Author Topic: Mengapa, Apa, dan Bagaimana Bersyukur?  (Read 243 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 17, 2018, 01:58:42 PM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 111
  • Denominasi: Protestan


Apakah Anda seorang yang mudah bersyukur? Atau, apakah sebaliknya, Anda sedang berjuang untuk lebih bersyukur?

Dalam pekerjaan saya sehari-hari, saya sering mendengar kalimat, “When the ‘what and why’ is clear, the ‘how’ is easy”—saat kita tahu ‘apa dan mengapa’, akan lebih mudah menemukan ‘bagaimana’. Namun, manusia kerap terjebak untuk mencari jalan keluar (bagaimana-nya) lebih dahulu, alih-alih mencari tahu mengapa dan apa-nya. Kita sibuk bertanya, “Bagaimana caranya bersyukur?” dan lupa bertanya, “Mengapa saya harus bersyukur dan apa yang mesti disyukuri?”

Jadi, lebih mudah jika kita mempunyai alasan dan tujuan yang jelas untuk bersyukur. Mari kita bahas satu per satu.
Mengapa bersyukur?
Dalam Perjanjian Lama dan Baru, Anda akan menemukan 48 kata bersyukur. Jika Anda mencari ‘syukur’, Anda akan menemukan 185 kata. Wow, banyak, yah. Mazmur 107:1

Pertanyaannya, mengapa kita bersyukur? Karena kita merasakan bahwa Tuhan itu baik. Kasih setia-Nya sampai selama-lamanya bagi kita umatnya. Salah satu penulis Mazmur (Raja Daud) mencatat banyak sekali ungkapan syukurnya kepada Tuhan. Daud sangat dekat dengan Tuhan. Itulah mengapa bersyukur bukan hal sulit baginya.

Bersyukur karena punya Tuhan yang luar biasa
Tuhan Yesus adalah sumber rasa syukur saya. Saya bersyukur memiliki Allah yang luar biasa, yang mengerti, mau mendengar, dan selalu menghibur saya. Pada saat saya kehilangan kekuatan, saya tahu saya bisa datang kepada-Nya, cerita apapun yang saya rasakan. Ini membuat saya lebih lega dan punya damai sejahtera. Mazmur 42:12

Bersyukur atas apa yang kita miliki
Banyak orang susah bersyukur karena terlalu fokus pada hal-hal yang belum ia miliki. Kadang juga, kita terjebak dengan ilusi ‘rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri’. Jadi, selagi berjuang meraih hal-hal yang Anda citakan, jangan lupa menghitung berkat yang Tuhan berikan.

Bersyukur atas komunitas kita
Hidup sendiri sebagai orang Kristen bukanlah hal yang mudah. Ada banyak godaan dan tantangan duniawi di sekeliling kita.
Saya bersyukur karena ketika sedang down atau sedih, saya punya teman-teman rohani seperjuangan yang siap mengangkat saya kembali. Saat saya ceritakan masalah saya, mereka akan membantu saya mencari solusi, kemudian menutupnya dengan kata-kata manis ini, “I will pray for you.” Ini sangat berarti bagi saya. Bagaikan setetes air di padang gurun, peneguhan mereka begitu menyejukkan dan menentramkan hati.

Bagaimana cara bersyukur?
Berikut langkah-langkah mudah untuk memiliki hati penuh syukur:

Bangun hubungan dengan Tuhan
Hubungan dengan Tuhan adalah hal pertama yang harus dimiliki. Ini lebih dari sekadar datang ke gereja setiap Minggu. Hubungan baik dengan Tuhan membuat Anda merasa dekat, aman, dan nyaman bicara dengan-Nya. Jika Anda punya Tuhan, actually it’s enough for living. Segalanya akan tercukupi. Filipi 4:6

Catat hal-hal yang membuat Anda bersyukur
Tuliskan minimal tiga hal yang Anda syukuri setiap hari. Ini akan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Hal besar selalu dimulai dari hal kecil. Do this baby steps and see the result!

Punya komunitas rohani
Seikat sapu lidi lebih susah dipatahkan daripada sebatang lidi. Sehebat-hebatnya Anda, akan jauh lebih hebat jika Anda berjuang bersama orang-orang dengan visi-misi yang sama. Saat Anda gundah dan lemah semangat, saat rasa syukur mulai hilang, ada rekan-rekan yang membantu Anda bangkit kembali. Together, we can do even greater things!

Source : https://gkdi.org/blog/mengapa-apa-dan-bagaimana-bersyukur/
December 25, 2018, 12:38:17 AM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Gender: Male
Bagaimana sih cara membuka mata batin,terus apa saja sih resikonya? Ada yang bisa bantu jawab?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)