Author Topic: Pengganti Dewi Pagan  (Read 3237 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 23, 2019, 01:56:25 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10716
Haiyaaa.... emon... emon...

Ternyata elu ini sudah kehilangan akal sehat yaa...
klo emank YESUS itu berkuasa bagi elu...
Dan elu takut ngadep berdoa kepada si RATU SURGA versi elu.....

Kenapa lu gk berdoa langsung kepada YESUS KRISTUS....???

Betul gk mon ?????

Jadi elu juga gk perlu beli patung segala cari2 ke gramedia...

Uda eluu yang bikin repot sendiri....
Kenapa jadi elu bingung sendiri dan bawa2 gereja lain segala dalam kerepotan elu....

Paham elu mon ????

Burakakakakakk... akakakakkk..

Gbu.

haha..
ternyata ini lebih parah dari zhezhu..
elo upline nya si zhezhu ya?

coba upline elo aja yang suru bikin ID di sini..
wkwkw...

hahaha....
tolong kalo dogol jangan diambil semua sendiri dong..
sisain buat yg lain... kasian kan enggak kebagian.

haha..
malah ngatur-ngatur cara berdoanya orang lain..
emang elo siapa?
asistennya yesus?
ikut bagian screening "doa yang benar dan salah"?
hahaha...

pantesan gurem senantiasa..
ternyata dia pikir doanya udah pasti nyampe..
padahal tuhan tidak mau mengabulkan doamu, buktinya elo susah kan dapet downline dan gerejamu tetep gurem terus...
hahaha...

kalo elo masih merasa doamu sudah betul dan dikabulkan tuhan..
itu mah elo mau-maunya dikadalin upline mu...
karena dia takut perpuluhannya berkurang karena elo tinggalin...
wkwkw...
kalo elo masih naif gitu.. ya itu nasibmu sendiri.. wkwkw
January 23, 2019, 05:27:53 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4726
  • Gender: Male
bukan itu maksud sy bro

tapi yang persoalan Maria dibuat seperti seolah2 "tuhan wanita" pengganti dewi2

Memang hal ini yang sedang di diskusikan.

Mari berdiskusi dengan jujur, bukan membentengi diri dengan pernyataan "tidak-tidak" atau "bukan-bukan" sedangkan sebagian orang berfikir demikian, termasuk saya. Karena itu saya beranikan diri diskusikan disini.

Sudah dari naturnya manusia menyembah sesuatu yang ilahi, memohon dan mengharapkan menerima sesuatu dari yang dianggap ilahi. Mulai dari yang disebut aninisme dan dinanisme sampai monoteisme dan agama-agama modern. Manusia berlutut kepada pohon, batu, patung, benda dan banyak hal yang dianggap sebagai sesuatu yang ilahi untuk memohon perlindungan, memohon keberuntungan, memohon permintaan-permintaan dengan memberi persembahan sebagai bentuk pernyataan sikap dan keseriusan hati. Baik berupa nyawa sampai sekedar menyalakan dupa atau saat ini digantikan lilin. Semua bentuk itu didapati dalam gereja Katolik, khususnya terhadap Bunda Maria.

Mengapa Bunda Maria menjadi menarik saya angkat bukan santa-santa yang lainnya? Sebab memang secara khusus posisi dan derajat Bunda Maria berbeda dengan santa-santa yang lain. Ia adalah RATU SURGA, seperti yang saya katakan bahwa penggunaan kata RATU menunjuk kepada kuasa pemerintahan. Hal ini juga didukung dengan pernyataan iman bahwa Bunda Maria diangkat ke sorga tanpa kematian untuk didudukan disamping Tuhan kita Yesus Kristus. Selanjutnya diimani dimana Bunda Maria yang disebut RATU SURTA duduk disitu juga duduk bersamping-sampingan yaitu Allah Bapa. Kita semua tahu dimana Allah Bapa duduk disitulah disebut TAKHTA ALLAH. Karena itu gelar BUNDA ALLAH menjadi sangat penting disini melengkapi tiga kursi TAKHTA ALLAH, yaitu BUNDA ALLAH, PUTRA ALLAH dan ALLAH BAPA. Kata RATU menunjukan bahwa Bunda Maria memerintah di sorga bersama dengan Tuhan Yesus Kristus dan Allah Bapa ada disamping-Nya.

Dari sekian banyak santo dan santa, devosi terhadap Bunda Maria adalah yang paling spesial sendiri, bahkan cenderung dimata orang luar gereja Katolik seperti pernyembahan terhadap "tuhan wanita" untuk melengkapi apa yang kurang dalam natur manusia untuk menyembah sesuatu yang ilahi, yaitu keberadaan para dewi. Tidak semua pribadi manusia dapat berlutut dihadapan dewa, yang digambarkan sosok pria tua, atau dihadapan sosok pria muda. Beberapa orang merasa nyaman saat ia harus berlutut dan memohon serta memberi persembahan terhadap sosok wanita ilahi yaitu dewi di khayangan atau bahasa kristianinya sorga.

Tidak dipungkiri bahwa gereja telah berhasil mengalihkan penyembahan pagan kepada Kekristenan dengan subtisusi meminjam istilah awam. Natal adalah salah satu yang paling spektakuler dan sejarah serta banyak catatan lainnya membenarkan bahwa pada masa-masa mengalihkan dari penyembahan dewa-dewi kepada Kekristenan dilakukan dengan cara-cara subtitusi tanpa menimbulkan gesekan atau konflik budaya dan tradisi. Jika anda tidak paham hal ini atau menyangkal pernah dilakukan hal tersebut, anda sebaiknya tidak perlu melanjutkan diskusi. Capek menjelaskan pengetahuan yang saya bilang telah menjadi pengatahuan umum bukan lagi pengetahuan gerejawi lagi.

Diskusi ini untuk membawa kita kembali kepada fakta-fakta dan tantanga-tantangan yang dihadapi gereja pada zaman dan lingkungan yang berbeda dengan zaman dan lingkungan kita. Bagi saya gereja bukan tanpa salah dalam mengambil keputusan walau saya percaya Tuhan tetap ikut campur. Jika saya beranggapan gereja tanpa salah, maka secara adil saya harusnya menyalahkan gerekan reformasi atau yang disebut kaum protestan pada zaman lampau.

Hari ini menurut saya masih juga ada banyak yang perlu diluruskan dan dibenahi agar gereja dapat tampil cemerlang saat Tuhan Yesus Kristus datang menjemput mempelai-Nya.
« Last Edit: January 23, 2019, 05:39:40 PM by Krispus »
January 23, 2019, 05:38:25 PM
Reply #42
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 121
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
haha..
ternyata ini lebih parah dari zhezhu..
elo upline nya si zhezhu ya?

coba upline elo aja yang suru bikin ID di sini..
wkwkw...

hahaha....
tolong kalo dogol jangan diambil semua sendiri dong..
sisain buat yg lain... kasian kan enggak kebagian.

haha..
malah ngatur-ngatur cara berdoanya orang lain..
emang elo siapa?
asistennya yesus?
ikut bagian screening "doa yang benar dan salah"?
hahaha...

pantesan gurem senantiasa..
ternyata dia pikir doanya udah pasti nyampe..
padahal tuhan tidak mau mengabulkan doamu, buktinya elo susah kan dapet downline dan gerejamu tetep gurem terus...
hahaha...

kalo elo masih merasa doamu sudah betul dan dikabulkan tuhan..
itu mah elo mau-maunya dikadalin upline mu...
karena dia takut perpuluhannya berkurang karena elo tinggalin...
wkwkw...
kalo elo masih naif gitu.. ya itu nasibmu sendiri.. wkwkw
Yaelaaa... emon... emon....

Wkwkwkk....wkwkwkk....

Apaaaa ?????....
Elu bilang gue sok ngatur2 versi elu mon ????

Elu ngemeeng ini itu dalam keadaan elu sehat waalphiat atau eluu lagi molor disiang boloong yach mon ???

Cobaaa ya mon elu baca pelan2 supaya ngereseep..... kenyataan yang versi elu buat2 ini.......

Alkitab  - Yesus adalah Raja.
Versi elu - Anaknya adalah Raja ya emaknya ya harus juga  adalah Ratu dongss.

Alkitab - Yesus adalah Tuan/Majikan.
Versi elu - Anaknya adalah Tuan ya emaknya harus juga adalah majikan dongss......

Alkitab - Berdoa kepada TUHAN (Bapa,Anak dan ROH KUDUS).
Versi elu - berdoa kepada emaknya Yesus.

Alkitab - Yesus (Tuhan) adalah Pelindung.
Versi elu - Anaknya adalah Pelindung ya emaknya juga bisa jadi pelindung dongss....

Alkitab - Yesus adalah manusia tanpa dosa.
Versi elu - Anaknya tanpa dosa ya emaknya juga harus tanpa dosa dongss...

Alkitab - Jangan beribadah dengan patung apapun.
Versi elu - gpp kok supaya konsentrasi...klo gk ada kan gue kagak kosen....basing2 gue dongsss....

Bejibun mon... Bejibunnn...
Apa mata elu sangguup apee menatap semuanyaaaa seandainya gue dodoriin semuaanya disini.....

Burakakakak...akakakakakk...

Alkitab aja gk bisa ngatur2 versi elu kooook !!!....

Apalagi elu bilang gueeee ngatur2 versi elu ????

Ngigoo luu yee....

Wkwkwk...

Paham mon ???? Wkwkwk....

Gbu.


Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
January 23, 2019, 06:22:08 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4726
  • Gender: Male
Saya menerima dg gembira Maria sbg Bunda Allah,
Krn Bunda Maria melahirkan Yesus Kristus yang adalah Allah dan manusia (2 hakekat 1 pribadi).

[cut]

Janganlah kita gugat soal Maria adalah Bunda Allah,
Kl mau gugat, gugatlah produk-produk mariology yg berkembang jauh sesudah konsili Efesus.

Anda sebenarnya telah paham situasinya dengan menulis bagian terakhir diatas.

Karena Maria adalah Bunda Allah, maka lahirlah penetapan bahwa Maria adalah RATU SURGA ratusan tahun kemudian bergulir seperti bola salju. Bukan sekedar RATU SORGA, sebab ratu tanpa takhta bukanlah ratu, karena itu diimani bahwa Maria duduk disamping Tuhan Yesus Kristus dan disebelah-Nya adalah Allah Bapa. Kelihatanya seperti keluarga Allah, sebab memang lahirnya dari pemikiran ALLAH BAPA, ANAK ALLAH dan BUNDA ALLAH. Duduk bersama memerintah di sorga.

Semua itu dimulai dari ditetapkannya oleh manusia gelar yang disamatkan manusia yaitu BUNDA ALLAH.

Saya tidak meng-cut bagian yang menyebut 2 hakikat jadi 1 pribadi, yang anda sebut Yesus Kristus adalah Allah dan Manusia. Karena memahami tentang kata Allah disana kita bisa lanjutkan diskusinya.

Itu kan disalahgunakan oleh denominasi tertentu di masa belakangan, bukan brarti gelar itu salah,
Gelar itu diberikan utk menegaskan keilahian Yesus Kristus.

Jgn sampai saking napsunya ampe kita dilihat org luar seolah serupa dg bidat Nestorianisme yg mnyebut Bunda Maria hanya Kristotokos krn menolak hypostatic union.

Keilahian Yesus Kristus itu tidak diperlukan gelar yang disamatkan kepada Maria agar menjadi nyata benar bahwa Yesus Kristus itu adalah Firman yang menjadi manusia, Allah yang inkarnasi sebagai manusia. Karena itu adalah iman dan memiliki iman itu adalah anugerah dari Allah Bapa lewat karya ROH KUDUS, bukan lewat pernyataan gelar-gelar yang dibuat kemudian.

Bersambung dibawahnya...
January 23, 2019, 06:22:18 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4726
  • Gender: Male
Sambungan dari atasnya...

Allah dalam bahasa Indonesia menjermehakan kata Theos, dan dalam bahasa Inggris disebut God. Sementara dalam bahasa Ibrani disebut Elohiym. Dalam teks-teks Perjanjian Baru, tulisan para rasul Kristus, kata Theos merujuk pada Allah Bapa, yang dalam Perjanjian Lama adalah YHWH (TUHAN). Sedangkan Tuhan yang bahasa Inggrisnya Lord, dan Yunaninya Kurios, adalah sebutan untuk tuan diatas tuan, penguasa diatas penguasa dan dalam tulisan para rasul Kristus menunjuk kepada Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan Yesus Kristus sendiri dalam tulisan para rasul Krisus disebut sebagai Anak Allah, dan tidak ditulis Allah begitu saja tanpa menggunakan kata Anak sebagai awalannya. Satu-satunya yang menggunakan kata Allah tanpa menyebut Anak Allah adalah saat Ia belum inkarnasi yaitu dalam Yohanes 1:1 yang berkata "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." Allah yang dimaksud disana dan diayat berikutnya, "Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah." adalah YHWH (TUHAN) yang Tuhan Yesus Kristus kenalkan kepada kita sebagai Allah Bapa. Dari ayat itu lanjut ke ayat 14 yang berkata, "Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran." Disana ada kata Firman = Allah telah menjadi manusia, yaitu Yesus Kristus sehingga Firman = Allah = Yesus, maka Yesus = Allah. Dengan mengabaikan kalimat selanjutnya yang berkata, "kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa." Dari sanalah maka para rasul Kristus dan Ia sendiri menyebut diri-Nya adalah Anak Allah bukan menyebut Allah.

Dari tulisan para rasul Kristus inilah maka jika Maria disebut Bunda Allah, maka disinilah terlahir kesan bahwa Allah telah dilahirkan oleh manusia, padahal pada saat Yesus lahir Ia adalah manusia dengan meninggalkan semua ke-ilahian-Nya sesuai dengan perkataan rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat Filipi pasal 2 ayat 6 dan 7, "yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia." Jadi Maria tidak pernah melahirkan Allah, ia melahirkan Anak Allah, melahirkan Tuhan, melahirkan Mesias, melahirkan Anak Manusia. Saat di dunia ini Yesus sama seperti kita adalah manusia tanpa membawa ke-ilahian-Nya.

Yohanes 17:5 menuliskan, "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada." Setelah Tuhan Yesus Kristus menyelesaikan pekerjaan-Nya di dunia ini, dengan jalan lahir sebagai manusia, mati sebagai manusia dan bangkit sebagai manusia, maka genaplah tugas-Nya dan Yesus naik ke sorga menerima kembali kemuliaan-Nya yaitu sebagai Allah dan saat itulah dalam diri-Nya manunggal Allah dan Manusia.

Gelar Maria sebagai Bunda Allah merupakan gelar yang jauh kedepan dan saat itu mungkin menjawab tantangan zaman itu, walau memakai istilah yang kurang tepat. Namun selanjutnya istilah itu mengantarkan Maria kepada status yang lebih elite yaitu sebagai Ratu Surga yang duduk disamping Tuhan Yesus Kristus dan disamping-Nya Allah Bapa. Semua itu karena gelar yang menyatakan Yesus saat dilahirkan olehnya adalah Allah. Tetapi anehnya gereja menyangkal bahwa yang mati disalibkan itu Allah.

Jika dirasa topik ini bakal melebar maka silahkan membuka topik sendiri tentang apakah Yesus yang dilahirkan Maria itu Allah atau Anak Allah.
« Last Edit: January 23, 2019, 06:24:46 PM by Krispus »
January 23, 2019, 09:14:38 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 723
  • There is none like You
Quote
Istilah bunda Allah itu sering disalahgunakan menjadikan Maria setara dengan Allah,itulah titik tolak semua ajaran berhala mariology,makanya Rasul tidak pernah menggunakan sebutan itu.

Itu kan disalahgunakan oleh denominasi tertentu di masa belakangan, bukan brarti gelar itu salah,
Gelar itu diberikan utk menegaskan keilahian Yesus Kristus.

Jgn sampai saking napsunya ampe kita dilihat org luar seolah serupa dg bidat Nestorianisme yg mnyebut Bunda Maria hanya Kristotokos krn menolak hypostatic union.
Nah itulah..
Istilah tersebut akhirnya menimbulkan missleading..

Terlepas dari itu,
sebenarnya gelar tersebut bagi saya,
tidak dapat menguatkan atau membuktikan KeIlahian Yesus,

bagi saya,
bukti yang menguatkan itu ada terletak didalam Yesus sendiri.

Bukan buat kita yg sudah beriman, Bro,
Sebutan itu disepakati para Bapa Gereja utk melawan bidat-bidat penentang keilahian Kristus.
Sekarang kita dapat melihat,

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada jasa2 baik para bapa gereja dalam perkembangan dunia Kekristenan.


IMPACT dari langkah para bapa gereja tersebut pada point ini tanpa disadarinya ternyata telah berpotensi menjerumuskan mereka yang tidak percaya/para bidat/orang tersesat masuk kedalam BIG LABIRIN menuju pengenalan akan Yesus yang adalah TUHAN dan Juruselamat.

dan tidak menutup kemungkinan juga akan menyeret generasi kedepan menjurus kepada penghujatan terhadap Allah.

My point is,

Terlepas dari itu,
sebenarnya gelar tersebut bagi saya,
tidak dapat menguatkan atau membuktikan KeIlahian Yesus,

Bagi saya,
bukti yang menguatkan itu ada terletak didalam YESUS sendiri.
 
Finally,

Petrus lah yang pertama kali mengenali Yesus sebagai Mesias - Anak Allah yang Hidup.
dari sinilah awal ekklesia yang hendak dibangun Yesus.

Matius 28:19-20 (TB)
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
January 24, 2019, 12:48:54 AM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 876
  • Denominasi: Protestan
Buat gue mah simpel az,

Ibu Tuhan = Bunda Allah.

Jadi buat orang yang ngaku Kristen tapi gak percaya kalo Maria adalah Bunda Allah, ... ah sudahlah.
January 24, 2019, 06:27:19 AM
Reply #47
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 121
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
Buat gue mah simpel ajha,

ibu Tuhan = emak Yesus Kristus

emak2 yang cuman bisa melindungi keluarga kecilnya atau ayam dan kucing peliharaannya yach itupun klo andai2 dia melihara waktu dibumi.

Wkwkwkwk.... Itu simple bingitzz...!!!!

jangan ngayaaal kelewaat tinggi yang bisa melindungi umat manusia se-alam semesta layaknya TUHAN (Bapa,Anak dan ROH KUDUS).

Jadi yach.....
buat orang yang sok ngaku Kristen tapi gak percaya kalo maria adalah emak Yesus Kristus,
.....aaaaah yach cudahlaah....

Huaatt.. ciiiiim.....!!!!

Burakakakak....akakakk....

Gbu.
Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
January 24, 2019, 11:14:21 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9377
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Memang hal ini yang sedang di diskusikan.

Mari berdiskusi dengan jujur, bukan membentengi diri dengan pernyataan "tidak-tidak" atau "bukan-bukan" sedangkan sebagian orang berfikir demikian, termasuk saya. Karena itu saya beranikan diri diskusikan disini.

Sudah dari naturnya manusia menyembah sesuatu yang ilahi, memohon dan mengharapkan menerima sesuatu dari yang dianggap ilahi. Mulai dari yang disebut aninisme dan dinanisme sampai monoteisme dan agama-agama modern. Manusia berlutut kepada pohon, batu, patung, benda dan banyak hal yang dianggap sebagai sesuatu yang ilahi untuk memohon perlindungan, memohon keberuntungan, memohon permintaan-permintaan dengan memberi persembahan sebagai bentuk pernyataan sikap dan keseriusan hati. Baik berupa nyawa sampai sekedar menyalakan dupa atau saat ini digantikan lilin. Semua bentuk itu didapati dalam gereja Katolik, khususnya terhadap Bunda Maria.

Mengapa Bunda Maria menjadi menarik saya angkat bukan santa-santa yang lainnya? Sebab memang secara khusus posisi dan derajat Bunda Maria berbeda dengan santa-santa yang lain. Ia adalah RATU SURGA, seperti yang saya katakan bahwa penggunaan kata RATU menunjuk kepada kuasa pemerintahan. Hal ini juga didukung dengan pernyataan iman bahwa Bunda Maria diangkat ke sorga tanpa kematian untuk didudukan disamping Tuhan kita Yesus Kristus. Selanjutnya diimani dimana Bunda Maria yang disebut RATU SURTA duduk disitu juga duduk bersamping-sampingan yaitu Allah Bapa. Kita semua tahu dimana Allah Bapa duduk disitulah disebut TAKHTA ALLAH. Karena itu gelar BUNDA ALLAH menjadi sangat penting disini melengkapi tiga kursi TAKHTA ALLAH, yaitu BUNDA ALLAH, PUTRA ALLAH dan ALLAH BAPA. Kata RATU menunjukan bahwa Bunda Maria memerintah di sorga bersama dengan Tuhan Yesus Kristus dan Allah Bapa ada disamping-Nya.

Dari sekian banyak santo dan santa, devosi terhadap Bunda Maria adalah yang paling spesial sendiri, bahkan cenderung dimata orang luar gereja Katolik seperti pernyembahan terhadap "tuhan wanita" untuk melengkapi apa yang kurang dalam natur manusia untuk menyembah sesuatu yang ilahi, yaitu keberadaan para dewi. Tidak semua pribadi manusia dapat berlutut dihadapan dewa, yang digambarkan sosok pria tua, atau dihadapan sosok pria muda. Beberapa orang merasa nyaman saat ia harus berlutut dan memohon serta memberi persembahan terhadap sosok wanita ilahi yaitu dewi di khayangan atau bahasa kristianinya sorga.

Tidak dipungkiri bahwa gereja telah berhasil mengalihkan penyembahan pagan kepada Kekristenan dengan subtisusi meminjam istilah awam. Natal adalah salah satu yang paling spektakuler dan sejarah serta banyak catatan lainnya membenarkan bahwa pada masa-masa mengalihkan dari penyembahan dewa-dewi kepada Kekristenan dilakukan dengan cara-cara subtitusi tanpa menimbulkan gesekan atau konflik budaya dan tradisi. Jika anda tidak paham hal ini atau menyangkal pernah dilakukan hal tersebut, anda sebaiknya tidak perlu melanjutkan diskusi. Capek menjelaskan pengetahuan yang saya bilang telah menjadi pengatahuan umum bukan lagi pengetahuan gerejawi lagi.

Diskusi ini untuk membawa kita kembali kepada fakta-fakta dan tantanga-tantangan yang dihadapi gereja pada zaman dan lingkungan yang berbeda dengan zaman dan lingkungan kita. Bagi saya gereja bukan tanpa salah dalam mengambil keputusan walau saya percaya Tuhan tetap ikut campur. Jika saya beranggapan gereja tanpa salah, maka secara adil saya harusnya menyalahkan gerekan reformasi atau yang disebut kaum protestan pada zaman lampau.

Hari ini menurut saya masih juga ada banyak yang perlu diluruskan dan dibenahi agar gereja dapat tampil cemerlang saat Tuhan Yesus Kristus datang menjemput mempelai-Nya.

justru ini lagi didiskusikan toh

anda bilang doktrin tentang Maria itu dibuat untuk "ganti" dewi2

saya bilang itu salah

nah kalo anda masih mau pertahankan opini anda itu setidaknya kasih dasarnya
mari kita cek bersama benar atau tidak opini anda itu
so burden of proofnya sekarang ada di anda
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 25, 2019, 05:10:55 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 666
  • Denominasi: Protestan
Terdapat sekitar 50-an karya-karya tulis di abad- abad awal yang menulis tentang Pribadi dan karya Kristus, dan ada 20 karya yang disebut ‘injil’

Keduapuluh Injil tersebut adalah:

1-4. Injil Kanonik: Injil Matius, Markus, Lukas, Yohanes
5. Injil menurut jemaat Ibrani
6. Injil Petrus
7. Injil menurut jemaat Mesir
8. Injil Matias
9. Injil Filipus
10. Injil Tomas
11. Proto-evangelium Yakobus
12. Injil Nicodemus (Acta Pilati)
13. Injil Keduabelas Rasul
14. Injil Basilides
15. Injil Valentinus
16. Injil Marcion
17. Injil Hawa
18. Injil Yudas
19. Tulisan Genna Marias
20. Injil Teleioseos

Pertanyaannya, dari mana kita tahu bahwa kitab-kitab tertentu diilhami oleh ROH KUDUS, sedangkan ada banyak kitab lainnya ‘hanya’ merupakan karya manusia? Sejarah menunjukkan bahwa yang menentukan apakah suatu kitab tertentu diilhami ROH KUDUS atau tidak adalah Gereja Katolik.

Jika Katolik tidak membuat patokan  iman (Kanon), maka bisa saja Injil yg beredar dan dipercaya adalah di luar dari ke 4 Injil yg kita pegang hingga hari ini yg menjadi dasar kita untuk percaya. Dan yg telah membuat KITA MENGENAL ALLAH YG BENAR! Kalau ada yg beranggapan bahwa yg disebut Katolik ada 5 antara lain Roma, Anthiokia, Alexandria, Konstantinopel dan Yerusalem. Sebaliknya menurut kami yg namanya KATOLIK hanya satu yaitu yg berada dibawah kepemimpinan penerus Petrus yaitu para Paus. Siapakah diantara ke 5 Gereja itu yg dipimpin Paus itulah yg berhak disebut Katolik TULEN.

Kembali kepada soal kanon Alkitab. Keempat Injil tersebut: Matius, Markus, Lukas dan Yohanes ini ditetapkan sebagai Injil Kanonik/ termasuk dalam Kanon Kitab Suci Perjanjian Baru, pertama- tama oleh Paus Damasus I (382) dan kemudian diteguhkan oleh Konsili Hippo (393) dan Carthage (397) dan konsili- konsili berikutnya.

BTW topik ini sebenarnya sudah melenceng. Mengapa tidak ada yg menanggapi pertanyaan saya ini:

Sebelum Roma Katolik eksis diabad 4 kanon sudah ada !

Ecclesia Semper Reformanda Est
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)