Author Topic: LUCIFER ( tujuan ia diciptakan ) PART II edisi revisi  (Read 2350 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

January 08, 2019, 12:34:55 PM
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 86
  • Denominasi: kharismatik
sehubungan dengan kurang lengkapnya argumen sy pada part 1,
untuk menghindari salah arti seperti yg sudah2, maka sy coba terbitkan edisi revisi ini,
sedikit lebih panjang, bersambung pada kolom komentar.

ya..
banyak Kristen menengking nengking iblis, tanpa tahu siapakah dia ?
bahkan Yesus sebelum mengusir iblis, Dia selalu bertanya nama si iblis terlebih dahulu.

kali ini gw coba bahas lucifer, ni raja nya iblis.

ini adalah agrumen gw, bisa aja salah,
tapi kalo lu bilang salah, please pake argumen juga,
jangan melebar kemana mana,
lu mau bantah abis2an silahkan,
ini bukan thread ejekan, justru gw mentok, siapa tau ada yg open minded juga disini,
mungkin kita bisa diskusi bareng2.

latar belakang gw adalah orang percaya, gw uda dibaptis juga tahun 1994,
gw Kristen dari lahir, umur gw 39 tahun,
gw seorang IT, sarjana komputer tahun 2000,
sekarang gw bekerja disalah satu hotel terkemuka,
dulu gw hapal dari kejadian sampai wahyu, sekarang uda mulai lupa wkwk.
nah ini adalah argumen didalam kepala gw,
yang cukup mengganggu gw kurang lebih selama 12 tahun belakangan ini....begini ceritanya...wkwk

menurut beberapa sumber Kristen, bumi berusia kurang lebih 6.000 tahun.
kalau menurut ilmuwan usia bumi sih udah milyard'an tahun, tapi...
kita pakai ukuran yg paling kecil deh, anggaplah 6.000 tahun usia bumi.

nah, si om lucifer ini sudah ada sebelum bumi ada, entah selisih berapa tahun, lagi lagi kita pakai deh ukuran terkecil. Anggaplah usianya sama seperti usia bumi, jadi usia lucifer kita anggap sama seperti usia bumi yakni 6.000 tahun.

menurut lu nih, yg pertama,
mahkluk yg usianya 6.000tahun itu seperti apa ?

kalau menurut gw, dia pasti lebih bijaksana dari manusia yang paling bijaksana manapun yg pernah hidup.
gw rasa dia abadi, karna kalo ga ada dia jadi ga seru.
kalau dia abadi, maka dia awet muda, seperti apa penampilannya ?
gw rasa di akan ganteng abis kalau dia laki2, dan cantik gila kalau dia perempuan.
kemudian gw rasa dia juga ga mungkin sombong, karna uda tua, masa sih seumur 6.000 tahun masih aja tol0l ?
dia pasti cerdas, ga gila hormat, ga gila sembah dan puji.
masa 6.000 tahun dia ga pinter2 ?

nah yg membuat gw penasaran adalah soal konflik di langit,
dikatakan doi jatuh kedalam dosa, karna doi ingin menjadi seperti Allah.


yg gw tidak temukan kesalahannya, ingin menjadi seperti Allah kok dosa ? dan kemudian dihukum ?
apa yg salah dengan itu ?
apa yg salah dengan keinginan untuk menjadi sama seperti Allah ?

apakah Allah tidak suka punya saingan ?
apakah semesta akan berantakan kalau punya dua Allah ?

analogi nya ada seorang murid, dia berkeinginan untuk menjadi guru,....
kemudian dinyatakan bersalah dan dihukum ?

apa yang salah ketika simurid berkeinginan untuk menjadi guru ?
toh akan meringankan pekerjaan sang guru juga nantinya, karna setelah simurid menjadi guru,
berarti ada dua orang yg berprofesi sebagai guru sekarang ?

kemudian kira2 apakah si lucifer tau gitu, bahwa kalau dia menentang Allah, dia akan dihukum ?
gw rasa dia tau, kemudian alasan apa yg membuat dia bersikeras melakukan kehendaknya itu ?
kaya orang nekat, gw harus jadi Allah, apapun yg terjadi, terjadilah...

cuma dua alasan setelah gw sudutkan,
yg pertama dia toL0L dan serakah, ( dan gw nyaris ga percaya hal itu, 6.000 tahun usianya, masa sih doi masih aja toL0L dan serakah ? )

yg kedua yg lebih masuk akal adalah,
ada satu atau dua keputusan2 Allah, yg kurang enak, yg kurang pas gitu melawan idealisme nya dia.
sehingga berontaklah isi hatinya,...?

kalau menurut lu gimana ? ngobrol yuk ... :D

bersambung ke bawah ...



« Last Edit: January 08, 2019, 12:40:38 PM by dhanieloei »
January 08, 2019, 12:35:54 PM
Reply #1
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 86
  • Denominasi: kharismatik
sumber bahan informasi dari om Simatupang@123 ( terima kasih atas linknya ) http://kemenanganakhir.com/

mungkin kalau boleh sy rangkum :

- Allah menciptakan kerajaanNya ( termasuk para malaikat, salah satunya yg terbaik yakni lucifer )
- lucifer dikatakan iri hati dan sombong ( asal muasal dosa )
- ia menghasut, memutar-balikkan fakta, dan mengajak sepertiga malaikat lain untuk bergabung dengan
  pemberontakkannya.
- dikatakan juga apabila ia berpaling dan bertobat, maka posisinya mungkin akan dikembalikan, tapi
  keangkuhannya menghalangi itu.
- sehingga terjadilah cerita selanjutnya yg kita sudah sama sama tahu, kejadian di eden, dan seterusnya
  sampai saat ini.

cerita diatas, saya rasa kita semua nyaris mengetahui, bahwa lucifer jahat, sombong dan iri, ia telah berdosa dan kurang ajar terhadap Allah sang pencipta, ia menghasut dan memberontak, dan kita semua pasti setuju bahwa lucifer bukan contoh yg harus ditiru, bukan sosok yg harus diagungkan, bahkan beberapa orang enggan membahasnya, siapapun yg membahasnya, maka kemungkinan orang lain akan menganggapnya bahwa orang itu sudah terpengaruh lucifer, sedikit mengaguminya, dan mungkin merupakan salah satu pengikutnya, seperti yg dituduhkan saudara krispus terhadap sy...

tapi sy merasa punya pandangan yg berbeda, bahwa apabila kita memiliki musuh, yakni musuh kita adalah darah dan daging, juga iblis yg sampai hari ini masih bekerja melancarkan visi dan misinya.

nah untuk itu sy memiliki pandangan, bahwa apabila kita ingin mengalahkan iblis, tentu kita harus tahu dulu sejarahnya, asal muasalnya, dan apa visi dan misinya, ( tentu saja visi dan misi nya bukanlah seperti di film2 horor, berupa kuntilanak atau pocong bergelantungan di pohon nangka menakut nakuti anda dan saya bukan ? saya rasa visi dan misi iblis lebih penting dari sekedar menakuti dan bergelantungan di pohon nangka. )

nah, dengan ini sy mencoba membahasnya, tanpa berniat sedikitpun untuk mengagumi apalagi menjadi pengikutnya seperti yg berulang ulang saudara krispus tuduhkan kepada saya, saya menjadi kritis dalam debate bukan semata mata untuk membela lucifer, tetapi untuk lebih dalam mengupas hal ini, karna apabila anda bertanya mengenai lucifer pada gereja atau pendeta anda, maka anda hanya akan mendapatkan kulit2nya saja, anda ngotot sedikit maka anda ditengking dianggap kerasukan setan.

sebelum sy membahas lebih lanjut, demikian sedikit penjelasan sy mengenai ini...

bersambung ke bawah...
« Last Edit: January 08, 2019, 12:43:22 PM by dhanieloei »
January 08, 2019, 12:36:20 PM
Reply #2
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 86
  • Denominasi: kharismatik
bahan yg akan kita analisa adalah :

yg pertama, ketika Allah menciptakan lucifer, dengan kemahatahuan Allah, apakah Allah tahu bahwa suatu hari lucifer akan memberontak ?
demikian ketika lucifer memberontak dan menghasut para malaikat, Allah dengan kemahatahuanNya apakah mengetahui hal itu ?
tentu jawabannya adalah iya bukan, karna Allah maha tahu, maka ketika Allah menciptakan lucifer, Allah sudah mengetahui bahwa lucifer suatu hari akan memberontak.
nah pertanyaannya adalah, mengapa Allah masih menciptakan lucifer ?

kemungkinan terbesarnya adalah, Allah tahu lucifer akan memberontak, Allah tahu bahkan kejadian di taman eden akan terjadi, Allah tahu iblis akan terus bekerja dibumi sampai detik ini, dan Allah membiarkan itu semua terjadi karna Allah tahu, bahwa semua ini baik dan dapat diatasi kapan saja Allah mau.

masuk ke pertanyaan kedua, apabila semua ini baik, dari terciptanya lucifer sampai detik ini kita hidup, lihatlah, doktrin dan ajaran yg kita terima tanpa boleh kita bantah selama ini adalah bahwa lucifer itu jahat, bapak pendusta dan musuh kita, tanpa kita sadari, bahwa proses terciptanya kehidupan saat ini, ada juga loh bagian/ peran lucifer didalamnya, walaupun dia menjadi tokoh antagonisnya.
saya juga setuju bahwa dia jahat, maka akan kembali ke pertanyaan pertama, Allah juga tahu bahwa lucifer akan menjadi jahat, lalu mengapa masih diciptakan ?

seperti film2 hollywood, apa jadinya sebuah film apabila yg hadir adalah tokoh jagoan semua, peran utama semua, tanpa peran antagonisnya ?

jadi sy menganggap, bahwa peran lucifer atau iblis dalam pembentukkan dunia ini dari awal sampai akhir nanti itu cukuplah penting, 
problemnya peran lucifer untuk menjadi jahat sudah ditetapkan didalam kitab suci, dimana Firman Allah itu sebaiknya tergenapi, karna ada tertulis lebih baik langit dan bumi lenyap, dari pada satu Firman Tuhan batal.

jadi apabila peran lucifer untuk menjadi jahat harus tergenapi, lalu dimana letak free will nya ?

mungkin itu dulu dari saya, semoga anda para pembaca mengerti point2 yg saya sampaikan, dengan rasa hormat saya ingin sampaikan, bahwa saya bukan pengikut lucifer, sy mencintai Tuhan sy Yesus Kristus, ini hanyalah pertannyaan yg menggangu pikiran sy selama ini, dan sy belum mendapatkan jawabannya sampai detik ini, seperti sy bilang berulang ulang kali, tujuan sy adalah mencari jawaban ini, siapa tahu dengan bersama sama, kita dapat mencari jalan keluar dari pertanyaan sy yg bodoh ini...

demikian, mungkin itu dulu kali yah, kalau hal ini terjawab, maka soal lain seperti nefilim, ayub dll yang juga mengganggu perhatian sy akan otomatis terjawab juga...

nb : saya pun berharap bahwa saya salah, namun sy belum menemukan bantahan yang pas dan sesuai dengan argumen sy di page 1 dan diatas.

juga sy berharap seandainya saja sy tidak memiliki pikiran tentang ini, maka tidur sy pun akan lebih nyenyak. Namun apa boleh buat, pemikiran ini terus ada dipikiran sy, sehingga sy tidak punya banyak pilihan lain, selain membaginya kepada anda dalam forum ini...
January 08, 2019, 12:41:40 PM
Reply #3
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6447
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Mungkin di edisi revisi ini Bro bisa lebih direct,
Apa sbnrnya pendapat Bro mengenai siapa, apa, bgmn dan tujuan Lucifer ini?
Dijelaskan dg ringkas dan singkat misalnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 08, 2019, 12:51:51 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9470
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalau memang ts berpendapat iblis itu gak salah dan yang salah Tuhan

ya ngomong aja langsung terus terang
kasih tahu kita skalian alasannya apa

daripada mancing2 pake pertanyaan macam2, tapi begitu dijawab bukannya didiskusikan malah balik lagi balik lagi ke maksudnya ts

ini mah lagi pengen kotbah, bukan lagi pengen diskusi
katanya mentok? lha bilangnya mentok tapi pas dikasih jawaban kok sepertinya sudah punya jawaban sendiri....

yang bgini2 biasanya bukan mentok ato mau beneran nanya, tapi mau cari "teman" yang sependapat sama dia, atau berusaha membuat orang percaya argumennya

betul tidak coba :)

Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 08, 2019, 12:52:30 PM
Reply #5
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 86
  • Denominasi: kharismatik
Mungkin di edisi revisi ini Bro bisa lebih direct,
Apa sbnrnya pendapat Bro mengenai siapa, apa, bgmn dan tujuan Lucifer ini?
Dijelaskan dg ringkas dan singkat misalnya.

pendapat pribadi saya yang saya harap salah itu sudah sy tuliskan diatas bro...

itulah sebagian besar opini sy, argumen sy, dan sy benar2 berharap seseorang membantahnya dengan sesuatu hal baru yg belum pernah terpikirkan oleh sy selama ini,

karna saya sendiri sudah mencoba berulang ulang membantah dengan pikiran sy, mencari jalan keluar, solusi untuk pertanyaan saya sendiri diatas, dan sy sudah berulang ulang juga gagal.

that's why, dengan kerendahan hati....
saya mencoba untuk membaginya disini,
mungkin ada sesuatu yg saya lewatkan,
bapak2, ibu2, om dan tante sekalian bisa membantu sy dan para pembaca yang merasa pikirannya terwakilkan dengan tulisan sy ini, agar kita sama-sama dapat dengan damai dan hati yg tenang mencari jawabannya....
January 08, 2019, 01:01:02 PM
Reply #6
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 86
  • Denominasi: kharismatik
Quote
kalau memang ts berpendapat iblis itu gak salah dan yang salah Tuhan
saya tidak pernah bermaksud berkata seperti itu, dan point yg ingin saya sampaikan bukan juga soal itu, mungkin anda kurang mengerti dengan argumen saya, silahkan dibaca ulang.

Quote
ya ngomong aja langsung terus terang
kasih tahu kita skalian alasannya apa
saya sendiri belum tahu, ada beberapa pemikiran lainnya, tapi masih mentah dan tidak akan membantah dengan telak argumen sy diatas, jadi sy keep dulu.

Quote
daripada mancing2 pake pertanyaan macam2, tapi begitu dijawab bukannya didiskusikan malah balik lagi balik lagi ke maksudnya ts
ya, mestinya anda mengerti, argumen bisa looping.

Quote
ini mah lagi pengen kotbah, bukan lagi pengen diskusi
katanya mentok? lha bilangnya mentok tapi pas dikasih jawaban kok sepertinya sudah punya jawaban sendiri....
sy bukan pendeta kebetulan,
bukan jawaban sendiri, sy cuma membantah jawaban anda mungkin di edisi pertama, supaya kita sama sama menggali lebih dalam lagi, dan menyadari bahwa jawaban anda tidak membantah mutlak argumen saya, tanpa maksud merendahkan anda, hanya dengan maksud untuk benar2 mencari jawaban yg pas dapat membantai argumen saya itu,

sy akan berjiwa besar, sy ga ragu meminta maaf apabila saya salah,
dan tidak akan pernah ragu untuk mengakui gugurnya argumen saya dengan jawaban anda, kalau memang jawaban anda pas...kalau tidak pas, mohon maaf, sy akan berdiri tegak dan menjungkir-balikkan jawaban anda, bukan sebagai pecinta lucifer, tapi sebagai lawan argumen anda.

Quote
yang bgini2 biasanya bukan mentok ato mau beneran nanya, tapi mau cari "teman" yang sependapat sama dia, atau berusaha membuat orang percaya argumennya
no...
anda boleh menerka nerka, tapi saya bukanlah yang anda katakan.

Quote
betul tidak coba :)
menurut sy kebetulan tidak, mohon maaf

January 08, 2019, 01:01:46 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9470
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
lah sorry to say bro

kamu itu bukan seperti orang yg mau dibantah argumennya broh
kamu itu justru menunjukkan kalau kamu bisa membantah semua argumen yang menentang pendapatmu

contoh saja :

anda kasih analogi :
lah emang salah kalo murid pengen jadi gurunya

saya bilang (dalam diskusi sebelumnya) :
gak tepat itu analogi guru murid
lebih cocok presiden kalau mau digulingkan paksa

eh kamu bilang lagi (yang menurut saya kamu missed esensinya) :
gak cocok presiden itu brohhh, harusnya monarki

lha emang monarki cocok? monarki rajanya jg bisa mati, Tuhan kan kekal
kok analogi malah didiskusikannya bukan inti analoginya tapi tepat persis analoginya? ya ngaco dong

dimana2 analogi itu diambil intinya aja
and sorry menurut saya ini bukan looping argument
ujung2nya kalo begini diteruskan ya mutar2 disitu aja, soal analogi aja dipermasalahkan tepat persisnya

so gimana kalo udah bgini?

pada akhirnya kamu tetap bilang analoginya seperti guru dan murid kan?
padahal kalo baca Alkitab, udah jelas iblis itu pengen jadi Tuhan gak cuma sekedar seperti murid pengen seperti jadi guru

murid mana yang ngajak 1/3 kelasnya untuk ngelawan gurunya? kalo bukan murid kurang ajar ;D

so percuma broh
sy pikir broh sudah yakin sekali kalau Tuhan itu salah dan iblis itu benar, iblis itu korban ketidak adilan Tuhan
(meskipun bro gak ngmg bgt secara langsung)
(ya smoga saya salah soal ini)
« Last Edit: January 08, 2019, 01:06:09 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 08, 2019, 01:13:26 PM
Reply #8
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 86
  • Denominasi: kharismatik
lah sorry to say bro

Quote
kamu itu bukan seperti orang yg mau dibantah argumennya broh
kamu itu justru menunjukkan kalau kamu bisa membantah semua argumen yang menentang pendapatmu
saya sudah jelaskan diatas, silahkan dibaca ulang.

Quote
contoh saja :

anda kasih analogi :
lah emang salah kalo murid pengen jadi gurunya

saya bilang (dalam diskusi sebelumnya) :
gak tepat itu analogi guru murid
lebih cocok presiden kalau mau digulingkan paksa

eh kamu bilang lagi (yang menurut saya kamu missed esensinya) :
gak cocok presiden itu brohhh, harusnya monarki

lha emang monarki cocok? monarki rajanya jg bisa mati, Tuhan kan kekal
kok analogi malah didiskusikannya bukan inti analoginya tapi tepat persis analoginya? ya ngaco dong

dimana2 analogi itu diambil intinya aja
ya maaf kalau membuat anda bingung, itu adalah proses mencari jawaban, tanpa bermaksud membenci anda, kadang2 saya hanya membenci kedunguan argumen atau jawaban, yang anda paksakan untuk saya terima.

Quote
and sorry menurut saya ini bukan looping argument
ujung2nya kalo begini diteruskan ya mutar2 disitu aja, soal analogi aja dipermasalahkan tepat persisnya

so gimana kalo udah bgini?
mempersalahkan analogi itu bukan gambaran besarnya, itu hanya bumbu dalam hal inti pembicaraan kita mencari jawaban yg pas.

Quote
pada akhirnya kamu tetap bilang analoginya seperti guru dan murid kan?
padahal kalo baca Alkitab, udah jelas iblis itu pengen jadi Tuhan gak cuma sekedar seperti murid pengen seperti jadi guru
ya, bisa apa aja, seperti yg saya sudah jelaskan di edisi pertama, bahwa saya pun sudah setuju dengan anda tentang analogi, yg penting kita tahu apa yg di maksud, selama analogi itu tidak terlalu jauh.

Quote
murid mana yang ngajak 1/3 kelasnya untuk ngelawan gurunya? kalo bukan murid kurang ajar ;D
betul sekali, saya sangat setuju dengan anda, dan disini anda terlihat tidak mengerti.
saya pun sudah jelaskan diatas, bahwa saya setuju dengan anda, bahwa murid itu adalah murid yg kurang ajar...
tapi yg ingin saya gali, apa pemicunya sehingga murid cerdas itu bisa secara frontal menjadi kurang ajar ? apa motif nya kira2 ? bukankah ini akan menjadi menarik untuk dianalisa ?


Quote
so percuma broh
sy pikir broh sudah yakin sekali kalau Tuhan itu salah dan iblis itu benar, iblis itu korban ketidak adilan Tuhan
ya terserah kalau kamu yakin, ini membuktikan kalau keyakinan seseorang bisa saja salah,
terbukti, keyakinan anda terhadap saya mutlak salah
January 08, 2019, 01:21:59 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9470
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
ya syukurlah kalo salah, saya minta maaf

but next time kurangi bumbu2 model begitu yang ujung2nya bikin diskusi gak jelas, cuma panjang baca aja jadi males

nah kalau kamu sudah setuju itu iblis adalah murid kurang ajar
dan kalau kamu percaya Tuhan itu adil, bahkan maha adil
seharusnya sisanya sudah terjawab semua toh?

pemicunya? bukannya udah jelas, dia ingin jadi seperti Allah? (dalam artian kurang ajar, bukan kayak guru dan murid)
ibaratnya dia gak puas jadi warga negara Indonesia, pengen jadi presiden dengan cara yang tidak baik
pemicu model apa lagi yang anda maksudkan?
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)