Author Topic: Siapakah Yesus .. (Roma 14:9)  (Read 8840 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 18, 2019, 04:32:48 PM
Reply #230
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 572
Menurut bro saat inkarnasi saja kan yang tdk boleh sebut Yesus sebagai Bapa.
Lha kita semua sekarang kan hidup pasca inkarnasi , jadi boleh dong sebut Yesus sebagai Bapa.
Lalu apa masalahnya bro?


Tapi bukan berarti ada 2 Tuhan lho.
 :D
Dari pada kita berdebat tidak karuan, silahkan anda buktikan sendiri dan cari di kitab PB, pernahkah Yesus itu disaat inkarnasi dan setelah kebangkitan di sebut atau dipanggil “BAPA”, tolong beritahukan ayatnya ke saya.

Jbu
February 18, 2019, 11:07:06 PM
Reply #231
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4012
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Saudara ku, justru Roma  14:9 itu dinyatakan Paulus, karena terjadinya silang pendapat “tentang Yesus” pada masa itu, seperti silang pendapat yg terjadi dalam diskusi disini, maka “untuk meluruskan silang pendapat itu”, Paulus menjelaskan dalam Roma 14:9 tersebut, pernyataan dalam Roma 14:9 itu, didasarkan pada pemahaman Paulus atas apa yg tertulis pada Yohanes 20:17, sehingga keluarlah ucapan Paulus dalam Tulisannya di 1 Korintus 8:6.

Perlu saudara ketahui, bahwa pemahaman dan tulisan2 Paulus itu, didasarkan pada pengajaran Yohanes murid yg dikasihi, sehingga “hampir” semua pemahaman dan tulisan Paulus, menjabarkan atau menjelaskan apa yg dituliskan atau apa yg diajarkan oleh Yohanes.

Jadi, bukan karena 1 ayat mengalahkan 1.000 ayat atau sebaliknya, TETAPI memahami Alkitab yg benar adalah: Semua pemahaman kita “harus sesuai” dgn semua yg ada tertulis dalam Alkitab tersebut, jika ada pemahaman kita itu “bertentangan dgn 1 ayat saja”, dan pertentangan itu tidak dapat di jelaskan, maka artinya “pemahaman kita itu adalah KELIRU”.

Jbu
Nah, di tulisan ini saja, @Pencerah888 sudah menggunakan ayat-ayat lain selain Roma 14:9 yang ada di judul trit. Dari hal seperti itu pula kumengerti bahwa untuk menjelaskan ketuhanan Yesus, atau untuk menjelaskan siapa Yesus, tidak cukup hanya satu ayat.


Kemudian saudara ku ..

Timbul pertanyaan besar, yaitu:”mengapa Rasul Paulus, memahami Kristus itu sebagai Tuhan, setelah kebangkitan - Nya ?

Rasul Paulus memahami, Bahwa yg dimaksut dgn Allah itu adalah Bapa dan yg dimaksut dgn Bapa itu adalah Allah, demikian juga halnya tentang Yesus, bahwa yg dimaksut dgn Anak itu adalah Tuhan dan Tuhan itu adalah Anak, sehingga Paulus menegaskan “perbedaan itu” dalam 1 Korintus 8:6.

Nah, Allah dan Tuhan itu, adalah “sesuatu yg tidak terbatas”, sehingga berdasarkan Filipi 2:7, Paulus memahami Yesus, sebagai “sesuatu yg terbatas”, keterbatasan yg dimiliki Yesus selama inkarnasi tersebut, adalah “BUKTI” bahwa “manusia Yesus itu” tidak dapat disebut “sebagai Tuhan dalam pengertian ke-ilahiah, tetapi disebut sebagai Tuhan, dalam pengertian kemuliaan, karena pada masa itu.. manusia memanggil raja juga dgn sebutan Tuhan”, itulah sebabnya .. disaat inkarnasi itu, setan/iblis tidak memanggil Yesus dgn sebutan Tuhan, tetapi dgn sebutan “anak Allah”.

Sebutan anak Allah tersebut, memberikan pengertian.. bahwa Allah yg tidak terbatas itu, telah menjadi manusia (benar2 menjadi manusia, manusia yg sama seperti saya dan anda), sehingga segala ketidak terbatas an Allah itu, telah dibatasi oleh daging, dan akibat “keterbatasan tersebut”, maka Anak Allah itu, tidak dapat lagi disebutkan sebagai Allah.

Nah, kebangkitan Anak Allah dari kematian itu, telah membawa “anak Allah itu” pada “ketidak ter batasannya kembali”, sehingga dalam ketidak terbatas an setelah kebangkitan tsb, maka mulai itulah Paulus memahami Anak Allah itu “sbg Tuhan dalam Ke - Ilahian”, sebab setelah kebangkitan itu, Yesus telah menjadi “sesuatu yg tidak terbatas”.

Kesimpulannya:

Allah / Tuhan itu adalah sesuatu yg tidak terbatas, dan Yesus saat inkarnasi menjadi manusia, adalah sesuatu “yg terbatas”. Nah, keterbatasan yg dimiliki dan dialami oleh Yesus disaat inkarnasi tsb, adalah BUKTI bahwa Ia tidak dapat disebutkan lagi “sbg Allah” yg tidak terbatas.


Jadi saudara ku, sekalipun Yesus itu memiliki Roh Allah disaat inkarnasi menjadi manusia, maka manusia Yesus itu tidak dapat disebutkan lagi “sbg Allah/Bapa” (sebab menurut Paulus, penyebutan Allah itu diperuntukkan utk menyebut Bapa), karena Ia telah menjadi manusia dan tidak dapat disebutkan lagi sbg Bapa/Allah, maka Ia disebutkan sbg “Anak”., dan Anak tersebut setelah kebangkitannya, disebut “sbg Tuhan dalam Kesetaraannya dgn Bapa yg tidak terbatas”.

Jbu
Ooo... sekarang saya duga, bahwa @Pencerah888 membangun trit ini karena ingin mengemukakan pendapat bahwa Yesus itu adalah Tuhan, bukan Allah.

Begitukah?

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
February 19, 2019, 09:11:33 AM
Reply #232
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
Pribadi-Nya lah, Nama-Nya, Sifat dan Karakter-Nya lah yang tidak berubah..


tapi kalau secara natur..
Allah Rela mengosongkan itu semua..
dengan menjadi Manusia, Yesus Tidak Mahahadir lagi..
dengan menjadi Manusia, Yesus Tidak Mahatahu lagi..



salam
TYM

Justru persoalan natur inilah yang tidak pernah berubah, bro.

Inkarnasi bukanlah 'perubahan' melainkan 'penambahan'.

Allah Putera yang berinkarnasi jadi manusia maksudnya adalah:  "Allah Putera mengenakan secara sempurna natur manusiawi."

natur manusiawi-nya ini tidak menambah ataupun mengurangi natur ilahiNya yang semula.

Ke-ilahian Allah Putera tidak berubah.

- mahakuasa ===> tetap mahakuasa
- mahatahu ===> tetap mahatahu
- mahaberada ==> tetap mahaberada.
- etc.

====

Lae mungkin akan bertanya:

q: Lantas, apa bedanya?

a: Dari sis natur ilahi, tidak ada bedanya sama sekali.


q: Jadi kenapa KS dikatakan: "mengosongkan"?

a: mengosongkan ke-ilahian maksudnya adalah: Pribadi yang berinkarnasi tsb, sebelumnya bukan merupakan subject dari apa yang bisa terjadi pada natur manusiawi; tapi setelah inkarnasi Pribadi tersebut menjadi subject terhadap hal-hal yang bisa menimpa manusia.
====

Jesus Took On A New Nature
By the incarnation we do not mean that God was turned into a human or that Jesus ceased to be God while he was a man.

The incarnation means that while remaining God, Jesus took upon a new nature - a human nature.

The incarnation was the uniting the divine and the human into one being, one person. Jesus Christ was fully God and fully human.
====

Karena yang menjadi dua adalah naturNya, sedangkan PersonNya tetap satu (Person yang itu itu jg), maka 'berkat' natur manusiawiNya, Yesus (Pribadi ke-2 dari Blessed Trinity) menjdi bisa mengalami:

- lapar, haus, sedih, menangis, mati, etc.

Dalam makna inilah kita bisa membenarkan bahwa:

- Allah menderita,
- Allah mati,
- Allah bertambah besar, bertambah kuat, bertambah hikmat,
- etc.

Quote from: Granits
Person is WHO we are,
Nature is WHAT we are,

Seturut naturku saya dapat bertindak dan merasakan, diluar itu tidak dapat. saya tidak dapat terbang sedangkan burung dapat.
Itu semua karena natur.

Natur-lah yang memungkinkan seseorang dapat atau tidak dapat melakukan atau merasakan sesuatu. Tetapi yang melakukannya sendiri bukan natur per se, melainkan SAYA, Person.

Dalam setiap aksi, natur dan person hadir.

Saya (person) lah yang  menulis/mengetik di FK ini, tetapi saya mempu menulis/mengetik itu adalah karena Natur saya.

===

Salam,
February 19, 2019, 09:19:12 AM
Reply #233
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
Ooo... sekarang saya duga, bahwa @Pencerah888 membangun trit ini karena ingin mengemukakan pendapat bahwa Yesus itu adalah Tuhan, bukan Allah.

Begitukah?

Salam damai.

Sepertinya demikian...

Dia hanya tak berani berterus terang.

Saya perhatikan Board "Forum Terbuka bagi NonKristen" ini menjadi ajang mengemukakan ajaran bidat. Dan bukan lagi : "Board khusus bagi member non-Kristen yang ingin menyampaikan kritikan atau pertanyaannya mengenai iman Kristen"

===

Salam,
February 19, 2019, 09:39:33 AM
Reply #234
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2782
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Jika yg saudara tanyakan “manusia Yesus Kristus yg dilahirkan oleh Maria”, maka Yesus itu baru ada sekitar 2.000 tahun lalu.

yang saya tanyakan adalah Pribadi Yesus Kristus..

disinilah letak perbedaan pemahaman kita saudara..
Saudara mengatakan bahwa Yesus Kristus sebagai seorang Pribadi baru ada sekitar 2000 Tahun yang lalu.

namun apa kata Firman Tuhan,, benarkah demikian.. ??
beginilah Firman Tuhan:
Yohanes 8:58. Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Bila saudara percaya kepada Firman Tuhan, saya mengajakmu untuk meninggalkan Paham yang salah itu, bahwa Yesus Kristus baru ada sekitar 2000 tahun yang lalu. Paham itu salah karena tidak sesuai dengan Firman Tuhan.

Tuhan Yesus adalah Tuhan Pencipta Alam Semesta ini, mulai dari Atom yang paling Kecil sampai Jutaan Galaksi beserta dengan segala Isi-Nya Tuhan Yesus-lah yang menciptakan-Nya..

Yohanes 1:3. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Kolose 1:15. Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

16. karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

17. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

perhatikan Kolose 1:17 tersebut diatas, Bahwa Tuhan Yesus sudah ada terlebih dahulu dari segala sesuatu, sebelum alam semesta ini ada, Tuhan Yesus sudah ada, Tuhan Yesus bukan tiba tiba ada 2000 tahun yang lalu.

Quote
Apa sih pengertian “pribadi” menurut anda, dan apakah sama pengertian “pribadi” itu dgn “hakikat/substansi”?

baiklah mari kita bahas, pengertian Pribadi dengan Substansi atau Hakekat..

Pribadi adalah: Orang, Person, Karakter,..

Substansi adalah Isi.

Hakekat adalah Kodrat.

apa hubungan pengertian diatas dengan Pribadi Yesus Kristus.. ??
inilah hubungannya, mari kita perhatikan..

Secara Substansi Allah adalah Roh. Firman Tuhan mencatat bahwa ada 3 Pribadi dalam ke-Allahan.
1. ROH KUDUS : Efesus 4
30. Dan janganlah kamu mendukakan ROH KUDUS Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

di dalam Firman Tuhan, hanya ROH KUDUS-lah yang paling sedikit catatan yang menunjuk kepada seorang Pribadi.. tapi ayat diatas sudah cukup kuat, Bahwa ROH KUDUS bukanlah sekedar kuasa aktif Allah. tapi ROH KUDUS adalah sebagai seorang Pribadi yang punya perasaan dan dapat berduka.

2. Allah Bapa :

1Yohanes 2:1. Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

Matius 3
17. lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

perhatikan Matius 3:17 tersebut,, Suara yang berseru dari Sorga itu adalah Suara Allah Bapa.

3. dan Terakhir adalah Pribadi Yesus Kristus sendiri.. Dialah yang menciptakan segala sesuatu.
saat ini Pekerjaan Yesus di sorga bukanlah sebagai Raja,, tetapi Sebagai Imam Besar kita, yaitu yang memperantarai kita kepada Bapa..
Silahkan baca Kitab Ibrani..

Ibrani 3:1. Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,

Ibrani 4:14. Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

jadi secara Substansi atau Isi, Allah Bapa, Anak, dan ROH KUDUS adalah sama dan setara..
namun seorang dari 3 Pribadai itu mengosongkan Substansi-Nya dan datang sebagai seorang Anak Manusia.


bila ada pertanyaan silahkan ditanyakan, agar kita diskusikan..
salam
TYM
« Last Edit: February 19, 2019, 09:51:24 AM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
February 19, 2019, 09:47:18 AM
Reply #235
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2782
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Justru persoalan natur inilah yang tidak pernah berubah, bro.

Inkarnasi bukanlah 'perubahan' melainkan 'penambahan'.



yupss..

disinilah letak pemahaman kita lae..

Inkarnasi bukanlah Penambahan.
Inkarnasi adalah Pengurangan atau Pengosongan..

Yang Mahakuasa tidak menjadi Mahakuasa.
Yang Mahahadir tidak menjadi Mahahadir.
Yang Mahatahu tidak menjadi Mahatahu.

Tuhan Allah Yang Mahakuasa,, betul betul mengosongkan segala Ke-Mahaan-Nya.. dan menjadi sama dengan Manusia.

itulah Pengertian Inkarnasi yang kuketahui dan kubaca dalam Firman Tuhan.


salam
TYM
« Last Edit: February 19, 2019, 09:54:36 AM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
February 19, 2019, 10:09:23 AM
Reply #236
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9625
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Btw .. pemahaman saya tentang Tritunggal Maha Kudus itu, BERBEDA dgn pemahaman anda, sekalipun Kita sama2 memahami Yesus itu adalah Tuhan Allah yg Kekal dan pencipta semesta alam dan isinya,

yup berbeda memang

yang penting kita sma2 mengakui Yesus adalah Tuhan Allah broh

karena itu sy undur diri dr diskusi ini
February 19, 2019, 10:29:51 AM
Reply #237
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
yupss..

disinilah letak pemahaman kita lae..

Inkarnasi bukanlah Penambahan.
Inkarnasi adalah Pengurangan atau Pengosongan..

Yang Mahakuasa tidak menjadi Mahakuasa.
Yang Mahahadir tidak menjadi Mahahadir.
Yang Mahatahu tidak menjadi Mahatahu.

Tuhan Allah Yang Mahakuasa,, betul betul mengosongkan segala Ke-Mahaan-Nya.. dan menjadi sama dengan Manusia.

itulah Pengertian Inkarnasi yang kuketahui dan kubaca dalam Firman Tuhan.


salam
TYM

Lalu bagaimana Bro mejelaskan kolose 2:9???


Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,
For in him dwelleth all the fulness of the Godhead bodily

====

Kolose 2:9 itu juga adalah Firman Tuhan. Diinspirasi ke Orang yang sama dengan Orang yang menulis Filippi 2:6, yi: St. Paulus.

====

Salam,
February 19, 2019, 11:58:52 AM
Reply #238
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2782
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Lalu bagaimana Bro mejelaskan kolose 2:9???


Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,
For in him dwelleth all the fulness of the Godhead bodily

====

Kolose 2:9 itu juga adalah Firman Tuhan. Diinspirasi ke Orang yang sama dengan Orang yang menulis Filippi 2:6, yi: St. Paulus.

====

Salam,


Puji Tuhan,, ayat yang sangat Indah..

ayat yang luar biasa..
artinya adalah: Yesus Kristus adalah Sesungguhnya adalah Betul Betul Allah. Dia-lah Allah itu sendiri yang datang ke dunia ini. Secara Pribadi Dia datang ke dunia.
Tidur Bersama manusia,, Makan Bersama Manusia, Minum Bersama Manusia, Bekerja Bersama Manusia, Bersahabat dengan Manusia..
Namun Sesungguh-nya Dia adalah Betul Betul Allah itu sendiri, sepenuh-Nya Allah, Pribadi Allah itu sendiri...
Allah yang sama, Pribadi yang Sama.. Yang Menciptakan Alam Semesta, Namun makan bersama sama dengan para Pemungut cukai, pelacur dan orang berdosa.


itulah arti ayat itu saudaraku..
untuk lebih lengkapnya,,, mudah mudahan referensi berikut ini bisa membantu;
http://www.centrowhite.org.br/files/ebooks/egw-english/books/SDA%20Bible%20Commentary,%20vol.%207%20(EGW).pdf Bible Comentary Hal. 18

manusia dapat mengenal Allah melalui Yesus Kristus.

salam
TYM
« Last Edit: February 19, 2019, 12:07:25 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
February 19, 2019, 12:16:08 PM
Reply #239
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2477
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Sekedar berpendapat.
...Menurut pendapatku, membicarakan ketuhanan Yesus Kristus, jika hanya berdasar satu ayat,
tidak akan dapat menaggambarkan ketuhanan Yesus Kristus dengan lengkap. ...

Ditambah lagi beda-beda sudut pandang, maka tiap orang dengan keterbatasannya akan memiliki pandangan yg unik, yg tidak persis sama dengan pandangan orang lain, meskipun mereka menganut doktrin yang sama. ...
Yes! Mustahil percis!
Kurasa semua kita hrs paham hal itu
Jangankan memandang suatu doktrin
Memandang satu kata pun pasti beda2

Dlm doktrin ada ribuan kata ...
Pandanglah satu "kata" yg kutulis di sini:

Ya, Bro, kita ini bukan robot.
Masing2 punya tafsir yg ber-beda2
Sebab setiap kata selalu ada gambarnya

Katakanlah “cangkir”, maka gbr cangkir ada di kepala
Andai diprint-out ternyata sama semua, kita adalah robot
Katakan “ibu”, maka tentu gbr itu semakin beragam dan aktif

Dgn itu kita terpaksa percaya, bw
Dlm seribu kepla ada seribu gbr “cangkir”
Demikian dlm seribu pikir ada seribu tafsir

Itu sebab Allah mengacaukan bahasa Babel
Agar manusia mengembangkan dirinya
Mengunakan kuasa yg diberikan-Nya
Sendiri-sendiri bersama-Nya

Jadi betul ...
“biarin aja lah masing-masing jalan masing-masing..
dan engga harus diseragamkan...”
Begitulah "Logos" yg di-text-kan
Bagaimana itu menjadikan "Rhema"
Menjadi hidup terinspirasi dr Logos?

Apakah satu sama dgn tak terhingga?
Adakah batu yg tak terangkat-Nya?
Bolehkah ada yg tidak ada?

Dst putar2 suka kita
Dan sia-sia jadinya
Bukan itu misi-Nya

Salam Damai!
« Last Edit: February 19, 2019, 04:00:36 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)