Author Topic: Mencengangkan! Bekerja 13 bulan tapi yang digaji 12 bulan saja?  (Read 877 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 25, 2019, 08:28:45 AM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 122
  • Denominasi: Interdenominasi
Kita mungkin sudah tidak terlalu memikirkan lagi tentang perhitungan waktu yang kita pakai, karena dianggap terlalu umum dan sudah biasa. Kita sepakat bahwa waktu sebulan itu adalah terdiri 28-31 hari. Namun alasan perbedaan jumlah hari dalam sebulan itu apa? Mungkin ada teman disini yang bisa menjabarkan bagaimana setiap bulan itu kemudian memiliki perbedaan jumlah hari, lalu diakui, dihidupi, dijalani tanpa sedikitpun pertanyaan ataupun keraguan.

Namun disini akan dibahas bahwa faktanya ada orang yang bekerja setahun selama setara 13 bulan namun gaji yang wajib dibayarkan ternyata hanyalah 12 bulan saja. Bagaimana ini bisa terjadi? kok kerja 13 bulan yang dapat gaji hanya yang 12 bulan saja, lalu yang kerja sebulan tanpa digaji gitu? aneh kan waktu mendengar ini.

Seperti dibahas diatas bahwa sebulan yang kita hidupi memiliki jumlah hari yang bervariasi antara 28-31 hari, terlepas dari alasanya mengapa seperti itu yang kita hidupi, namun secara matematis jelas akan terjadi selisih diantara setiap bulan, jika kita ingin menghitung secara mendasar yaitu apabila satu bulan disepakati terdiri dari 4 minggu saja yang seminggu terdiri dari 7 hari, maka sebulan seharusnya tepat 28 hari saja (7x4=28). Tetapi pada kenyataanya, sebulan itu tidak hanya terdiri dari 4 minggu atau 28 hari saja, melainkan pasti ada tumpang tindih hari, bahkan ada satu bulan yang jelas-jelas terdiri dari 5 hari minggu, karena terdiri dari 31 hari. Artinya jika ada orang yang digaji secara bulanan dan gajinya itu tetap setiap bulannya, maka bisa dibilang bahwa dia bekerja setahun 13 bulan setahun tetapi menerima gaji wajib hanya 12 bulannya saja dalam setahun itu. Sementara selama sebulan orang tersebut kerja bakti atau kerja tidak dibayar (kecuali mendapat gaji ke-13).

Begini penjelasanya :

Jika ingin objektif menilai sebulan terdiri dari 4 minggu dan 7 hari seminggu sebagai patokan dasar, maka hal itu akan terjadi secara benar hanya pada bulan Februari saja (7x4=28), karena sisanya pasti tidak benar. Setiap bulan yang kita hidupi rata-rata adalah 30 hari, jelas setiap bulan akan terjadi selisih lebih hari sejumlah 1-3 hari dan bisa dihitung bahwa selisih hari pada tiap bulan itu apabila disetahunkan, maka akan bisa membentuk satu bulan yang tidak ada dalam hitungan setahun kalender kita. Coba saja teman-teman hitung sendiri, jika kita menghitung sebulan sebagai 4 minggu, lalu mengurangkan jumlah hari dalam bulan-bulan normal yang berisi 29-31 hari menggunakan hitungan sebulan yang hanya 28 hari (4 minggu), maka akan terjadi selisih 1-3 hari dalam tiap bulan. Dan jika selisih hari-hari itu dikumpulkan lalu kemudian digabungkan dalam setahun, maka akan bisa menghasilkan 4 mingggu lain yang ternyata tidak ada dalam kalender meskipun itu bisa disebut sebagai satu bulan, karena berjumlah 29 hari, yaitu bulan ke 13 (yang selalu tidak terlihat sebagai sebulan dalam kalender karena tercecer dalam bentuk selisih hari setiap bulannya). Akan terlihat jelas jika teman-teman menghitung jumlah minggu dalam setahun yang jumlahnya adalah 52 minggu, jika sebulan 4 minggu, maka 52/4 = 13 bulan, sementara kita hanya punya 12 bulan saja dalam setahun.

Menariknya hal ini diungkap oleh seorang komedian bernama Dave Gorman yang dalam stand-upnya sedang mengangkat matematika dalam menghitung jumlah hari-minggu-bulan dalam setahun kalender kita, menurutnya dari ketiganya (hari-minggu-bulan) yang tidak konsisten jumlahnya adalah berapa jumlah minggu dalam sebulan dan mengapa setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda-beda.

Bagaimana menurut teman-teman? apakah teman-teman termasuk orang-orang yang digaji hanya setara 12 bulan, sementara teman-teman bekerja setara 13 bulan penuh yang artinya dalam setahun teman-teman selalu melakukan kerja bakti selama sebulan penuh namun tidak menyadarinya?
« Last Edit: February 25, 2019, 09:09:23 AM by Nidus »
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
February 26, 2019, 03:57:27 PM
Reply #1
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Kan dapat THR (gaji ke 13) , anggap pas lah.

Salam Santai.
Hidup hanya sementara.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)