Author Topic: Bumi datar atau bumi bulat  (Read 4724 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 22, 2018, 11:22:41 AM
Reply #120
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
@ oda..
Begini Oda..

Pemikiran tentang bumi bulat itu, secara ilmiah pertama sekali di kemukakan oleh Phytagoras sekitar 600 tahun sebelum Masehi, sementara kitab Yesaya itu ditulis sekitar 750 tahun sebelum masehi, jadi .. sekitar 150 tahun lebih tua dari lahirnya pemikiran Phytagoras tersebut.

Namun pemikiran bumi bulat itu, tidak berkembang dgn signifikan, sebab bersamaan pada masa itu, yg berkembang di masyarakat luas adalah, bahwa bumi itu datar.. dan pemahaman bumi datar itu, berkembang hingga 1.600 tahun Masehi, sampai Galileo mengenakan teori moderen pertama, tentang pemahaman bumi bulat, dimana sampai masa Galileo tsb, gereja Katholik sudah keburu memahami pemikiran bumi datar, yg sudah berkembang dimasyarakat selama 2.000  tahun lebih tanpa pernah melakukan “penelitian khusus ke Alkitab”, sehingga .. teori Galileo dianggap mengancam “tatanan masyarakat dan gereja pada masa itu”, akhirnya gereja menuntut Galileo untuk mempertanggung jawabkan teorinya, namun Galileo tidak mampu mempertanggung jawabkan teorinya secara empiris, hingga akhirnya Galileo dijebloskan ke penjara.

Nah, jauh sebelum kejadian Galileo itu, atau 1.000 tahun sebelumnya, atau sekitar abad V Masehi, Alkitab diterjemahkan kebahasa Latin yg dikenal dengan sebutan kitab vulgata.

Jadi, dalam kitab vulgata tsb .. pe terjemah kitab vulgata itu telah memahami bumi ini “bulat seperti bola”, sehingga ayat dalam kitab Yesaya itu diterjemahkan dengan perkataan bulat seperti bola.

Mungkin Oda bertanya, bagaimana pe terjemah kitab vulgata itu, dapat memahami tulisan Yesaya, bahwa bumi ini bulat seperti bola, sehingga diterjemahkan kedalam bahasa Latin, bahwa bumi ini bulat seperti bola, sementara pada masa itu.. sedang berkembang pemahaman selama 1.000 tahun, bahwa bumi ini datar ??

Jawabnya sederhana, disanalah bukti adanya “kuasa ROH KUDUS yg bekerja yg membimbing para pe terjemah, agar tidak keliru dalam me terjemahkan FT, sebab Allah tahu .. terjemahan Alkitab vulgata ini, akan menjadi salah satu batu penjuru, bagi penerjemah2 kitab moderen”.

Jadi Oda, tidak benar pemahaman Oda, bahwa yg pertama sekali memahami pemahaman bumi bulat adalah orang Yunani, tetapi yg benar adalah “nabi Yesaya”, artinya: Yehovalah yg memberitahukan hal tsb pada Yesaya.

Nah, sekarang Oda sudah memahami, mana ajaran agama yg berasal dari Tuhan Pencipta dan mana yg bukan., jadi, sekalipun bapa gereja menyatakan .. bumi ini datar, maka ajaran itu bukan berasal dari Tuhan Pencipta.

Jbu..
1. Apa cuma di Yesaya saja bumi bulat (walau saya masih belum setuju)
2. Apa pandangan para penulis PL yang lain mengenai kosmologi?
3. Bagaimana ayat ayat yang saya sampaikan di awal, mengenai pilar bumi, air di atas dan di bawah, tingkap langit? Bagaimana kita mengartikan ayat itu? Yang jelas2 berbeda dengan kosmologi masa kini.
4. Tolong tunjukkan kosmologi pada masa PL.
December 22, 2018, 01:49:22 PM
Reply #121
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 574
yg nomor 2, saya nggak bertanya 888 karena kalimat bold di nomor 1 itu sndiri sudah duluan sebuah jawaban, 888.
 jawabannya nggak kayak diatas donk, 888... Karena Jawabannya sudah ada di nomor 1.

Selanjutnya adalah kesimpulan:
Tanpa bertuhankan Yahweh, orang Yunani bisa tau bahwa bumi bulat.
 itu bukan pointnya, 888.

Pointnya adalah:
Bangsa Yahudi kaget karena ternyata ada bangsa laen yg tidak bertuhankan Yahweh bisa mengetahui bahwa bumi bulat. ya itu di bangsa Yahudi. Dan mereka kaget, "kok bangsa laen yg bertuhankan iblis juga mengetahui bumi bulet?"

Dan sekali lagi, disini bukan perihal bangsa mana duluan yg tau bhw bumi bulet, melainkan "bangsa lain yg bertuhankan iblis bisa tau bhw bumi bulet, 888".

Yesaya stlh tau dari Yahweh bhw bumi bulet, blakangan seribu tahun kemudian pergi ke bangsa lain yg bertuhankan iblis.

Yesaya bilang;
"Tuhan gue, kasih tau bhw bumi bulet".

Respond bangsa bertuhankan iblis:
BASI...., kita orang juga tau bhw bumi bulet.

pembicaraan antara mereka berikutnya dibawah ini BUKAN pointnya:

Yesaya:
Kapan kalian tau?

Yunani:
Setaon yang lalu...

Yesaya:
Oh kalu kami seribu taon yang lalu...

Tapi bold dibawah ini pointnya:

Yunani:
Setaon yang lalu... Dari para ahli kosmologi kami.

Yesaya:
Oh kalu kami seribu taon yang lalu...  dari Tuhan kami.

:)
Salam.
Hahaha .. begini Oda ..

Tentang permasalahan “ilmu pengetahuan”, Alkitab katakan 3 hal, yaitu:
(1). Takut akan Tuhan adalah mula pertama pengetahuan.
(2). Menjelang Akhir jaman, ilmu pengetahuan akan berkembang dengan pesat nya.
(3). Setelah peristiwa menara Babel, Tuhan katakan.. apa yg direncanakan oleh manusia, maka semuanya akan terjadi.

Nah, dari ke 3 hal tsb diatas, ternyata dapat ditarik kesimpulan, bahwa perkembangan ilmu pengetahuan tsb, bisa dimulai dari Tuhan sendiri dan bisa juga dimulai tanpa campur tangan Tuhan.

Jbu
December 22, 2018, 02:07:54 PM
Reply #122
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 574
1. Apa cuma di Yesaya saja bumi bulat (walau saya masih belum setuju)
2. Apa pandangan para penulis PL yang lain mengenai kosmologi?
3. Bagaimana ayat ayat yang saya sampaikan di awal, mengenai pilar bumi, air di atas dan di bawah, tingkap langit? Bagaimana kita mengartikan ayat itu? Yang jelas2 berbeda dengan kosmologi masa kini.
4. Tolong tunjukkan kosmologi pada masa PL.
Nah, kalau anda berdiskusi dgn damai, saya siap untuk berdiskusi dgn anda, tetapi .. dalam berdiskusi, kita juga harus siap “menerima perbedaan pendapat”, sebab .. manusia memiliki akal yg berbeda-beda dan juga memiliki karunia yg berbeda-beda.

Nah, dar 4 pertanyaan anda tsb, cuma pertanyaan nomor 1 yg dapat saya jawab dengan ringkas, dan pertanyaan nomor 2-4, membutuhkan penjelasan yg panjang, jadi.. saya jawab pertanyaan nomor 1 terlebih dahulu, setelah itu .. silahkan ajukan pertanyaan nomor 2-4, tetapi di pecah menjadi satu-satu pertanyaan., biar lebih fokus.

Kembali ke pertanyaan anda pada point nomor 1, apakah cuma kitab Yesaya saja yg berbicara, bahwa “bumi ini bulat”? Jawabnya “ya” dan dari Seluruh kitab PL, maka ditemukan pemahaman bumi ini bulat, hanya terdapat dalam “sepenggal” perkataan nubuatan Yesaya tsb.

Jbu
December 22, 2018, 03:44:31 PM
Reply #123
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12985
    • fossil coral cantik
bahwa perkembangan ilmu pengetahuan tsb, bisa dimulai dari Tuhan sendiri dan bisa juga dimulai tanpa campur tangan Tuhan.
Ya. Dengan demikian bangsa Yunani bisa dikatakan bangsa yang "duluan"  tau bhw bumi bulet tanpa campur tangan Tuhan yah 888.

But pertanyaannya:
Apakah pernyataaan 888 di quote atas idem dgn pernyataan bangsa Yahudi di jaman tsb?

Bukankah kemungkinannya lebih besar di pov Yahudi, pengetahuan kosmologi bangsa Yunani bhw bumi bulet yang tanpa campur tangan Tuhan tsb adalah hikmah manusia tidak bertuhankan Yahweh?

Entah ayat berapa, klu ga salah ada itu ayat yg  menyuruh ngebakar orang2 yg disebut astronomer (ilmu kosmologi/astrologi), star-gazers.

Dgn demikian kan di pov Yahudi jaman itu most likely menolak pemikiran manusia Yunani "bumi bulet" yang tanpa campur tangan Tuhan, 888.






December 22, 2018, 07:41:45 PM
Reply #124
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 765
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
1. Ada pandangan penulis/tulisan di Alkitab yang menunjukkan bumi datar

Sebetulnya Yesus Kristus menjelaskan bahwa bumi itu bulat, cuma kita tidak menyadarinya.

Pada saat pengangkatan Gereja Tuhan terjadi ada bagian yang mengalami siang ada yang malam hari.

Mat 24:40 Pada waktu itu, dua orang sedang bekerja di ladang: Seorang akan dibawa, dan seorang lagi ditinggalkan.

Orang bekerja di ladang disiang hari.

Lukas 17:34 Aku berkata kepadamu, pada malam itu akan ada 2 orang yang tidur di 1 tempat tidur. Akan tetapi, yang seorang akan dibawa, sedangkan yang lain akan ditinggalkan.

Orang tidur di malam hari

Jadi secara tidak langsung Yesus menjelaskan bahwa bumi itu bundar, satu bagian mengalami siang dan bagian lain mengalami malam hari.
December 22, 2018, 11:18:57 PM
Reply #125
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 143
  • Denominasi: Interdenominasi
1. penggunaan vulgata adalah dengan maksud "sedekat mungkin" dengan penulis yang terilhami
2. kebetulan itu penerjemahnya dari Gereja Katolik
3. ya tadi, cari yang "sedekat mungkin"
4. pertanyaan anda sama dengan pertanyaan orang non Kristen, mana bukti bahwa alkitab ditulis dengan diilhami ROH KUDUS
5. Saulus yang sama juga mengejar para murid Yesus
6. menurut pendapat saya tidak
7. salah, katolik sudah ada sebelum Konstantin
“…Di mana uskup berada, maka di sana pula umat berada, sama seperti di mana ada Yesus Kristus, maka di sana juga ada Gereja Katolik….” ((St. Ignatius of Antioch, Letter to the Smyrnaeans, 8)) thn 107
bisa kelihat rentang waktunya kan?
8. ajaran katolik sama dari dulu sampe sekarang, soal lahrnya protestan silahkan baca saja kisah ML
9. salah, tidak ada larangan membaca alkitab, setiap orang katolik bebas membaca alkitab,
mungkin yang anda maksud pada saat kasus albigensian, saat itu disana alkitab diterjemahkan berbeda, untuk mengatasi dari alkitab terjemahan2 yang salah, dianjurkan mendengar dari imam langsung sesuai ajaran katolik
10. hak anda mau atau tidak, bebas, sekarang banyak terjemahan2 alkitab, tidak ada yang bisa memaksa, sama seperti orang yang bebas memilih terjemahan katolik

keluar dari kandang katolik adalah pilihan, silahkan2 saja, tidak ada yang bisa mengekang, tapi bebas pula juga yang memilih tetap di kandang yang sama

dasar kuat memakai alkitab terjemahan vulgata adalah karena terjemahan tsb sangat dekat dengan waktu penulisan, dilakukan oleh Hieronimus yang seorang sarjana, satrawan dan sejarahwan  yang kadar keilmuannya kompeten

silahkan, balik ke diri masing2 saja sisanya

ups mungkin ada beberapa hal yang perlu diluruskan disini.

- Soal Alkitab ditulis oleh pimpinan ROH KUDUS itu jelas, namun yang Nidus maksud adalah "penterjemahan Vulgata", apakah penterjemahan Vulgata dipimpin ROH KUDUS? Yang Nidus ingin pastikan adalah siapa saksinya?
- Saulus memang menganiaya Yesus, namun Saulus bertobat. Apakah Kerajaan Roma bertobat berkenaan dengan menjadi Kristenya Konstantin? Anda jelas bilang tidak.
- Munculnya Gereja Katolik yang Nidus sebut disini menurut konteks adalah Gereja Katolik di bawah otoritas Roma dan bukan Katolik yang diklaim sebagai gereja mula-mula, apakah pada awalnya gereja mula-mula telah berafiliasi dengan Kerajaan Roma?
- Pada dasarnya sekarang ini, apakah ada Katolik yang tidak tunduk pada otoritas Roma? Setahu Nidus tidak ada Katolik yang tidak tunduk pada otoritas Roma.
- Jika dikatakan Katolik Roma sama dengan gereja mula-mula, hal ini sangat mudah untuk diuji. Apakah gereja mula-mula menelutkan kakinya di depan patung? jangankan menelutkan kakinya, membuat saja mereka (gereja mula-mula) tidak berani, karena jelas itu melanggar hukum Tuhan. Ini yang dekat dengan kata yang Nidus sebut "pembengkokan" ajaran Kristen.
- Kebebasan membaca Alkitab oleh Katolik Roma jelas di batasi dengan Alkitab terjemahan versi resmi Katolik Roma itu sendiri yang disebut terjemahan vulgata tadi.

Seorang Kristen diajarkan untuk menguji segala sesuatu sebelum memegang hal itu sebagai hal yang baik, karena dikatakan "ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik". Tentunya para Protestan pada masa itu telah menjalankan ajaran Kekristenan dengan cukup teliti, dan mengharapkan kemurnian pada ajaran Kristus.

GB
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
December 23, 2018, 05:33:37 AM
Reply #126
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 574
Ya. Dengan demikian bangsa Yunani bisa dikatakan bangsa yang "duluan"  tau bhw bumi bulet tanpa campur tangan Tuhan yah 888.
Benar Oda, tanpa campur tangan Yehova (diluar nabi Yesaya), bangsa Yunani lah yg pertama sekali memahami, bahwa bumi ini bulat seperti bola.

Quote from:
But pertanyaannya:
Apakah pernyataaan 888 di quote atas idem dgn pernyataan bangsa Yahudi di jaman tsb?
Tidak Oda, sekalipun Phytagoras telah memahami bahwa bumi bulat seperti bola, pemahaman Phytagoras itu tetap tidak berkembang, sehingga pemahaman “masyarakat awam” pada masa itu, bumi itu datar, termasuk bangsa Yahudi., buktinya.. pemahaman bumi datar itu, terus berkembang sampai tahun 1.600 an Masehi.


Quote from:
Bukankah kemungkinannya lebih besar di pov Yahudi, pengetahuan kosmologi bangsa Yunani bhw bumi bulet yang tanpa campur tangan Tuhan tsb adalah hikmah manusia tidak bertuhankan Yahweh?
Bisa saja, sekalipun Yehova peletak dasar pertama semua ilmu pengetahuan, namun dalam mengembangkan ilmu pengetahuan tsb, Yehova tidak harus terlibat.

Quote from:
Dgn demikian kan di pov Yahudi jaman itu most likely menolak pemikiran manusia Yunani "bumi bulet" yang tanpa campur tangan Tuhan, 888.
Sudah dijelaskan diatas..

Jbu
December 23, 2018, 05:47:34 AM
Reply #127
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 574
Ya. Dengan demikian bangsa Yunani bisa dikatakan bangsa yang "duluan"  tau bhw bumi bulet tanpa campur tangan Tuhan yah 888.
Benar, diluar campur tangan Yehova (selain nabi Yesaya), maka bangsa Yunani (Phytagoras) yg pertama memahami bumi ini bulat seperti bola, tetapi pemahaman ini tidak berkembang.

Quote from:
But pertanyaannya:
Apakah pernyataaan 888 di quote atas idem dgn pernyataan bangsa Yahudi di jaman tsb?
Tidak, sekalipun Yesaya memahami bumi ini bulat seperti bola, tetapi yg berkembang di masyarakat awam di seluruh dunia, bahwa bumi itu datar, termasuk juga di kalangan Yahudi.

Quote from:
Bukankah kemungkinannya lebih besar di pov Yahudi, pengetahuan kosmologi bangsa Yunani bhw bumi bulet yang tanpa campur tangan Tuhan tsb adalah hikmah manusia tidak bertuhankan Yahweh?
Bisa saja, sekalipun Tuhan peletak dasar semua ilmu pengetahuan, namun dalam perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri, belum tentu memerlukan campur tangan Tuhan.


Quote from:
Dgn demikian kan di pov Yahudi jaman itu most likely menolak pemikiran manusia Yunani "bumi bulet" yang tanpa campur tangan Tuhan, 888.
Sudah dijelaskan diatas..

Jbu
December 23, 2018, 07:56:39 AM
Reply #128
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Nah, kalau anda berdiskusi dgn damai, saya siap untuk berdiskusi dgn anda, tetapi .. dalam berdiskusi, kita juga harus siap “menerima perbedaan pendapat”, sebab .. manusia memiliki akal yg berbeda-beda dan juga memiliki karunia yg berbeda-beda.

Kembali ke pertanyaan anda pada point nomor 1, apakah cuma kitab Yesaya saja yg berbicara, bahwa “bumi ini bulat”? Jawabnya “ya” dan dari Seluruh kitab PL, maka ditemukan pemahaman bumi ini bulat, hanya terdapat dalam “sepenggal” perkataan nubuatan Yesaya tsb.

Jbu

Oke.. Kalau gitu saya tanggapi lagi tentang Yesaya

1. Jika anda mengartikan secara literal ayat 22, maka perikop itu harus diartikan juga secara literal. Bagaimana dengan
Isa 40:7  Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila TUHAN menghembusnya dengan nafas-Nya. Sesungguhnyalah bangsa itu seperti rumput.
Isa 40:8  Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya."
Jika Nabi Yesaya menganggap
Isa 40:10  Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.
Isa 40:11  Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.
Isa 40:15  Sesungguhnya, bangsa-bangsa adalah seperti setitik air dalam timba dan dianggap seperti sebutir debu pada neraca. Sesungguhnya, pulau-pulau tidak lebih dari abu halus beratnya.
Isa 40:16  Libanon tidak mencukupi bagi kayu api dan margasatwanya tidak mencukupi bagi korban bakaran.
Isa 40:17  Segala bangsa seperti tidak ada di hadapan-Nya mereka dianggap-Nya hampa dan sia-sia saja.
Isa 40:24  Baru saja mereka ditanam, baru saja mereka ditaburkan, baru saja cangkok mereka berakar di dalam tanah, sudah juga Ia meniup kepada mereka, sehingga mereka kering dan diterbangkan oleh badai seperti jerami.

Tentu tidak anda artikan secara literal bukan?

2. Anda setuju bahwa yang penggunaan istilah bulatan adalah hasil dari penerjemahan, karena tidak ada bahasa Ibrani untuk bulatan (kita tidak setuju untuk hal ini). Jika Nabi Yesaya memang bermaksud menggunakan bulatan (pandangan bumi bulat), mengapa ia berkata
a. Isa 40:21  Tidakkah kamu tahu? Tidakkah kamu dengar? Tidakkah diberitahukan kepadamu dari mulanya? Tidakkah kamu mengerti dari sejak dasar bumi diletakkan?

מסדה / מוסדה
môsâdâh / môsâdâh
BDB Definition:
1) foundation

Coba lihat penggunaan kata dasar tersebut. Saya kutip dari KJC
Total KJV Occurrences: 13
foundations, 13
Deu_32:22, 2Sa_22:8, 2Sa_22:16, Psa_18:7, Psa_18:15, Psa_82:5, Pro_8:29, Isa_24:18, Isa_40:21, Isa_58:12, Jer_31:37, Jer_51:26, Mic_6:2

Kata Yunani yang digunakan

θεμέλιος
themelios
them-el'-ee-os
From a derivative of G5087; something put down, that is, a substruction (of a building, etc.), (literally or figuratively): - foundation.

Total KJV Occurrences: 16
foundation, 12
Luk_6:48-49 (2), Luk_14:29, Rom_15:20, 1Co_3:10-12 (3), Eph_2:20, 1Ti_6:19, 2Ti_2:19, Heb_6:1, Rev_21:19
foundations, 4
Act_16:26, Heb_11:10, Rev_21:14, Rev_21:19

Apa itu dasar bumi? tentunya bumi bulat tidak punya dasar atau pondasi. Yang ia punya adalah inti.

b. Isa 40:28  Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.

Kata yang digunakan
קצה
qâtsâh
BDB Definition:
1) end, extremity
1a) end
1b) from the whole of, from among (of what is included between extremities)

Kata ini digunakan lagi pada ayat
Total KJV Occurrences: 36
ends, 17
Exo_25:18-19 (2), Exo_28:23-26 (4), Exo_37:7, Exo_39:16-19 (4), Job_28:24, Psa_19:6, Isa_40:28, Isa_41:5, Isa_41:9, Eze_15:4
end, 4
Exo_25:19 (2), Exo_37:8 (2)
lowest, 3
1Ki_12:31, 1Ki_13:33, 2Ki_17:32
uttermost, 3
1Ki_6:24 (2), Psa_65:8
quarter, 2
Gen_19:4, Isa_56:11
selvedge, 2
Exo_26:4, Exo_36:11
coasts, 1
Jdg_18:2
corners, 1
Exo_27:4
edges, 1
Exo_28:7
parts, 1
Job_26:14
quarters, 1
Jer_49:36

Bahasa Yunani yang dipakai
ἄκρον
akron
ak'-ron
Neuter of an adjective probably akin to the base of G188; the extremity: - one end . . . other, tip, top, uttermost part.

Total KJV Occurrences: 5
uttermost, 2
Mar_13:27 (2)
end, 1
Mat_24:31
tip, 1
Luk_16:24
top, 1
Heb_11:21

Jika Yesaya memandang bumi bulat, mengapa ia menggunakan ujung-ujung bumi? Bumi bulat tidak memiliki ujung. Hanya bumi datar yang memiliki ujung.

Jika anda perhatikan postingan saya di awal, ayat-ayat ini sesuai dengan kosmologi bumi datar orang Yahudi.
December 23, 2018, 08:14:10 AM
Reply #129
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Sebetulnya Yesus Kristus menjelaskan bahwa bumi itu bulat, cuma kita tidak menyadarinya.

Pada saat pengangkatan Gereja Tuhan terjadi ada bagian yang mengalami siang ada yang malam hari.

Mat 24:40 Pada waktu itu, dua orang sedang bekerja di ladang: Seorang akan dibawa, dan seorang lagi ditinggalkan.

Orang bekerja di ladang disiang hari.

Lukas 17:34 Aku berkata kepadamu, pada malam itu akan ada 2 orang yang tidur di 1 tempat tidur. Akan tetapi, yang seorang akan dibawa, sedangkan yang lain akan ditinggalkan.

Orang tidur di malam hari

Jadi secara tidak langsung Yesus menjelaskan bahwa bumi itu bundar, satu bagian mengalami siang dan bagian lain mengalami malam hari.

Salam, pandangan yang menarik. bagaimana dengan ayat ini?
Quote
Jos 10:12  Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"
Jos 10:13  Maka berhentilah matahari dan bulanpun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.
Jos 10:14  Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN.

A. Pandangan kita pada saat ini:
1. siang dan malam terjadi karena rotasi bumi itu sendiri
2. bumi yang bergerak mengitari matahari bukan sebaliknya

B. Pandangan di PL (Yahudi kuno), setidaknya yang tercatat dalam Yosua
1. Matahari, dan bulan yang bergerak mengelilingi bumi
2. siang dan malam ditentukan oleh posisi matahari dan bulan terhadap bumi, bukan sebaliknya

Hal menarik lainnya

"Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"

Lihat letak Gibeon dan lembah Ayalon



Bagaimana bulan dan matahari berada di atas dua tempat yang begitu dekat secara bersamaan?
Memang bisa kita sebut sebagai gerhana matahari (ketika bulan berada di antara matahari dan bumi). tetapi apa yang terjadi ketika gerhana matahari? Gelap, bukan terang seperti yang tercatat di Alkitab




A= bumi bulat
B= bumi datar
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)