Author Topic: Allah dan Firman  (Read 3496 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 18, 2018, 03:43:04 PM
Reply #30
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
Allah sosok sendiri dan Firman Allah sosok sendiri pula.
Firman Allah disebut Anak dan Allah disebut Bapa.

Yoh. 5:26   Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.

Dan oleh sebab itu dikatakan oleh Kitab Suci bahwa TUHAN itu Esa.
"Aku dan Bapa adalah satu"

Paham bro?
Nah, supaya saya tidak keliru menanggapi pemahaman anda, berarti menurut anda, bapa dan anak, adalah benar2 dua sosok yg terpisah ??

Contoh: kalau Bapa adalah Amir, maka Anak adalah Agus.. apakah kira2 demikian sosok yg benar2 terpisah tersebut ??

Jbu..
December 18, 2018, 03:50:25 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2359
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist

seorang penulis yang kupercaya diilhami oleh ROH KUDUS menulis di dalam Buku-Nya..
Ia (Yesus Kristus ketika masih Kecil) yang telah menciptakan segala sesuatu itu mempelajari pelajaran-pelajaran yang telah ditulis oleh tangan-Nya sendiri di bumi, laut dan langit.


https://m.egwwritings.org/id/book/13842.240?hl=belajar+dari+ciptaan&ss=eyJ0b3RhbCI6NCwicGFyYW1zIjp7InF1ZXJ5IjoiYmVsYWphciBkYXJpIGNpcHRhYW4iLCJ0eXBlIjoiYmFzaWMiLCJsYW5nIjoiaWQiLCJsaW1pdCI6MjB9LCJpbmRleCI6M30%3D#252


salam
TYM



emejing,, ajaib.. melampaui Imajinasi manusia...

Pencipta belajar dari Ciptaan-Nya sendiri

Yesus Kecil mempelajari Sabda Allah di dalam alam Ciptaan-Nya, pelajaran pelajaran Rohani dari Kelopak Bunga, desiran ombak, hembusan angin, sinar matahari, Kicauan burung, binatang binatang kecil...

Yesus Kecil mempelajari Firman Allah dari Ciptaan-Nya.
Pencipta itu Belajar sama seperti kita, dari benda benda ciptaan-Nya.


salam
 :) :)
TYM
« Last Edit: December 18, 2018, 04:00:26 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
December 18, 2018, 04:05:18 PM
Reply #32
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
:afro: :afro:
Sepaham.

Tuhan yang menyatakan diri kepada manusia di mulai semenjak dunia ini dijadikan, adalah Yesus Kristus, bukan Allah Bapa.

Yohanes 1:18. Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

1 Timotius 6:16. Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.


dengan ke dua ayat diatas. aku dapat pelajaran.. kalau begitu siapakah Sosok Allah yang semenjak dahulu kala menampakkan diri kepada Manusia ? baik melalui Suara, Lambang dan Wujud.. ?
kesimpulan sementara yang kudapat adalah: Sosok Tersebut adalah Yesus Kristus.

dimulai dari:
Kejadian 1:1, pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.. Allah yang menciptakan langit dan bumi pada Kejadian 1:1 itu adalah Yesus Kristus.

Kolose 1:3. Kami selalu mengucap syukur kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, setiap kali kami berdoa untuk kamu,

Kolose 1:16. karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Jadi Tuhan Yesus lah yang menciptakan Dunia Ini. tangan-Nyalah yang membentuk Dunia ini, segala isinya, tangan Yesus-lah yang membentangkan langit, yang membentuk manusia serupa dengan gambar-Nya.

2. Tuhan Yesus pula yang menunjukkan Wujud-Nya dalam rupa Malaikat kepada beberapa Tokoh di dalam Alkitab.

3. Tuhan Yesus pula yang memberi 10 Hukum kepada Musa, tangan-Nya lah yang menuliskan 10 Hukum Allah di dalam 2 Loh batu. Keluaran 34:1. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pahatlah dua loh batu sama dengan yang mula-mula, maka Aku akan menulis pada loh itu segala firman yang ada pada loh yang mula-mula, yang telah kaupecahkan.

dengan kata lain Pencipta itu sendirilah Sang Firman. yang datang kepada ciptaan-Nya...
Dia menjadi Manusia, dan Sama dengan kita.. sama sama belajar,

seorang penulis yang kupercaya diilhami oleh ROH KUDUS menulis di dalam Buku-Nya..
Ia (Yesus Kristus ketika masih Kecil) yang telah menciptakan segala sesuatu itu mempelajari pelajaran-pelajaran yang telah ditulis oleh tangan-Nya sendiri di bumi, laut dan langit. Terpisah dari jalan-jalan dunia ini yang cemar, Ia mengumpulkan himpunan ilmu pengetahuan dari alam kejadian. Ia mempelajari hidup tumbuh-tumbuhan, binatang, dan hidup manusia. Sejak kecil-Nya Ia digenggam oleh satu maksud; Ia hidup untuk mendatangkan berkat kepada orang-orang lain. Untuk mak-sud ini Ia mendapat sumber dalam alam kejadian; pendapat-pendapat baru tentang berbagai cara dan ikhtiar terkilas dalam pikiran-Nya sementara Ia mempelajari hidup tumbuh-tumbuhan dan hidup binatang-binatang. https://m.egwwritings.org/id/book/13842.240?hl=belajar+dari+ciptaan&ss=eyJ0b3RhbCI6NCwicGFyYW1zIjp7InF1ZXJ5IjoiYmVsYWphciBkYXJpIGNpcHRhYW4iLCJ0eXBlIjoiYmFzaWMiLCJsYW5nIjoiaWQiLCJsaW1pdCI6MjB9LCJpbmRleCI6M30%3D#252


salam
TYM
Bagaimana anda menjelaskan ayat2 ini:
(1).  1 Tim 1:17 ..Allah yg kekal “yang tak nampak”. ==> jika sosok anak benar2 terpisah dari bapa, bagaimana anak bisa tahu bapa, karena Allah (atau bapa yg dimaksut), TIDAK KELIHATAN.
(2). 1 Kor 2:11 .. “tidak ada orang yg tahu”, apa yg terdapat didalam diri Allah, “Selain Roh Allah sendiri”.==> bagaimana Anak bisa tahu Bapa, kalau sosok anak benar2 terpisah dari bapak, karena ayat tsb sangat jelas mengatakan, bahwa Hanya Roh Allah/Bapa yg tahu apa yg ada pada Bapa.
(3). Jika sosok anak terpisah dari bapa, maka timbul pertanyaan besar:
(A). Apakah Anak menciptakan bapa.
(B). Apakah bapa menciptakan anak.
(C). Siapakah yg dahulu ada.. bapa atau anak atau mereka bersamaan “adanya”.

Jbu..
December 18, 2018, 04:39:17 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12485
    • fossil coral cantik
Saya sedang berbicara kasih antara oknum Allah Tritunggal didalam kekekalan sebelum ciptaan yang masing masing oknum setara bukan antara Allah dengan manusia atau sebaliknya.
Kalimatmu berantakan !

Quote
A. Firman itu adalah Allah yang kekal jadi sebelum ada waktu Firman sudah ada
B. karena Alkitab mengatakan Allah adalah kasih

C. dan tidak mungkin ada kasih tanpa obyek yang dikasihi
D. YAITU saling mengasihi didalam ketritunggalan Allah.

Saling mengasihi = verb.
Obyek yang dikasihi = Noun ! ---> "dan tidak mungkin ada kasih tanpa obyek yang dikasihi YAITU AnakNya yang Tunggal itu".

Barulah bisa masuk kalimat selanjutnya :
Kedua pribadi tersebut saling mengasihi

Bener2 parah sudah kerasukan iblis-nya kamu, jamu  :D

Baca berulang-ulang tulisan isac ini :
Quote
Lu lihat yang warna warni, ada berapa anak kalimat? Absurd banget. Terus yang biru (yaitu saling mengasihi didalam ketritunggalan Allah.) lu sebut objek? pfffft

« Last Edit: December 18, 2018, 04:43:01 PM by odading »
December 18, 2018, 05:03:15 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2359
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Bagaimana anda menjelaskan ayat2 ini:
(1).  1 Tim 1:17 ..Allah yg kekal “yang tak nampak”. ==> jika sosok anak benar2 terpisah dari bapa, bagaimana anak bisa tahu bapa, karena Allah (atau bapa yg dimaksut), TIDAK KELIHATAN.

dengan memiliki pemahaman yang benar akan 3 Pribadi dari ke-Allahan.
maka kita akan mengerti dan mengetahui Jawaban-Nya..
yang tidak tampak adalah Allah Bapa dan ROH KUDUS.
yang tampak adalah Yesus Kristus.

Quote
(2). 1 Kor 2:11 .. “tidak ada orang yg tahu”, apa yg terdapat didalam diri Allah, “Selain Roh Allah sendiri”.==> bagaimana Anak bisa tahu Bapa, kalau sosok anak benar2 terpisah dari bapak, karena ayat tsb sangat jelas mengatakan, bahwa Hanya Roh Allah/Bapa yg tahu apa yg ada pada Bapa.

jawabannya sesederhana kata kata pada ayat diatas:
yaitu Yesus dapat mengenal Bapa melalui Roh Allah.  :)

Quote
(A). Apakah Anak menciptakan bapa.
Tidak.

Quote
(B). Apakah bapa menciptakan anak.
Tidak.

Quote
(C). Siapakah yg dahulu ada.. bapa atau anak atau mereka bersamaan “adanya”.
Allah adalah Pencipta, bukan yang diciptakan..
permulaan-Nya sudah semenjak Jaman Purbakala, Purbakala yang tak berujung, atau dari Kekal.. Allah sudah ada.

salam
JLU
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
December 18, 2018, 05:09:46 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12485
    • fossil coral cantik
Ia (Yesus Kristus ketika masih Kecil) yang telah menciptakan segala sesuatu itu
sima, kalimat diatas nggak masuk di pov versi saya  :D.

Ungu ngerujuk ke Incarnated Logos, BUKAN ke The Logos.
Incarnated Logos, bergender (beralat kelamin) ---> exist didalam waktu
The Logos tidak-bergender (tidak beralat kelamin) ---> exist eternally.

Ngotot bahwa ungu yang telah menciptakan segala sesuatu, maka ungu exist eternally.

Di pov saya, yang exist eternally (from "eterinity past" to "eternity future") adalah The Logos (tidak bergender), BUKAN Incarnated Logos (bergender). Oleh karena itu versi saya berupa :
The Logos yang telah menciptakan segala sesuatu, BUKAN Incarnated Logos.

December 18, 2018, 05:47:46 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2359
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
sima, kalimat diatas nggak masuk di pov versi saya  :D.

Ungu ngerujuk ke Incarnated Logos, BUKAN ke The Logos.
Incarnated Logos, bergender (beralat kelamin) ---> exist didalam waktu
The Logos tidak-bergender (tidak beralat kelamin) ---> exist eternally.

Ngotot bahwa ungu yang telah menciptakan segala sesuatu, maka ungu exist eternally.

Di pov saya, yang exist eternally (from "eterinity past" to "eternity future") adalah The Logos (tidak bergender), BUKAN Incarnated Logos (bergender). Oleh karena itu versi saya berupa :
The Logos yang telah menciptakan segala sesuatu, BUKAN Incarnated Logos.

 :) :) :)

Ibarat seperti Ini:

Allah (Pencipta) tidak diketahui Gender, tapi Allkitab menyebut sebagai bersifat ke Bapa-an

Malaikat (tidak diketahui Gender)

Manusia

Binatang

Serangga

Firman Tuhan berkata:
Ibrani 2:7. Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,

ayat diatas menyebut. Allah turun 2 tingkat dibawah Malaikat dan menjadi sama dengan Manusia.
Oknum atau Pribadi Allah telah turun 2 tingkat dan menjadi sama dengan Manusia.
Allah yang turun dua tingkat tersebut tidak berubah. Dia tetap adalah Pribadi yang sama di dalam Wujud yang berbeda.

Ibarat manusia Turun 2 tingkat, di bawah binatang dan menjadi sama seperti serangga. Namun tetap bertingkah laku dan bertindak seperti manusia...


terlalu besar untuk dapat dipahami oleh Pikiran kita, pengorbanan yang dilakukan oleh Tuhan kepada manusia..


 :)
salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
December 18, 2018, 06:05:15 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12322
  • tidak menyimpan kepahitan
Nah, supaya saya tidak keliru menanggapi pemahaman anda, berarti menurut anda, bapa dan anak, adalah benar2 dua sosok yg terpisah ??

Contoh: kalau Bapa adalah Amir, maka Anak adalah Agus.. apakah kira2 demikian sosok yg benar2 terpisah tersebut ??

Jbu..
"Keterpisahan" antara Anak dengan Bapa itu adalah sama seperti perbedaan dua sisi mata uang, dimana masing-masing sisinya mempunyai gambar sendiri tetapi dengan nilai yang sama.

Paham gak?
December 18, 2018, 11:53:43 PM
Reply #38
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Ya betul.

Tapi yang Isac maksudkan BUKAN yang perihal itu, jamu.
Kalimatmu yang BERANTAKAN itulah yang isac maksudkan  :cheesy:.

secara tata-bahasa:
A = correct
B = correct
C = correct
D = NOT correct.

Kamu HARUS tau bahwa [D = not correct].
D yang correct adalah (misal) : yaitu kita kita para manusia.

So, kita kita para manusia adalah obyek yang dikasihi Allah.

Atuh jangan malu2in donk.
Sekali lagi, yang isac koreksi BUKAN yang C but yang D .....
jadi jangan dirimu tereak2nya terus2an mengenai yg C.

Mengerikan.
Either dirimu gak nangkep pengkoreksian dari isac .... OR dirimu nangkep namun dengan sengaja dirimu ber-argumen seolah olah yang isac koreksi itu yang C.... OR dirimu gak tamat sekolah ... OR dirimu udah kerasukan iblis.... OR dll.  Bisa banyak kemungkinannya ...  :D

Terima kasih sudah bantu menjelaskan kepada saudara jamu terkasih. Tapi tampaknya ia belum mengerti dan memang sulit mengerti. Yang sabar sabar aja kalau ngajarin dia
December 19, 2018, 01:09:03 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12485
    • fossil coral cantik
:) :) :)

Ibarat seperti Ini:

Allah (Pencipta) tidak diketahui Gender, tapi Allkitab menyebut sebagai bersifat ke Bapa-an
Ya... bold itu (sepanjang yg saya ketahui) Anthropomorphic, sima.

Quote
Allah turun 2 tingkat dibawah Malaikat dan menjadi sama dengan Manusia.
Oknum atau Pribadi Allah telah turun 2 tingkat dan menjadi sama dengan Manusia.
Saya lupa di thread mana... anyway itulah maksud saya mengajukan ke sima yg berupa : [pak Raden sedang ada di Bogor, dengan demikian pak Raden tidak ada di Jakarta]

Quote
Allah yang turun dua tingkat tersebut tidak berubah.
versi saya :
The Logos tidak sama dengan Incarnated Logos.
The Logos tidak mengalami progress.
Incarnated Logos mengalami progress ---> Incarnated Logos grew in wisdom and stature

Quote
Dia tetap adalah Pribadi yang sama di dalam Wujud yang berbeda.
yg manakah yg maksud sima pada yang sbb ini ?

A. The Logos TIDAK grew in wisdom and stature
Demikian pula Incarnated Logos TIDAK grew in wisdom and stature

B. The Logos grew in wisdom and stature
Demikian pula Incarnated Logos grew in wisdom and stature

Baik A dan B bisa disimpulkan bhw [pribadi Incarnated Logos = pribadi The Logos].

Quote
Ibarat manusia Turun 2 tingkat, di bawah binatang dan menjadi sama seperti serangga. Namun tetap bertingkah laku dan bertindak seperti manusia...
[A. cuplis turun 2 tingkat menjadi serangga] ---vs--- [B. cuplis turun 2 tingkat menjadi sama SEPERTI serangga] di pov saya itu berbeda. Di versi saya : yang A itu ya cuplis is not a human anymore, but a bug. Yang B, cuplis is still a human but he looks like a bug.



X. Cuplis (the human) is not a human anymore, but a monkey.
There is no more human cuplis.



Y1. Cuplis (the human) is still a human but he looks like a monkey
There is no monkey named cuplis, but a human named cuplis.



Y2. Saritem (the monkey) is still a monkey but it looks like a human
There is no human named saritem, but a monkey named saritem




Nah...
X. The Logos is not God anymore, but a human male
Y. The Logos is still God, but looks lika a human male

Yang X ataukah yang Y versi sima ?
(versi saya Z. The Logos is still God at the same time The Logos incarnated as a human male)

Quote
terlalu besar untuk dapat dipahami oleh Pikiran kita, pengorbanan yang dilakukan oleh Tuhan kepada manusia.
Pengorbanan yang dilakukan oleh The Logos ? ataukah pengorbanan yang dilakukan oleh Incarnated Logos ?  :rolleye0014:

:)
salam.
« Last Edit: December 19, 2018, 01:15:16 AM by odading »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)