Author Topic: Berbagai Alat Penggembalaan di Gereja  (Read 1347 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 23, 2019, 09:02:27 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Berikut ini berbagai alat penggembalaan (bukan penginjilan ya, tapi penggembalaan/pastoral) yg telah kutemui di gereja :
1. Ibadah minggu
2. Persekutuan/pertemuan, mempunyai fungsi dan bentuk yang beraneka ragam, misalnya persekutuan pemuda (Youth Fellowship), persekutuan remaja, persekutuan pria, persekutuan wanita, persekutuan usia gembira (lansia), dll
3. Persekutuan Doa, bagian dari persekutuan tapi sangat khusus, hampir sama kayak no. 1, cuma lebih fleksibel, tata ibadah lebih sederhana, dan lebih fokus ke doa (porsi/durasi untuk doa jauh lebih panjang). Firman Tuhan bisa ada atau tidak ada.
4. Kelompok kecil aka. cell group aka. kelompok tumbuh bersama, aka. Connect Group dan lain sejenisnya adalah komunitas kecil di dalam gereja, membantu gembala sidang dalam mengenal dan mempedulikan domba2nya. pertemuan2 kelompok kecil sangat fleksibel sekali, dan pembicaraan bisa berupa sharin, dan kesaksian anggota. kadang ditambah sesi ramh tamah (makan2). atau kegiatan lain.
5. Family Altar (FA), sangat mirip dengan no. 4, tapi FA lebih spesifik dan biasanya diadakan di rumah2 anggota. boleh disbut gereja kecil di dalam gereja.
6. Penelaahan Alkitab (PA), pengajaran alkitab yg lebih intens dan terstruktur. hamba Tuhan yg memimpin biasanya pnya materibuku pegangan. Kelompok kecil bisa aja satu paket berisi PA juga
7. Konseling pribadi jg kadang dilakukan kepada orang2 tertentu, baik atas permintaan oang bersangkutan atau inisiatif hamba Tuhan misalnya konseling pernikahan, katekisasi sebelum baptis, konseling untuk masalah tertentu dan lain sejenReisnya.
8. Seminar khusus tentang topik tertentu.
9. Retreat, menyegarkan jasmani dan rohani para domba2.
« Last Edit: February 26, 2019, 08:31:46 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
February 26, 2019, 11:00:47 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9648
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
sebenernya

persekutuan doa = kelompok kecil = FA (ini sebenarnya cuma brand kok) = PA
February 26, 2019, 11:53:39 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
sebenernya

persekutuan doa = kelompok kecil = FA (ini sebenarnya cuma brand kok) = PA
ya ada yg mengatakan sama. kalo di gereja aku gak ada kelompok kecil, tapi ada nya adalah persekutuan doa (PD), dan diadakan bukan di rumah jemaat tapi di aula gereja, dan setting-annya agak 'formal', dan tanpa diskusi atau sharing.

Kelompok kecil/sel, termasuk FA yg aku maksudkan adalah yg di dalamnya ada sharing/diskusi (tapi bukan kotbah).

Menurut aku PD di gereja aku berbeda sekali (setidaknya di tempat aku) dengan kelompok sel, yg mana kalo PD fokusnya ke doa. kalo kelompok kecil/sel (termasuk di dalamnya "Family Altar") itu banyak kelompoknya, maksudku adalah jemaat dibagi2 ke dalam beberapa kelompok kecil (cell group) yang bisa saja mengadakan acara bersamaan masing2 di tempat2 terpisah. Dan kelompok kecil juga sangat fleksibel kegiatannya. Bisa diadakan di rumah2 jemaat yg bersedia atau bahkan di tempat lain.

Di tempat aku tidak ada yg namanya kelompok sel (aka. Cell Group/Connect Group) dan/atau FA. Acara yang teratur/rutin diadakan cuma PD setiap hari rabu malam. Namun demikin kadang2 jemaat berinisiatif mengadakan acara yg mungkin mirip FA (namun tidak rutin, tidak dijadwalkan), dinamakan "kebaktian keluarga" dan mereka bertindak sebagai tuan rumah (biasanya di hari minggu sore). Tuan rumah mengundang seluruh jemaat gereja datang ke rumahnya mengadakan kegiatan yg lebih mirip disebut 'ibadah kecil' (ada kotbahnya dan bukan bersifat "sharing/diskusi"), dan diakhiri biasanya dengan makan2 di rumahnya. Namun sekali lagi di gereja kami kebaktian keluarga ini tidak rutin (hanya sekali2) dan bersifat sukarela.

gitulah yg di gereja aku, cuma berbagi pengalaman. Post yg pertama di atas itu hasil penelusuranku di berbagai gereja. Mungkin ada yg menganggap sama. Pembagian itu mungkin agak overlap dan mungkin cuma beda "brand" aja.
« Last Edit: February 26, 2019, 12:02:17 PM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)