Author Topic: Hukum Perceraian .. (tinjauan kasus BTP)  (Read 2357 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 05, 2019, 10:20:30 PM
Reply #80
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Komentar penulis wiki thdp Amoris Laetitia Paus Francis

Quote
Chapter 8 focuses on the pastoral care of church members who have been divorced and entered into new unions, or are affected by these "irregular unions" in some way.

Rather than "provide a new set of canonical rules, canonical in nature and applicable to all cases," Chapter 8 encourages "a responsible personal and pastoral discernment of particular cases, one which would recognize that, since 'the degree of responsibility is not equal in all cases', the consequences or effects of a rule need not necessarily always be the same." (paragraph 300)

oda:
ungu =  :afro: :afro: :afro:

Quote
Pope Francis continues, "The Church possesses a solid body of reflection concerning mitigating factors and situations. Hence it can no longer simply be said that all those in any 'irregular' situation are living in a state of mortal sin and are deprived of sanctifying grace. More is involved here than mere ignorance of the rule. A subject may know full well the rule, yet have great difficulty in understanding 'its inherent values', or be in a concrete situation which does not allow him or her to act differently and decide otherwise without further sin." (paragraph 301)

oda:
oranye = kacamata kuda
ungu =  :afro: :afro: :afro:

Quote
Following an exhortation to help guide the conscience of persons living in irregular situations (paragraph 303), Pope Francis observes, "Because of forms of conditioning and mitigating factors, it is possible that in an objective situation of sin – which may not be subjectively culpable, or fully such – a person can be living in God’s grace, can love and can also grow in the life of grace and charity, while receiving the Church’s help to this end." (paragraph 305) In a footnote, Pope Francis states, "In certain cases, this can include the help of the sacraments. Hence, 'I want to remind priests that the confessional must not be a torture chamber, but rather an encounter with the Lord’s mercy' (Evangelii gaudium, 44). I would also point out that the Eucharist 'is not a prize for the perfect, but a powerful medicine and nourishment for the weak'" (Footnote 351).

oda:
ungu =  :afro: :afro: :afro:

Quote
Pope Francis then reminds his audience, "In order to avoid all misunderstanding, I would point out that in no way must the Church desist from proposing the full ideal of marriage, God’s plan in all its grandeur: 'Young people who are baptized should be encouraged to understand that the sacrament of marriage can enrich their prospects of love and that they can be sustained by the grace of Christ in the sacrament and by the possibility of participating fully in the life of the Church'". (paragraph 307)
oda:
Yet, ternyata ada aja yang tetep misunderstanding.

sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Amoris_laetitia
« Last Edit: March 05, 2019, 10:23:16 PM by odading »
March 05, 2019, 10:54:25 PM
Reply #81
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Kata Got Questions :
In the New Testament, the two Greek words translated “adultery” are nearly always used, from their contexts, to refer literally to sexual sin involving married partners. The only exception is in the letter to the church of Thyatira which was condemned for tolerating the “woman Jezebel who calls herself a prophetess” (Revelation 2:20). This woman drew the church into immorality and idolatrous practices and anyone seduced by her false doctrines was considered to have committed adultery with her.
Dan juga Kata Got Questions :
It is our view that there are certain instances in which divorce and remarriage are permitted without the remarriage being considered adultery https://www.gotquestions.org/remarriage-adultery.html

Sayangnya, kalimat2 yg seperti ungu itu sering aja jadinya buru2 di respond :
Oh.... jadi maksudnya elu bilang [a person under such circumstances should remarry], gitu ?




March 06, 2019, 02:37:51 AM
Reply #82
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You
Menurut orang Kristen :
sekali seseorang dicintai oleh Allah
(bisa juga kalimatnya menjadi : sekali dipilih Allah SBJ ... atopun "dinikahi" Allah)
maka sampai kapanpun orang ini tidak akan Allah ceraikan.

So,
mao orang ini berzinah berkali kali
Allah tidak akan menceraikan orang ini.

OSAS, wilef.
Waduh2 kok pada offside nih..

Belum kawin lho.. harap diteliti ulang..

Gereja Tuhan adalah mempelai Kristus yg sedang menyongsong perjamuan kawin.

Matius 22:2 (TB)
"Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya.


Jadi yg tidak setia/jinah ya tidak masuk kedalam perjamuan kawin.

Perbandingan dan penandaan pernikahan dikenakan pada Kristus dan lembaga jemaat yang dikenal sebagai gereja.

Mereka adalah yang mempercayai Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan mereka menerima kehidupan kekal.

Di dalam Perjanjian Baru, Kristus, Sang Pengantin Pria, telah dalam pengorbanan dan kasih memilih gereja menjadi mempelai perempuanNya (Efesus 5:25-27).

Sama halnya ada waktu tunangan di dalam waktu Alkitab dituliskan dimana kedua mempelai dipisahkan sampai pernikahan,

demikian juga pengantin perempuan Kristus dipisahkan dari Pengantin Prianya di zaman gerejawi.

Tanggung jawabnya di kala masa tunangan ialah berlaku setia kepadaNya (2 Korintus 11:2; Efesus 5:24).

Pada Kedatangan Kristus Kedua, gereja akan dipersatukan dengan Pengantinnya, "pesta pernikahan" resmi akan berlangsung, dan bersamanya, persatuan kekal antara Kristus dan PengantinNya akan digenapi (Wahyu 19:7-9;21:1-2).

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
March 06, 2019, 03:17:47 AM
Reply #83
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You
jangan lupa bro hen,
ahirnya Allah akan menceraikan umatnya yg berzinah, dan perceraian tsbt  akan selama2nya
Saya setuju dgn pemikiran anda yg alkitabiah ini. :afro:

Gereja Tuhan/orang percaya sebagai mempelai Kristus statusnya adalah sebagai tunangan.

jadi belum berstatus istri /kawin sah.

kawin sah-nya nanti pada saat kedatanganNya yg kedua kali.

jadi bila tidak setia/jinah/melacur ya jelas pertunangan yg seharusnya menuju kedalam perkawinan itu akan batal/cerai.

ini bila mau berprinsip yg alkitabiah.

bukan sok bilang prinsip2an padahal ngegeser kyk si @henhen  :D

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
March 06, 2019, 10:00:41 AM
Reply #84
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9611
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Yesus sendiri mengampuni perempuan yang berzinah, hen.
Begimana pula itu ajarannya Dia masukin ke sikon thdp Law "zinah, hukum mati" ?

karena Yesus bawa semangat perjanjian baru coy
lihatlah Yesus itu dalam beberapa ayat jelas2 mengubah hukum yang ada saat itu

kalo diperjanjian lama, jelas tertulis :

Imamat 20
10. Bila seorang laki-laki berzinah dengan isteri orang lain, yakni berzinah dengan isteri sesamanya manusia, pastilah keduanya dihukum mati, baik laki-laki maupun perempuan yang berzinah itu.

mereka yang mendengar perkataan Yesus kala itu ngerti, karena itu hukum mereka sendiri kok
kita aja yang mendengar perkataan Yesus lalu mengkaitkannya dengan zinah masa kini

----

untuk kebenaran gereja harus saklek memberitakannya
kita ini harus menuju kepada kesempurnaan Kristus

perkara nanti ada yang keras hati melakukannya juga, gereja harus bisa mengayomi mereka

karena memang gereja itu tempatnya orang berdosa kok

so kamu yang gak tahu apa2 ga usah sok2 bentur2kan dengan Paus Francis
pemikiran saya dan dia sejalan
sampai saat ini dia belum merubah ketetapan gereja Katolik bahwa cerai itu dilarang sama sekali

please deh
« Last Edit: March 06, 2019, 10:11:58 AM by HenHen »
March 06, 2019, 10:58:42 AM
Reply #85
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Ini sebenarnya lagi bahas apa nih ?

Apakah kini menuju ke Perzinahan Rohani ?
Toh BTP kan tak berpindah agama kan atau melupakan Tuhan kan ?

3:8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.

20:30 Oleh sebab itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah Firman Tuhan ALLAH: Apakah kamu menajiskan dirimu juga dengan cara hidup nenek moyangmu dan berzinah dengan mengikuti dewa-dewanya yang menjijikkan?

Salam Damai
Hidup hanya sementara.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)