Author Topic: Siapakah Bapa itu ??  (Read 867 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 09, 2018, 10:03:19 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Allah Tritunggal ada 3 pribadi bukan menurut Unitarian atau Jesus Only yang berbau Sabelianisme !
Emang nanti di surga, anda ketemu siapa ??

Jbu
December 09, 2018, 11:21:32 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2887
Emang nanti di surga, anda ketemu siapa ??

Jbu

Ketemu dengan Allah dong !
December 09, 2018, 07:49:49 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10802
Ketemu dengan Allah dong !

MEMBUAL LAGIIII...
hahaha....

Coba Buktikan dong bahwa kamu BENAR-BENAR SUDAH diselamatkan, BUKAN CUMA SOK MERASA SOK SELAMAT...

pembohong itu dosa lho....
wwkwkwkw
December 10, 2018, 02:32:20 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1117
Tepat, Satu Roh Allah yg Esa (ROH KUDUS), memiliki 3 kehadiran atau 3 penampilan atau 3 pekerjaan yg BERBEDA, .. dalam bahasa Latin, persona itu artinya: TOPENG (arti baku), atau dgn kata lain Persona itu: Penampilan yg berbeda.

Sehingga makna “una substantia tress personae, dalam arti baku dapat diterjemahkan sbb: Satu Roh Allah (substantia), dengan 3 topeng atau 3 penampilan yg berbeda.

Jbu..
Di Gereja Timur, ketiadaan diksi/kata yg tepat untuk mendeskripsikan 'person' (yg kita kenal sekarang) akhirnya menggunakan kata  prosopon [= topeng yg digunakan aktor dalam suatu lakon sesuai karakter yg dilakonkan] dan dimaknai demikian apa adanya oleh Sabellius, sehingga mucul heresy Sabellianism/modalism.

Walaupun arti harafiahnya topeng, namu makna yg dimaksudkan ketika memilih kata itu sebenarnya bukanlah topeng melainkan dalam makna subsistence .
====

Salam,

Nb.

Dari Merriam-webster

Definition of subsistence

1a(1) : real being : existence

(2) : the condition of remaining in existence : continuation, persistence

b : an essential characteristic quality of something that exists

c : the character possessed by whatever is logically conceivable

2 : means of subsisting: such as

a : the minimum (as of food and shelter) necessary to support life

b : a source or means of obtaining the necessities of life

December 11, 2018, 07:33:26 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12358
  • tidak menyimpan kepahitan
Sekali lagi, ulasan ini bukan ditujukan untuk membawa perdebatan baru, tentang doktrin2 gereja yg telah di imani berbagai denom saat ini, tetapi ulasan ini adalah untuk menjawab pertanyaan2 yg ada dalam hati saudara ku “sixcbn”, semoga dapat membantu.

Nah, jika saudaraku sixcbn telah dapat memahami, bahwa Sang Firman itu bernama YHVH dan YHVH ini juga yg menjadi manusia dan diberi nama “seperti nama manusia pada saat itu”, yaitu : Yesus (Yeshua), dan Sdr sixcbn telah memahami juga, bahwa Firman tersebut “bukan ciptaan Allah”, maka sekarang.. kita sampai pada pertanyaan .. Siapakah Bapa itu ??

Firman Tuhan itu sangat unik, sebagai mana benang merah antara YHVH dengan Yesus, hanya terdapat 1 ayat saja dalam Alkitab, demikian juga, benang merah tentang “BAPA” ini, cuma ada 2 ayat dalam Alkitab dan jika digabung menjadi “3 benang merah yg membuat banyak manusia terjatuh”.

Yesaya 63:16 .. bukankah Engkau Bapa kami?.....ya Yehova, “Engkau sendiri” Bapa kami..

Kemudian pada ayat yg ke 2, Yesaya 64:8..tetapi sekarang ya Yehova, Engkaulah Bapa kami..

Nah, ternyata Yehova yg merupakan Sang Firman itulah “BAPA” dan tidak ada yg lain, seperti yg tertulis dalam Yesaya 63:16, pada penekanan perkataan “Engkau Sendiri”, artinya.. Yehova satu2 nya Bapa kita.

Jadi, untuk saudara sixcbn.. Bapa kita itu adalah Yehova dan tidak ada yg lain.

JBU..
Jika sekiranya benar bahwa Yehowa adalah Bapa; Mengapa Yesus ketika berbicara dengan orang2 Farisi dan orang2 Yahudi, Yesus mengatakan bahwa mereka (orang-orang Farisi/Yahudi) tidak mengenal baik Bapa maupun Anak?

Padahal jelas-jelas mereka mengatakan: "Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah." (Yoh.8:41)

Dari kasus di atas, seharusnya sdr. boleh merenungkan kembali apa yang sebenarnya terjadi pada pemahaman mereka tentang apa yang diberitakan Yesus kepada mereka (yaitu tentang Bapa-Nya dan tentang Diri-Nya sebagai Anak).

Lebih jelas/tegas lagi Yesus mengatakan bahwa tidak ada seorangpun yg pernah mendengar suara Bapa atau melihat rupa Bapa. Artinya, apa yg diberitakan Yesus tentang Bapa-Nya adalah sesuatu yang diluar akal dan pengetahuan manusia.

Yoh. 5:37   Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat,
December 13, 2018, 07:09:39 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Di Gereja Timur, ketiadaan diksi/kata yg tepat untuk mendeskripsikan 'person' (yg kita kenal sekarang) akhirnya menggunakan kata  prosopon [= topeng yg digunakan aktor dalam suatu lakon sesuai karakter yg dilakonkan] dan dimaknai demikian apa adanya oleh Sabellius, sehingga mucul heresy Sabellianism/modalism.

Walaupun arti harafiahnya topeng, namu makna yg dimaksudkan ketika memilih kata itu sebenarnya bukanlah topeng melainkan dalam makna subsistence .
====

Salam,

Nb.

Dari Merriam-webster

Definition of subsistence

1a(1) : real being : existence

(2) : the condition of remaining in existence : continuation, persistence

b : an essential characteristic quality of something that exists

c : the character possessed by whatever is logically conceivable

2 : means of subsisting: such as

a : the minimum (as of food and shelter) necessary to support life

b : a source or means of obtaining the necessities of life
Hahaha .. bahasa Latin itu bukan bahasa Inggris, bahasa Latin yah bahasa Latin. Arti baku persona itu adalah topeng atau penampilan atau tampil sebagai.. dalam ilmu hukum dijelaskan, persona itu adalah dua individu yg berbeda mengambil “PERAN” yg sama atau satu individu mengambil “PERAN” yg berbeda. Jadi, Persona itu adalah: Peran, karakter, penampilan, dll.

Jadi, tress personae itu artinya: 3 peran atau 3 karakter atau 3 sifat atau 3 penampilan atau 3 topeng.

Nah .. peletak dasar Doktrin Ajaran Tritunggal itu, adalah seorang ahli hukum, karena ia seorang ahli hukum, maka pastilah definisi “personae” itu, sama artinya dalam pemahaman hukum.

Hahaha .. Jbu
December 13, 2018, 07:10:57 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Ketemu dengan Allah dong !
Emang anda bisa lihat Allah ??? Hahaha ..

Jbu..
December 13, 2018, 02:17:48 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Jika sekiranya benar bahwa Yehowa adalah Bapa; Mengapa Yesus ketika berbicara dengan orang2 Farisi dan orang2 Yahudi, Yesus mengatakan bahwa mereka (orang-orang Farisi/Yahudi) tidak mengenal baik Bapa maupun Anak?

Padahal jelas-jelas mereka mengatakan: "Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah." (Yoh.8:41)

Dari kasus di atas, seharusnya sdr. boleh merenungkan kembali apa yang sebenarnya terjadi pada pemahaman mereka tentang apa yang diberitakan Yesus kepada mereka (yaitu tentang Bapa-Nya dan tentang Diri-Nya sebagai Anak).

Lebih jelas/tegas lagi Yesus mengatakan bahwa tidak ada seorangpun yg pernah mendengar suara Bapa atau melihat rupa Bapa. Artinya, apa yg diberitakan Yesus tentang Bapa-Nya adalah sesuatu yang diluar akal dan pengetahuan manusia.

Yoh. 5:37   Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat,
Terus.. maksutnya apa yah ? Saya kurang paham..

Jbu
December 13, 2018, 02:34:15 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
Nama Bapa : YHVH
Nama Anak : Yesus
Nama ROH KUDUS : YHVH
kalo menurut versi 888, sebelon bumi jadi (SBJ) Anak eksis ato kagak ?

Quote
Dan jika ke 3 nama itu disatukan, maka Nama Bapa, Anak dan ROH KUDUS: Yesus Kristus.

Apakah maksud 888 kayak gini ? :
Nama [Bapa + Anak + RK] adalah Yesus Kristus ?

Kalo maksud 888 kayak ungu,
saya gak ngerti karena sepanjang pengetahuan saya, kosakata [Kristus] itu mempunyai makna spesifik, yakni [yang diurapi]. Konsisten dgn makna ini, jadinya terasa janggal ketika : Nama [Bapa + Anak + RK] adalah Yesus yang diurapi.



Belon lagi kalo ingin diketahui lebih jauh terkait [Kristus / yang di urapi], jadinya bisa timbul pertanyaan :
kapan itu event pengurapannya ?
« Last Edit: December 13, 2018, 02:39:08 PM by odading »
December 13, 2018, 02:39:44 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12358
  • tidak menyimpan kepahitan
Terus.. maksutnya apa yah ? Saya kurang paham..

Jbu
Maksudnya adalah bahwa antara Yehova (TUHAN) dengan Allah (Bapa) itu berbeda sekalipun Yehova (TUHAN) itu Kuasa Allah (Bapa); Sebab Yesus Kristus menjelaskannya sbb:

Yoh. 5:26   Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.

Paham gak?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)