Author Topic: Pengganti Dewi Pagan  (Read 3234 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 15, 2019, 01:30:56 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4726
  • Gender: Male
Sebagai pembukaan, saya harap semua membaca dan memahami tulisan dibawah ini:

Maria duduk disisi Allah Bapa

Maria adalah Ratu Sorga

Maria diangkat ke surga tanpa kematian

Sehingga dapat lanjut pada diskusi tentang Maria, isterinya Yusuf dan mamanya Yesus Kristus.

Berdasarkan sejarah tentang Marialogi bahwa peninggian Maria, bunda dari Yesus Kristus itu terjadi pada abad pertengahan, ratusan tahun bahkan lebih dari seribu tahun setelah zaman para rasul dan makin menjadi-jadi sampai hari ini.

Semua peninggian ini bermula dari abad ke-5, tahun 431 dalam konsili Efesus yang diadakan oleh Kaisar Teodosius II khusus mengenai peninggian Maria dengan menyebutnya Bunda Allah (bedakan dengan Bunda Tuhan). Berdasarkan sejarah terjadi perdebatan sengit antara yang mendukung ditetapkannya oleh manusia Maria sebagai Bunda Allah dan yang tetap pada pandangan bahwa Maria adalah Bunda Kristus. Hasilnya dimenangkan pihak yang menghendaki Maria digelari Bunda Allah sehingga ditetapkan dan wajib diakui oleh gereja secara luas. Sebagai catatan, Paus Selestinu tidak ikut hadir hanya mengirim utusan saja saat itu dan tidak ingin dilibatkan dalam konflik politik tersebut.

Sejak dari hasil Konsili Efesus adad ke-5 inilah sampai abad ke-11 peniggian Maria makin menjadi-jadi dan Maria ditempatkan sangat tinggi sekali sampai pada tahun 1950, gereja menggelarinya Ratu Surga (bedakan dengan Ibu Suri), yang konotasinya setara dengan Raja Surga. Sehingga tercipta doktrin bahwa Maria terangkat ke sorga pada tahun yang sama. Dimana Maria duduk disamping Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus di takhta Allah.

Saat terjadi reformasi di gereja, maka pada abad ke-16 muncul orang-orang yang menentang peninggian luar biasa atas Maria, mama dari Yesus Kristus, suami Yusuf tersebut sampai hari ini.

Pertanyaan diskusi ini adalah:

Apakah perlu gereja menghadirkan "tuhan" wanita untuk menjembatani atau menggantikan pemujaan terhadap dewi-dewi pagan pada abad pertengahan?
« Last Edit: January 15, 2019, 01:33:04 PM by Krispus »
January 15, 2019, 02:05:15 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9377
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
hmmm....

apakah validitas dari cerita politik diatas bisa dipertanggung jawabkan?

coba berikan kita link verifikasinya

-----

point kedua adalah :

Mariologi tujuannya bukan untuk memberikan "tuhan" pengganti dewi dewi

salah kaprah itu
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 15, 2019, 05:49:06 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4716
1. tidak ada tuhan wanita dalam pandangan katolik
2. pandangan Maria bunda Allah sudah ada sebelum konsili Efesus
-St. Petrus dari Alexandria (260-311): “Kami mengakui kebangkitan orang mati, di mana Yesus kristus Tuhan kita menjadi yang pertama; Ia mempunyai tubuh yang sungguh, bukan hanya kelihatan sebagai tubuh, tetapi tubuh yang diperoleh dari Maria Bunda Allah. ((St. Petrus, Letter to All Non-Egyptian Bishops 12))
-St. Cyril dari Jerusalem (350): “Banyaklah saksi sejati tentang Kristus. Allah Bapa memberi kesaksian tentang Putera-Nya dari Surga, ROH KUDUS turun dengan mengambil rupa seperti burung merpati: Penghulu malaikat memberikan kabar gembira kepada Maria: Perawan Bunda Allah memberikan kesaksian …..” ((St. Cyril dari Jerusalem, Catechetical Lectures, X:19 – c. A.D. 350))
-St. Athanasius (365): “Sabda Allah Bapa di tempat yang Maha tinggi, …. adalah Ia yang dilahirkan di bawah ini, oleh Perawan Maria, Bunda Allah. ((St. Athanasius, Penjelmaan Sabda Allah 8))
dll
3. pandangan Maria ratu surga pun sudah ada sebelum tahun 1950 dari para bapa Gereja
-St. Athanasius (296-373): “Jika Sang Anak adalah Raja, maka ibu yang melahirkan-Nya adalah layak dan sungguh pantas disebut sebagai Ratu dan yang berkuasa.” (seperti dikutip oleh St. Alfonsus Liguori, dalam The Glories of Mary, ch. 1.i)
-St. Ephraim (306-373 AD): “Wanita Mulia dan Surgawi, Majikan, Ratu, lindungi dan jagalah saya di bawah sayapmu, supaya jangan Setan, penabur kehancuran, berkuasa atasku, supaya jangan musuh jahatku berjaya atasku.” (Diterjemahkan dari St. Ephraim, Oratio ad Ssmam Dei Matrem; Opera omnia, Ed. Assemani, t. III (graece), Romae, 1747, p. 546.)
dll

pandangan ttg tuhan wanita itu setahu saya cuma dari 1 sekte  collyridians yang di anggap heretik oleh katolik dan dipercaya yang memicu agama tetangga menganggap tuhan ada bapa, ibu dan anak

January 16, 2019, 11:14:49 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10716
Sebagai pembukaan, saya harap semua membaca dan memahami tulisan dibawah ini:

Maria duduk disisi Allah Bapa

Maria adalah Ratu Sorga

Maria diangkat ke surga tanpa kematian

Sehingga dapat lanjut pada diskusi tentang Maria, isterinya Yusuf dan mamanya Yesus Kristus.

Berdasarkan sejarah tentang Marialogi bahwa peninggian Maria, bunda dari Yesus Kristus itu terjadi pada abad pertengahan, ratusan tahun bahkan lebih dari seribu tahun setelah zaman para rasul dan makin menjadi-jadi sampai hari ini.

Semua peninggian ini bermula dari abad ke-5, tahun 431 dalam konsili Efesus yang diadakan oleh Kaisar Teodosius II khusus mengenai peninggian Maria dengan menyebutnya Bunda Allah (bedakan dengan Bunda Tuhan). Berdasarkan sejarah terjadi perdebatan sengit antara yang mendukung ditetapkannya oleh manusia Maria sebagai Bunda Allah dan yang tetap pada pandangan bahwa Maria adalah Bunda Kristus. Hasilnya dimenangkan pihak yang menghendaki Maria digelari Bunda Allah sehingga ditetapkan dan wajib diakui oleh gereja secara luas. Sebagai catatan, Paus Selestinu tidak ikut hadir hanya mengirim utusan saja saat itu dan tidak ingin dilibatkan dalam konflik politik tersebut.

Sejak dari hasil Konsili Efesus adad ke-5 inilah sampai abad ke-11 peniggian Maria makin menjadi-jadi dan Maria ditempatkan sangat tinggi sekali sampai pada tahun 1950, gereja menggelarinya Ratu Surga (bedakan dengan Ibu Suri), yang konotasinya setara dengan Raja Surga. Sehingga tercipta doktrin bahwa Maria terangkat ke sorga pada tahun yang sama. Dimana Maria duduk disamping Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus di takhta Allah.

Saat terjadi reformasi di gereja, maka pada abad ke-16 muncul orang-orang yang menentang peninggian luar biasa atas Maria, mama dari Yesus Kristus, suami Yusuf tersebut sampai hari ini.

Pertanyaan diskusi ini adalah:

Apakah perlu gereja menghadirkan "tuhan" wanita untuk menjembatani atau menggantikan pemujaan terhadap dewi-dewi pagan pada abad pertengahan?


karena elo adalah pengikut tuhan yang sejati..
coba tolong elo tanya ke tuhan.. apakah tuhan berpendapat sama dengan pendapatmu itu?

siapa tahu ternyata itu cuma elo aja yg sok paham pikiran tuhan, eh... ternyata.. tuhan sendiri enggak mikir gitu..

buktinya?
udah ribuan tahun pandangan ttg maria ini eksis... kalo memang itu melanggar perintah Allah, mosok tuhan kok enggak marah?
dan malah Tuhan berkehendak untuk terus berkembang jemaatnya...

tragisnya...
malahan yg terjadi sebaliknya.. kelompok yang sok merasa paling persis tuhan dan sok paling paham tuhan malah TETAP DIGUREMKAN oleh Tuhan?

January 16, 2019, 10:36:22 PM
Reply #4
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 121
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
buktinya?
udah ribuan tahun pandangan ttg maria ini eksis... kalo memang itu melanggar perintah Allah, mosok tuhan kok enggak marah?

Yaaelaaaa.... si emon..

Coba lu bandingin sama eksisnya iblis,
lebih lamaan siapa cobaa ?

Ciakakakakk..akakakk...

Oo..Tapi..
Jangan elu... berpikir Tuhan gk murka yaa mon...

eluu baca dah Alkitab lu......
Keliatannya ada saatnya nanti TUHAN menunjukan murkaNYA...

is COMING SOON... Ya mon...

Tenang ajheee...
Nanti juga lu bakal saksikan kok murka TUHAN...  Sabarrrr...!

Burakakakkk...

Emon..emon....

Gbu.
Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
January 17, 2019, 05:08:38 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10716
Yaaelaaaa.... si emon..

Coba lu bandingin sama eksisnya iblis,
lebih lamaan siapa cobaa ?

kayaknya sih lamaan iblis..

tapi kan memang tuhan enggak murka dengan keberadaan iblis kan?
coba kapan tuhan bilang bahwa tuhan mau memusnahkan iblis??

jangan-jangan tuhan mungkin memang perlu iblis buat orang-orang modelmu yang menyamar jadi malaikat terang padahal baru konvert?
siapa tahu?

Quote
Ciakakakakk..akakakk...

Oo..Tapi..
Jangan elu... berpikir Tuhan gk murka yaa mon...

eluu baca dah Alkitab lu......
Keliatannya ada saatnya nanti TUHAN menunjukan murkaNYA...

is COMING SOON... Ya mon...

Tenang ajheee...
Nanti juga lu bakal saksikan kok murka TUHAN...  Sabarrrr...!

Burakakakkk...

Emon..emon....

Gbu.

haha.. Coming soon???
ahahahaha...

ciri-ciri orang ngeles ketahuan....

hahaha.... nenek-nenek gondrong juga bisa cuma bilang "elo liat entar".. "akan datang segera".. "coming sun"..
ahahahahah....

elo pengikut yudas ya kayaknya?
hobi misleading dan menggiring opini...
« Last Edit: January 17, 2019, 05:10:42 PM by cadangdata »
January 17, 2019, 08:14:36 PM
Reply #6
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 121
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
kayaknya sih lamaan iblis..
Wkwkwk...
nah... Tumbeeeen.....
disini lu pinterr mon... Wkwkwk...

Makanyeee... Yeee....
terkait pernyataan lu dibawah ini :

buktinya?
udah ribuan tahun pandangan ttg maria ini eksis...

kalo memang itu melanggar perintah Allah,

mosok tuhan kok enggak marah?
Dan ternyataaa........ Burakakakakakkk....

Iblis yang sudah jelas2 eksis lebih lamaaaa saja.
kagak langsung dimurka oleh TUHAN kokk..
dikarenakan telah melanggar perintah TUHAN...

Apalagi...

Elu ngareep TUHAN langsung murka...
Sama pandangan tentang maria versi elu yang eksisnya baru seiiiiprit yang lu bilang ribuan tahun ituuuu...
hanya untuk membuktikan sama elu bahwa itu sudah melanggar perintah TUHAN.

Burakakakk...akakak....

Apa cara lu ini yang eluu namakan menguji segala ajaran dengan memakai otak...??

Dasar dogol... luu..!!

Emon.... emon.....

ciakakakakakk..akakkk...

Gbu.
Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
January 17, 2019, 10:59:33 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10716
Wkwkwk...
nah... Tumbeeeen.....
disini lu pinterr mon... Wkwkwk...

Makanyeee... Yeee....
terkait pernyataan lu dibawah ini :
Dan ternyataaa........ Burakakakakakkk....

Iblis yang sudah jelas2 eksis lebih lamaaaa saja.
kagak langsung dimurka oleh TUHAN kokk..
dikarenakan telah melanggar perintah TUHAN...

Apalagi...

Elu ngareep TUHAN langsung murka...
Sama pandangan tentang maria versi elu yang eksisnya baru seiiiiprit yang lu bilang ribuan tahun ituuuu...
hanya untuk membuktikan sama elu bahwa itu sudah melanggar perintah TUHAN.

Burakakakk...akakak....

Apa cara lu ini yang eluu namakan menguji segala ajaran dengan memakai otak...??

Dasar dogol... luu..!!

Emon.... emon.....

ciakakakakakk..akakkk...

Gbu.
tapi kan memang tuhan enggak murka dengan keberadaan iblis kan?
coba kapan tuhan bilang bahwa tuhan mau memusnahkan iblis??

jangan-jangan tuhan mungkin memang perlu iblis buat orang-orang modelmu yang menyamar jadi malaikat terang padahal baru konvert?
siapa tahu?
January 18, 2019, 01:54:41 AM
Reply #8
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 121
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
tapi kan memang tuhan enggak murka dengan keberadaan iblis kan?
coba kapan tuhan bilang bahwa tuhan mau memusnahkan iblis??

jangan-jangan tuhan mungkin memang perlu iblis buat orang-orang modelmu yang menyamar jadi malaikat terang padahal baru konvert?
siapa tahu?
Nah.... Selanjutnyaa..

Klo luuu konsisten ama otak yang lu pake
sebagai alat uji lu... untuk menguji setiap ajaran di gereja luuu...

Maka di gereja lu seharusnya berdoa kepada IBLIS bukan RATU SURGA...

paham lu mon ampe disini...

ciakakakaakkk...akakakak....

Ini yang namanya lu pake otak untuk menguji ajaran ?

Gbu.
« Last Edit: January 18, 2019, 01:56:47 AM by Eugenia Paramitha »
Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
January 18, 2019, 10:15:34 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10716
Nah.... Selanjutnyaa..

Klo luuu konsisten ama otak yang lu pake
sebagai alat uji lu... untuk menguji setiap ajaran di gereja luuu...

Maka di gereja lu seharusnya berdoa kepada IBLIS bukan RATU SURGA...

paham lu mon ampe disini...

ciakakakaakkk...akakakak....

Ini yang namanya lu pake otak untuk menguji ajaran ?

Gbu.
lho..

kamu kok enggak jawab lagi...
malah ngeles melulu...

emangnya kapan tuhan bilang bahwa tuhan mau memusnahkan iblis?
dan emangnya kapan tuhan bilang bahwa iblis adalah kekejian bagi tuhan?

coba dijawab dulu.
supaya sehat diskusinya..
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)