Author Topic: Pertanyaan-pertanyaan dari seorang yang skeptis akan bahasa lidah  (Read 721 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 02, 2019, 09:06:15 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1447
prinsipnya sama saja dengan doa kok

apakah ada manfaatnya?
ada manfaat kalo kamu berdoa sesuai kehendak Tuhan
gak ada manfaat kalo kamu berdoa cuma untuk memuaskan keinginan diri sendiri

ini sesuai dengan Firman Tuhan

nah bahasa roh itu membantu kita berdoa dengan keluhan2 yang gak terucapkan
gak ada manfaatnya kl cuma ikut2an biar dikira bisa
tentu ada manfaatnya kalo itu sesuai kehendak Tuhan

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.


Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa.

kepada yang sudah berbahasa roh, harusnya mengejar ayat ini :

Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.
Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.
Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.
Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.


intinya adalah kejar karunia untuk membangun jemaat, untuk membangun orang lain
jangan berhenti di karunia yang untuk membangun diri sendiri saja
:afro: :afro: :afro: untuk kalimat Bro yang terakhir...
Maklumin aja Bro...saya cuma pernah baca di alkitab tentang para Rasul yang berbicara bahasa Roh sehingga bisa dimengerti oleh berbagai suku bangsa yang punya bahasa yang berbeda beda....Mereka berkhotbah dengan rendah hati hanya bertujuan untuk membangun iman banyak orang (berbagai suku)...
Di Jaman Now, yang perlu diwaspadai adalah "Kesombongan Rohani", jika memang itu yang terjadi berarti itu dari Roh Kudis bukan dari ROH KUDUS...Hehehehe....Just Kidding Bro Hen...

Salam Damai Bro Hen...
Tuhan Memberkati...
February 04, 2019, 03:10:23 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 723
  • There is none like You
Bagi yang belum menerima karunia bahasa roh saya kira tidak perlu terus menerus skeptis, berkecil hati atau apalagi sampai iri dengki.

Karunia bahasa roh adalah salah satu karunia roh dari karunia2 roh yang akan diterima orang-orang percaya pada saat sesudah mengalami baptisan roh oleh Yesus Kristus.

Mungkin seseorang yang telah merindukan dan menginginkan menerima karunia roh akan bertanya, bagaimana saya belum menerimanya ?

Ada beberapa penyebab seseorang yang belum menerima karunia roh :

1. Dosa yang tersembunyi (Dosa yang tanpa disadarinya adalah dosa) /dosa yang disembunyikan.

2. Kepahitan

3. Belum waktunya


untuk point 1 dan 2 silahkan baca..

Kisah Para Rasul 8:18-19, 22-23 (TB)
Ketika Simon melihat, bahwa pemberian ROH KUDUS terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima ROH KUDUS."

Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini;
sebab kulihat,bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan."


untuk Point 3 silahkan baca..

Kisah Para Rasul 8:15-17 (TB)
Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh ROH KUDUS.
Sebab ROH KUDUS belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima ROH KUDUS.


TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
February 04, 2019, 05:00:58 PM
Reply #32
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 401
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Pertanyaan lanjutan :
apakah bahasa lidah/roh baru terjadi di jaman modern baru2 ini? (buktikan bukti jelas para bapa2 gereja mulai abad ke-6 dan seterusnya melakukannya)
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
February 04, 2019, 09:28:48 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 876
  • Denominasi: Protestan
Pertanyaan lanjutan :
apakah bahasa lidah/roh baru terjadi di jaman modern baru2 ini? (buktikan bukti jelas para bapa2 gereja mulai abad ke-6 dan seterusnya melakukannya)
  • 150M - Justin Martyr menyinggung mengenai bahasa lidah dalam sebuah dialog dengan Trypho, "Jika Anda mau membuktikan mengenai Roh Allah yang bersama dengan jemaat Anda dan membiarkan Anda untuk datang kepada kami, datanglah ke dalam jemaat-jemaat kami, dan Anda akan menemukan Dia mengusir setan-setan, menyembuhkan yang sakit, dan mendengar Dia berbicara dalam bahasa lidah dan bernubuat."

  • Sebelum 200M - Irenaeus dalam risalatnya "Against Heresies" ("Melawan Bidah/Ajaran Sesat") menuliskan mengenai mereka "yang melalui Roh berbicara dalam segala macam bahasa."

  • Sekitar 200M - Tertulianus menyinggung tentang "interpretasi bahasa roh" sebagai "tanda".

  • Sekitar 350M - Ambrosius dalam karyanya "Of the Holy Spirit" ("Dari ROH KUDUS"), menyebutkan "karunia bahasa roh" sedang dicurahkan pada masanya oleh "Sang Bapa".

  • Sekitar 390M - Agustinus dari Hippo dalam sebuah pengajaran mengenai Mazmur 32, mendiskusikan fenomena biasa di zamannya mengenai mereka yang "bernyanyi dalam sorak-sorai", menyanyikan pujian bagi Allah bukan dalam bahasa mereka sendiri, tetapi dalam gaya yang "tidak dapat dibatasi oleh keterbatasan bahasa".

  • Tahun 1100an - Hildegard dari Bingen berbicara dan bernyanyi dalam bahasa roh. Lagu rohani yang dinyanyikannya sering disebut-sebut pada masanya sebagai "konser dalam Roh".

  • Tahun 1300an - Kelompok Moravian disebut-sebut berbahasa roh oleh para pengkritiknya.

  • Tahun 1500an - Nabi-nabi Perancis: Para Camisard juga kadang-kadang berbicara dalam bahasa-bahasa yang tidak dikenal: "Sekelompok orang dari jenis kelamin berbeda," James Du Bois dari Montpellier teringat, "Saya mendengar dalam kegembiraan mereka mengucapkan kata-kata tertentu, yang tampaknya adalah Bahasa Asing." Kalimat-kalimat ini kadang-kadang diikuti dengan interpretasi atas karunia tersebut, dan menurut pengalaman Du Bois, dilakukan oleh orang yang telah memiliki bahasa roh.

  • Tahun 1600an - Perkumpulan Quaker, seperti Edward Burrough, menyatakan bahwa bahasa roh dipergunakan dalam kebaktian-kebaktian mereka: "Kami berbicara dalam lidah asing, sebagaimana diberikan Tuhan untuk kami katakan, dan Roh-Nya memimpin kami".

  • Tahun 1800an - Edward Irving dan Gereja Apostolik Katolik. Edward Irving, seorang gembala dari Gereja Skotlandia, menulis mengenai seorang wanita yang "berkata-kata sangat panjang, dan bukan dengan kekuatan manusia biasa, dalam bahasa yang tidak dikenal, mengherankan semua yang mendengarnya, dan bagi dia sendiri ada kemajuan dan kebahagiaan dalam Tuhan". Irfing melanjutkan bahwa "bahasa roh adalah sebuah instrumen hebat untuk pembaaruan diri, sekalipun hal itu mungkin tampak misterius bagi kita."

  • Pentakostalisme awal - Para kaum Pentakosta awal percaya bahwa bahasa lidah yang mereka nyatakan merupakan xenoglossia (bahasa-bahasa lain, seperti yang terjadi dalam peristiwa Pentakosta di jaman para Rasul)
February 04, 2019, 11:44:43 PM
Reply #34
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 401
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
@virus : thanks.
ak sendiri lebih mengangap berbahasa lidah di alkitab adalah kemampuan berbahasa asing terutama sbg tanda yg barusan percaya dan jg ketika menginjili.

Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
February 06, 2019, 09:57:12 AM
Reply #35
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6439
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Bahasa roh/bahasa lidah terjadi di sepanjang sejarah gereja, bukan hanya skrg.
Skrg mgkn bedanya informasi tersebar lebih cepat dan lebih luas shg jadi sebuah kegerakan.

Bahasa roh yg berupa bahasa-bahasa lain itu masuk kategori bahasa roh yg diterjemahkan,
Jadi bahasa roh tsb bentuknya unik.

Dari beragam kesaksian yg saya dengar, pengucap bahasa roh sama skali tidak tau bhw bahasa roh mreka mrupakan bahasa suku-suku bangsa lain. Ia sendiri blm pernah belajar dan tidak sengaja mengucapkannya.
Itu pulalah yg terjadi di Kisah Para Rasul.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 06, 2019, 10:11:35 AM
Reply #36
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 401
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Bahasa roh/bahasa lidah terjadi di sepanjang sejarah gereja, bukan hanya skrg.
Skrg mgkn bedanya informasi tersebar lebih cepat dan lebih luas shg jadi sebuah kegerakan.

Bahasa roh yg berupa bahasa-bahasa lain itu masuk kategori bahasa roh yg diterjemahkan,
Jadi bahasa roh tsb bentuknya unik.

Dari beragam kesaksian yg saya dengar, pengucap bahasa roh sama skali tidak tau bhw bahasa roh mreka mrupakan bahasa suku-suku bangsa lain. Ia sendiri blm pernah belajar dan tidak sengaja mengucapkannya.
Itu pulalah yg terjadi di Kisah Para Rasul.
masalahnya adalah pada 'o syikalaba' 'rabalabarara' 'rabarabarabarabarabara' itu yg kedengarannya berulang (repetitif) dan dengan kecepatan tinggi, terdengar seperti mantra yg singkat namun berulang2.

itu aja. bagaimana bang siip menjawab fenomena perulangan suku kata itu?
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
February 06, 2019, 11:36:30 AM
Reply #37
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6439
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Coba Bro rekam 5 orang saja berbahasa roh, Bro coba transkripkan rekaman tsb, pasti terlihat variasinya.
Kl transkripnya persis sama kata-per-kata sampai urut-urutan-kata, Bro silakan mulai curiga.

In general mgkn saja terdengar mirip, tp pasti ada variasinya.

Kl Bro mhadiri ptemuan pengerjanya, akan lebih terlihat bedanya.

Ada yg istilahnya urapan korporat.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 06, 2019, 02:15:22 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1447
masalahnya adalah pada 'o syikalaba' 'rabalabarara' 'rabarabarabarabarabara' itu yg kedengarannya berulang (repetitif) dan dengan kecepatan tinggi, terdengar seperti mantra yg singkat namun berulang2.

itu aja. bagaimana bang siip menjawab fenomena perulangan suku kata itu?
Bro...mirip Mas Tarno ya... ;D Abrakadabra...

Salam Damai Bro..
Tuhan Memberkati...
February 06, 2019, 04:18:08 PM
Reply #39
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 121
  • Gender: Female
  • Bless the Lord, oh my soul..Worship His Holy name.
  • Denominasi: Kharismatik
Bro...mirip Mas Tarno ya... ;D Abrakadabra...

Salam Damai Bro..
Tuhan Memberkati...
Oya.... Betewe....

Di gereja lu ada mempercayai Yesus Kristus dapat membaptis roh kagak mon ???

Klo dari yang gue baca di alkitab,
baptis air bisa dilakukan manusia.......

Nah....
klo soal baptisan roh hanya Yesus Kristus yang bisa melakukannya......

Di gereja lu gimana ???
Coba dongsss di paparin dibagikan pengalamannya......

Klo ada implikasinya gimana ???
Klo gk diimplikasi... Kenapa ??? Apa dasarnya???

Nih ayat alkitabnya gue copas biar elu enggak bingung.....

Yohanes 1:33
Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan ROH KUDUS.

Paham mon ????

Gbu.

Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)