Author Topic: Non Kristen : Jangan percaya ajaran Perpuluhan, Tuhan tidak pernah minta uang  (Read 4782 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 02, 2019, 04:28:58 PM
Reply #80
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 590
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Bro...Sekedar info dikit ya...Sukarela itu rangenya dari 0-100%....mudah"an Bro ga gagal fokus juga....


Bro. Ronny ternyata yg saya cari itu adalah Yayasan katolik Atmabrata yg dipimpin seorang bruder dan yayasan TC bekerjasama utk membagi sembako bukan  krn koordinator sembakonya umat katolik tapi krn yayasan ini sudah punya pengalaman luas dalam misi sosial di daerah cilincing, Jakarta Utara, bantuan mereka juga mencakup masarakat kolong toll yg kondisinya menyedihkan.

Bro.Hen Hen mengatakan bahwa kita harus belajar menyumbang dari kekurangan dan orang miskin tetap harus menyumbang :
Quote
kepada orang miskin saya TETAP akan memberitakan kebenaran Firman Tuhan ini :
"lebih baik memberi daripada menerima"
so harus memberi gak? tetap harus


Orang miskin kok diharuskan menyumbang ? 

Apakah orang2 miskin spt ini pantas diharuskan menyumbang ?
Bagaimana mungkin mereka bisa menerima kabar keselamatan Injil bila disandung oleh doktrin2 kalian, orang miskin harus menyumbang, bahkan ditambah ajaran perpuluhan ? Tak adakah kasih untuk mereka ?
Jujur saja apakah pernah memikirkan hal ini ?

Ini adalah moment pembagian bantuan sembako di yayasan Atmabrata :


Syukurlah masih banyak orang2 yg bersedia merapatkan barisan menolong sesama yg miskin bukan meminta yg miskin nyumbang.

Foto Yayasan TC membagikan sembako, yayasan ini pantang membangun rumah ibadah, krn bagi mereka ibadah adalah menolong sesama, bukan melolong di rumah ibadah.


Bagaimana umat seberang bisa tertarik belajar Firman Tuhan bila orang2 miskin diharuskan menyumbang ?
Dan mereka dihadang oleh doktrin perpuluhan ? Apakah tidak ada rasa kesedihan sedikit juga melihat hal ini ?

Paulus berkeliling ke gereja2 di Asia utk mengumpulkan sumbangan bagi jemaat yg miskin di Yerusalem, Rasul2 pun membagi hasil penjualan tanah umat agar tidak ada yang berkekurangan, bukan masuk ke kantong mereka.

Bagaimana jika kamu orang miskin tapi diharuskan menyumbang ? Gak bisa ngomong daaaaah.

Jangan menyandung orang miskin daripada berita Keselamatan dgn doktrin perpuluhan.

Foto penerima bantuan sembako dari yayasan Atmabrata.
« Last Edit: March 02, 2019, 06:55:35 PM by Ashes to Ashes »
March 02, 2019, 05:40:16 PM
Reply #81
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Bro. Ronny ternyata yg saya cari itu adalah Yayasan katolik Atmabrata yg dipimpin seorang bruder dan yayasan TC bekerjasama utk membagi sembako bukan  krn koordinator sembakonya umat katolik tapi krn yayasan ini sudah punya pengalaman luas dalam misi sosial di daerah cilincing, Jakarta Utara, bantuan mereka juga mencakup masarakat kolong toll yg kondisinya menyedihkan.

Bro.Hen Hen mengatakan bahwa kita harus belajar menyumbang dari kekurangan dan orang miskin tetap harus menyumbang :
Orang miskin kok diharuskan menyumbang ? 

Apakah orang2 miskin spt ini pantas diharuskan menyumbang ?
Ini adalah moment pembagian bantuan sembako di yayasan Atmabrata :


Syukurlah masih banyak orang2 yg bersedia merapatkan barisan menolong sesama yg miskin bukan meminta yg miskin nyumbang.

Foto Yayasan TC membagikan sembako, yayasan ini pantang membangun rumah ibadah, krn bagi mereka ibadah adalah menolong sesama, bukan melolong di rumah ibadah.


Bagaimana umat seberang bisa tertarik belajar Firman Tuhan bila orang2 miskin diharuskan menyumbang ?
Dan mereka dihadang oleh doktrin perpuluhan ? Apakah tidak ada rasa kesedihan sedikit juga melihat hal ini ?

Paulus berkeliling ke gereja2 di Asia utk mengumpulkan sumbangan bagi jemaat yg miskin di Yerusalem, Rasul2 pun membagi hasil penjualan tanah umat agar tidak ada yang berkekurangan, bukan masuk ke kantong mereka.

Bagaimana jika kamu orang miskin tapi diharuskan menyumbang ? Gak bisa ngomong daaaaah.

Mata buta hati kejam menyandung orang miskin daripada berita Keselamatan dgn doktrin perpuluhan.

Bro, Ajaran Katolik adalah ajaran orisinil dari Yesus/PB...(Ga mudah terpengaruh oleh PL/Taurat)...
Pernahkan kamu melihat sesama umat Katolik berbantahan mengenai aturan di Gereja Katolik ?
Ajaran asli dari Yesus tidak akan menimbulkan Perbantahan...Justru yang masih belum bisa Fokus hanya ke Ajaran Yesus (masih mudah Terpengaruh oleh PL/Taurat) pasti suatu saat akan berada dalam kebingungan/Perbantahan/Bimbang, dll....Dan ini sangat wajar/logis...Kami Katolik ga heran kok sama ribuan Denominasi yg muncul, buat aturan" sendiri"....demi siapa ? Demi Yesus atau demi manusia ?....
Yup Bro...Ibadah Sejati adalah mengunjungi Yatim Piatu, Fakir dan janda" miskin...saya juga memprioritaskan ini kok disamping berdoa dan rajin beribadah...Itu merupakan perwujudan Kasih yang nyata dan tepat sasaran...
Tangan kanan memberi, tangan kiri sembunyi....Yesus mengajarkan agar kita mengasihi yang menyakiti kita dan menolong orang yang lemah tidak berdaya (mereka tidak mampu lsg membalas secara materi)...Bukan mengasihi orang yang mengasihi kita, menolong kepada orang yang bisa membalas (Balas Budi/berbalas pantun)...karena orang tidak mengenal Yesuspun sering berbuat seperti itu....

Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...
March 02, 2019, 06:26:06 PM
Reply #82
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 590
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Yup Bro...Ibadah Sejati adalah mengunjungi Yatim Piatu, Fakir dan janda" miskin...saya juga memprioritaskan ini kok disamping berdoa dan rajin beribadah...Itu merupakan perwujudan Kasih yang nyata dan tepat sasaran...

Thanks Bro. mengingatkan saya ayat yang anda sebutkan itu dimana Tuhan ingin kita membantu orang miskin:
Yakobus 1:27 Ibadah yang murni dan yang tak bercacat  di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi   yatim piatu dan janda-janda  DALAM KESUSAHAN MEREKA.

Terus bagaimana jika yatim piatu dan janda2 ini adalah jemaat gereja ?
Saya yakin Tuhan menghendaki kita mengunjungi yatim piatu dan janda2 bukan dengan tangan kosong agar bisa membantu kesusahan mereka, tidak ada ayatnya orang miskin harus menyumbang spt kata Hen Hen.







March 02, 2019, 06:35:57 PM
Reply #83
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Saya setuju untuk hal ini.
  :afro:.

Judul topik:
Jangan percaya ajaran Perpuluhan, Tuhan tidak pernah minta uang

berdasarkan kalimat diatas, masuk2 aja kalimat sbb :
Jangan percaya ajaran memberikan uang di Gereja, Tuhan tidak pernah minta uang.
March 02, 2019, 06:59:55 PM
Reply #84
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Maaf Bro Oda, Bro belum paham ajaran Kristen yang sebenarnya...Kristen artinya Pengikut Kristus
Ya... dan ajarannya : juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin

Quote
Persembahan secara suka rela
Saya nyempetin nyari2 ayat yg mengajarkan bahwa Persembahan secara suka rela, tapi belon ketemu, ron.

Kalimat ayat yg tak kopas diatas - kalo tak sandingin dgn kalimat oranye, itu perihal "suka rela"nya jadi kayak gini : "lu mao jual segala milik elo kek, setengahnya kek, sepersepuluhnya kek, seperseribunya kek... ya terserah.... serelanya elu dah".

Quote
...ga ada yang lain yang wajib" pake angka minimal segala
kosakatanya yg digunakan "SEGALA" ron. Jadi kalo mao dipikirpikir, yang ngajuin [10% dari "segala"] masih mending dari yg ngajuin [sesuka-relanya dari "segala"]

Quote
....itu jelas bukan sukarela menurut Yesus...
Gak usah menurut Yesus.
Nenek nenek juga tau bahwa [Gereja yang menerapkan "persembahan 10%"] ---> ini bukan sukarela.
IMO, persembahan itu BUKAN sedekah.

Idealis prinsip-nya :
Uang yang dimiliki itu uang Tuhan... atopun uang dari Tuhan.

So,
kenapa ribut thdp Gereja yg menerapkan "persembahan 10%", sementara padahal nilai 10% uang tsb ya uang-nya Dia Dia (Tuhan) juga ?
« Last Edit: March 02, 2019, 07:09:44 PM by odading »
March 03, 2019, 11:03:39 AM
Reply #85
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 590
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Saya nyempetin nyari2 ayat yg mengajarkan bahwa Persembahan secara suka rela, tapi belon ketemu, ron.

2 Korintus 9:7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut KERELAAN hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

PESAN RASUL PAULUS SANGAT JELAS JADI JANGAN BERDALIH BLA BLA BLAAAAAAH,
PELPULUHAN, PULUHAAAAN SEMUA PUNYA TUHAAN WHOA WHOA PULUHAAAN.

kenapa ribut thdp Gereja yg menerapkan "persembahan 10%", sementara padahal nilai 10% uang tsb ya uang-nya Dia juga ?[/i]
Tuhan tidak pernah minta uang.

Jangan menyandung kaki orang miskin daripada berita keselamatan dengan doktrin2 perpuluhan yg tidak Alkitabiah. Gereja jangan melihat perutnya sendiri, cobalah lihat orang2 ini :

Foto pembagian sembako di yayasan Atmabrata.
« Last Edit: March 03, 2019, 12:57:05 PM by Ashes to Ashes »
March 03, 2019, 07:36:06 PM
Reply #86
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Ya... dan ajarannya : juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin
 Saya nyempetin nyari2 ayat yg mengajarkan bahwa Persembahan secara suka rela, tapi belon ketemu, ron.

Kalimat ayat yg tak kopas diatas - kalo tak sandingin dgn kalimat oranye, itu perihal "suka rela"nya jadi kayak gini : "lu mao jual segala milik elo kek, setengahnya kek, sepersepuluhnya kek, seperseribunya kek... ya terserah.... serelanya elu dah".
 kosakatanya yg digunakan "SEGALA" ron. Jadi kalo mao dipikirpikir, yang ngajuin [10% dari "segala"] masih mending dari yg ngajuin [sesuka-relanya dari "segala"]
 Gak usah menurut Yesus.
Nenek nenek juga tau bahwa [Gereja yang menerapkan "persembahan 10%"] ---> ini bukan sukarela.
IMO, persembahan itu BUKAN sedekah.

Idealis prinsip-nya :
Uang yang dimiliki itu uang Tuhan... atopun uang dari Tuhan.

So,
kenapa ribut thdp Gereja yg menerapkan "persembahan 10%", sementara padahal nilai 10% uang tsb ya uang-nya Dia Dia (Tuhan) juga ?
Selama Mindset masih bisa terpengaruh PL/Taurat/duniawi, akan susah mengerti arti Persembahan yang dimaksud Yesus.
Bro Baca Alkitab lihat Konteks dong...Kalimat Yesus : Jualah seluruh hartamu dan bagikanlah kepada orang miskin lebih ditujukan kepada Murid/Rasul/Imam, Pastor (Orang" Terpanggil secara khusus)...Dan itu memang mereka harus  lakukan kok Bro...Selain disumpah Kaul Selibat, juga Kaul Kesederhanaan...Sesudah jadi Imam, mereka ga memiliki apa" (Rumah, Ortu, Keluarga/anak istri, mobil, dll)...Pindah daerah tugas cuma bawa badan dan Baju doang bro...

Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...
March 03, 2019, 08:28:57 PM
Reply #87
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Kalimat Yesus : Jualah seluruh hartamu dan bagikanlah kepada orang miskin lebih ditujukan kepada Murid/Rasul/Imam, Pastor (Orang" Terpanggil secara khusus)...
Wah... baru tau nih. Ternyata orang Kristen itu bukan murid Yesus  :rolleye0014:.




March 03, 2019, 09:15:48 PM
Reply #88
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Wah... baru tau nih. Ternyata orang Kristen itu bukan murid Yesus  :rolleye0014:.
Oh Bro Baru tahu ya...
Kalau saya sih masih merasa sebatas Pengikut Kristus biasa (Jemaat awam), kita" di Katolik tahu dirilah jika jadi jemaat biasa..dan ga mau menyaingi penafsiran Pastor/Uskup/Paus....Kalau ga tahu diri, dari dulu Katolik mah udah pecah sampai berapa ribu Denom kali Bro....Ada Hirarkhi yang harus kita percayai untuk menjaga "Kemurnian" Ajaran Yesus yang tidak terkontaminasi oleh ajaran PL (Ajaran Yesus: ESA : Mono Tafsir)....
Saya ngerti dan bisa memaklumi Bro...sampai kapanpun Bro pasti akan membela Perpuluhan (PL)....Bro ga sadar ya bahwa banyak ajaran Bro banyak yang mirip PL/Taurat (Perpuluhan = Nisab?) ? Apakah Bro ga sadar bahwa banyak pertentangan ajaran PL dan PB ? Opini saya : PL adalah cuma Cerita/Sejarah sebelum kedatangan Yesus/Tuhan (PB)....

Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...
March 03, 2019, 09:43:38 PM
Reply #89
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
2 Korintus 9:7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut KERELAAN hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.
Makasih masukan ayatnya.

juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin

Sekarang pertanyaannya :
Kalo memberikan 100% rela nggak ?

Silahkan dijawab, ash.

Quote
PESAN RASUL PAULUS SANGAT JELAS JADI JANGAN BERDALIH BLA BLA BLAAAAAAH,
PELPULUHAN, PULUHAAAAN SEMUA PUNYA TUHAAN WHOA WHOA PULUHAAAN.
Oh... kalo dirimu sendiri bilang "uang yang kumiliki itu bukan karena Tuhan", ya laen cerita.   :D

Quote
Tuhan tidak pernah minta uang.
Betul sekali. Dengan demikian, ngapain itu ngasih uang di Gereja kedalem kantong yg di edarkan ?

Quote
Jangan menyandung kaki orang miskin
Nggak ada hubungannya.
Janda miskin aja rela kok memberikan segalanya yg dia miliki.

Pertanyaanya idem:
Janda itu rela ato kagak sewaktu memberikan 100% nafkahnya tsb ?

Point-nya disini kan bukan di perihal persentasi.
walopun semua yg dimiliki 100% di persembahkan...
walopun cuma 0.0001%  yg dipersembahkan ....
tapi kalo ga ada kerelaan hati, ya percuma.

Thread ini ngebawa perihal "kerelaan" itu sudah didalam kondisi ngasih, yakni :
Ya... gue pasti ngasih.... TAPIIIII.... dgn syarat : ngasihnya berapa ya suka suka gue donk.... jangan di tentuin nilainya

respond:
oke. Sekarang kembali ke ayat sbb :
juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin

Nggak ada disitu dikatakan :
juallah sesukanya kamu berapa dari milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin.


Di kisahnya tidak diceritakan pemuda kaya tsb protes/respond Yesus :
"wew... suka2 gue donk mao berapa persen dari milik gue yg mao gue jual lalu dikasih buat orang miskin. Kalo ditentuin [segalanya (100%)] ---> ini mah meres"

Yang diceritain, pemuda itu ngloyor pergi.

Q:
KENAPA pemuda itu ngloyor pergi ?

A:
ya karena pemuda itu kaya dan dia GAK RELA segala miliknya dijual utk dikasih ke orang miskin.

oda:
but then sebenernya gak ada kaitannya dgn kaya/miskin...
karena tetep aja mungkin walopun pemuda tsb ekonomi sedang (nggak kaya),
belon tentu dia rela segala miliknya dijual utk dikasih orang miskin.

Nah...
kalo segalanya 100% gak rela,
relanya berapa ? 50% baru rela ? 10% ? dibawah 10% ?

Quote
Gereja jangan melihat perutnya sendiri
Udah saya tulis di post sebelumnya, kalimat di quote atas itu PRASANGKA. Dan bahkan taroh kata emang iya bener demikian, itu urusannya ada di Gereja itu sendiri. Ga ada sangkut pautnya dgn orang yang memberikan.

Dan udah saya tulis, kalo mao dipikir2 lebih jauh:
dgn adanya ayat tsb yang mintanya [100% dari yg dimiliki],
masih mending pihak yg ngajuin [10% dari yg dimiliki],
ketimbang pihak yg ngajuin [sesukanya dari yg dimiliki]
« Last Edit: March 03, 2019, 10:14:02 PM by odading »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)