin orang mengerti itu adalah ROH KUDUS juga utamanya, bukan kita
« Last Edit: February 15, 2019, 01:12:17 PM by HenHen »
February 15, 2019, 01:04:09 PM
Reply #189
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Yes! Yesus tidak terikat hukum2 atau aturan2 dr manusia
Dia pernah taat utk itu dan pernah mengabaikannya
Sebab segala hukum dan aturan2 ada pd-Nya
Dia batu penjuru

Salam Damai Lae!

Sangat keliru saudara ku .. Yesus tidak boleh disebutkan atau dipanggil atau dipahami “sbg Bapa” (sesuai yg anda quote dari pernyataan Sdr Simatupang), benar2 pemahaman yg sangat keliru, dan dapat membawa manusia menjadi “Anti Kristus”, sebab Bapa dan Anak itu “berbeda”, sekalipun hakikat Bapa dan Anak itu adalah sama.

Memahami Yesus “sbg Bapa”, berarti “mengingkari”, bahwa Kristus sudah datang “sbg manusia”.

FT katakan .. Anti Kristus itu adalah .. mereka yg tidak mengakui, bahwa Kristus sudah datang “sbg manusia”.

Jadi saudara ku .. menyamakan Kristus “sbg Bapa”, adalah sama artinya: menolak kedatangan Kristus “sbg manusia”.

Penolakan itu, memiliki implikasi yg sangat luas saudara ku, terutama terhadap “korban di salib yg mewakili manusia”.

Nah, karena itulah gereja kami, MENOLAK Ajaran “Monofisitisme”, sebab dalam Ajaran ini, menyamakan “Yesus sbg Bapa”, sehingga implikasinya.. mengingkari Kedatangan Kristus sbg Manusia.

Jbu
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)