Author Topic: Pertanyaan-pertanyaan dari seorang yang skeptis akan bahasa lidah  (Read 899 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 25, 2019, 03:47:13 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 549
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
1. Apakah kalian yang berbahasa lidah masih mengingat kata-kata yang barusan kalian ucapkan?
Contoh:
terdengar oleh saya, kalian mengucapkan, misalnya :syikalababa, o syikalababa...

Apakah kalian mengingat kata-kata itu, atau kalian tidak sadar kalian mengucapkan kata itu?

2. Apakah kalian mengerti apa yang kalian ucapkan? Atau cuma perasaan kalian bahwa kalian mengerti?

Maaf, maklumlah, sy skeptis. Mohon dijawab. Terima kasih.

NB : tolong jangan menghakimi sy, sy sudah mengatakan kalo sy skeptis.. Mohon dijawab langsung aja. Mungkin nanti ada pertanyaan2 berikutnya. :ashamed0004: trims.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
January 25, 2019, 04:51:34 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 932
  • Denominasi: Protestan
Ayo yang ngaku denom-nya Pentakosta atau Kharismatik.

Sila dijawab.
January 25, 2019, 07:48:52 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 511
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Ketika ROH KUDUS turun pada hari raya Pantekosta semua umat berkata2 dalam berbagai bahasa yang dinamakan berbahasa Roh (berkarunia lidah), mengapa LIDAH yang dikendalikan oleh Tuhan ?

Yakobus 3:5 Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
3:6 Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
3:3 Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
3:4 Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi.

BAPTISAN ROH KUDUS ADALAH PEMBERIAN LANGSUNG DARI YESUS KRISTUS, JANGAN HANYA DENGAR2 FIRMAN TETAPI TIDAK PERNAH MERASAKAN "SENTUHAN" TANGAN TUHAN.

1 KOR 14:2 karena orang yang berkata-kata dengan karunia lidah itu, bukannya berkata kepada manusia, melainkan kepada Allah, karena tiada seorang pun mengerti, melainkan dengan Roh ia mengatakan rahasia.
14:3    Tetapi orang yang bernubuat itu, ia mengatakan kepada manusia perkataan yang meneguhkan iman, dan nasehat dan penghiburan.
14:4   Maka orang yang berkata-kata dengan karunia lidah itu meneguhkan imannya sendiri, tetapi orang yang bernubuat itu meneguhkan iman sidang jemaat.
14:5   Aku suka jikalau kamu sekalian berkata-kata dengan karunia lidah, tetapi lebih lagi jikalau kamu bernubuat. Maka orang yang bernubuat itu lebih besar daripada orang yang berkata-kata dengan karunia lidah, kecuali jikalau yang berkata-kata dengan karunia lidah itu tahu mengartikan makna lidah itu, supaya sidang jemaat itu beroleh keteguhan iman.
14:6   Tetapi jikalau demikian, hai saudara-saudaraku, jikalau kiranya aku datang berkata-kata kepadamu dengan karunia lidah, apakah aku menguntungkan kamu, jikalau tiada aku berkata-kata kepadamu dengan kenyataan atau dengan pengetahuan atau dengan nubuat atau dengan pengajaran?
14:7   Walaupun benda yang tiada bernyawa, tetapi yang berbunyi, baik suling atau kecapi, jikalau tiada berlainan bunyinya, bagaimanakah dapat dikenal yang mana bunyi suling, yang mana bunyi kecapi itu?
14:8   Karena jikalau nafiri berbunyi tiada berketentuan, siapakah gerangan bersiap akan berperang?
14:9   Demikianlah juga kamu ini dengan lidahmu itu, jikalau tiada kamu melafalkan perkataan yang mudah dierti, bagaimanakah orang dapat mengerti barang yang dikatakan? Karena hal itu seolah-olah kamu membuangkan perkataan ke dalam angin.
14:10   Adalah di dalam dunia ini sebegitu banyak jenis bahasa, dan satu pun tiada yang tiada bermakna.
14:11   Sebab itu jikalau aku tiada mengetahui arti bahasa itu, maka aku menjadi kepada yang berkata-kata itu orang asing, dan yang berkata-kata itu menjadi orang asing kepadaku.
14:12   Demikianlah juga kamu, sedang kamu mengusahakan dirimu akan beroleh karunia rohani, carilah supaya kamu berkelimpahan di dalam hal meneguhkan iman sidang jemaat.
14:13   Sebab itu, hendaklah orang yang berkata-kata dengan karunia lidah itu berdoa, supaya ia dapat mengertikan bahasa itu.
14:14   Karena jikalau aku berdoa dengan karunia lidah, maka rohku berdoa, tetapi akalku tiada mendatangkan faedah.
14:15   Sekarang apakah halnya? Bahwa aku hendak berdoa dengan roh itu, dan aku hendak juga berdoa dengan akal itu; dan aku hendak menyanyi dengan roh itu, dan aku hendak juga menyanyi dengan akal itu.
14:16   Jikalau tiada demikian, apabila engkau mengucapkan syukur dengan roh, bagaimanakah orang, yang tiada berkarunia itu, boleh mengaminkan ucapan syukurmu, sedang ia tiada mengerti apa katamu?
14:17   Karena sesungguhnya, engkau ini mengucapkan syukur dengan sepatutnya, tetapi orang lain tiada terbangun imannya.
14:18   Maka mengucap syukurlah aku kepada Allah, sebab aku tahu berkata-kata dengan karunia lidah, lebih daripada kamu sekalian.


« Last Edit: January 25, 2019, 08:14:55 PM by Ashes to Ashes »
January 25, 2019, 07:55:19 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 511
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
1 Kor 14:23 Jadi, kalau seluruh Jemaat berkumpul bersama-sama dan tiap-tiap orang berkata-kata dengan bahasa roh, lalu masuklah orang-orang luar atau orang-orang yang tidak beriman, tidakkah akan mereka katakan, bahwa kamu gila?
27. Jika ada yang berkata-kata dengan bahasa roh, biarlah dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang, seorang demi seorang, dan harus ada seorang lain untuk menafsirkannya.
28. Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri dalam pertemuan Jemaat dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah.
January 26, 2019, 11:36:57 AM
Reply #4
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 126
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
Ayo yang ngaku denom-nya Pentakosta atau Kharismatik.

Sila dijawab.
Alaaah emon........

Gue tanya ya ama elu....

Dari pernyataan elu diatas......
Jadi menurut elu jemaat mula2 itu denomnya pentakosta atau kharismatik yach mon ?????

Dan jugaaa....
Gimana pandangan gereja eluu sendiri mengenai karunia bahasa roh ????

Kenapa gak lu jelasin ajha dulu menurut gereja elu ????

Gereja elu menolak mentah2 makanya lu serahkan ke gereja yg denomnya pentakosta dan kharismatik ????

Gitu yach maksud elu mon????

Gitu ajha dulu yach dari gue....

Gbu.
Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
January 26, 2019, 12:08:17 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 932
  • Denominasi: Protestan
Alaaah emon........

Gue tanya ya ama elu....

Dari pernyataan elu diatas......
Jadi menurut elu jemaat mula2 itu denomnya pentakosta atau kharismatik yach mon ?????

Dan jugaaa....
Gimana pandangan gereja eluu sendiri mengenai karunia bahasa roh ????

Kenapa gak lu jelasin ajha dulu menurut gereja elu ????

Gereja elu menolak mentah2 makanya lu serahkan ke gereja yg denomnya pentakosta dan kharismatik ????

Gitu yach maksud elu mon????

Gitu ajha dulu yach dari gue....

Gbu.
Lah elo denomnya apa, bray?
Kalo di gereja elo emang praktekkin bahasa lidah, monggo langsung aza dijawab.
Gak usah grasa-grusu kyk gitu.

Elo baca gak pertanyaan dari TS :
1. Apakah kalian yang berbahasa lidah masih mengingat kata-kata yang barusan kalian ucapkan?
Contoh:
terdengar oleh saya, kalian mengucapkan, misalnya :syikalababa, o syikalababa...

Apakah kalian mengingat kata-kata itu, atau kalian tidak sadar kalian mengucapkan kata itu?

2. Apakah kalian mengerti apa yang kalian ucapkan? Atau cuma perasaan kalian bahwa kalian mengerti?

Maaf, maklumlah, sy skeptis. Mohon dijawab. Terima kasih.

NB : tolong jangan menghakimi sy, sy sudah mengatakan kalo sy skeptis.. Mohon dijawab langsung aja. Mungkin nanti ada pertanyaan2 berikutnya. :ashamed0004: trims.
Yang TS tanya itu khusus untuk orang Kristen yang (sudah/pernah) praktekkin bahasa lidah.

Betewe, setau gue, yang praktekkin bahasa lidah di gereja ya cuma denom Pentakosta dan Kharismatik.
Gereja gue percaya (menerima) yang namanya bahasa lidah dengan seluruh ayat-ayat referensinya tapi tidak praktekkin pas ibadah sekaligus juga tidak menentang.

Nah, kalo elo tahu denom lain selain Pentakosta dan Kharismatik, monggo dishare dimari.


Coba cerdas dikit jadi orang, bray.
« Last Edit: January 26, 2019, 12:14:35 PM by viruskasih »
January 26, 2019, 01:31:59 PM
Reply #6
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 126
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
Lah elo denomnya apa, bray?
Kalo di gereja elo emang praktekkin bahasa lidah, monggo langsung aza dijawab.
Gak usah grasa-grusu kyk gitu.

Elo baca gak pertanyaan dari TS :Yang TS tanya itu khusus untuk orang Kristen yang (sudah/pernah) praktekkin bahasa lidah.

Betewe, setau gue, yang praktekkin bahasa lidah di gereja ya cuma denom Pentakosta dan Kharismatik.
Lah yaa iyaa..........
Makanya gue kan jadi nanya ama elu.......

Jadi menurut elu jemaat mula-mula yang tertulis kisahnya di Alkitab elu itu denomnya pantekosta atau kharismatik ya ???

Bukannya elu jawab kok elu malah grasak grusuk......

Wkwkwk..... emon... emon....


Gereja gue percaya (menerima) yang namanya bahasa lidah dengan seluruh ayat-ayat referensinya tapi tidak praktekkin pas ibadah sekaligus juga tidak menentang

Coba cerdas dikit jadi orang, bray.
Nah... Yg ini makin aneh lagi.....

Emanknya bisa ya mon...
Waktu karunia bahasa roh itu diterima maka seketika itu juga tidak berbahasa roh alias mingkem gk bersuara ???

Burakakakakkk....

Gbu.





Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
January 28, 2019, 05:16:45 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
1. Apakah kalian yang berbahasa lidah masih mengingat kata-kata yang barusan kalian ucapkan?
Contoh:
terdengar oleh saya, kalian mengucapkan, misalnya :syikalababa, o syikalababa...

Apakah kalian mengingat kata-kata itu, atau kalian tidak sadar kalian mengucapkan kata itu?

2. Apakah kalian mengerti apa yang kalian ucapkan? Atau cuma perasaan kalian bahwa kalian mengerti?

Maaf, maklumlah, sy skeptis. Mohon dijawab. Terima kasih.

NB : tolong jangan menghakimi sy, sy sudah mengatakan kalo sy skeptis.. Mohon dijawab langsung aja. Mungkin nanti ada pertanyaan2 berikutnya. :ashamed0004: trims.
Saya bukan denom Pentakosta atau Kharismatis, Saya jemaat Gereja Ortodoks Oriental .. saya percaya bahasa lidah, sebagai tradisi suci yg diwariskan para rasul.

Bedanya, dalam kebaktian kami.. bahasa lidah itu “jarang terjadi”, sebab jika “ada” yg berbahasa lidah dalam suatu kebaktian, umumnya akan “mengarah kepada nubuatan”, sehingga jika terjadi “bahasa lidah” dalam suatu kebaktian, hampir dapat dipastikan.. akan ada “orang lain yg berdiri”, untuk menafsirkan bahasa tersebut dan bernubuat.

Jbu ..
January 28, 2019, 09:40:38 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
coba TS baca2 dulu penjelasan dsini ya :

http://www.sarapanpagi.org/9-karunia-roh-vt6475.html

maksudnya biar pengertiannya lengkap
seharusnya menjawab 2 pertanyaan diatas, tapi kalau ada pertanyaan lanjutan setelah membaca artikel tersebut, saya tunggu :)
January 29, 2019, 07:46:32 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
1. Apakah kalian yang berbahasa lidah masih mengingat kata-kata yang barusan kalian ucapkan?
Contoh:
terdengar oleh saya, kalian mengucapkan, misalnya :syikalababa, o syikalababa...

Apakah kalian mengingat kata-kata itu, atau kalian tidak sadar kalian mengucapkan kata itu?

2. Apakah kalian mengerti apa yang kalian ucapkan? Atau cuma perasaan kalian bahwa kalian mengerti?

Maaf, maklumlah, sy skeptis. Mohon dijawab. Terima kasih.

NB : tolong jangan menghakimi sy, sy sudah mengatakan kalo sy skeptis.. Mohon dijawab langsung aja. Mungkin nanti ada pertanyaan2 berikutnya. :ashamed0004: trims.
1. Tidak
2. Tidak

If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)