Author Topic: Nama Allah Tritunggal ..  (Read 485 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 25, 2019, 08:32:39 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
pake yang pasti bener aja
sesuai dengan ajaran rasul dan tradisi gereja
rasul itu semua orang Yahudi, macam Paulus itu ahli taurat kelas kakap malah, tapi mereka gak pernah lagi pake YHVH dan sejenisnya, padahal itu bahasa mereka sendiri loh

lah kita yang bukan orang Yahudi pengen2 pake bahasa Yahudi yang mereka sendiri pun gak paham gimana sebutinnya

mungkin ini yang namanya sakit keyahudian
Nama yg paling mudah .. Yesus..haha..

Jbu
January 25, 2019, 08:33:20 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
pake yang pasti bener aja
sesuai dengan ajaran rasul dan tradisi gereja
rasul itu semua orang Yahudi, macam Paulus itu ahli taurat kelas kakap malah, tapi mereka gak pernah lagi pake YHVH dan sejenisnya, padahal itu bahasa mereka sendiri loh

lah kita yang bukan orang Yahudi pengen2 pake bahasa Yahudi yang mereka sendiri pun gak paham gimana sebutinnya

mungkin ini yang namanya sakit keyahudian
Nama yg paling mudah .. Yesus..haha..

Jbu
January 25, 2019, 12:30:20 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9589
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
haha, bukan paling mudah

pasti bener
January 25, 2019, 02:21:23 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 932
  • Denominasi: Protestan
Kitab Kejadian itu, ditulis oleh 2 orang penulis, yaitu:

(1). Kejadian 1 sampai Kejadian 2:3, Penulisnya tidak diketahui, itulah sebabnya .. disana digunakan kata “Allah” dan bukan “TUHAN”, sebab Allah belum menyatakan nama-Nya.
(2). Kejadian 2, mulai ayat ke 4 sampai seterusnya, ditulis oleh Musa.. itulah sebabnya, sejak itu.. sudah digunakan perkataan TUHAN..sebab Allah sudah menyatakan Nama - Nya.
Elo udah salah, ngeyel lagi, bray.

Gini deh, coba kutipkan sumber yang valid dari komen elo di atas, bray.
Kalo bisa sumbernya dari situs-situs Yahudi ya, bray.
Biar semakin valid.

Bray, bray, PL yang jelas-jelas pusakanya orang Yahudi, elo "perkosa" seenak udel lo. 
Apalagi Pentateukh yang notabene tulisan nabi Musa dan sangat sakral.
Elo gak takut kualat, bray?

Wikwikwik....



(1) Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Nih, gue tanya lagi, menurut elo, perkataan Hawa dalam ayat itu adalah perkataan Hawa sendiri yang dituliskan oleh nabi Musa atau nabi Musa yang berinisiatif menuliskannya sendiri?
« Last Edit: January 25, 2019, 04:49:50 PM by viruskasih »
January 26, 2019, 09:58:46 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
Elo udah salah, ngeyel lagi, bray.

Gini deh, coba kutipkan sumber yang valid dari komen elo di atas, bray.
Kalo bisa sumbernya dari situs-situs Yahudi ya, bray.
Biar semakin valid.

Bray, bray, PL yang jelas-jelas pusakanya orang Yahudi, elo "perkosa" seenak udel lo. 
Apalagi Pentateukh yang notabene tulisan nabi Musa dan sangat sakral.
Elo gak takut kualat, bray?

Wikwikwik....



(1) Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Nih, gue tanya lagi, menurut elo, perkataan Hawa dalam ayat itu adalah perkataan Hawa sendiri yang dituliskan oleh nabi Musa atau nabi Musa yang berinisiatif menuliskannya sendiri?
Hahaha .. yang ngeyel dan sok pinter itu anda, kalau anda belum paham sejarah penulisan Alkitab, belajarlah dahulu yg benar.. hahaha ..

Mungkin baru ini anda tahu, bahwa kitab kejadian itu, mulai kejadian 2:4 dst ditulis oleh Musa, nah .. karena Musa yg tulis dan karena Allah telah menyatakan nama - Nya pada Musa, maka sewaktu Musa menulis kitab kejadian 2:4 dst, maka Musa tuliskanlah nama Allah itu dgn YHVH.

gob*** jangan dipelihara .. hahaha ..

Jbu
« Last Edit: January 26, 2019, 10:01:38 PM by Pencerah888 »
January 26, 2019, 09:59:36 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
January 26, 2019, 11:59:49 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 932
  • Denominasi: Protestan
Hahaha .. yang ngeyel dan sok pinter itu anda, kalau anda belum paham sejarah penulisan Alkitab, belajarlah dahulu yg benar.. hahaha ..
Lah iya, kan gue sudah minta elo tunjukkin sumber elo, bray. Buat gue pelajari lebih lanjut.

Jadi elo jangan cuma bisa klaim ini itu tanpa bukti.
Dan karena seluruh PL itu adalah kitab suci Yahudi maka gue minta elo tunjukkin dimari sumber-sumber yang berasal dari situs-situs Yahudi yang kompeten tentunya.

Nah, sekarang coba elo tunjukkin dimari sumber klaim elo tersebut.
Itu juga kalo ada. Dan kalo bener gak ada, elo terpaksa mengada-ada kan, bray.

Wikwikwikwik....


Mungkin baru ini anda tahu, bahwa kitab kejadian itu, mulai kejadian 2:4 dst ditulis oleh Musa, nah .. karena Musa yg tulis dan karena Allah telah menyatakan nama - Nya pada Musa, maka sewaktu Musa menulis kitab kejadian 2:4 dst, maka Musa tuliskanlah nama Allah itu dgn YHVH.
Gak usah kemana-mana dulu, bray.

Coba jawab pertanyaan gue dulu yang sebelumnya,

(1) Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Menurut elo, kata TUHAN di ayat itu adalah perkataan Hawa atau nabi Musa ?
January 27, 2019, 04:31:17 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Kitab Kejadian itu, ditulis oleh 2 orang penulis, yaitu:

(1). Kejadian 1 sampai Kejadian 2:3, Penulisnya tidak diketahui, itulah sebabnya .. disana digunakan kata “Allah” dan bukan “TUHAN”, sebab Allah belum menyatakan nama-Nya.
(2). Kejadian 2, mulai ayat ke 4 sampai seterusnya, ditulis oleh Musa.. itulah sebabnya, sejak itu.. sudah digunakan perkataan TUHAN..sebab Allah sudah menyatakan Nama - Nya.


Bold menurut saya, secara logika itu posibilitas.
Orang menyelidiki sehingga nyampe ke bold itu karena ditemukan [ada perbedaan kronologi kisah antara Gen 1 dan Gen 2] ---dan--- [Gen 1 tdk muncul nama YHWH - Gen 2 muncul nama YHWH]. Berangkat dari sini, kesimpulannya yg jadi nyampe ke bold itu sekalian juga didalam pengertian [di tulis pada waktu yg berbeda].

Yang diatas itu opsi-1.

Opsi lainnya, opsi-2 :
Tidak ada perbedaan kronologika kisah antara Gen 1 dan Gen 2, dimana:
Gen 1 semacem kata pengantar dari penulis
Gen 2 flashback ke Gen 1 secara lebih jauh terkait Adam dan Hawa
Penulis yg sama.


adalagi opsi-3:
Gen 1 dan Gen 2 ya emang bener-bener event yang berbeda, dimana:
Gen 1 adalah peng-eksis-an manusia yang bukan Adam dan Hawa
Gen 2 adalah peng-eksis-an manusia yang Adam dan Hawa
Penulisnya sama.


 :D
January 28, 2019, 04:28:31 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
Lah iya, kan gue sudah minta elo tunjukkin sumber elo, bray. Buat gue pelajari lebih lanjut.

Jadi elo jangan cuma bisa klaim ini itu tanpa bukti.
Dan karena seluruh PL itu adalah kitab suci Yahudi maka gue minta elo tunjukkin dimari sumber-sumber yang berasal dari situs-situs Yahudi yang kompeten tentunya.

Nah, sekarang coba elo tunjukkin dimari sumber klaim elo tersebut.
Itu juga kalo ada. Dan kalo bener gak ada, elo terpaksa mengada-ada kan, bray.

Wikwikwikwik....

Gak usah kemana-mana dulu, bray.

Coba jawab pertanyaan gue dulu yang sebelumnya,

(1) Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Menurut elo, kata TUHAN di ayat itu adalah perkataan Hawa atau nabi Musa ?
Ohhh, ternyata anda tidak paham toh tentang proses penulisan kitab kejadian oleh Musa, kenapa nda ngomong dari kemarin ??

Anda dapat searching di Google, siapa penulis kitab kejadian, disana banyak sumbernya.

Nah, sekalipun hawa yg berbicara, tetapi bukan hawa yg tulis itu kitab, namun Musa., nah, seperti penjelasan saya ke anda sebelumnya, karena Musa yg tulis, maka Musa menggunakan vocab “Allah” menjadi “TUHAN”, sebab Sejak Musalah, Allah baru menyatakan “nama-Nya”, jadi peristiwa penulisan kitab kejadian itu, adalah Flash Back..

Masukan buat anda: Musa adalah penulis 5 kitab (kejadian, keluaran, ulangan, bilangan dan imamat ==> disebut kitab pentateuch).

Jbu..
January 28, 2019, 10:38:22 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9589
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
dipercaya yang nulis semua isi kitab Kejadian itu Musa broh, termasuk Kejadian 1 itu

kalo anda punya sumbernya boleh dikasih biar kita cek

kalo ini cuma opini pribadi anda ya silahkan deh beropini
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)