Author Topic: Berbagai Pandangan tentang Siapa itu Yesus  (Read 757 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 29, 2019, 02:53:09 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 549
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Berikut ini sy rangkumkan berbagai pandangan yg telah sy temui sejauh ini tentang siapa (dan termasuk asal-usul, mulai dari pandangan paling umum, sampai yg paling tidak umum) :
1. Yesus adalah Tuhan/Allah, pribadi ke-dua dalam Tuhan TriTungal yang (Maha) Esa selain "Bapa yang di Surga" dan "ROH KUDUS" --> penekanannya pada Yesus adalah Tuhan (tidak sama, namun setara Tuhan).

2. Yesus adalah anak/putra Tuhan/Allah dalam Tuhan TriTunggal yang (Maha) Esa --> hampir sama, tapi lebih ditekankan jabatan/fungsinya sebagai putra Tuhan. Namun tetap adalah salah satu pribadi TriTunggal.

3. Yesus adalah Firman yang keluar dari mulut Tuhan --> indikasi dia berasal dari Tuhan yang sama, pada awalnya mereka (anak dan Bapa) bersatu dalam "satu Tuhan", adalah 'satu', bagaimana "bersatunya" sulit dijelaskan, yang jelas adalah "satu". Firman keluar --> belakangan menjadi "anak". Anak dan Bapa (dan ROH KUDUS) adalah sama-sama Tuhan (berbeda, tapi setara) dalam Tuhan Tritunggal yang (Maha) Esa.

4. Yesus adalah salah satu makhluk ilahi (sejenis malaikat) yang (paling) tersohor, yang paling awal diciptakan, (Kolose 1:15, "Firstborn of All Creation"). Dia bernama Michael. Michael disebut dalam alkitab, adalah salah satu penguasa di Surga, juga disebut pangeran bangsa Israel, juga adalah komandan yang memimpin para malaikat ("Archangel Michael"). Belakangan Michael ditunjuk oleh Tuhan untuk menjadi korban tebusan dosa manusia. Michael pun turun ke bumi, menjadi anak manusia (sekaligus anak Tuhan).

5. Hampir sama seperti no. 4, Yesus bernama Michael di Surga. Namun dia bukan malaikat biasa. Dia setara dan juga adalah Tuhan, dan juga salah satu pribadi dalam Tritunggal.

6. Yesus adalah manusia biasa, dia seorang nabi.
« Last Edit: January 29, 2019, 03:01:48 PM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
January 29, 2019, 03:06:51 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
ikuti ajah pandangan mainstream gereja saat ini :
Tritunggal dan Dwinatur
January 29, 2019, 06:03:31 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2662
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Berikut ini sy rangkumkan berbagai pandangan yg telah sy temui sejauh ini tentang siapa (dan termasuk asal-usul, mulai dari pandangan paling umum, sampai yg paling tidak umum) :
1. Yesus adalah Tuhan/Allah, pribadi ke-dua dalam Tuhan TriTungal yang (Maha) Esa selain "Bapa yang di Surga" dan "ROH KUDUS" --> penekanannya pada Yesus adalah Tuhan (tidak sama, namun setara Tuhan).

2. Yesus adalah anak/putra Tuhan/Allah dalam Tuhan TriTunggal yang (Maha) Esa --> hampir sama, tapi lebih ditekankan jabatan/fungsinya sebagai putra Tuhan. Namun tetap adalah salah satu pribadi TriTunggal.

3. Yesus adalah Firman yang keluar dari mulut Tuhan --> indikasi dia berasal dari Tuhan yang sama, pada awalnya mereka (anak dan Bapa) bersatu dalam "satu Tuhan", adalah 'satu', bagaimana "bersatunya" sulit dijelaskan, yang jelas adalah "satu". Firman keluar --> belakangan menjadi "anak". Anak dan Bapa (dan ROH KUDUS) adalah sama-sama Tuhan (berbeda, tapi setara) dalam Tuhan Tritunggal yang (Maha) Esa.

4. Yesus adalah salah satu makhluk ilahi (sejenis malaikat) yang (paling) tersohor, yang paling awal diciptakan, (Kolose 1:15, "Firstborn of All Creation"). Dia bernama Michael. Michael disebut dalam alkitab, adalah salah satu penguasa di Surga, juga disebut pangeran bangsa Israel, juga adalah komandan yang memimpin para malaikat ("Archangel Michael"). Belakangan Michael ditunjuk oleh Tuhan untuk menjadi korban tebusan dosa manusia. Michael pun turun ke bumi, menjadi anak manusia (sekaligus anak Tuhan).

5. Hampir sama seperti no. 4, Yesus bernama Michael di Surga. Namun dia bukan malaikat biasa. Dia setara dan juga adalah Tuhan, dan juga salah satu pribadi dalam Tritunggal.

6. Yesus adalah manusia biasa, dia seorang nabi.

no 1 & 5. Yesus adalah Tuhan/Allah, pribadi ke-dua dalam Tuhan TriTungal yang (Maha) Esa selain "Bapa yang di Surga" dan "ROH KUDUS" --> penekanannya pada Yesus adalah Tuhan (Bukan Bapa, Bukan ROH KUDUS, namun ketiga-Nya setara).

Yesus Kristus adalah Michael, Pemimpin Bala Tentara Surga.
Daniel 12:1, akan ada masa kesesakan Besar dibumi namun Yesus Kristus yaitu Michael, Pemimpin Besar itu akan mendampingi anak anak manusia yakni mereka yang tertulis nama-nya dalam kitab kehidupan itu melewati masa masa kesukaran atau kesesakan mereka.

Tuhan adalah Gembala kita, Yesus Kristus, Michael Pemimpin dan Gembala kita, akan mendampingi kita melewati lembah lembah kekelaman.

Yesus Kristuslah yang menciptakan Manusia.
Yesus Kristus berinkarnasi menjadi no. 6 yaitu menjadi sama dengan manusia, Yesus Kristuslah yang datang ke dunia menjadi sama dengan Manusia untuk menebus manusia ciptaan-Nya yang berdosa.
Yesus yang sudah mati itu telah bangkit kembali dari alam maut.
dan Dia akan datang kembali untuk menjemput umat umat-Nya yaitu setiap orang yang percaya kepada-Nya..

Tuhan Yesus Kristus betul betul menjadi manusia, Tuhan tidak berpura pura menjadi manusia.
ketika dipukuli, Tuhan Yesus betul betul merasakan sakitnya kena pukulan di rahang, pipi, punggung, dan betul betul merasakan sakitnya tusukan mahkota duri, cabikan cambuk duri..

Yesus Kristus betul betul tersiksa, sekarat, dan Yesus Kristus betul betul mati diatas kayu Salib.
Dia tidak malu menanggung semua kehinaan dan kehpahitan itu. Dia tanggung semuanya. Karena kasih-Nya lebih besar daripada Maut.


salam
TYM


« Last Edit: January 29, 2019, 06:14:57 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
January 29, 2019, 10:09:39 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 932
  • Denominasi: Protestan
Yesus Kristus adalah Michael, Pemimpin Bala Tentara Surga.

Daniel 12:1, akan ada masa kesesakan Besar dibumi namun Yesus Kristus yaitu Michael, Pemimpin Besar itu akan mendampingi anak anak manusia yakni mereka yang tertulis nama-nya dalam kitab kehidupan itu melewati masa masa kesukaran atau kesesakan mereka.
Bray, yang di-bold di ayat itu, itu beneran tertulis dalam Alkitab elo, yah

Gue udah cek ke naskah aslinya, ga ada tuh nama "YESUS KRISTUS"

Translit, UVA'ET HAHI YA'AMOD MIKHA'EL HASAR HAGADOL HA'OMED 'AL-BENEY 'AMEKHA VEHAITAH 'ET TSARA 'ASYER LO-NIH'YETAH MIH'YOT GOY 'AD HA'ET HAHI UVA'ET HAHI YIMALET 'AM'KHA KOL-HANIMTSA KATUV BASEFER

Ini gue serius bingits, bray.
Kalo memang di Alkitab elo, pada Dan 12:1 emang tertulis "Yesus Kristus", yowes.
Just in curious mode az, nothing more nothing less.


Tuhan adalah Gembala kita, Yesus Kristus, Michael Pemimpin dan Gembala kita, akan mendampingi kita melewati lembah lembah kekelaman.
...
Kata "kita" di atas, selain ke diri elo, merujuk kepada siapa lagi, bray?

Kan gak semua orang yang ngaku-ngaku Kristen (termasuk gue tentunya) sepaham dengan yang elo yakini, bray. Atau elo yakin kalo TS sepemahaman sama elo, bray?
January 30, 2019, 03:51:20 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
...cut..
Yesus Kristus adalah Michael, Pemimpin Bala Tentara Surga.
Daniel 12:1, akan ada masa kesesakan Besar dibumi namun Yesus Kristus yaitu Michael, Pemimpin Besar itu akan mendampingi anak anak manusia yakni mereka yang tertulis nama-nya dalam kitab kehidupan itu melewati masa masa kesukaran atau kesesakan mereka.
Saudara ku ..

Daniel 12:1 tersebut, TIDAK diperuntukkan untuk kedatangan Yesus, artinya Yesus dan Mikhael itu BERBEDA.

Mari kita bedah Daniel 12:1 tersebut..

Nah, Daniel 12:1 tersebut, adalah “nubuatan akhir jaman” dan bukan nubuatan tentang kelahiran Yesus,. Dari mana kita tahu, bahwa nubuatan tersebut, berbicara tentang akhir jaman ?

Kita dapat ketahui, bahwa Daniel 12:1 tsb tentang nubuatan akhir jaman, yaitu:
(1). Dalam Daniel 12:1 dituliskan .. akan ada kesesakan yg besar, seperti yg belum pernah terjadi, sejak ada bangsa2 sampai pada waktu itu.
(2). Kemudian kalimat lanjutannya dalam Daniel 12:2.. dan banyak orang yg telah tertidur didalam debu tanah akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yg kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yg kekal.

Nah, Nubuatan terhadap “kedatangan” mikhael dalam kitab Daniel tersebut, adalah “menjelang” hari penghakiman.. sebab .. sejak kelahiran Yesus, manusia belum mengalami masa kesesakan besar tersebut, seperti “prasyarat” yg dituliskan dalam Daniel 12:1 tersebut, untuk kedatangan “mikhael”.

Jadi, nubuatan Daniel atas kedatangan mikhael, belum terjadi atau belum digenabi, dan hal ini .. sesuai dgn wahyu yg diterima oleh Yohanes, yaitu .. walaupun Yohanes tidak menuliskan secara “spesifik” nama Malaikat Mikhael, namun Malaikat yg muncul dalam nubuatan Yohanes, tentang “malaikat yg akan memberitakan “Injil” kepada bangsa2 diakhir jaman, “kemungkinan besar merujuk pada mikhael yg dinubuatkan oleh Daniel ini”.

Jadi, Mikhael itu BUKAN Yesus, dan nubuatan Daniel tentang kedatangan mikhael tsb, bukan untuk kedatangan Yesus.

Jbu

January 30, 2019, 07:47:59 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
itu cikal bakal pemahaman Yesus cuma malaikat ciptaan Allah
January 30, 2019, 09:20:00 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2662
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Michael Bukan malaikat Ciptaan Allah,
Michael adalah Pencipta itu Sendiri..

bagi teman teman, yang mau berdiskusi lebih lanjut mengenai Michael..

boleh kita lanjutkan di topik ini ya.. http://forumkristen.com/index.php?topic=52077.0


thanks and God Bless You
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
January 30, 2019, 09:57:38 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9590
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
ya, saya bilang "cikal bakal", bukan bilang memang begitu pemahamannya

karena memang pada akhirnya ada yang menuju kearah sana kan :)
January 30, 2019, 10:18:39 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1070
  • There is none like You
Nabi daniel diberitahu bahwa sang penjuru malaikat mikhael adalah "pelindung bangsamu" (Daniel 12:1, versi BIS).

Bangsa daniel adalah bangsa Yahudi, dan kenyataan bahwa mikhael "melindungi" mereka menyiratkan bahwa Allah telah menempatkan malaikat-malaikat kudus tertentu untuk melindungi bangsa dan kelompok-kelompok di muka bumi.

Rupanya para iblis juga mempunyai urutan hirarkis (baca Daniel 10:20). Julukan mikhael sebagai "pemimpin besar" menekankan bahwa ia memiliki otoritas di dalam dunia roh. Adapun sosok lainnya juga karena Daniel 10:13 mengungkapkan bahwa mikhael adalah "salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka."

Sang penjuru malaikat mikhael ini,
rupanya, memegang peranan yang cukup besar dalam peristiwa akhir jaman.

Daniel diberitahu oleh malaikat Tuhan bahwa, pada akhir jaman, mikhael akan "muncul" dan akan ada kesesakan yang dahsyat - rujukan kepada Masa Kesengsaraan (Daniel 12:1). Israel dijamin akan dilindungi pada waktu ini.

Kelihatannya akan mengarah kepada suatu zaman akhir dimana ilmu pengetahuan berada pada puncak perkembangan.

Daniel 12:4 (TB)
Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
January 30, 2019, 10:52:50 AM
Reply #9
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6468
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Bagus skali Zhezhu, mantap pencerahannya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)