Author Topic: SOSOK YANG PALING DIBENCI UMAT NON KATOLIK  (Read 1823 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 10, 2019, 08:53:22 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3677
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Saya rasa judulnya udah salah nih.
Orang Kristen mana boleh membenci sesamanya manusia. Kacau dong.
Jadi melanggar hukum kedua.

22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Salam Hidup hanya sementara.

Memang benar orang Kristen dilarang membenci, membunuh, mencaci maki dst. Namun toh meskipun ada larangan tetap dilakukan. Yang kita bahas sekarang  bukan sekedar soal larangan membenci, tetapi PERINTAH oleh Sang Firman yg Hidup ketika Ia  berkata diatas kayu salib INILAH IBUMU!.

Jika kita taat sebagai murid Kristus hendaknya kita mendengarkan Firman tsb. Jika Maria tidak diterima dan tidak diperlakukan atau tidak dianggap sebagai ibu oleh umat protestan  itu sendiri artinya umat protestan  tidak taat dan tidak mendengarkan Firman. Jika sudah tidak mendengarkan Firman,  dan tidak taat dan bukannya menyesal oleh karena keidaktaatan tersebut namun malahan masih menambahkan suatu dosa lagi yaitu dosa membenci apa yg justru Firman katakan untuk kita terima sebagai Ibu yaitu Maria, maka kita akan jatuh kepada dosa. Oleh karena itu jangan sampai kita membenci Bunda Maria.

Tapi jika kawan kawan protestan tidak merasa demikian, maka mohon maafkanlah saya.
« Last Edit: January 10, 2019, 09:00:14 AM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 10, 2019, 09:47:45 AM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
sudah saat Clay menerima kenyataan :

kalau hal diatas itu dianggap hanya penafsiran saja seperti lazimnya penafsiran-penafsiran yang lain

Protestan banyak penafsiran soal ayat diatas dan memang gak pernah kearah yang Katolik tafsirkan

dan yang namanya penafsiran susah untuk didebatkan, gak tau juga yang pasti benar pasti salah yang mana
kalau sudah bgini, harusnya kita terima saja perbedaan penafsiran itu

toh gak esensial

dalam artian, itu bukan syarat masuk sorga
terima gak terima penafsiran tersebut, orang bisa tetap masuk sorga, ketemu Bapa melalui Yesus

saya harap Clay bisa mengerti
January 10, 2019, 07:32:10 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3677
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
sudah saat Clay menerima kenyataan :
kalau hal diatas itu dianggap hanya penafsiran saja seperti lazimnya penafsiran-penafsiran yang lain
Protestan banyak penafsiran soal ayat diatas dan memang gak pernah kearah yang Katolik tafsirkan
dan yang namanya penafsiran susah untuk didebatkan, gak tau juga yang pasti benar pasti salah yang mana
kalau sudah bgini, harusnya kita terima saja perbedaan penafsiran itu
toh gak esensial
dalam artian, itu bukan syarat masuk sorga
terima gak terima penafsiran tersebut, orang bisa tetap masuk sorga, ketemu Bapa melalui Yesus
saya harap Clay bisa mengerti

Di sinilah akar permasalah kita bersama. yaitu PENAFSIRAN. Pada akhirnya mau atau tidak mau kita dihadapkan pada perbedaan paling hakiki antara protestan dan Katolik. Protestan menganut prinsip bebas sebebas2nya bagi setiap individu untuk menafsirkan oleh karena anggapan bahwa setiap orang dikarunia ROH KUDUS, meski benar namun semua orang tidak dikarunia Roh pengertian. Namun terkadang penafsiran si A dan si B bisa saling bertentangan namun  masing2 mengklaim dikarunia ROH KUDUS.

Sedangkan Katolik TAAT kepada penafsiran MAGISTERIUM dan tiap individu punya patokan, selain Alkitab itu sendiri, namun juga disertai oleh pengajaran2 Gereja, Para Paus, Para orang kudus...

Dan jika kita tetap mengatakan menggunakan Alkitab sebagai pedoman untuk menafsirkan, sudah semestinya kita tida bisa mempertentangkan ayat satu dengan yg lain. Tida ada ayat satu membatalkan ayat yg lain. Yg terjadi adalah ayat yg satu meneguhkan yg lain, melengkapi yg lain atau menggenapi ayat lain.

« Last Edit: January 10, 2019, 07:56:32 PM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 10, 2019, 07:34:08 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3677
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Dalam hal ini, jujur atau tidak jujur protestan seringkali mengelak ketikaKatolik mengatakan bahwa protestan menolak kebundaan Maria, dengan mengartikan beberapa ayat yg justru diartikan dari bentuk sikap Yesus menolak dan menyangkal kebundaan Maria.. ayat2 tsb adalah...

“Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”( Luk 2:49 )



“Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” (Yoh 2:4).



“Ibu-Ku dan saudara- saudaraKu ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.” (Luk 8:19, lih. Mat 12:49-50, Mrk 3: 31-35).


Dan yg terkini diperdebatkan: "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau. " Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah  dan yang memeliharanya. (Lukas 11:27-28)   


Ayat-ayat diatas seringkali ditafsirkan oleh Protestan sebagai bentuk penolakan atau penyangkalan Yesus akan Bunda-Nya. Yesus dalam versi protestan ini tampak bagai anak yg tidak taat dan sedikit arogan pada Ibunya. Jika kita  menggunakan prinsip tidak  mempertentangkan ayat satu dengan yg lain., maka dengan demikian tafsiran Protestan tsb BERTENTANGAN dengan ayat-ayat di mana Yesus berkali-kali mengajarkan untuk mengormati Ibu dan Bapamu:

 Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu;   dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati. (Mat 15:4)   

   Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu!   dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati. (Mrk 7:10)

   hormatilah ayahmu dan ibumu  dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
(Mat 19:19)

Bagaimana TUHAN kita menjadi tidak konsisten kata dan perbuatan? Ini TUHAN kita, bukan nabi2an yg berkata boleh punya istri maximal 4 tapi tidak boleh lebih, namun istri si nabi itu sendiri jumlahnya diatas 4. Artinya enak dinabinye gak enak di pengikutnye... itu kalau nabi umat lain. TUHAN kita tidak demikian! TUHAN kita mengajarkan apa, itu yg dia teladankan. Dia mengajarkan Kasih Dia teladankan dengan perbuatan-Nya. Dia mengajarkan KASIH kepada mereka yg membencimu, itu Ia teladankan dengan mendoakan mereka yg menyalibkan. ITULAH SEJATINYA TUHAN KITA! Nah.. mengapa untuk musuh2nya dan para penguasa saja Yesus memilik tunduk dalam kuasa mereka, kok dengan sosok ibunya dia jadi pribadi yg arogan, terkesan tidak mengormati Bunda-Nya, terkesan menganggap kecil bunda-Nya. Inikah Yesus nya Protestan? Itu pertanyaan kami?

Sebab Yesus nya Katolik  tidaklah demikian. Oleh karena itu dengan prinsip ayat satu tidak bisa dibenturkan dengan ayat yg lain maka ayat2 yg digunakan oleh Protestan untuk mengecilkan Maria dan menganggap Dia bukan Ibu Yesus itu tidaklah tepat. Yang tepat adalah ayat2 yg digunakan protestan diatas yaitu : ( Luk 2:49 );(Yoh 2:4);(Luk 8:19, lih. Mat 12:49-50, Mrk 3: 31-35);(Lukas 11:27-28), haruslah ditafsirkan dalam konteks PENGHORMATAN KEPADA BUNDANYA. Bukan malah sebaliknya. Karena dengan demikian tidak bertentangan dengan Firman Yesus sendiri tentang Hormatilah Ibu bapamu seperti yg tertulis di dalam : (Mat 15:4),(Mrk 7:10), (Mat 19:19)
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 10, 2019, 07:35:24 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3677
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
dalam artian, itu bukan syarat masuk sorga
terima gak terima penafsiran tersebut, orang bisa tetap masuk sorga, ketemu Bapa melalui Yesus

Jika protestan beranggapan bahwa Yesus menolak dan menyangkal kebundaan Ibu yg mengandungNya di sini Protestan telah menjatuhkan MARTABAT YESUS sendiri dengan menampilkan Yesus versi baru yg bertolak belakang dengan keyakinan Kristen. Yaitu Yesus yg tidak menempatkan Bunda-Nya semestinya dan memandang rendah Bunda-Nya, jika demikian maka sadar atau tidak sadar Protestan sedang mengutuk Yesus  Sebagaimana yang ditulis dalam Kitab Ulangan

Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu   dan bapanya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin! Ulangan 27:16

Karena itu berhati-hatilah kita jika menafsirkan Alkitab salah salah kita malahan menuding dan mengutuk  YESUS!!  Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.(Matius 23:36

Menurut saya ini konsekwensinya besar, jangan dianggap remeh sebab ada tertulis: Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa? (1Petrus 4:18)

Inilah pandangan saya tentang perbedaan kita dalam menempatkan dan memperlakukan Bunda Maria. Saya yakin kawan-kawan Katolik lainnya tidak berbeda dengan saya.

Salam Kasih
« Last Edit: January 10, 2019, 07:37:43 PM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 10, 2019, 08:46:55 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2157
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Jika protestan beranggapan bahwa Yesus menolak dan menyangkal kebundaan Ibu yg mengandungNya
di sini Protestan telah menjatuhkan MARTABAT YESUS
Yes!
Tapi andai2-mu itu tak cocok utk Kristen Protestan
Andai2-mu itu mungkin cocok utk sosok non Kristen
Spt yg kerap mereka sembur2-kan, "Tuhan koq beranak, dst".


Memang benar orang Kristen dilarang membenci, membunuh, mencaci maki dst.
Namun toh meskipun ada larangan tetap dilakukan.
Berarti memang benar org itu belum sepenuhnya pengikut Kristus

Yang kita bahas sekarang  bukan sekedar soal larangan membenci,
tetapi PERINTAH oleh Sang Firman yg Hidup
ketika Ia  berkata diatas kayu salib INILAH IBUMU!.

Perintah-Nya yg pertama kpd Maria, "Ibu, inilah anak-mu", tapi tak tercatat apa reaksi Maria
Perintah-Nya yg ke-dua kpd murid2-Nya, kpd Yohanes yg paling deket Yesus, "Inilah ibu-mu"
Tercatat, bw sejak saat itu Yohanes menerimanya, menjaganya dan memeliharanya di rumahnya

Jadi ringkasnya soall perintah-Nya, sbb:
"Nak!"... INILAH IBUMU, tercatat ada aksi murid-Nya yg taat kpd perintah-Nya
"Bu!" ... INILAH ANAKMU, tak tercatat ada aksi Maria, selain taat pd aksi murid-Nya
Apa penglihatan-mu, Bro CLAY, sangat beda dgn apa yg bisa ku gambarkan spt di atas?

Salam Damai CLAY!


« Last Edit: January 11, 2019, 01:46:15 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
January 11, 2019, 07:26:07 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Di sinilah akar permasalah kita bersama. yaitu PENAFSIRAN. Pada akhirnya mau atau tidak mau kita dihadapkan pada perbedaan paling hakiki antara protestan dan Katolik. Protestan menganut prinsip bebas sebebas2nya bagi setiap individu untuk menafsirkan oleh karena anggapan bahwa setiap orang dikarunia ROH KUDUS, meski benar namun semua orang tidak dikarunia Roh pengertian. Namun terkadang penafsiran si A dan si B bisa saling bertentangan namun  masing2 mengklaim dikarunia ROH KUDUS.

Sedangkan Katolik TAAT kepada penafsiran MAGISTERIUM dan tiap individu punya patokan, selain Alkitab itu sendiri, namun juga disertai oleh pengajaran2 Gereja, Para Paus, Para orang kudus...

Dan jika kita tetap mengatakan menggunakan Alkitab sebagai pedoman untuk menafsirkan, sudah semestinya kita tida bisa mempertentangkan ayat satu dengan yg lain. Tida ada ayat satu membatalkan ayat yg lain. Yg terjadi adalah ayat yg satu meneguhkan yg lain, melengkapi yg lain atau menggenapi ayat lain.

ya sudah toh

memperdebatkan hal ini gak ada abisnya
makanya terima aja perbedaan itu

toh gini lah
terima gak terima soal doktrin Maria
kita sama2 masuk sorga
ga usah pusing sama hal2 yang tak prinsipil
January 11, 2019, 08:04:47 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3677
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
ya sudah toh

memperdebatkan hal ini gak ada abisnya
makanya terima aja perbedaan itu

toh gini lah
terima gak terima soal doktrin Maria
kita sama2 masuk sorga
ga usah pusing sama hal2 yang tak prinsipil

Ya saya hargai keyakinan Brother Hen hen. Tetapi bagi saya itu justru sangat prinsip sekali. Saya dulu sama dengan kebanyakan orang yg anggap tidak ada pengaruh apa-apa Bunda Maria dalam Diri Yesus dan juga dalam misi keselamatan dunia, dan saya menelaah banyak, saya merenungkan banyak , mendalami banyak , dan hasilnya yg saya bagikan dengan  posting semua di grup ini.

Bagi saya mengabaikan peran  Bunda Maria adalah hal yg paling merugikan dalam pertumbuhan iman kita. Itu menurut saya, tapi kalau ada yg merasa bisa menghayati hidup Yesus TANPA bunda-Nya ya saya harus hormati. Mari kita saling hormati perbedaan ini.

Salam Kasih.
« Last Edit: January 11, 2019, 08:09:11 AM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
January 11, 2019, 08:07:46 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Di sinilah akar permasalah kita bersama. yaitu PENAFSIRAN. Pada akhirnya mau atau tidak mau kita dihadapkan pada perbedaan paling hakiki antara protestan dan Katolik. Protestan menganut prinsip bebas sebebas2nya bagi setiap individu untuk menafsirkan oleh karena anggapan bahwa setiap orang dikarunia ROH KUDUS, meski benar namun semua orang tidak dikarunia Roh pengertian. Namun terkadang penafsiran si A dan si B bisa saling bertentangan namun  masing2 mengklaim dikarunia ROH KUDUS.

Sedangkan Katolik TAAT kepada penafsiran MAGISTERIUM dan tiap individu punya patokan, selain Alkitab itu sendiri, namun juga disertai oleh pengajaran2 Gereja, Para Paus, Para orang kudus...

Dan jika kita tetap mengatakan menggunakan Alkitab sebagai pedoman untuk menafsirkan, sudah semestinya kita tida bisa mempertentangkan ayat satu dengan yg lain. Tida ada ayat satu membatalkan ayat yg lain. Yg terjadi adalah ayat yg satu meneguhkan yg lain, melengkapi yg lain atau menggenapi ayat lain.
Tepat sekali,
Perbedaannya adalah dasar kepercayaan. Kalau Protestan percaya alkitab saja, maka setiap orang menggali, mendiskusikan, saling bertukar pendapat dan pemikiran karena mencoba untuk mengerti yang dimaksudkan oleh alkitab.

Sedangkan kalau Katolik berprinsip pokoknya apa kata Magisterium. Gak usah dipikir dan dikutak kutik lagi, pokoknya harus nurut apa kata Magisterium.

Makanya kalau anda memang berniat baik untuk meluruskan pandangan yang salah dari Protestan, seharusnya anda sampaikan dengan terbuka dan jujur bahwa Katolik itu pokoknya ngikut apa kata Magisterium. Bukan malah sok-sokan mencoba ngejelasin berdasarkan alkitab.

Doktrin-doktrin yang anda bawa kesini itu semuanya muncul dari logika di luar alkitab lalu dicoba disinkronkan dengan alkitab. Misalnya:

- Tidak dicatat Maria tidak yang paling berbahagia, maka kesimpulannya Marialah yang paling berbahagia
- Kristus raja sorga, maka dengan demikian Maria Ratu Sorga.
- Yesus yang kudus tidak mungkin bersatu dengan yang tidak kudus, maka Maria kudus dari lahir seumur hidup.
- Maria yang kudus tidak mungkin mengeluarkan sesuatu yang najis, maka Maria adalah sosok suci yang tidak bang air besar seumur hidup
- Maria dan Yusuf mendapat kenikmatan karena hadirnya Yesus dalam keluarga mereka, maka mereka tidak memikirkan kenikmatan lain seperti hubungan sex. Maka Maria perawan abadi seumur hidup.
- Yesus berkata kepada Yohanes Inilah Ibumu, maka Maria menjadi ibu semua orang percaya.

Jelas terlihat, anda memasukkan logika dari luar alkitab untuk membangun doktrin anda.
Protestan tentu tidak dapat mengerti hal ini, KECUALI anda menekankan bahwa Katolik itu prinsipnya pokoknya ngikut apa kata Magisterium.

Jadi daripada anda pakai jurus nuduh orang lain benci Maria, atau pakai cara nakut-nakutin, bilang orang lain merendahkan Yesus, mendingan anda tekankan: Katolik itu pokoknya ngikut magisterium.

Yang protestan juga harus maklum, gak perlu ngeyel dan mencoba membuktikan dari alkitab kepada Katolik, karena katolik itu berprinsip pokoknya ngikut magisterium.

Semoga dengan ini bisa saling mengerti.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
January 11, 2019, 08:16:03 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3677
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Tepat sekali,
Perbedaannya adalah dasar kepercayaan. Kalau Protestan percaya alkitab saja, maka setiap orang menggali, mendiskusikan, saling bertukar pendapat dan pemikiran karena mencoba untuk mengerti yang dimaksudkan oleh alkitab.

Sedangkan kalau Katolik berprinsip pokoknya apa kata Magisterium. Gak usah dipikir dan dikutak kutik lagi, pokoknya harus nurut apa kata Magisterium.

Makanya kalau anda memang berniat baik untuk meluruskan pandangan yang salah dari Protestan, seharusnya anda sampaikan dengan terbuka dan jujur bahwa Katolik itu pokoknya ngikut apa kata Magisterium. Bukan malah sok-sokan mencoba ngejelasin berdasarkan alkitab.

Doktrin-doktrin yang anda bawa kesini itu semuanya muncul dari logika di luar alkitab lalu dicoba disinkronkan dengan alkitab. Misalnya:

- Tidak dicatat Maria tidak yang paling berbahagia, maka kesimpulannya Marialah yang paling berbahagia
- Kristus raja sorga, maka dengan demikian Maria Ratu Sorga.
- Yesus yang kudus tidak mungkin bersatu dengan yang tidak kudus, maka Maria kudus dari lahir seumur hidup.
- Maria yang kudus tidak mungkin mengeluarkan sesuatu yang najis, maka Maria adalah sosok suci yang tidak bang air besar seumur hidup
- Maria dan Yusuf mendapat kenikmatan karena hadirnya Yesus dalam keluarga mereka, maka mereka tidak memikirkan kenikmatan lain seperti hubungan sex. Maka Maria perawan abadi seumur hidup.
- Yesus berkata kepada Yohanes Inilah Ibumu, maka Maria menjadi ibu semua orang percaya.

Jelas terlihat, anda memasukkan logika dari luar alkitab untuk membangun doktrin anda.
Protestan tentu tidak dapat mengerti hal ini, KECUALI anda menekankan bahwa Katolik itu prinsipnya pokoknya ngikut apa kata Magisterium.

Jadi daripada anda pakai jurus nuduh orang lain benci Maria, atau pakai cara nakut-nakutin, bilang orang lain merendahkan Yesus, mendingan anda tekankan: Katolik itu pokoknya ngikut magisterium.

Yang protestan juga harus maklum, gak perlu ngeyel dan mencoba membuktikan dari alkitab kepada Katolik, karena katolik itu berprinsip pokoknya ngikut magisterium.

Semoga dengan ini bisa saling mengerti.


Perbaiki bahasa anda dulu kalau mau lanjut berdiskusi.

Salam Kasih
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)