Author Topic: Bumi datar atau bumi bulat  (Read 1844 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 19, 2018, 09:59:25 AM
Reply #10
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
bold ---> a circle.

oda :
a circle tidak sertamerta artinya = a sphere, 888.
jadi mungkin ya a sphere (3d), mungkin juga sebuah lingkeran (2D)

When he established the heavens, I was there;
when he drew a circle on the face of the deep

Clouds veil him so that he cannot see,
as he walks on the circle of the sky

 Berikut pandangan salah seorang "gereja" (Augustine) :

Chapter 9 - Whether We are to Believe in the Antipodes
But as to the fable that there are Antipodes, that is to say, men on the opposite side of the earth, where the sun rises when it sets to us, men who walk with their feet opposite ours, that is on no ground credible.

And, indeed, it is not affirmed that this has been learned by historical knowledge, but by scientific conjecture, on the ground that the earth is suspended within the concavity of the sky, and that it has as much room on the one side of it as on the other: hence they say that the part which is beneath must also be inhabited.

But they do not remark that, although it be supposed or scientifically demonstrated that the world is of a round and spherical form, yet it does not follow that the other side of the earth is bare of water; nor even, though it be bare, does it immediately follow that it is peopled

(http://www.newadvent.org/fathers/120116.htm)

penulis bilang :
That [there are Antipodes] = a fable.

argumen penulis:
Taroh kata apa kata iptek that [there are Antipodes] = correct,
maka itu sama aja bilang that [there are men who walk with their feet opposite ours]

TETAPI
it does not follow that the other side of the earth is bare of water;
nor even, though it be bare, does it immediately follow that it is peopled

dengan demikian,
what it be supposed or scientifically demonstrated that [the world is of a round and spherical form] is a fable.

Nah, permasalahannya adalah.. argumen yg Oda sajikan berdasarkan penjelasan manusia, bukan dari “fakta Alkitab itu sendiri”, nah .. berdasarkan penjelasan ilmiah NASA, maka dari luar angkasa, bumi kelihatan bulat dan sama persis seperti Kita melihat bulan dari bumi, seperti suatu lingkaran. Tetapi yg saya mau tegaskan adalah Yesaya bukan seorang astronomi dan teknologi pada masa itu “masih primitif”, tetapi Yesaya mampu berbicara tentang “bumi yg bulat”, artinya: dalam ayat tersebut terkandung suatu “nubuat an” yg berasal dari Allah, sebab jika bukan Allah yg menyatakan pada Yesaya, maka mustahil Yesaya tahu, kalau bumi ini bulat.==> berdasarkan fakta ilmiah ini, artinya: nubuat an Yesaya adalah benar berasal dari Allah.

Jbu
December 19, 2018, 10:11:03 AM
Reply #11
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 290
Manipulator? Ente aja yang terlalu percaya pembacaan menurut nalar Ente. Justru kosmologi Yahudi Kuno di PL percaya bumi itu datar.

https://aleteia.org/2016/07/07/when-the-earth-was-flat-a-map-of-the-universe-according-to-the-old-testament/
Kosmologi Yahudi kuno, adalah “tafsiran” manusia terhadap fakta2 FT tentang bumi, karena hanya “berupa tafsiran”, maka tidak dapat disebut sebagai “Fakta Alkitab”.

Mungkin dulu, orang Yahudi tsb tidak membaca ayat tsb, karena pernyataan bumi bulat itu, hanya terdapat dalam sepenggal nubuat an Yesaya.

Tetapi yg pasti.. Sekarang anak2 Tuhan harus paham, bahwa Alkitab dgn pasti mengatakan, “bumi itu bulat”, dan Fakta ini merupakan “bukti”, bahwa Alkitab bersumber dari Firman Allah yg benar.

Jbu
December 19, 2018, 10:27:11 AM
Reply #12
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Nah, permasalahannya adalah.. argumen yg Oda sajikan berdasarkan penjelasan manusia, bukan dari “fakta Alkitab itu sendiri”, nah .. berdasarkan penjelasan ilmiah NASA, maka dari luar angkasa, bumi kelihatan bulat dan sama persis seperti Kita melihat bulan dari bumi, seperti suatu lingkaran. Tetapi yg saya mau tegaskan adalah Yesaya bukan seorang astronomi dan teknologi pada masa itu “masih primitif”, tetapi Yesaya mampu berbicara tentang “bumi yg bulat”, artinya: dalam ayat tersebut terkandung suatu “nubuat an” yg berasal dari Allah, sebab jika bukan Allah yg menyatakan pada Yesaya, maka mustahil Yesaya tahu, kalau bumi ini bulat.==> berdasarkan fakta ilmiah ini, artinya: nubuat an Yesaya adalah benar berasal dari Allah.

Jbu

Fakta Alkitab?
Perjanjian Lama menggambarkan bumi itu datar


detailnya bisa dibaca di http://www.testingtheglobe.com/bible.html atau https://aleteia.org/2016/07/07/when-the-earth-was-flat-a-map-of-the-universe-according-to-the-old-testament/



Ayat ayatnya?
coba anda baca dengan menetapkan diri sebagai pihak netral, anggap anda tidak tahu bumi itu datar atau bulat.

Ayub 9:6  yang menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang-goyang;
7  yang memberi perintah kepada matahari, sehingga tidak terbit, dan mengurung bintang-bintang dengan meterai;
8  yang seorang diri membentangkan langit, dan melangkah di atas gelombang-gelombang laut;

Ayub 22:14  Awan meliputi Dia, sehingga Ia tidak dapat melihat; Ia berjalan-jalan sepanjang lingkaran langit!

Ayub 26:7  Allah membentangkan utara di atas kekosongan, dan menggantungkan bumi pada kehampaan.
8  Ia membungkus air di dalam awan-Nya, namun awan itu tidak robek.
9  Ia menutupi pemandangan takhta-Nya, melingkupinya dengan awan-Nya.
10  Ia telah menarik garis pada permukaan air, sampai ujung perbatasan antara terang dan gelap;
11  tiang-tiang langit bergoyang-goyang, tercengang-cengang oleh hardik-Nya.
12  Ia telah meneduhkan laut dengan kuasa-Nya dan meremukkan Rahab dengan kebijaksanaan-Nya.
13  Oleh nafas-Nya langit menjadi cerah, tangan-Nya menembus ular yang tangkas.

Ayub 37:18  Dapatkah engkau seperti Dia menyusun awan menjadi cakrawala, keras seperti cermin tuangan?

Kej 1:6  Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
7  Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian.
8  Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.

6 And God said, Let there be a firmament in the midst of the waters, and let it divide the waters from the waters.
7 And God made the firmament, and divided the waters which were under the firmament from the waters which were above the firmament: and it was so.
8 And God called the firmament Heaven. And the evening and the morning were the second day.

Gen 7:11  Pada waktu umur Nuh enam ratus tahun, pada bulan yang kedua, pada hari yang ketujuh belas bulan itu, pada hari itulah terbelah segala mata air samudera raya yang dahsyat dan terbukalah tingkap-tingkap di langit.
Gen 8:2  Ditutuplah mata-mata air samudera raya serta tingkap-tingkap di langit dan berhentilah hujan lebat dari langit,

Air dari bawah dan atas, perhatikan gambar di atas

Pro 8:27  Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
Pro 8:27  when he crafted the heavens, I was there—when he marked out a circle on the face of the deep,

Isa 40:22  He's the one who sits above the disk of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers. He's the one who stretches out the heavens like a curtain, and spreads them like a tent to live in, ISV
It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in: KJV

dst. coba cek lengkapnya di link yang saya kasih.
Memang apa masalahnya kalau penulis Alkitab dan orang Kristen mula-mula punya pandangan bumi datar?
December 19, 2018, 10:35:32 AM
Reply #13
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
oh iya, mungkin perlu dipelajari lagi penggunaan istilah firmament menjadi tiang di bahasa Indonesia.
Syamayim, Sheol, dan bumi. Link yang saya kasih membahas dari bahasa Ibrani. karena memang yang menulis orang Yahudi dan pada saat itu kosmologi yang dikenal memang seperti itu.

Masalahnya apa?



Ayub 37:8









Bahkan Mazmur 104:5  yang telah mendasarkan bumi di atas tumpuannya, sehingga takkan goyang untuk seterusnya dan selamanya.

Quote
Getting back to the nature of our world and its place in the cosmos, there are a LOT more Scriptures we could look at regarding the above topics. In fact, the more you search the Bible for your answers, you'll keep running into descriptions of the earth stating:

1) It is fixed and not moving (spinning, orbiting, etc.)

2) It is circular and has edges/corners/pillars/foundations, etc.

3) The #4 comes up a lot in reference to 4 corners, 4 winds, etc. - the 4 corners indicating a circle carved into a square

4) It is hedged about with a boundary that connects with Heaven

5) There is a metallic canopy of sorts stretched out like a "tent" over it, within which the (sentient?) stars, sun and moon are placed to move about above the stationary earh.

http://www.testingtheglobe.com/bible.html
December 19, 2018, 10:42:55 AM
Reply #14
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Banyak sekali ayat ayat yang menuliskan bumi itu datar. terus saya tidak melihat ada masalah.
Memang Perjanjian Lama ditulis ribuan tahun yang lalu dan itu pandangan yang ada pada waktu itu.
Memang Alkitab harus betul 100% ya? Alkitab kan bukan buku ilmu pengetahuan alam. Ya kalau anda punya pertanyaan tentang bumi bulat atau bumi datar, sakit jantung, cara menanam pisang, cara cepat cari kerja, cara membuat obat flu, cara membuat pondasi rumah, reaksi kimia dari fotosintesis ya  jangan cari jawaban di Alkitab gk bakal ada.
Alkitab bukan "menjawab apa dan bagaimana asal usul manusia" (baca: hal-hal ilmiah; mungkin ada, tapi bukan itu tujuannya), tetapi lebih ke arah mengapa? apa alasan di balik semua ini? apa tujuan manusia? apa yang harus diperbuat?

Ilmu pengetahuan bisa menjawab asal mula semesta ini, tetapi tidak bisa menjawab mengapa semesta ini diciptakan
ilmu pengetahuan bisa menjawab apa bentuk alam semesta, tetapi tidak bisa menjawab apa tujuan ia diciptakan
December 19, 2018, 10:49:01 AM
Reply #15
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
kalau misal saya tanya dengan cara yang sama.
Alkitab menulis penciptaan itu 7 hari. sedangkan alam semesta sudah berumur 14 miliar tahun, dan manusia pertama muncul puluhan ribu tahun yang lalu. bagaimana bisa didamaikan? Alkitab baru ada sekitar 4000 tahun yang lalu kan? tentu dengan tafsir ulang kan?

Tidak bisa anda bilang

Kosmologi Yahudi kuno, adalah “tafsiran” manusia terhadap fakta2 FT tentang bumi, karena hanya “berupa tafsiran”, maka tidak dapat disebut sebagai “Fakta Alkitab”.

Mungkin dulu, orang Yahudi tsb tidak membaca ayat tsb, karena pernyataan bumi bulat itu, hanya terdapat dalam sepenggal nubuat an Yesaya.

Tetapi yg pasti.. Sekarang anak2 Tuhan harus paham, bahwa Alkitab dgn pasti mengatakan, “bumi itu bulat”, dan Fakta ini merupakan “bukti”, bahwa Alkitab bersumber dari Firman Allah yg benar.

Jbu

Fakta Alkitab jelas 7 hari. Fakta ilmiah miliaran tahun. ya perlu tafsir ulang. tidak bisa anda bilang tafsir itu hanya tafsir. Ya ujungnya dicocokkan (kecuali beberapa denominasi yang tetap percaya umur bumi baru ribuan tahun. mereka menolak umur bumi sudah miliaran tahun), belum lagi kalau saya tanya mana dinosaurus dan mahkluk purba lainnya? ada fosil2 mereka. tapi tidak ada di Alkitab.

Yang hijau, belum pasti. ayat ayatnya sudah saya taruh di atas. (baca: jangan hanya baca dari bahasa Indonesia, pelajari bahasa Ibrani yang digunakan, pandangan para penulis Alkitab dan kebudayaan mereka pada saat itu. Kalau pakai pandangan sekarang ya namanya menarik keluar konteks)
December 19, 2018, 11:41:24 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9281
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
bumi datar itu gampang ngebuktiinnya kok

dari monas misalnya pake teropong canggih seharusnya keliatan eiffel tower kan

kalo bumi datar juga segala ilmu tentang perkiraan musim yang berdasarkan rotasi dan revolusi bumi jg jadi kacau
org gak bisa prediksi cuaca
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
December 19, 2018, 01:20:14 PM
Reply #17
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Oh iya, saya bukan penganut bumi datar ya.hahaha
saya penganut bumi bulat. tapi yang saya temukan, beberapa tulisan (penulis) di Alkitab (khususnya PL) mempunyai pandangan bumi datar. Pandangan mereka ini tidak menjadi masalah untuk saya (penjelasannya sudah ada di atas)
Salam!
« Last Edit: December 19, 2018, 01:25:58 PM by Isac »
December 19, 2018, 01:33:15 PM
Reply #18
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Nah, permasalahannya adalah.. argumen yg Oda sajikan berdasarkan penjelasan manusia, bukan dari “fakta Alkitab itu sendiri”, nah .. berdasarkan penjelasan ilmiah NASA, maka dari luar angkasa, bumi kelihatan bulat dan sama persis seperti Kita melihat bulan dari bumi, seperti suatu lingkaran. Tetapi yg saya mau tegaskan adalah Yesaya bukan seorang astronomi dan teknologi pada masa itu “masih primitif”, tetapi Yesaya mampu berbicara tentang “bumi yg bulat”, artinya: dalam ayat tersebut terkandung suatu “nubuat an” yg berasal dari Allah, sebab jika bukan Allah yg menyatakan pada Yesaya, maka mustahil Yesaya tahu, kalau bumi ini bulat.==> berdasarkan fakta ilmiah ini, artinya: nubuat an Yesaya adalah benar berasal dari Allah.

Jbu

Mmmmmm, bagaimana dengan ayat ayat yang saya kutip? Di Web yang saya bagikan juga masih banyak ayat yang menunjukkan bumi datar. Apa berarti ayat itu tidak berasal dari Tuhan?

Lagipula nubuat nabi Yesaya itu untuk orang Israel di pembuangan. Bukan tentang kosmologi. Bagaimana dengan pasal pasal lain di Yesaya? Apa harus ditafsir / artikan secara literal?

Kenapa satu ayat dr Yesaya ini menegasikan ayat ayat lain yang berpandangan bumi datar? (lagipula sudah dijelaskan oleh Oda)
« Last Edit: December 19, 2018, 01:37:32 PM by Isac »
December 19, 2018, 02:22:09 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12485
    • fossil coral cantik
Nah, permasalahannya adalah.. argumen yg Oda sajikan berdasarkan penjelasan manusia,
Ya... penjelasan manusia, bernama Augustine.

Quote
bukan dari “fakta Alkitab itu sendiri
Disini terasa aneh buat saya, 888...  :D

Augustine :
dari "fakta Alkitab itu sendiri" dikatakan bahwa [bumi itu lingkeran (flat)].

888 :
ungu itu bukan dari "fakta Alkitab itu sendiri"

Quote
nah .. berdasarkan penjelasan ilmiah NASA, maka dari luar angkasa, bumi kelihatan bulat dan sama persis seperti Kita melihat bulan dari bumi, seperti suatu lingkaran.
Sependapat.

Quote
Tetapi yg saya mau tegaskan adalah Yesaya bukan seorang astronomi dan teknologi pada masa itu “masih primitif”, tetapi Yesaya mampu berbicara tentang “bumi yg bulat”, artinya: dalam ayat tersebut terkandung suatu “nubuat an” yg berasal dari Allah, sebab jika bukan Allah yg menyatakan pada Yesaya, maka mustahil Yesaya tahu, kalau bumi ini bulat.
"masuk"  :happy0062:

Quote
==> berdasarkan fakta ilmiah ini, artinya: nubuat an Yesaya adalah benar berasal dari Allah.
oke.

But the problem is,
kita kita manusia yg hidup di jaman saat itu (sebelum ada oranye) ...
kadang jadi bisa me"rumuskan"-nya lebih jauh lagi :
Kalo yang diliat Yesaya bumi itu kayak piringan (disk)
Maka bumi itu flat


:char11:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)