Author Topic: Hukum Perceraian .. (tinjauan kasus BTP)  (Read 1890 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

February 25, 2019, 10:17:55 AM
Reply #60
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9585
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kan udah dijelaskan :
zinah disitu konteksnya hukuman mati

jadi "kecuali karena zinah" itu artinya "kecuali kalau meninggal"
so boleh gak kawin lagi dan tidak hidup dalam perzinahan? boleh, kalo pasangannya meninggal, silahkan kawin lagi

itu artinya "sampai maut memisahkan" bro
hanya maut yang bisa memisahkan

so manalagi yg lom jelas sih?
bingung saia ;D
February 25, 2019, 11:10:55 AM
Reply #61
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1070
  • There is none like You
oot mode-on..

Sampai maut memisahkan ? yakin ?

Ironisnya ada gereja yg tetep kekeuh percaya tidak ada perpisahan antara yg hidup dan yg meninggal dunia meski maut sudah memisahkannya.

Ya semata-mata hanya untuk mendukung praktek doa menyimpang yg merupakan kekejian bagi Allah. :D

oot mode off..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu





« Last Edit: February 25, 2019, 11:19:29 AM by ZheZhu »
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
February 25, 2019, 11:43:56 AM
Reply #62
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6467
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Oda, di dalam Alkitab Perjanjian Baru ada 4 kesaksian ttg 'menceraikan isteri', yaitu surat Matius, surat Markus, surat Lukas dan surat Paulus kpd jemaat Korintus.

3 dari 4 surat itu SEMUA tidak ada kata 'kecuali karena zinah'.
3 dari 4 surat itu sepakat bhw perceraian tidak dibolehkan atas alasan apapun.

So kami menafsirkan dg wajar bhw kesaksian Matius tidak bicara ttg 'izin cerai hidup jika diakibatkan zinah' mlainkan 'cerai mati krn zinah' yg mrupakan ketentuan hukum Taurat pd masa itu.
Logis skali itu shg tidak ada sama-skali kontradiksi.

Zaman skrg tanpa mlihat padanan seluruh surat dan tanpa mlihat konteks, orang mnafsirkan zinah sbg peluang utk cerai hidup. Ya kl org emang udh kekeh mau cerai, penafsiran yg pro-cerai pasti yg akan dia pakai.

Kl org mau mnggunakan metode tafsir yg benar, tentu 3 dari 4 surat menjadi sangat kuat utk mmaknai suatu firman.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 25, 2019, 06:56:15 PM
Reply #63
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9585
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
yang menikah masih mau cerai janjinya harus demikian :

"sampai zinah memisahkan kita"

smoga gak ada gereja yang sableng beneran bikin janji nikah begini ;D
February 26, 2019, 09:32:17 AM
Reply #64
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
oot mode-on..

Sampai maut memisahkan ? yakin ?

Ironisnya ada gereja yg tetep kekeuh percaya tidak ada perpisahan antara yg hidup dan yg meninggal dunia meski maut sudah memisahkannya.

Ya semata-mata hanya untuk mendukung praktek doa menyimpang yg merupakan kekejian bagi Allah. :D

oot mode off..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

OOT ..

Tepat sekali..

Doa untuk orang yg sudah mati, dan doa kepada orang mati, sekalipun orang yg sudah mati itu adalah “Rasul”, TETAP tidak diperbolehkan oleh Alkitab.

Karena orang yg hidup dan yg mati itu, tidak memiliki hubungan lagi.

Jbu..
February 26, 2019, 09:40:16 AM
Reply #65
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 559
Oda, di dalam Alkitab Perjanjian Baru ada 4 kesaksian ttg 'menceraikan isteri', yaitu surat Matius, surat Markus, surat Lukas dan surat Paulus kpd jemaat Korintus.

3 dari 4 surat itu SEMUA tidak ada kata 'kecuali karena zinah'.
3 dari 4 surat itu sepakat bhw perceraian tidak dibolehkan atas alasan apapun.

So kami menafsirkan dg wajar bhw kesaksian Matius tidak bicara ttg 'izin cerai hidup jika diakibatkan zinah' mlainkan 'cerai mati krn zinah' yg mrupakan ketentuan hukum Taurat pd masa itu.
Logis skali itu shg tidak ada sama-skali kontradiksi.

Zaman skrg tanpa mlihat padanan seluruh surat dan tanpa mlihat konteks, orang mnafsirkan zinah sbg peluang utk cerai hidup. Ya kl org emang udh kekeh mau cerai, penafsiran yg pro-cerai pasti yg akan dia pakai.

Kl org mau mnggunakan metode tafsir yg benar, tentu 3 dari 4 surat menjadi sangat kuat utk mmaknai suatu firman.
Benar sekali saudara ku ..

Hukum Perceraian itu cuma “satu dan absolut”, hanya kematian yg bisa memisahkan  orang yg sudah dipersatukan Allah.

Sekalipun karena “perzinahan”, boleh pisah ranjang/cerai, tetapi tetap tidak boleh kawin, sebelum salah satu mati.

Orang yg kawin lagi, akibat dari perceraian (apapun alasannya), seperti topik yg diangkat disini, maka orang tersebut “telah menempatkan dirinya” hidup dalam perzinahan.


Jadi, kawin itu sampai mati dan setelah salah satu mati, baru boleh kawin lagi.


Jbu
February 26, 2019, 10:43:34 AM
Reply #66
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1790
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
mana yang lebih dibenci Tuhan :
Perceraian atau perjinahan?
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
February 26, 2019, 10:48:08 AM
Reply #67
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9585
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
jawaban saya : perceraian

Israel berkali2 berzinah, namun gak pernah diceraikan

bayangin kalo diceraikan, apa gak kelar tu Israel

tp trus jgn dibilang kalo gitu boleh zinah asal jgn cerai.... ini namanya mbudet
February 26, 2019, 11:00:14 AM
Reply #68
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 851
  • Gender: Male
  • Denominasi: pro-testan
jawaban saya : perceraian

Israel berkali2 berzinah, namun gak pernah diceraikan

bayangin kalo diceraikan, apa gak kelar tu Israel

tp trus jgn dibilang kalo gitu boleh zinah asal jgn cerai.... ini namanya mbudet

ya ..seperti Hosea dan Gomer..di mana Gomer berkali kali tidak setia tapi Hosea tetap menerima Gomer.

Bahkan di  Hosea 3 Tuhan berkata: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis.”  :angel:
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
February 26, 2019, 11:10:30 AM
Reply #69
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9585
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
tepat sekali

orang yang pakai alasan perzinahan untuk bercerai itu sering gak sadar kalau tindakan itu jelas2 menentang Firman Tuhan
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)