Author Topic: Curhat soal pelayanan  (Read 242 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 02, 2019, 02:52:57 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 14
Shalom teman-teman terkasih dalam Kristus, aku mau curhat nih. Jadi di gereja aku tuh ada satu peraturan yang mengikat bagi setiap pelayan Tuhan, baik pelayan mimbar maupun seperti usher, peraturannya adalah larangan untuk pacaran. Nah hal ini yang jadi bahan gonjang-ganjing di antara pelayan dan anak-anak youth sendiri malah gak mau terjun ke pelayanan karena takut gak dibolehkan pacaran. Pedahal ada beberapa senior pelayan juga yg berumur 30an dan bahkan 40an yang memang tidak mau pacaran dulu karena takut tidak bisa melayani. Dulu pernah ada pelayan mimbar yang ketahuan pacaran, saya juga diceritakan salah seorang pelayan senior, karena ketahuan  mereka ditegur dan di off dari pelayanan karena alasan belum cukup usia untuk menikah dari info yg saya dengar mereka sekitar umur 22an pas pacaran dlu, setelah ditegur mereka memutuskan utk tetap lanjut pacaran walau tdk bisa melayani lg tetapi parahnya justru mereka undur diri juga dari gereja dan dari kabar yg jemaat dengar mereka memutuskan utk menikah secara agama sebrang, gak tau deh klo pindah keyakinannya tuh karen apa. Saya hanya bertanya2 apakah ditiap gereja memang ada peraturan bagi pelayan tidak boleh pacaran ? Mohon jawabannya ya teman2, JBU
January 02, 2019, 03:18:23 PM
Reply #1
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 52
    • Gospel Radio
  • Denominasi: CHRIST
Shalom..

Bukannya Yesus datang untuk melayani bukan untuk dilayani?
Tujuannya bukankah karena kita yang terhilang / tersesat ... agar tidak 'lost'.

Melayani di Gereja mengarah pada melayani sesama manusia khan? Terlebih lagi yang membutuhkan bantuan.
Agar bisa saling mengasihi (dalam kondisi baik-baik saja manusianya)
Kalau tidak sakit tidak butuh tabib, diobati (oleh kebenaran) agar kita bisa baik.

- BENAR -
- BAIK -
- SALAH -
- JAHAT -


Berhubung saya tidak pernah melayani di Gereja  :mad0261: , jadi saya kurang tahu.. mungkin ada yang bisa bantu yang lainnya...
« Last Edit: January 02, 2019, 03:31:21 PM by OMNI »
January 02, 2019, 03:36:17 PM
Reply #2
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Gender: Male
  • Blessed Teenager.
  • Denominasi: Protestan
Shalom teman-teman terkasih dalam Kristus, aku mau curhat nih. Jadi di gereja aku tuh ada satu peraturan yang mengikat bagi setiap pelayan Tuhan, baik pelayan mimbar maupun seperti usher, peraturannya adalah larangan untuk pacaran. Nah hal ini yang jadi bahan gonjang-ganjing di antara pelayan dan anak-anak youth sendiri malah gak mau terjun ke pelayanan karena takut gak dibolehkan pacaran. Pedahal ada beberapa senior pelayan juga yg berumur 30an dan bahkan 40an yang memang tidak mau pacaran dulu karena takut tidak bisa melayani. Dulu pernah ada pelayan mimbar yang ketahuan pacaran, saya juga diceritakan salah seorang pelayan senior, karena ketahuan  mereka ditegur dan di off dari pelayanan karena alasan belum cukup usia untuk menikah dari info yg saya dengar mereka sekitar umur 22an pas pacaran dlu, setelah ditegur mereka memutuskan utk tetap lanjut pacaran walau tdk bisa melayani lg tetapi parahnya justru mereka undur diri juga dari gereja dan dari kabar yg jemaat dengar mereka memutuskan utk menikah secara agama sebrang, gak tau deh klo pindah keyakinannya tuh karen apa. Saya hanya bertanya2 apakah ditiap gereja memang ada peraturan bagi pelayan tidak boleh pacaran ? Mohon jawabannya ya teman2, JBU

Shalommm...

Tujuan pacaran adalah Proses Pendekatan untuk sampai ke Pernikahan Kudus yang akan disaksikan dihadapan TUHAN Sendiri.
Melayani TUHAN ( Diakonia ) , adalah suatu cara dimana kita menggunakan kemampuan / talenta / bakat yang TUHAN Sediakan , untuk Memuliakan Nama-Nya.
Semua-Nya memang tentang TUHAN. Semua Kemuliaan harus kembali kepada TUHAN. Tapi, bukan berarti pacaran sesama pelayan / saat menjadi pelayan itu dilarang. Mungkin maksud Gereja yang melarang untuk pacaran saat menjadi pelayan baik, supaya hati kita tetap tidak condong , dan fokus kepada Allah.

Tapi selama anda berniat untuk melakukan pernikahan kudus yang disaksikan oleh TUHAN sendiri saat anda mengucap janji nantinya, tidak ada salahnya anda pacaran. Asalkan hubungan anda didasari oleh kebenaran Firman, sehingga anda tidak tersesat dalam hubungan yang salah. Seperti contohnya , Seks yang seharusnya kudus saat adanya ikatan pernikahan , anda lakukan diluar pernikahan.

Ketika Anda meminta TUHAN Yesus untuk hadir di tengah-tengah pernikahan anda, yakin dan percaya, Hubungan anda justru akan menjadi berkat bagi orang-orang lain. Dan anda akan semakin dipersiapkan untuk pernikahan kudus yang anda nanti-nantikan.

Jangan melakukan dosa dengan pacar , malah melayani bersama-sama kan adeemm, enakk diliatnya . heheheh.

Sedikit cerita, Ada 3 Pasangan di gerejaku. Pasangan ini sama-sama melayani, sampai akhirnya mereka melakukan Pernikahan Kudus di Gereja yang mereka layani juga. Ketika hubungan itu baik , pasti akan TUHAN Jaga dan TUHAN Sertai.

Asalkan kita tetap ingat, pasangan kita, tidak lebih dari TUHAN Kita

God Bless You.  :afro: :D
It's all about HIM.
January 02, 2019, 06:06:24 PM
Reply #3
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 327
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Yang benar adalah tdk boleh pacaran di gereja, kalau diluar gereja itu urusan orang masing2 ya kan ?
Menemukan pasangan di gereja boleh2 saja sebab cinta bisa bersemi dimana saja kan ? yg penting tdk pacaran di gereja.
January 04, 2019, 05:55:15 PM
Reply #4
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Gender: Female
  • Denominasi: Protestan
Shalom..
Di gereja saya, untuk youth tidak kami larang untuk pacaran tp kami sarankan untuk tidak berpacaran. Karena biasanya anak youth belum siap untuk pacaran karena masih labil, belum dewasa dan tujuan pacaran kemungkinan kecil untuk ke jenjang pernikahan. Ketidaksiapan pacaran terlihat ketika mereka berpaacaran, kerohanian dan pelayanan mereka menurun. Mereka tidak sepenuh hati melayani Tuhan dan terkadang prioritas mereka juga berubah. Atau ketika sedang berantem dengan pasangan, mood jadi jelek dan mempengaruhi pelayanan. Dan peristiwa lainnya ketika putus, salah satu pasangan akan undur dari pelayanan.
Sedangkan untuk yang telah bekerja, kami bebaskan untuk berpacaran tetapi dengan di bawah bimbingan/pengawasan senior (sebelum memutuskan untuk pacaran, berkonsultasi terlebih dahulu dengan senior atau bapa rohani). Sehingga pasangan yang dipilih seiman dan sepadan dan hubungan tersebut juga dapat dijaga oleh orang2 gereja sehingga tetap menjadi hubungan yang kudus hingga ke jenjang pernikahan.
January 05, 2019, 07:45:48 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1449
Tidak boleh pacaran selama melayani di Gereja....analogi lain yang sama : tidak boleh main HP selama melayani di Gereja...
Apakah tidak boleh punya pacar ? Apakah tidak boleh punya HP ? Simak maksud dan tujuan dari isi peraturan (patuhi dengan ikhlas)...bukan hanya sekedar mengartikan isinya dan terpaksa menurut karena takut....

Salam Damai Temans...
Tuhan Memberkati....
January 06, 2019, 10:27:04 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1720
kasus yg mirip terjadi di gereja saya, ada beberapa pemimpin komsel yg sering ngajarkan supaya klo ikut komsel jangan fokus cari pacar/pasangan namun kenyataannya mereka sendiri ngga menjalankan apa yg mereka ajarkan ke orang lain (malah ada yg pacaran & menikah dgn orang dari sesama anggota komsel & ujung2nya juga ngga dipermasalahkan oleh gereja tuh pdhal). jadi terkesan munafik gitu menurut saya (atau mungkin lebih baik ga perlu lebay sampai melarang-larang orang cari jodoh di komsel supaya adil buat jemaat yg lain, toh faktanya ada juga pemimpin yg 'ga kuat' menjalankan himbauannya sendiri).
January 06, 2019, 10:43:38 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1720
Sedangkan untuk yang telah bekerja, kami bebaskan untuk berpacaran tetapi dengan di bawah bimbingan/pengawasan senior (sebelum memutuskan untuk pacaran, berkonsultasi terlebih dahulu dengan senior atau bapa rohani). Sehingga pasangan yang dipilih seiman dan sepadan dan hubungan tersebut juga dapat dijaga oleh orang2 gereja sehingga tetap menjadi hubungan yang kudus hingga ke jenjang pernikahan.

kudus atau tidaknya hubungan tetap hanya pasangan yg bersangkutan yg paling tahu (di samping Tuhan tentunya), adakah jaminan kalau mereka akan selalu bicara jujur terhadap pembimbing rohani? klo dipikir pake logika sih kemungkinannya 50:50 (sukur2 mereka mau jujur mengakui jika memang melakukan sesuatu yg bikin hubungan mereka ga kudus lagi).
January 08, 2019, 09:43:21 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9377
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
inti dari maksudnya itu supaya kamu ke gereja/komsel fokus ke Tuhan bukan fokus cari jodoh

nah setelah kamu fokus ke Tuhan lalu dapet bonus jodoh ya kenapa nggak :)
tp jgn dijadiin tujuan utama gitu loh
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 08, 2019, 02:36:59 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1720
ada kenalan saya yg klo dateng komsel keliatan banget tujuan utamanya buat cari jodoh tapi ngga pernah ditegur oleh pemimpin (malah disupport sampe akhirnya menikah). entahlah mungkin emang orangnya yg lihai 'bergaul' dgn pemimpin sehingga dapat perlakuan istimewa (beda dgn anggota lainnya yg bisa ditegur ).
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)