Author Topic: Maria Bunda Allah ?  (Read 6197 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 15, 2019, 09:26:07 AM
Reply #20
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kamu udh lumayan tuh ketemu bidat Nestorianisme.
Konsep Bunda Maria sbg Theotokos sudah beredar dari sejak abad pertama, Nestorianisme menentangnya shg Gereja berkonsili dan menetapkan sbg dogma bhw Bunda Maria adalah Theotokos.

Sampai skrg Nestorianism masih ada di Timur.
Mgkn Oda lebih mrasa cocok bergereja di Siria?

« Last Edit: January 15, 2019, 09:31:50 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 15, 2019, 09:30:15 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9608
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Kalimat diatas saya detailkan secara sbb (sesuai dgn versi pov saya):

Sebelum Allah menjadi manusia, Allah memiliki satu natur.

Apakah kalimat ungu saya tsb = bukan demikian yang di pov versi Kekristenan ?

memang demikian

Apa maksud [sepenuhnya Allah] ya ?

Sebelum penciptaan,
[Sepenuhnya Allah] maksudnya adalah : ..... (silahkan)....

selanjutnya,
Yang didalam rahim Maria tsb [sepenuhnya Allah].

sepenuhnya Allah artinya bukan manusia biasa saja
dia sepenuhnya manusia, juga sepenuhnya Allah

dwinatur
January 15, 2019, 09:40:20 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Quote
Sebelum Allah menjadi manusia, Allah memiliki satu natur.
memang demikian
Oke.

Quote
sepenuhnya Allah artinya bukan manusia biasa saja
dia sepenuhnya manusia, juga sepenuhnya Allah
Maksud saya SBJ hen.

Quote
Sebelum penciptaan,
[Sepenuhnya Allah] maksudnya adalah : ..... (silahkan)....


January 15, 2019, 09:42:27 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9608
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
sama saja

sebelum inkarnasi Dia hanya Allah saja (1 natur)
setelah inkarnasi ada 2 natur dalam diri Yesus
January 15, 2019, 10:03:51 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10988
Para Rasul memanggil Maria hanya ibu Yesus !

kamu memanggil Yesus itu Tuhan atau enggak?
January 15, 2019, 10:16:39 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Kamu udh lumayan tuh ketemu bidat Nestorianisme.
wkwkwk.... itu karena saya pingin tau banget sama yang siip bilang mengenai "bidat". Jadinya saya ngubek2 internet dan akhirnya ketemu dah itu Nestorian.

Quote
Konsep Bunda Maria sbg Theotokos sudah beredar dari sejak abad pertama
Jadi bener donk yg saya pendapati bahwa : di pov Kekristenan, sejak Maria mengandung, orang2 yg idup saat itu yg tau bhw Maria mengandung tidak lewat sex, mereka bilang : yg didalam kandungan Maria itu bukan manusia. Oleh karena itu mereka menggelari Maria Theotokos. Dengan demikian gelar Theotokos sudah ada duluan sejak Maria mengandung.

Quote
Nestorianisme menentangnya
Ya. Dari yg saya baca di internet, penentangan Nestor itu karena di pov Nestor yg didalam kandungan Maria itu manusia. Oleh karena itu [Theotokos] menurut Nestor nggak masuk.

Quote
Sampai skrg Nestorianism masih ada di Timur
The edict of Theodosius II (435) provided severe punishments for those who had or spread writings of Nestorius
https://en.wikipedia.org/wiki/Heresy_in_Christianity


Saya bertanya tanya, sementara heretic yang lainnya ada yang sampai dibakar, kok waktu itu Nestorius nggak dibakar yah siip ?

Quote
Mgkn Oda lebih mrasa cocok bergereja di Siria?
Hehehe... bukan perihal gerejanya sih siip. Melainkan saya ketemu bhw logika versi saya itu ternyata ada juga orang laen yg berpikiran sama.  :D

Logikanya simpel :
KALO ada orang percaya bahwa Allah has no beginning
MAKA orang percaya ini tidak akan berpendapat bhw yg didalam kandungan Maria itu Allah.


 :D
« Last Edit: January 15, 2019, 10:20:11 AM by odading »
January 15, 2019, 10:19:56 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9608
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
bakar2an itu baru terjadi ketika gereja diberi kuasa

awal2 abad pertama mah justru orang Kristen yg diburu mau dibunuh karena imannya

"absolute power tends to corrupt"
January 15, 2019, 10:22:22 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10988
Hehehe... bukan perihal gerejanya sih siip. Melainkan saya ketemu bhw logika versi saya itu ternyata ada juga orang laen yg berpikiran sama.  :D

Logikanya simpel :
KALO ada orang percaya bahwa Allah has no beginning
MAKA orang percaya ini tidak akan berpendapat bhw yg didalam kandungan Maria itu Allah.


 :D

konsekuensi suatu ide has been around for 2000 years adalah you can find all sorts of question, plausible scenarios, etc....

haha..
January 15, 2019, 10:24:06 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
sama saja
Ya. Sama-nya itu begimana ?

Silahkan henhen posisikan diri sbg Allah SBJ, punya satu natur, fully God.
Lalu henhen jabarkan sikon/state henhen saat itu.
January 15, 2019, 10:27:45 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
bakar2an itu baru terjadi ketika gereja diberi kuasa
Ya. Dan itu terjadi di jaman Nestor.
Makanya saya bertanya-tanya, kok Nestorius (yg di pov RC heretic) nggak dibakar oleh RC ?

Quote
The edict of Theodosius II (435) provided severe punishments for those who had or spread writings of Nestorius
https://en.wikipedia.org/wiki/Heresy_in_Christianity
Atau mungkin kalimat bold itu ya salah satunya termasuk dibakar ?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)