Author Topic: Bumi datar atau bumi bulat  (Read 2143 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 19, 2018, 10:57:02 PM
Reply #30
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Permasalahan bumi datar atau bumi bulat, beberapa tahun terakhir menjadi bahan perdebatan yg hangat dan bahkan menjadi viral, dan tidak sedikit .. pihak2 non Kristen, melemparkan pendapa yg cenderung “fitnah”, bawah pemahaman bumi datar adalah berdasarkan “pernyataan gereja”.

Tetapi untuk mengklarifikasi itu semua, bagaimana sebenarnya pendapat Alkitab tentang bumi ini, apakah bumi itu datar atau bulat ??

Firman Tuhan berkata dalam Yesaya 40:22.. Dia yg ber tahtah diatas “bulatan” bumi..sudah sangat jelas memberitahukan kita, bahwa “bumi itu bulat”, dan fakta ini .. memberitahukan pada kita, kebenaran FT tsb teruji oleh Kenyataan ilmiah, bahwa bumi itu bulat.

Semoga Yesaya 40:22 tsb, dapat menjadi “pegangan kita”, dalam berdiskusi dgn “kelompok bumi datar”, sebab ayat tersebut juga, merupakan “nubuat an” Yesaya, bahwa Allah akan menjadi raja atas seluruh dunia.

Salam dan Tuhan Yesus memberkati..
Ane tanya bulatan dalam bahasa aslinya itu apa?
terus oda udah kasih hasil pembacaan Agustinus. apa berarti dia salah? dan ente lebih bener dari dia? btw ente tahu Agustinus kan?
December 19, 2018, 10:57:53 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
kalau misal saya tanya dengan cara yang sama.
Alkitab menulis penciptaan itu 7 hari. sedangkan alam semesta sudah berumur 14 miliar tahun, dan manusia pertama muncul puluhan ribu tahun yang lalu. bagaimana bisa didamaikan? Alkitab baru ada sekitar 4000 tahun yang lalu kan? tentu dengan tafsir ulang kan?

Tidak bisa anda bilang

Fakta Alkitab jelas 7 hari. Fakta ilmiah miliaran tahun. ya perlu tafsir ulang. tidak bisa anda bilang tafsir itu hanya tafsir. Ya ujungnya dicocokkan (kecuali beberapa denominasi yang tetap percaya umur bumi baru ribuan tahun. mereka menolak umur bumi sudah miliaran tahun), belum lagi kalau saya tanya mana dinosaurus dan mahkluk purba lainnya? ada fosil2 mereka. tapi tidak ada di Alkitab.

Yang hijau, belum pasti. ayat ayatnya sudah saya taruh di atas. (baca: jangan hanya baca dari bahasa Indonesia, pelajari bahasa Ibrani yang digunakan, pandangan para penulis Alkitab dan kebudayaan mereka pada saat itu. Kalau pakai pandangan sekarang ya namanya menarik keluar konteks)
Ada hal2 yg perlu ditafsirkan dan ada hal2 yg sesuai arti tertulis. Nah.. jesaya sudah menyatakan, bumi itu bulat (sangat jelas dan tegas), lalu apa yg anda mau tafsirkan ? Tidak ada bukan. Jadi, apapun alasan anda, selama anda “tidak bisa membuktikan” satu ayat saja, yg menyatakan bumi datar, untuk menentang “nubuat an jesaya”, saya anggap semua “tafsiran”.
December 19, 2018, 10:58:28 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
Kosmologi Yahudi kuno, adalah “tafsiran” manusia terhadap fakta2 FT tentang bumi, karena hanya “berupa tafsiran”, maka tidak dapat disebut sebagai “Fakta Alkitab”.
IMO, ada kalimat2 di ayat yang memerlukan pemikiran, 888. Selanjutnya kesimpulan. So, itu tafsiran.

Quote
Mungkin dulu, orang Yahudi tsb tidak membaca ayat tsb
ya.... mungkin iya mungkin nggak ---> namun ini kalo secara per individu. Kalo giliran para Rabi Yahudi, kalimat "mungkin" itu menjadi sebuah probabilitas... karena most likely yg disebut Rabi itu "pasti" (probabilitas 95% misalnya) membaca ayat terkait.

Quote
karena pernyataan bumi bulat itu, hanya terdapat dalam sepenggal nubuat an Yesaya.
Sepertinya saya salah nangkep kalimat 888. Kosakata [bulat] disitu maksud 888 [a sphere] ya ? Kalo iya... sekali lagi, kosakata yg digunakan itu "a circle", 888.

Quote
Tetapi yg pasti.. Sekarang anak2 Tuhan harus paham, bahwa Alkitab dgn pasti mengatakan, “bumi itu bulat”, dan Fakta ini merupakan “bukti”, bahwa Alkitab bersumber dari Firman Allah yg benar.
Dan Alkitab dengan pasti mengatakan bahwa Allah duduk diatas bola dunia.



Dari internet saya baca baca, dikatakan bahwa di sekitaran taon 500 BC sudah ada orang yg berpikir bahwa bumi itu a sphere. TAPI, itu bukan orang Yahudi - melainkan orang2 Yunani.

Dugaan saya (nggak ada di internet) :
mungkin karena di pov Yahudi orang2 Yunani itu pagan - penyembah dewa dewa,
maka pemikiran Yunani bhw bumi itu [a sphere] di pov Yahudi adalah ajaran iblis.

Saya gak tau Alkitab-nya Yahudi saat itu berbahasa apa, anyway pada asumsi ayat terkait di jaman tsb menggunakan kosakata "chug", ya jadinya lebih lebih lagi pemikiran Yunani [bumi = a sphere] di kontraskan dgn "chug" dimana arti dari kosakata chug itu sendiri bukan a sphere, melainkan a circle / disk.

Ilustrasi tebak2an saya, misal :
gambar [Atlas ngebopong bumi bulet] dari Yunani, di pov Yahudi saat itu jadi bahan ketawaan. Dimana di benak Yahudi saat itu "wong Alkitab bilang [bumi = a circle] koook.....

Well, cuma tebak2an aja sih :D
December 19, 2018, 11:04:15 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Mmmmmm, bagaimana dengan ayat ayat yang saya kutip? Di Web yang saya bagikan juga masih banyak ayat yang menunjukkan bumi datar. Apa berarti ayat itu tidak berasal dari Tuhan?

Lagipula nubuat nabi Yesaya itu untuk orang Israel di pembuangan. Bukan tentang kosmologi. Bagaimana dengan pasal pasal lain di Yesaya? Apa harus ditafsir / artikan secara literal?

Kenapa satu ayat dr Yesaya ini menegasikan ayat ayat lain yang berpandangan bumi datar? (lagipula sudah dijelaskan oleh Oda)
Begini, anda menuliskan panjang lebar, tetapi tidak ada satupun ayat yg menuliskan “bumi datar”.

Tahukah anda, hanya 1 ayat di Alkitab yg menuliskan “bumi itu bulat”, itulah sebabnya.. banyak manusia yg keliru menafsirkannya, karena tidak membaca ayat tersebut, sama dengan Yehova adalah Nama Firman, juga cuma 1 ayat di Alkitab, sehingga banyak tafsiran manusia yg keliru.

Silahkan anda tunjukan 1 ayat saja yg menyatakan bumi ini datar. Tidak usah banyak2, CUKUP 1 ayat.
December 19, 2018, 11:12:12 PM
Reply #34
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Semua ayat yg anda sebutkan, tidak ada satupun yg menyatakan “bumi datar”, seperti penjelasan saya sebelumnya.. hanya manusia yg “menafsirkan” bumi itu datar, berdasarkan penjelasan anda, sementara penjelasan2 tersebut, dapat dibantahkan.. dan yg pasti Jesaya telah “memastikan” bumi itu bulat. Artinya: Pemahaman bumi datar, bertentangan dgn Alkitab.

Ente lagaknya kayak udah pasti aja. nih baca baik baik. ane bantu biar jelas

Yesaya 40:22
(ITB) Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!
(KJV) It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in: 
(ISV) He's the one who sits above the disk of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers. He's the one who stretches out the heavens like a curtain, and spreads them like a tent to live in,
TANAKH הישׁב על־חוג הארץ וישׁביה כחגבים הנוטה כדק שׁמים וימתחם כאהל לשׁבת׃ 

Bahasa Ibrani yang dipakai
Dari kamus Brown Driver Briggs
חוּג
chûg
BDB Definition:
1) circle, circuit, compass
2) (BDB) vault (of the heavens)
Part of Speech: noun masculine

Strong
חוּג
chûg
khoog
From H2328; a circle: - circle, circuit, compassive

Kata ini cuma tercatat 3 kali di Alkitab. Ayat lain yang menggunakan kata ini adalah
Ayub 22:14
ITB Awan meliputi Dia, sehingga Ia tidak dapat melihat; Ia berjalan-jalan sepanjang lingkaran langit!
KJV Thick clouds are a covering to him, that he seeth not; and he walketh in the circuit of heaven. 
ESV Thick clouds veil him, so that he does not see, and he walks on the vault of heaven.'
TANAKH עבים סתר־לו ולא יראה וחוג שׁמים יתהלך׃

Amsal 8:27
ITB Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
KJV When he prepared the heavens, I was there: when he set a compass upon the face of the depth: 
ESV When he established the heavens, I was there; when he drew a circle on the face of the deep,
TANAKH בהכינו שׁמים שׁם אני בחוקו חוג על־פני תהום׃ 

Ente bandingkan di tiga ayat itu bahasa Indonesia sama bahasa inggris dan bahasa ibrani.
Ya jelas penerjemah ke Indonesia pakai bundaran. orang diterjemahkan abad ini. kalau jaman dulu tahunya lingkaran datar. kurang jelas? sila tanya
December 19, 2018, 11:14:05 PM
Reply #35
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Begini, anda menuliskan panjang lebar, tetapi tidak ada satupun ayat yg menuliskan “bumi datar”.

Tahukah anda, hanya 1 ayat di Alkitab yg menuliskan “bumi itu bulat”, itulah sebabnya.. banyak manusia yg keliru menafsirkannya, karena tidak membaca ayat tersebut, sama dengan Yehova adalah Nama Firman, juga cuma 1 ayat di Alkitab, sehingga banyak tafsiran manusia yg keliru.

Silahkan anda tunjukan 1 ayat saja yg menyatakan bumi ini datar. Tidak usah banyak2, CUKUP 1 ayat.
yang ente tulis aja itu bumi datar. ente baca baik baik tulisan di atas. makanya kalau kagak ngarti Bahasa Ibrani . tanya. belajar. jangan ente tafsir langsung dari ITB kagak cek bahasa, budaya,dan pandangan asli sama proses penerjemahan.
December 19, 2018, 11:15:45 PM
Reply #36
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Ente lagaknya kayak udah pasti aja. nih baca baik baik. ane bantu biar jelas

Yesaya 40:22
(ITB) Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!
(KJV) It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in:
(ISV) He's the one who sits above the disk of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers. He's the one who stretches out the heavens like a curtain, and spreads them like a tent to live in,
TANAKH הישׁב על־חוג הארץ וישׁביה כחגבים הנוטה כדק שׁמים וימתחם כאהל לשׁבת׃

Bahasa Ibrani yang dipakai
Dari kamus Brown Driver Briggs
חוּג
chûg
BDB Definition:
1) circle, circuit, compass
2) (BDB) vault (of the heavens)
Part of Speech: noun masculine

Strong
חוּג
chûg
khoog
From H2328; a circle: - circle, circuit, compassive

Kata ini cuma tercatat 3 kali di Alkitab. Ayat lain yang menggunakan kata ini adalah
Ayub 22:14
ITB Awan meliputi Dia, sehingga Ia tidak dapat melihat; Ia berjalan-jalan sepanjang lingkaran langit!
KJV Thick clouds are a covering to him, that he seeth not; and he walketh in the circuit of heaven.
ESV Thick clouds veil him, so that he does not see, and he walks on the vault of heaven.'
TANAKH עבים סתר־לו ולא יראה וחוג שׁמים יתהלך׃

Amsal 8:27
ITB Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
KJV When he prepared the heavens, I was there: when he set a compass upon the face of the depth:
ESV When he established the heavens, I was there; when he drew a circle on the face of the deep,
TANAKH בהכינו שׁמים שׁם אני בחוקו חוג על־פני תהום׃

Ente bandingkan di tiga ayat itu bahasa Indonesia sama bahasa inggris dan bahasa ibrani.
Ya jelas penerjemah ke Indonesia pakai bundaran. orang diterjemahkan abad ini. kalau jaman dulu tahunya lingkaran datar. kurang jelas? sila tanya

Kalau bahasa Ibrani susah. Bahasa Inggris dah. Circle, Disc, Compass, Circuit itu datar apa bulat?
December 19, 2018, 11:17:07 PM
Reply #37
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

Lagian kemah itu didirikan di tanah datar atau di atas bola?
Kain dibentangkan di atas bola gimana caranya?
December 19, 2018, 11:17:34 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12649
    • fossil coral cantik
Seberapa banyak pun tafsiran manusia atas Alkitab, tetap aja “tafsiran” dan yg pasti adalah: Apa yg jelas2 ditulis oleh Yesaya, bahwa bumi bulat, itulah Fakta Alkitab yg sebenarnya.
Kalimat di ayat tsb NGGAK bilang bahwa bumi bulat, 888. Terjemahan mentah2nya ke bahasa Indo : [Allah duduk diatas lingkeran bumi].

Secara nalar, duduk itu ya di permukaan datar. Dan lebih masuk [Allah duduk di permukaan datar], karena taroh kata Allah lebih besar dari bumi, maka seluruh permukaan datar bumi didudukinya ... "dikuasainya" ---> sense-nya disini dapet. TAPI kalo itu buletan/bola, maka ada bagian yang Allah tidak duduki, 888.



A. He will roll you up tightly like a ball and throw you into a large country
B. He who sits above the circle of the earth


Penulis yang sama, menggunakan dua kosakata berbeda.

Logikanya :
KALO a circle (chug) = a sphere/bulet di ayat B.
MAKA penulis seyogyanya kan penulis juga menggunakan a circle (chug) di ayat A.

Semoga aja argumen balesannya nggak berupa :
Nah... kalo yang ayat A, ya itu dah yang a circle,
kalo yang ayat B itu a sphere.
 


:D
December 19, 2018, 11:19:01 PM
Reply #39
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 493
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kalimat di ayat tsb NGGAK bilang bahwa bumi bulat, 888. Terjemahan mentah2nya ke bahasa Indo : [Allah duduk diatas lingkeran bumi].

Secara nalar, duduk itu ya di permukaan datar. Dan lebih masuk [Allah duduk di permukaan datar], karena taroh kata Allah lebih besar dari bumi, maka seluruh permukaan datar bumi didudukinya ... "dikuasainya" ---> sense-nya disini dapet. TAPI kalo itu buletan/bola, maka ada bagian yang Allah tidak duduki, 888.



A. He will roll you up tightly like a ball and throw you into a large country
B. He who sits above the circle of the earth


Penulis yang sama, menggunakan dua kosakata berbeda.

Logikanya :
KALO a circle (chug) = a sphere/bulet di ayat B.
MAKA penulis seyogyanya kan penulis juga menggunakan a circle (chug) di ayat A.

Semoga aja argumen balesannya nggak berupa :
Nah... kalo yang ayat A, ya itu dah yang a circle,
kalo yang ayat B itu a sphere.
 


:D

Pangkal masalahnya sih disini. doi kagak ngarti, dan mengartikan langsung dari ITB. ya alhasil gini.wkwkwkwkwk
Coba mas broh 888 baca pelan pelan. ane udah kasih ayat bejibun juga kayaknya kagak dibaca
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)