Author Topic: Non Kristen : Jangan percaya ajaran Perpuluhan, Tuhan tidak pernah minta uang  (Read 3477 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 27, 2019, 12:17:58 PM
Reply #40
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Terima kasih atas nasehat anda soal harta bla bla blah,
mungkin anda mengira bahwa orang yg tdk setuju dgn perpuluhan adalah orang yg pelit, kikir, tdk perduli dll.
padahal belum tentu sumbangan anda  melebihi sumbangan orang tsb. ya kan ?

Saya tidak mempermasalahkan apakah setuju / tak setuju persepuluhan.
Saya juga tak tau apakah itu mau dipakai sebagai alasan mau menyumbang atau kagak.
Saya juga tak tau apakah persembahanku lebih besar / tidak ?

Tetapi menghakimi bahwa gereja yang menyetujui persepuluhan adalah pencuri dll itu saya tak setuju.
Itu bisa saja aturan gereja sendiri. Kalau tak menyetujui, yah pindah gereja saja.

Hidup hanya sementara, tak perlu dibuat rumit. Apalagi sampai ribut antar jemaat.
Hidup hanya sementara.
February 27, 2019, 12:25:10 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9612
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
nah ujung2nya balik lagi menjiplak ;D

sudah dibilangin berkali2 kalo perpuluhan jaman taurat itu besarnya bukan 10% tapi 23,33%

so gimana sih bisa dikatakan menjiplak?
kayaknya anda ini gak baca penjelasan ya, taunya bilang pajak pajak aja wkkw

lebih baik baca2 ini aja deh, lengkap dijelaskan, kalau mau didiskusikan silahkan :

http://manusia-biasa-saja.blogspot.com/2016/01/persepuluhan.html

kalo abis ini masih balik lagi ke taurat, tepok jidat aja
February 27, 2019, 12:33:42 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Pantaslah mereka yang belum bisa fokus hanya ke ajaran Yesus (PB) masih terombang ambing dengan kebingungan, keraguan, dan sikap permisif terhadap suatu dosa terselubung....
Jika sudah bisa "Fokus" hanya kepada Ajaran Yesus (Original/Kebenaran Sejati), baru tidak bingung, tidak ragu, tidak bersikap permisif terhadap dosa terselubung...
Puji Syukur pada Tuhan, sudah banyak saudara" dari Gereja muda yang sudah memahami dengan yakin Ajaran" original dari Yesus....Kalau semua bisa "Fokus" hanya ke PB, maka keraguan akan lenyap...

Salam Damai Temans...
Tuhan Memberkati...
February 27, 2019, 01:21:12 PM
Reply #43
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Keinginan (egois) aku cuma satu yaitu menghapuskan kata "perpuluhan" di gereja sekarang. aku kurang suka dengar "perpuluhan". agak konyol dan tidak sesuai alkitab. menurut aku cukup "persembahan" begitu aja. perpuluhan menimbulkan makna yg beragam.

Bro, cobalah melihat dari sudut pandang lain.

Kadang kala kita melihat scr prasangka.

Yg mberi perpuluhan menyangka yg tidak mberi perpuluhan itu pelit dan cinta uang,
Yg tidak mwajibkan perpuluhan menyangka yg mberi perpuluhan itu korup dan cinta uang.

Saya di gereja yg mwajibkan perpuluhan dan saya bsyukur krn gereja tsb punya banyak sumber daya utk kegiatan sosial dan tanggap bencana. Ada sumbangan konstan utk orang tua asuh dll. Mreka yg melayani disana tidak berkekurangan.

Lihat positifnya utk masing-masing sisi.

Toh jemaat yg datang ksana dan tidak mberi perpuluhan tidak diekspose, tidak dipermalukan dan tidak diusir.

Kl kita tidak stuju ya kita cari saja yg sesuai maunya kita, banyak kan variasi pengajaran soal perpuluhan ini.

Yg tidak mwajibkan perpuluhan juga oke, sama-sama diberkati Tuhan toh.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 27, 2019, 01:25:32 PM
Reply #44
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Alangkah lebih baik, jika pernyataan Bro ini disampaikan kepada para pendeta yang mewajibkan minimal 10%...tapi masalahnya disini, Bro berani ga ? Kalau kami di Katolik, berani lho, jika ada Pastor yg sudah menyimpang, lalu kami koordinasi dulu sesama umat, baru bersama sama datang ke Paroki Pastoran untuk membicarakan hal tersebut secara damai...Karena di kami ada Hirarkhi (semua Imam tunduk pada aturan Hirarkhi), jadi seorang Pastor ga bisa main"/merasa sewenang wenang...

Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...

Ada sisi pengajaran firman, ada sisi penerapan tata kelola gereja.

Scr Alkitab perpuluhan tidak lagi wajib, tp secara tata kelola Pimpinan Gereja berhak menetapkan aturan bagi jemaatnya.

Saya personally sependapat dg penerapan 10% penghasilan bagi Gereja krn banyak manfaatnya bagi Gereja dan bagi yg memberi.

Asalkan yg tidak memberi tidak diekspose dan tidak diusir, buat saya itu fine saja Bro.

Yg saya kuatirkan bukan memberi kurang dari 10%, yg justru saya kuatirkan dg adanya doktrin perpuluhan malah jemaat enggan memberi lebih dari 10% saat diminta Tuhan krn 'merasa' yg wajib 'cuman' 10%.

Jemaat saya banyak orang kayanya Bro, jd 10% itu sangat mampu dilakukannya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 27, 2019, 01:28:35 PM
Reply #45
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Tuhan tidak pernah minta uang, jadi jangan menyebarkan ajaran hoax bahwa Tuhan minta PPH10%.

Jangan salah,
Tuhan meminta persembahan.
Itu ada sejak zaman PL.

Cuma bentuk persembahannya, bisa banyak bentuknya.
Kpd siapa persembahan ditujukan, itu juga bisa banyak variasinya.

Kl kamu bilang Tuhan tidak pernah minta uang brarti kamu membatasi apa saja yg Tuhan bisa minta dari hidup seseorang.

Kamu silakan sebal dan benci dg doktrin perpuluhan, ya up to you, tp kl pergi ke arah ekstrim jg nggak baiklah...
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 27, 2019, 01:49:21 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
om Siim dan Hen :
begini khayalan aku kalo ada orang islam atau orang buddha atau hindu atau atheis dll yg baru sekali datang ke gereja aku, pas lagi ada acara pembaptisan, dibacakan kewajiban membayar perpuluhan.

Nah om om sekalian yg terhormat coba khayalkan kejadian seperti itu. kira2 apa yg ada di benak mereka para orang yg belum percaya ketika mendengar ada pengutipan perpuluhan (dan setelah dicari tau, ooh rupanya 10% yah, benar2 gereja rupanya sangat mata duitan)???

gak usah dibacakan lah, kalo sampai orang nonKristen tau soal gereja mengajarkan bahwa perpuluhan itu 10% (kewajiban minimal) pasti mereka berpikir yg buruk soal gereja.

menurut aku (ada di denominasi tertentu) yg paling baik adalah seperti di alkitab itu di mana janda miskin itu memberi ke dalam kotak.

jadi cukup disediakan kotak saja sudah bagus tidak perlu diajarkan mengenai perpuluhan atau bahkan diBACAkan kewajiban itu di muka umum. ajarkan sj tentang mengucapkan syukur bisa dengan salah satunya ya memberi persembahan (jangan bicarakan atau jelaskan tentang 10% dari penghasilan itu). Itu dari sy...

NB : oh y coba jawab pengandaian yg di atas ya.
« Last Edit: February 27, 2019, 01:56:55 PM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
February 27, 2019, 01:54:13 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Ada sisi pengajaran firman, ada sisi penerapan tata kelola gereja.

Scr Alkitab perpuluhan tidak lagi wajib, tp secara tata kelola Pimpinan Gereja berhak menetapkan aturan bagi jemaatnya.

Saya personally sependapat dg penerapan 10% penghasilan bagi Gereja krn banyak manfaatnya bagi Gereja dan bagi yg memberi.

Asalkan yg tidak memberi tidak diekspose dan tidak diusir, buat saya itu fine saja Bro.

Yg saya kuatirkan bukan memberi kurang dari 10%, yg justru saya kuatirkan dg adanya doktrin perpuluhan malah jemaat enggan memberi lebih dari 10% saat diminta Tuhan krn 'merasa' yg wajib 'cuman' 10%.

Jemaat saya banyak orang kayanya Bro, jd 10% itu sangat mampu dilakukannya.
Gereja yang "Benar" di mata Yesus menerapkan persembahan sukarela (jika dimaknai secara sederhana, berarti tidak ada angka minimum/prosentase). Angka minimal 10 % adalah manusia yang membuat...bukan Yesus. Apakah Petinggi/Pejabat Gereja lebih tinggi/lebih berhak dari Yesus ? Kita harus kokoh dalam memilih Iman, jangan setengah"...mau ikut Firman Yesus atau mau ikut apa kata Pendeta/Petinggi Gereja ? Tentukan Pilihanmu dengan keyakinan yang mantap....Jika kita beriman secara kokoh kepada Yesus, maka DIA akan menyayangi kita sepenuhnya....Jika Iman kita setengah", maka DIA tetap juga menyayangi kita (tapi setengah" juga, karena kita ragu terhadap Firman-Nya, karena masih bisa dipengaruhi oleh Pendeta/manusia yang telah salah menafsirkan maksud-Nya)....Yang parah banget nih, jika seseorang  sudah mengerti bahwa persembahan itu sukarela, tapi karena ingin memperkaya diri..dia memanfaatkan  jabatan dan memelintir makna ayat itu (menjadi kewajiban/10%), dan kemudian diajarkan kepada mereka" yang masih belum kuat Imannya... (Menipu dan Membodohi demi kepentingan diri sendiri)...
BTW, secara tanpa sadar, jika Bro masih mengkhawatirkan Berkat para Pendeta/HT (Sama aja Bro ragu Tuhan tidak akan memelihara mereka)...Jika kita ragu/khawatir, maka bisa terjadi hal yang kita ragukan itu....
Saya lihat, di kebanyakan Gereja Katolik kami, sama sekali tidak ada kekhawatiran berlebihan dari umat akan kehidupan/Berkat para Pastor, dan Para Pastorpun ga pernah mengkhawatirkan Berkatnya...Mereka sangat" percaya akan Janji dan Kemurahan Tuhan (Khotbah ttg Perpuluhan, sekalipun saya ga pernah dengar, apalagi pake angka")...Lihatlah Apakah Gereja Katolik semua susah/miskin ?

Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...
February 27, 2019, 02:12:40 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9612
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
om Siim dan Hen :
begini khayalan aku kalo ada orang islam atau orang buddha atau hindu atau atheis dll yg baru sekali datang ke gereja aku, pas lagi ada acara pembaptisan, dibacakan kewajiban membayar perpuluhan.

Nah om om sekalian yg terhormat coba khayalkan kejadian seperti itu. kira2 apa yg ada di benak mereka para orang yg belum percaya ketika mendengar ada pengutipan perpuluhan (dan setelah dicari tau, ooh rupanya 10% yah, benar2 gereja rupanya sangat mata duitan)???

gak usah dibacakan lah, kalo sampai orang nonKristen tau soal gereja mengajarkan bahwa perpuluhan itu 10% (kewajiban minimal) pasti mereka berpikir yg buruk soal gereja.

menurut aku (ada di denominasi tertentu) yg paling baik adalah seperti di alkitab itu di mana janda miskin itu memberi ke dalam kotak.

jadi cukup disediakan kotak saja sudah bagus tidak perlu diajarkan mengenai perpuluhan atau bahkan diBACAkan kewajiban itu di muka umum. ajarkan sj tentang mengucapkan syukur bisa dengan salah satunya ya memberi persembahan (jangan bicarakan atau jelaskan tentang 10% dari penghasilan itu). Itu dari sy...

NB : oh y coba jawab pengandaian yg di atas ya.

boleh2 saja berpikir bgt broh
tp itu cuma andai2 kan? :)

nah mari saya cerita realita, ini benar2 terjadi, saya mendengarnya dari kesaksian

orang Hindu itu biaya wajib mereka untuk beribadah jauhhhhh lebih besar dari umat Kristen
perhatikan saja kalo ke Bali
mereka tiap hari bikin semacam kembang2an, kalo lagi ada acara keagaamaan mereka bawa persembahan yang nilai nominalnya itu bisa jutaan bahkan puluhan juta broh

ketika ada yang masuk ke Kristen, salah satu dari mereka berkata : jadi orang Kristen itu enak, gak diwajibin bayar apa2, perpuluhan buat saya masih lebih rendah nominalnya dibanding dengan apa yang saya lakukan dulu, itu pun saya dikasih tahu kalau yang penting hati, bukan kewajibannya

soal ada yang salah paham tentang doktrin atau aturan atau pengajaran di gereja itu
bukankah itu bukan salah gerejanya om?
bukankah itu salah satu kewajiban kita sebagai jemaat dan gembala untuk kemudian memberikan pengertian yang baik tentang hal itu?
ibarat kata Yesus bilang tampar pipi kanan kasih pipi kiri, kalo ada yang ngartiin itu salah ya bukan salah Yesus dong

so serahkanlah kepada gereja masing2 yang mengeluarkan peraturan tersebut untuk kemudian membuat jemaatnya bisa mengerti bahwa perpuluhan itu bukan sekedar 10%, bukan paksaan, bukan syarat untuk dpat berkat, dll dll

nb :
gereja saya tidak membacakan aturan perpuluhan sebagai kewajiban dan bahkan sangat jarang berkotbah soal perpuluhan

kalo saya ada di gereja yang demikian pasti akan saya kasih masukan juga ke gembala supaya jangan diberlakukan demikian
February 27, 2019, 02:27:15 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9612
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Gereja yang "Benar" di mata Yesus menerapkan persembahan sukarela (jika dimaknai secara sederhana, berarti tidak ada angka minimum/prosentase). Angka minimal 10 % adalah manusia yang membuat...bukan Yesus. Apakah Petinggi/Pejabat Gereja lebih tinggi/lebih berhak dari Yesus ? Kita harus kokoh dalam memilih Iman, jangan setengah"...mau ikut Firman Yesus atau mau ikut apa kata Pendeta/Petinggi Gereja ? Tentukan Pilihanmu dengan keyakinan yang mantap....Jika kita beriman secara kokoh kepada Yesus, maka DIA akan menyayangi kita sepenuhnya....Jika Iman kita setengah", maka DIA tetap juga menyayangi kita (tapi setengah" juga, karena kita ragu terhadap Firman-Nya, karena masih bisa dipengaruhi oleh Pendeta/manusia yang telah salah menafsirkan maksud-Nya)....Yang parah banget nih, jika seseorang  sudah mengerti bahwa persembahan itu sukarela, tapi karena ingin memperkaya diri..dia memanfaatkan  jabatan dan memelintir makna ayat itu (menjadi kewajiban/10%), dan kemudian diajarkan kepada mereka" yang masih belum kuat Imannya... (Menipu dan Membodohi demi kepentingan diri sendiri)...
BTW, secara tanpa sadar, jika Bro masih mengkhawatirkan Berkat para Pendeta/HT (Sama aja Bro ragu Tuhan tidak akan memelihara mereka)...Jika kita ragu/khawatir, maka bisa terjadi hal yang kita ragukan itu....
Saya lihat, di kebanyakan Gereja Katolik kami, sama sekali tidak ada kekhawatiran berlebihan dari umat akan kehidupan/Berkat para Pastor, dan Para Pastorpun ga pernah mengkhawatirkan Berkatnya...Mereka sangat" percaya akan Janji dan Kemurahan Tuhan (Khotbah ttg Perpuluhan, sekalipun saya ga pernah dengar, apalagi pake angka")...Lihatlah Apakah Gereja Katolik semua susah/miskin ?

Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...

yup angka 10% itu manusia yang membuat

dan manusia itu bernama Abraham broh :)
dialah yang pertama kali  ercatat di Alkitab mempersembahkan sepersepuluh kepada imam TANPA perintah dari Tuhan

inilah yang benar, inisiatif atau hati Abraham yang baiklah itu yang diperhitungkan Tuhan
bukan nominalnya

pada akhirnya kita tahu Abraham adalah bapak orang beriman
dan Tuhan sendiri menurunkan taurat kepada Musa yang berisi tentang perpuluhan
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)