Author Topic: Maria Bunda Allah ?  (Read 2789 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 15, 2019, 10:30:08 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12650
    • fossil coral cantik
Para Rasul memanggil Maria hanya ibu Yesus !
KENAPA Para Rasul memanggil Maria hanya ibu Yesus ?
January 15, 2019, 10:32:21 AM
Reply #31
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6449
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
wkwkwk.... itu karena saya pingin tau banget sama yang siip bilang mengenai "bidat". Jadinya saya ngubek2 internet dan akhirnya ketemu dah itu Nestorian.
Jadi bener donk yg saya pendapati bahwa : di pov Kekristenan, sejak Maria mengandung, orang2 yg idup saat itu yg tau bhw Maria mengandung tidak lewat sex, mereka bilang : yg didalam kandungan Maria itu bukan manusia. Oleh karena itu mereka menggelari Maria Theotokos. Dengan demikian gelar Theotokos sudah ada duluan sejak Maria mengandung.

So Oda bisa mlihat bhw Theotokos menjadi ajaran Gereja utk menegaskan keilahian Yesus Kristus.
Bukan brarti Gereja tidak mengakui kemanusiaan Yesus Kristus ya, mlainkan menegaskan keilahianNya selain kemanusiaanNya.

Quote
Ya. Dari yg saya baca di internet, penentangan Nestor itu karena di pov Nestor yg didalam kandungan Maria itu manusia. Oleh karena itu [Theotokos] menurut Nestor nggak masuk.

Bukan sesederhana itu,
Coba Oda baca lagi deh, kita bahas disini.

Quote
The edict of Theodosius II (435) provided severe punishments for those who had or spread writings of Nestorius
https://en.wikipedia.org/wiki/Heresy_in_Christianity


Saya bertanya tanya, sementara heretic yang lainnya ada yang sampai dibakar, kok waktu itu Nestorius nggak dibakar yah siip ?

Dibakar? Emangnya penyihir abad pertengahan?
Gereja sejati tidak membunuh bidat. Kl oknum ya banyak.

Quote
Hehehe... bukan perihal gerejanya sih siip. Melainkan saya ketemu bhw logika versi saya itu ternyata ada juga orang laen yg berpikiran sama.  :D

Logikanya simpel :
KALO ada orang percaya bahwa Allah has no beginning
MAKA orang percaya ini tidak akan berpendapat bhw yg didalam kandungan Maria itu Allah.


 :D

Itu logika versi-mu, di luar sana banyak logika-logika lainnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 15, 2019, 10:33:21 AM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9495
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
ah males

sebelum inkarnasi Allah itu punya satu natur yaitu Allah saja
setelah inkarnasi Yesus itu punya dua natur, yaitu sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia

gitu aja udah
terima gak terima gak pusying cynnnn
Kekristenan juga ra ngurus detil2nya sampe dibedah kayak ilmu pengetahuan

kalo mau baca penjelasan detil cari aja artikelnya di internet bejibun
sarapanpagi juga bisa

-----

disitu gereja lom bener2 berkuasa seperti sampe punya tentara sendiri pada waktu jaman dark ages

dan jangan genelarisir smua hukuman bidat itu langsung maen bakar bakar
lagipula itu oknum, Paus juga sudah minta maaf atas perbuatan yang mengatasnamakan gereja di masa lampau

enakan kintan buffet yuk
jd laper
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 15, 2019, 11:11:05 AM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12650
    • fossil coral cantik
So Oda bisa mlihat bhw Theotokos menjadi ajaran Gereja utk menegaskan keilahian Yesus Kristus
Problemnya, yang saya gak mengerti sbb, siip :
Kan di pov Gereja yg didalam rahim Maria itu Allah
Lalu kenapa Gereja merasa perlu menegaskan [keilahian Allah], ya ?

Quote
Bukan brarti Gereja tidak mengakui kemanusiaan Yesus Kristus ya
Sekali lagi saya gak ngerti. Yesus = Allah. Jadi apa maksud kalimat [kemanusiaan Allah] ?

Quote
mlainkan menegaskan keilahianNya selain kemanusiaanNya
[menegaskan keilahian Allah selain kemanusiaan Allah] maksudnya itu begimana siiiii ? Saya bener2 nggak bisa nangkep  :ashamed0002:.

Soalnya di pov saya, SBJ Allah, the beginningless fully God (satu natur)
Sewaktu inkarnasi Allah TETEP fully God but at the same time, now ada Allah yg fully human.

Jadi, kalimat [keilahianNya kemanusiaanNya], kosakata "nya" disitu di pov versi saya ngerujuk ke yg biru. Berangkat dari versi saya ini, saya nggak bingung thdp kalimat [keilahianNya kemanusiaanNya] di timeframe inkarnasi, dimana sebelum inkarnasi, nggak ada itu [keilahianNya kemanusiaanNya].

Namun karena saya duga di pov Kekristenan kosakata "nya" disitu TIDAK ngerujuk ke biru, melainkan ke yang ada didalam rahim Maria... ya otomatis ini jadinya membingungkan saya.  :D.

Quote
Bukan sesederhana itu
Dibawah ini barusan saya ketemu lagi di internet, siip :
Quote
Nestorius was influenced by Stoic philosophy and by Cappadocian theology.

1a. He never considered Christ simply as a man,
1b. but made a precise distinction between divine nature (ousia) and person (hypostasis).

2. He distinguished between the logos (“divine nature”), and Christ (the Son, the Lord) as a union of divine nature and human nature.

3. He refused to attribute the human acts and the sufferings of Jesus to the divine nature, arguing that God could not suffer on the cross, as God is omnipotent.

4. Therefore, the human part of Christ died on the cross, but not the divine.

5. He preached against the use of the title “Mother of God” (Theotokos) for the Virgin Mary and would only call her "Mother of Christ" (Christotokos).

6. In his sermons, he is said to have argued that "the creature hath not given birth to the uncreatable," "the Word came forth, but was not born of her,"

7. and "I do not say God is two or three months old."

http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Nestorius
Nomor-1a, idem dengan saya.
1b. Saya nggak tau begimana itu penjabaran mengenai 1b.

Nomor-2, saya juga nggak tau apa itu maksudnya.

Nomor-3, idem dengan saya.
Nomor-4, idem dengan saya.
Nomor-5, tidak idem dengan saya
Nomor-6, idem dengan saya.
Nomor-7, idem dengan saya.

Quote
Coba Oda baca lagi deh, kita bahas disini.
Nah, apakah maksud siip "bukan sesederhana itu" adalah yg di nomor 1b dan nomor 2 ?

Quote
Dibakar? Emangnya penyihir abad pertengahan?
Tadinya tak kirain, Heretic bukan penyihir aja, siip.

Jan Hus was burned at the stake after being accused at the Roman Catholic Council of Constance (1414–18) of heresy https://www.google.com/search?q=people+who+end+burnt+in+stake+by+roman+catholic&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b

Quote
Gereja sejati tidak membunuh bidat.
Yg saya baca, Nestorius dinyatakan Heretic (terlepas apakah vocab Heretic itu idem dgn vocab Bidat ato kagak)
Quote
His political rival, Cyril, bishop of Alexandria, used the Christological debate to induce Pope Celestine I to condemn the teachings of Nestorius, and to have him declared a heretic and deposed at the Council of Ephesus in 431 http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Nestorius
« Last Edit: January 15, 2019, 11:25:02 AM by odading »
January 15, 2019, 11:17:37 AM
Reply #34
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6449
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Nestorian_Christianity

Coba baca yg ini aja Oda, sptnya kamu akan cocok sama Nestorianism.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 15, 2019, 11:25:17 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10814
  Tadinya tak kirain, Heretic bukan penyihir aja, siip.

Jan Hus was burned at the stake after being accused at the Roman Catholic Council of Constance (1414–18) of heresy https://www.google.com/search?q=people+who+end+burnt+in+stake+by+roman+catholic&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b
 Yg saya baca, Nestorius dinyatakan Heretic (terlepas apakah vocab Heretic itu idem dgn vocab Bidat ato kagak)

dan belum tentu juga kalo mbah nestor hidup di abad 21, apakah gereja khatolik resmi jaman skrg bakal menyatakan heretic atau tidak..
dan andaikatapun mnyatakan heretic, gimana sikapnya thd mas nestor, juga belum tentu sama dgn th 400 an itu.

Kalo udah kayak gitu, konteks sosiopolitis nya enggak bisa di-neglect dan enggak bisa kita anggap keputusan itu adalah berdasarkan pertimbangan yang sola-faith..
January 15, 2019, 11:37:11 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9495
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
emang segala sesuatu itu harus dikembalikan pada konteks masanya

Yesus datang pada masa dimana hukuman mati itu masih dianggap wajar
Romawi nyalibin orang sengaja ditaro di jalan2 biar klihatan
budak masih ada, bahkan mungkin budak seks juga masih ada dan dianggap wajar
orang masih pada rasis, Yahudi itu bangsa super rasis karena merasa dirinya bangsa pilihan

ditengah2 semua itu Yesus memperkenalkan Allah yang penuh kasih

jangan samain dengan skarang dimana orang bisa bilang ya smua Tuhan itu penuh kasih
no no no
konsep Allah penuh kasih jaman itu langka dan bahkan mungkin gak ada

ya sama, waktu gereja deal dengan ajaran2 sesat kala itu
jangan ditarik dengan konteks masa kini
saat itu ya mungkin sangat perlu untuk menegaskan keilahian Yesus biar jemaat gak goyah imannya
makanya setiap ada bidat2 begitu mereka bersidang untuk menegaskan dan menjelaskan iman Kristiani yang sejati itu, supaya jemaat juga tidak salah dalam memahami Yesus

jaman itu gak ada google bisa crosscheck seenaknya

Problemnya, yang saya gak mengerti sbb, siip :
Kan di pov Gereja yg didalam rahim Maria itu Allah
Lalu kenapa Gereja merasa perlu menegaskan [keilahian Allah], ya ?

harusnya ini sudah sangat jelas jawabannya
ketika gereja secara tradisi kesaksian rasul turun temurun bilang Yesus itu Tuhan
lalu ada kelompok yang bilang Yesus itu manusia biasa
sudah sewajarnya dan sepatutnya ditegaskan
ini hal yang esensial
belakangan orang yang gak ngerti hal ini lagi aja ngawurin ke macam2
padahal semua doktrin itu ya utamanya menegaskan Yesus Tuhan (titik)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 15, 2019, 11:41:45 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12650
    • fossil coral cantik
sebelum inkarnasi Allah itu punya satu natur yaitu Allah saja
setelah inkarnasi Yesus itu punya dua natur, yaitu sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia
That's the point. Pada kalimat diatas terjadi perubahan kosakata, yakni antara ungu dan oranye.

versi saya :
Sebelum inkarnasi, Yesus-the-beginingless punya satu natur, fully God.
Setelah inkarnasi, Yesus-the-beginingless punya dua natur, fully God fully Man.
[Fully Man] adalah [natur kedua] Yesus-the-beginingless dimana [natur kedua] dari Yesus-the-beginingless has a beginning.

Quote
disitu gereja lom bener2 berkuasa seperti sampe punya tentara sendiri pada waktu jaman dark ages
Oh oke.

Quote
dan jangan genelarisir smua hukuman bidat itu langsung maen bakar bakar
Oke. Jadi hukumannya itu ada level-levelan thdp bidat, kayaknya ya hen.
« Last Edit: January 15, 2019, 11:53:41 AM by odading »
January 15, 2019, 11:49:55 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12650
    • fossil coral cantik
http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Nestorian_Christianity

Coba baca yg ini aja Oda, sptnya kamu akan cocok sama Nestorianism.
Saya gak baca lebih jauh, kalimat di alinea pertama aja udah saya akui :
YA... itu idem dengan pemikiran saya, siip.  :D

Quote
Nestorianism is the Christian doctrine that
Jesus existed as two persons, the man Jesus and the divine Son of God, or Logos, rather than as a unified person
http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Nestorian_Christianity


Versi Nestorian di pov saya (dgn demikian idem dgn : versi saya di pov saya) TIDAK meng-tidak-mampukan Allah (Jesus-the-beginningless). Jesus-the-beginningless tetep ada sewaktu ada Jesus-has-a-beginning didalam rahim Maria.
January 15, 2019, 11:54:24 AM
Reply #39
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6449
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Iya, makanya saya lihat kamu cocok sama Nestorianism.

Jadi kamu bisa liat apapun yg kita pikirkan di masa skrg ternyata udah pernah dipikirkan jauh di masa lalu,
Bgitu juga bantahan atas hal tsb sudah ada juga jauh di masa lalu.

Yg patut jadi pertimbangan serius, diskusi tsb sangat dekat pada era para rasul, kurang dari 400 tahun.

Kl ini ide baru dan kita debatnya sekarang, boleh jadi kedua pihak sama-sama udh melenceng jauh dr masa purba,
Tp kl 400 tahun sih dekat skali, keimanan dan pengetahuan orang yg hidup 400 tahun lebih dekat pada era para rasul tentu lebih bisa dipegang daripada kita semua yg hidup 2000 tahun sesudah era para rasul.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)