Author Topic: Kenapa Yusuf Ingin Menceraikan Maria?  (Read 2145 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 02, 2019, 03:01:29 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1064
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Boleh saja spt pendpat SL ini:
Dalam pemikiran Yusuf sebagai seorang lelaki, kalau Maria mengandung, artinya ada yang berbuat dong.
Ya! Yusuf pasti menduga yg kelihatan itu perbuatan seseorg
Dia sulit utk percaya, bw yg berbuat adalah yg tak kelihatan


Jadi sebenarnya secara teori Yusuf berhak menghakimi Maria, namun Yusuf malah diam-diam melepaskan Maria dengan pemikiran tentu Lelaki yang berbuat akan bertanggung jawab menikahi Maria.
Ya! Karakter Yusuf bukan spt Petrus/Tomas atau Natanael
Yahudi tulen suka ceplas-ceplos salah-benar soal belakang


Mungkin begitulah pemikiran Yusuf sampai Malaikat datang kepadanya.
Perkiraan saya sih begitu.
Sepikir!

Salam Santai yg Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
January 02, 2019, 03:48:17 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1064
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Kita lihat beberapa fakta berikut :
1. Yusuf sudah bertunangan dengan Maria
2. Sebelum menikah, Maria sudah mengandung dari ROH KUDUS.
Kenapa justru Yusuf mau meninggalkan (menceraikan ikatan pertunangan) Maria?

Sebab Yusuf tak tahu dgn pasti ttg seluk beluk kehamilan Maria
Sudah 500 thn tak ada nabi yg memimpin kerohanian mereka
Yahudi yg ditempatkan di bag.Utara adalah org2 pinggiran, kw-2

Mungkin Yusuf pernah tau hal “perempuan-muda” yg dijanjikan
Tapi hal itu masih sebatas wacana doang, atau sbg dongeng belaka
Jadi, wajar jika Yusuf sangat curiha pd kehamilan tunangannya itu.


Apa yg sebenarnya dipikirkan oleh Yusuf?
Tentu banyak yg sungguh2 dipikirkan-nya dan muter2
Semua hasil putaran pikir menghasilkan resiko mentah
Maka ia fokuskan pikiran mencari solusi diam2


Apakah dia mengikuti hukum Yahudi dengan cara menceraikan wanita yg sudah duluan hamil?
Tidak!
Dia berpikir kearah bagaimana cara menceraikannya diam2
Sebab mengikuti hukum Yahudi pasti akan membuat heboh
Kemaluan masal bisa terjadi dan abadi; Betrothal batal?

Ttg betrothal coba baca ini:
http://forumkristen.com/index.php?topic=43463.msg1219135#msg1219135


Atau dia terlalu takut menjadi 'Bapak'-nya Tuhan (secara hukum/legal)??
Tidak mungkin ada hasil pikir yg spt itu
Betul dia takut, tapi bukan takut yg itu
Ia terikat tradisi, adat, hukum agama


Atau apa??
Apayah!

Mungkin terpikir juga bagaimana mengawininya secara diam2
Tapi tetep takut, sebab tak/belum terpikirkan dasar yg kuat
Mungkin setelah malaikat Tuhan meneragi pikiran-nya
Maka itu ok juga!

Lalu ia berani mengambil Maria sbg istri
Setelah ada kecocokan data/informasi
Tapi bukan istri alami melaikan animasi
Selama yg dikandung belum dilahirkan

Perjamuan kawin mungkin minim, kali
Tak perlu enam gentong anggur kls-1
Sing penting syarat utama terpenuhi

Dan kita telah tahu dr Natanael:
“Tidak ada yg baik dr Nazaret!”
Yesus pun meng-iya-kan itu.

Salam Damai Bro!

Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
January 02, 2019, 04:20:54 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4699
  • Gender: Male
Matius
1:18   Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari ROH KUDUS, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
1:19   Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.
1:20   Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari ROH KUDUS.
1:21   Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
1:22   Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
1:23   "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita.
1:24   Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,
1:25   tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Kita lihat beberapa fakta berikut :
1. Yusuf sudah bertunangan dengan Maria
2. Sebelum menikah, Maria sudah mengandung dari ROH KUDUS.

Kenapa justru Yusuf mau meninggalkan (menceraikan ikatan pertunangan) Maria? Apa yg sebenarnya dipikirkan oleh Yusuf?

Apakah dia mengikuti hukum Yahudi dengan cara menceraikan wanita yg sudah duluan hamil? Atau dia terlalu takut menjadi 'Bapak'-nya Tuhan (secara hukum/legal)?? Atau apa??

Coba baca lagi ini : "Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam."

Coba pikirkan "Seorang (tunangan) yang tulus hati" meninggalkan seorang wanita muda (tunangannya) yg hamil?? Bukankah itu jahat??

Pertama-tama kita harus tahu tradisi perniakahan Yahudi. Pernikahan Yahudi terdiri dari dua tahap yaitu kidusyin (pertunangan) dan kedua nissu'in (pernikahan). Antara kidusyin dan nissu'in dapat terjadi dalam kurun waktu satu tahun. Selama keduanya terikat dengan pertunangan atau kidusyin, maka mereka berdua tidak boleh berhubungan seksual dan kudus satu sama lain untuk pasangannya. Dalam Wikipedia juga tertulis singkat tentang hal tersebut bisa anda baca disini https://id.wikipedia.org/wiki/Pernikahan_Yahudi sebagai pengetahuan umum. Juga tentang kidusyin disini https://en.wikipedia.org/wiki/Erusin

Dalam Matius 1:18-25 yang anda copas diatas, hubungan Yusuf dan Maria adalah hubungan pertunangan atau kidusyin dimana secara tradisi mereka telah dianggap suami dan isteri walau tidak boleh melakukan hubungan seksual sampai hari pernikahan atau nissu'in. Karena itu juga selama dalam masa pertunangan, hukum mati untuk perzinahan telah dapat berlaku juga. Jika Yusuf mempermasalahkan hal itu maka Maria akan dirajam batu sampai mati sebagai penzinah (Imammat 20:10).

Namun kita baca di ayat 19 alasan dan isi hati Yusuf bahwa Yusuf seorang yang tulus hati dan tidak ingin mencemarkan nama isterinya di muka umum maka ia hendak menceraikan diam-diam. Dalam tradisi Yahudi ada hafqa'at kiddushin yang artinya pembatalan pertunangan secara sepihak dari pihak suami. Inilah yang hendak dilakukan oleh Yusuf terhadap Maria secara diam-diam agar Maria tidak dianggap berzinah dan dirajam batu sampai mati.

Berdasarkan beberapa referensi diyakini usia Yusuf dan Maria terpaut cukup jauh. Maria yang saat itu masih remaja menikah karena tradisi yang mungkin perjodohan dengan Yusuf yang berusia sekitar 33 tahun menurut referensi termuda dan bahkan ada yang beranggapan berusia 90 tahun berdasarkan teks apokrifa "Historia Josephi Fabri Lignari" abad ke-7. Walau tidak disebutkan usia yang pasti, namun semua pihak sepakat perbedaan usia Yusuf dan Maria terpaut cukup jauh. Sebab karena itulah maka dugaan saya Yusuf yang tulus hati itu beranggapan Maria telah memiliki kekasih sebaya yang membuatnya hamil sehingga ia yang usianya terpaut jauh hendak merelakan Maria dengan kakasihnya dan hendak menceraikan (hafqa'at kiddushin) secara diam-diam agar mereka dapat menikah. Waktu itu Yusuf tidak tahu siapa yang menghamili Maria.

Akhirnya datanglah malaikat dalam mimpi kepada Yusuf menjelaskan Siapa yang dikandung oleh Maria. Sehingga Yusuf tidak lagi takut telah melanggar tradisi Yahudi yang berakar dari hukum Taurat tentang masa kidusyin dan anggapan perzinahan Maria.

Jadi perbuatan Yusuf termasuk pria yang tulus dan baik hati sesuai dengan tradisi Yahudi. Jangan bandingkan dengan tradisi pop zaman modern ini dengan kisah percintaannya.
January 02, 2019, 05:49:44 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3655
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
   

dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi. (Yakobus 3:10)


semoga masih ada nalar sehat..

Siapa menghina sesamanya,  tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri. (Amsal 11:12)
TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Setelah meghina barulah menyatakan Tuhan Yesus memberkati.
Hinaan mendahului berkat bagai lidah ular berbisa bertabur madu, namun bisa itu tetap beracun.
« Last Edit: January 02, 2019, 05:52:36 PM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 02, 2019, 05:53:40 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3655
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
menarik
saya belum ketemu literatur katolik nya
ditunggu sambungannya bro


Baik bro, nanti akan saya lanjutkan. Terima kasih
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 02, 2019, 05:54:00 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4716
Wrong !

Yesus tidak pernah mengatakan bahwa tidak ada orang yang dapat melebihi kebahagiaan dan sukacita seperti maria dan yusuf karena telah melahirkan dan mengasuh-Nya.

Yesus sendiri telah mengatakan :

Lukas 11:27-28 (TB) 
Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau."

Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

semoga masih ada nalar sehat..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

wkwkwk

coba tunjukkan yang lebih berbahagia dari Maria dan Yosef

mendengarkan firman Allah dan memeliharanya sudah pasti dilakukan, terbukti dengan resiko nyawa mereka lakukan, melahirkan tanpa persetubuhan resiko dirajam, kelahiran Yesus yang di ingin dibunuh oleh Herodes resiko mati, siap menahan kesedihan karena sudah diberitakan akan merasa seperti ditembus pedang jiwanya bahkan sejak Yesus masih bayi
apalagi yang secara lahiriah, mendengarkan Firman Allah sudah sejak lahir ke dunia, memelihara Firman Allah pula
mana lagi nikmat yang akan anda dustakan ???

 :mad0261: :mad0261: :mad0261:

semoga masih sempet beli otak di warung padang ya
January 02, 2019, 06:01:15 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3655
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
coba literatur nya dishare disini broh

dan apakah ini merupakan pandangan resmi GRK?

Tidak ada faedahnya juga jika diberikan literatur, toh akan disanggah juga dengan berbagai dalih ini dan itu. Yg pasti yg saya sampaikan ini sumbernya dari Gereja Katolik. Saya sudah membaca literatur2 ttg agama dan iman Katolik sejak SD. Saya mulai membaca Alkitab secara penuh mulai Kitab Kejadian sejak SD hingga Wahyu yg saya selesaikan waktu SMP. Saya membacanya  layaknya  orang membaca novel.  Entah mengapa saya sangat tertarik dengan tema tsb. Namun tidak berarti sayasekaligus seorang yg religus. Saya jauh dari kesan itu meskipun saya tetap berupaya menjadi orang benar.

Karena itu saya mau katakan tulisan2 saya dan postingan2 saya sumbernya adalah dari Gereja Katolik. Karena semua refrensi yg saya baca adalah refrensi Katolik, baik itu Alkitab + Deoterokanonika, Katekismus Gereja Katolik, tulisan2 para kudus juga tulisan para Paus. Dan buku renungan2 Katolik.

Jadi bro kalau mau tau ada baiknya cari sendiri dan rajin membaca dari sumber2  Katolik.
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 02, 2019, 06:13:17 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3655
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
wkwkwk

coba tunjukkan yang lebih berbahagia dari Maria dan Yosef

mendengarkan firman Allah dan memeliharanya sudah pasti dilakukan, terbukti dengan resiko nyawa mereka lakukan, melahirkan tanpa persetubuhan resiko dirajam, kelahiran Yesus yang di ingin dibunuh oleh Herodes resiko mati, siap menahan kesedihan karena sudah diberitakan akan merasa seperti ditembus pedang jiwanya bahkan sejak Yesus masih bayi
apalagi yang secara lahiriah, mendengarkan Firman Allah sudah sejak lahir ke dunia, memelihara Firman Allah pula
mana lagi nikmat yang akan anda dustakan ???

 :mad0261: :mad0261: :mad0261:

semoga masih sempet beli otak di warung padang ya


Salam Bro pengen_tahu

Sebenarnya model sanggahan ini serupa dan tak sama dengan sanggahan2 moslem akan ke TUHAN an Yesus. Mereka meminta bukti tunjukkan ayat di mana Yesus berkata "AKULAH ALLAH DAN SEMBAHLAH AKU." Meskipun kita berupaya menjelaskan dengan menunjukkan ayat2 yg mendukung ke Allah an Yesus maka anggapan mereka gugurlah sudah keyakinan KRESTEN!

Demikian jg sanggahan2 yg Katolik hadapi datang dari Protestan. Ketika kita mejelaskan betapa dekat dan intimnya hubungan Yesus dan Bunda-Nya Maria, Protestan seringkali senang dan gembira bin bahagia tra la la la... akan memberika suatu ayat sanggahan seolah2 olah Yesus tidak menganggap Bunda-Nya. Jika Yesus yg diyakini Protestan seperti itu maka Dia bukanlah Yesus yg dikandung dari ROH KUDUS dan dilahirkan oleh PERAWAN MARIA. Mungkin Yesus yg satu versi dengn Isa sebagaimana keyakinan Islam.

Mereka dengan senang bin bahagia mengartikan ayat bahwa Yesus MENOLAK Bunda-Nya. Padahal sesungguhnya pada ayat diatas dapat dibaca bahwa Sesungguhnya Yesus ingin melengkapi pemahaman si Ibu tsb bahwa kebahagiaan Maria tidak sebatas mengandung dan menyusui Yesus. Tetapi kebahagiaan Maria pertama tama dan terutama adalah karena Dia adalah YANG PERTAMA MENDENGAR SABDA YG KELUAR DARI MULUT SABDA YG MENJADI DAGING. Sebelum dunia mendengarnya. Maria adalah YANG PERTAMA MENDENGAR SABDA dan Maria lah  yang SESUNGGUHNYA TELAH MEMELIHARA SABDA yg menjadi daging dalam arti sebenarnya.

Salam saudaraku
« Last Edit: January 02, 2019, 06:15:58 PM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 02, 2019, 06:47:11 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 692
  • There is none like You
wkwkwk

coba tunjukkan yang lebih berbahagia dari Maria dan Yosef

dalam perkataan Yesus pada lukas 11:27-28 menunjukan bahwa mereka yang mendengarkan firman Allah dan memelihara firman Allah layak disebut berbahagia dan tidak ada yang satu lebih dari yang lainnya..

mendengarkan firman Allah dan memeliharanya sudah pasti dilakukan,
cakupannya tidak sesempit itu yang hanya maria dan yusuf saja..

Yohanes 3:16 (TB)
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.


terbukti dengan resiko nyawa mereka lakukan,
melahirkan tanpa persetubuhan resiko dirajam,

setiap calon ibu yang hamil memiliki resiko nyawa taruhannya.. termasuk ibu anda.. tapi lagi2 itu hanya resiko..

Yesus datang bukan setara menanggung resiko namun lebih dari itu untuk menyerahkan nyawaNya sebagai ganti dosa manusia termasuk dosa maria yang notabene ibuNya


kelahiran Yesus yang di ingin dibunuh oleh Herodes resiko mati,
yang ingin dibunuh herodes adalah Yesus dan bukan maria.


siap menahan kesedihan karena sudah diberitakan akan merasa seperti ditembus pedang jiwanya bahkan sejak Yesus masih bayi
apalagi yang secara lahiriah, mendengarkan Firman Allah sudah sejak lahir ke dunia,

memelihara Firman Allah pula

mana lagi nikmat yang akan anda dustakan ???

 :mad0261: :mad0261: :mad0261:

semoga masih sempet beli otak di warung padang ya
mendengarkan dan memelihara firman Allah yang dimaksud perkataan Yesus dalam lukas 11:27-28 bukanlah mendengarkan dan memelihara tubuh bayi Yesus yang sifatnya duniawi..

lagi2 argument anda melenceng jauh dari Alkitab..

1 Korintus 15:50 (TB)  Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.

id anda namanya pengen_tahu namun ternyata tidak sesuai dengan sikap anda di forum ini yang serba belaga tahu..

semoga masih ada nalar sehat..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
January 02, 2019, 07:12:31 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4716
dalam perkataan Yesus pada lukas 11:27-28 menunjukan bahwa mereka yang mendengarkan firman Allah dan memelihara firman Allah layak disebut berbahagia dan tidak ada yang satu lebih dari yang lainnya..
cakupannya tidak sesempit itu yang hanya maria dan yusuf saja..

Yohanes 3:16 (TB)
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
setiap calon ibu yang hamil memiliki resiko nyawa taruhannya.. termasuk ibu anda.. tapi lagi2 itu hanya resiko..

Yesus datang bukan setara menanggung resiko namun lebih dari itu untuk menyerahkan nyawaNya sebagai ganti dosa manusia termasuk dosa maria yang notabene ibuNya
yang ingin dibunuh herodes adalah Yesus dan bukan maria.
mendengarkan dan memelihara firman Allah yang dimaksud perkataan Yesus dalam lukas 11:27-28 bukanlah mendengarkan dan memelihara tubuh bayi Yesus yang sifatnya duniawi..

lagi2 argument anda melenceng jauh dari Alkitab..

1 Korintus 15:50 (TB)  Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.

id anda namanya pengen_tahu namun ternyata tidak sesuai dengan sikap anda di forum ini yang serba belaga tahu..

semoga masih ada nalar sehat..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu


wkwkwk
memangnya Maria gak denger Firman Tuhan??
jelas kok Maria taat pada perintah Tuhan
(38) Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
taat mas, taat sampai rela mati dengan resiko di rajam sampai mati

-----------------------------------

loch saya kasih gambaran sempit dan lebar kok
mendengarkan Firman Tuhan dan memeliharanya, dari kedatangan malaikat yang tercatat di akitab sampai sesudah kematian Yesus pun Maria ada mendampingi para rasul dan tetap memlihara Firman Tuhan sebagai hamba Allah
sempitnya yah mendengarkan Firman Tuhan dan memelihara Firman Tuhan
buktikan dimana Maria tidak mendengarkan Firman Tuhan dan memliharanya dalam teks alkitab
silahkan

------------------------------------

wow, sapa yang ngomong persalinan, resiko itu mah semua wanita pasti mendapatkannya
tapi tunjukkan wanita mana yang beresiko melahirkan Anak Allah dan mendapat  resiko di rajam sampai mati, beresiko nyawa karena berusaha memelihara Anak Allah, beresiko sakit di jiwanya karena harus mendapat derita, ada yang punya lagi hal tsb selain Maria, silahkan tunjukkan

Yesus memang menyelamatkan semua manusia, tapi siapa yang disebut akan merasakan sakit di jiwanya karena pedang akan munusuk jiwanya, itu dari nabi loch yang kasih tahu, bukan sembarangan orang lewat di jalan, kalau gak penting ngapain di catat di alkitab

--------------------------------------

lah, dipikir sedikit tong, Maria dan Yosef berlari menyelamatkan nyawa bayi Yesus apakah gak beresiko mati dikejar2 serdadu
ampun dah otaknya, makanya cepetan ke warung padang sana

--------------------------------------

buakakaka
gak nyambung lagi loe kasih ayat tong
Maria taat dari sebelum Yesus lahir, terbukti dengan terpilih sebagai ibu dari Yesus, mengaku sebagai hamba Allah dan taat pada amanat Allah sampai dengan pencurahan ROH KUDUS pun ada Maria disana
dimana Maria tidak mendengarkan Firman Tuhan dan memelihara Firman Tuhan dari seluruh peristiwa tsb
tunjukkan ayatnya
lebih lagi secara fisik dia mendengarkan pertama Firman Tuhan dan memelihara langsung Firman Tuhan
wanita mana yang sama dengan dia, cuma seorang tong
loe mah boro2
wkwkwk

cepetan beli otak di warung padang tong, takutnya keabisan, entar loe gak dapet lagi



 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)