Author Topic: Empat meterai, Empat Kuda dan Penunggangnya  (Read 908 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 15, 2019, 06:39:22 PM
Reply #10
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 134
  • Denominasi: Interdenominasi
Selanjutnya Nidus akan mulai membahas meterai ke-5 yang sangat erat kaitanya dengan kita, umat Tuhan, untuk mengambil bagian di dalamnya.

Bukan kebetulan bahwa setelah meterai kelima dibuka, maka yang dibahas bukan kuda lagi, namun jiwa-jiwa yang di bawah mezbah. Seperti pernah Nidus singgung di atas bahwa arti menunggang kuda adalah mengambil bagaian dalam pengaruh penguasaan dunia, dan cara dunia bekerja. Setelah kuda hijau maju dalam konstes penguasaan dunia, ternyata yang dibahas adalah masalah jiwa-jiwa. Jiwa-jiwa itu dikatakan adalah jiwa-jiwa yang dibunuh karena kesaksian, maka jelas jiwa-jiwa ini adalah orang-orang Kristen yang bersaksi. Dikatakan juga bahwa ternyata mereka harus menunggu kegenapan jiwa-jiwa lain yang seharusnya juga dibunuh sama seperti mereka, yaitu karena bersaksi. Bagian kita bukan ikut kompetisi menguasai dunia dengan doktrin Tuhan sekalipun, tetapi bersaksi.

Ini adalah teguran bagi orang Kristen di dunia yang memperlambat waktu Tuhan. Bagaimana orang Kristen memperlambat waktu Tuhan adalah dengan menahan kesaksian kita. Jika orang-orang Kristen cepat-cepat bersaksi, maka dengan cepat kita akan dibunuh dan menggenapi rencana Tuhan. Seperti dikatakan Rasul Petrus dalam 2 Petrus 3 ayatnya yang ke 11 dan 12. Disebutkan disana ada orang-orang yang harus menjalani sesuci-sucinya dan sesaleh-salehnya hidup, yaitu mereka yang menantikan Tuhan dan "mempercepat" kedatanganNya. Mengapa disebut mempercepat, ternyata ada yang memperlambat waktu Tuhan yaitu orang-orang Kristen yang menyayangi nyawanya lebih dari kehendak Tuhan. Padahal dengan lebih cepat bersaksi, lebih cepat dianiaya dan dibunuh, akan mempercepat proses kedatangan Tuhan. Tuhan sedang menunggu cawan murkaNya penuh yaitu dengan darah para martir, namun ternyata orang-orang Kristen sebagai calon martir lebih sayang nyawanya sendiri.

Orang yang menjalani kesucian hidup tidak akan takut mati dan justru mempercepat kedatangaNya dengan lebih cepat bersaksi, walaupun ia tau hasilnya akan dibunuh. Mengapa sekonyol itu pwmikirannya? karena mereka yang mempercepat waktu Tuhan itu tahu bahwa dunia ini bagaimanapun juga akan diakhiri, dan Tuhan akan membuat langit dan bumi yang baru bagi orang-orangNya. Maka lebih cepat lebih baik, karena dikatakan juga oleh Yesus sendiri dalam matius 4 ayat 22 yang berkata "Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; tetapi karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat". Siapa orang-orang pilihan itu, adalah mereka yang mempercepat kedatangan Tuhan dengan secepat-cepatnya bersaksi kepada dunia, menyerahkan nyawanya sebagai martir untuk menyelamatkan orang lain yang belum mengenal Tuhan. Karena waktu ini terus berjalan dan inilah bagian kita yaitu bersaski dan menjadi martir Kristus.

Jika kita sebagai orang Kristen enggan bersaksi, malah hidup sibuk mencari dan mengumpulkan kekayaan dunia, maka kitalah yang memperlambat waktu Tuhan. Namun jika kita mengerti bagian kita dan melakukan kesaksian kita dengan setia, maka kitalah orang-orang pilihan yang mempercepat kedatangan Tuhan, menjadi martir dan memenuhi cawan murka Tuhan, sehingga meterai ke enam yaitu penghukuman atas dunia akan lebih cepat dimulai.

Meterai ke enam mungkin tidak akan Nidus bahas, karena isinya hanyalah ketakutan dan kengerian. Fokus dan tujuan dari bahasan yang Nidus sampaikan adalah untuk kita sebagai orang Kristen, marilah bersaksi, walaupun kita tahu kita akan dibunuh karena kesaksian kita. Karena jelas diaktakan di Alkitab bagian kita adalah menjadi martir dan bukan ikut andil dalam pertarungan 4 kuda utuk menguasai dunia, walaupun kadang kedok alasan kita adalah memenangkan dunia bagi Tuhan dan memuliakan nama Tuhan. Bukan begitu cara memenangkan dunia, Tuhan hanya butuh jiwa-jiwa yang mau mensucikan dirinya, yang akan dipeliharaNya sebagai umatNya. Mengertilah bahwa Tuhan akan hancurkan dunia ini, kemudian Tuhan akan membuat yang baru (langit baru dan bumi baru) untuk kita umat pilihanya tinggali, tidak ada rencana Tuhan untuk mempertobatkan semua manusia di dunia ini, hanya mereka yang terpanggil dan terpilih saja. Tuhan menunggu kita, yaitu lewat kesaksian kita kepada Dunia.

GB.
« Last Edit: May 15, 2019, 06:58:01 PM by Nidus »
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
May 15, 2019, 06:42:02 PM
Reply #11
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 134
  • Denominasi: Interdenominasi
Dengan busur saja tanpa anak panah bagaimana caranya menguasai dunia ?
Inggris, Portugis, Belanda, Spanyol, Mongol, Jepang, Hitler, semua pakai persentajaan lengkap untuk menduduki negara2 jajahan. ini tdk sinkron dengan gambaran membawa busur saja.

Imho ANTIKRIS AKAN MUNCUL DENGAN MEMBAWA PESAN PERDAMAIAN
Sebab jika tdk membawa perdamaian bagi dunia bagaimana dunia bisa menerima dia ?


http://forumkristen.com/index.php?topic=63538.0


Jika teman, membaca dengan lengkap maka teman akan tahu bagaimana perdamaian dunia itu sekarang sedang dikerjakan oleh PBB. Sekarang semua orang menerima perdamaian oleh PBB.

Busur tak ber-panah adalah asumsi dan penafsiran saja, bagaimana kita tahu busur itu tidak berpanah? Nidus sebagai pembaca tidak berandai-andai bahwa busur tidak berpanah, karena dengan menyebut kata busur saja, secara otomatis busur itu seharusnya memiliki anak panah. Menurut Nidus penafsiran busur tidak beranak panah adalah karena orang Kristen berusaha mencocokan perdamaian yang dibawa antikristus dengan kuda putih.

Menurut Nidus, antikris justru akan muncul setelah semua kuda adu jotos. Mungkin memang dari pihak kuda putih yang akan mengusulkan sistem si antikris dengan menyatukan dunia dalam satu kendali kuasa. Tapi kuda merah dan kuda hijau juga berpeluang memunculkan antikirs, atau malah si pelacur yang duduk diatas binatang yang akan melakukanya.
« Last Edit: May 15, 2019, 07:07:37 PM by Nidus »
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
May 16, 2019, 09:28:21 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2878
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Fokus dan tujuan dari bahasan yang Nidus sampaikan adalah untuk kita sebagai orang Kristen, marilah bersaksi, walaupun kita tahu kita akan dibunuh karena kesaksian kita. Karena jelas diaktakan di Alkitab bagian kita adalah menjadi martir dan bukan ikut andil dalam pertarungan 4 kuda utuk menguasai dunia, walaupun kadang kedok alasan kita adalah memenangkan dunia bagi Tuhan dan memuliakan nama Tuhan. Bukan begitu cara memenangkan dunia, Tuhan hanya butuh jiwa-jiwa yang mau mensucikan dirinya, yang akan dipeliharaNya sebagai umatNya. Mengertilah bahwa Tuhan akan hancurkan dunia ini, kemudian Tuhan akan membuat yang baru (langit baru dan bumi baru) untuk kita umat pilihanya tinggali, tidak ada rencana Tuhan untuk mempertobatkan semua manusia di dunia ini, hanya mereka yang terpanggil dan terpilih saja. Tuhan menunggu kita, yaitu lewat kesaksian kita kepada Dunia.
I like that!
"Mati keren" maunya
Bukan mati yg alamiah

JBU Bro!
« Last Edit: May 16, 2019, 10:03:53 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
May 16, 2019, 11:37:45 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9650
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kuda hijau itu lengkapnya adalah kuda hijau kuning
bahasa Inggrisnya "pale green" kalo dak salah

penunggangnya bernama Maut
selain membunuh pake pedang, juga pakai kelaparan, sampar, dan binatang buas

jangan terlalu yakin dulu ini cocok :)
gak boleh comot2 sebagian
May 16, 2019, 11:23:31 PM
Reply #14
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 134
  • Denominasi: Interdenominasi
kuda hijau itu lengkapnya adalah kuda hijau kuning
bahasa Inggrisnya "pale green" kalo dak salah

penunggangnya bernama Maut
selain membunuh pake pedang, juga pakai kelaparan, sampar, dan binatang buas

jangan terlalu yakin dulu ini cocok :)
gak boleh comot2 sebagian

Menurut satu rujukan belajar Nidus dalam bahasa Inggris, tidak ada yang menunjukan kata kuning, tapi memang betul disebutkan "pale green", terjemahan Indonesianya, hijau pucat. Kata "pale" dalam bahasa Inggris bisa diartikan pucat, putih, muda, pudar, kucam, dan tidak ada satupun yang merujuk ke warna kuning. Kata "pale" sendiri oleh seorang pendeta berbahasa inggris, dikembalikan ke bahasa aslinya yaitu Yunani, sebagai hijau. Menurut dia kenapa muncul kata "pale" sebelum "green" adalah karena penterjemah melakukan penafsiran bahwa kuda berwarna hijau itu tidak ada, memang pada kenyataanya tidak ada kuda berwarna hijau. Itulah kenapa ditambahkan kata "pale" / artinya pucat, agar penglihatan itu tidak terlihat seperti fantasi yang tidak normal.

Kita harus lebih berani meneliti untuk memahami makna dalam Alkitab yang sebenarnya. Seperti Contoh kata yang Nidus singgung diatas yaitu "maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan" dalam konteks kuda putih, jika mau dikembalikan ke bahasa inggris seharusnya berkata "winning and to win". Namun bukan begitu, dalam bahasa Inggrisnya sebetulnya dikatakan "conquering and to conquer" dimana terjemahan literalnya adalah "menaklukan dan menguasai".

Jadi ada sedikit perubahan makna saat kita merubah terjemahan yang sudah diperhalus dalam bahasa Indonesia, apabila dikembalikan ke terjemahan literal tanpa memperhalus bahasa. Jika diartikan sebagai "pemenang dan merebut kemenangan" adalah pengertian yang secara umum sebagai tindakan positif dalam sebuah kompetisi, namun jika dikatakan "menaklukan dan menguasai", maka yang terbentuk adalah stigma negatif, yaitu tindakan ambisi untuk menguasai.  Dengan demikian persepsi pembaca bisa terpengaruhi oleh peng-arti-an yang dipilih dan dapat memiliki persepsi berbeda tentang kuda putih.

Semua yang Nidus jelaskan adalah poin-poin utuh, terurut, dan menyeluruh dari semua kuda yang disebutkan, tanpa melakukan comot sebagian ayat saja, malah menurut Nidus sudah lengkap dan juga kronologinya berurutan.
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
May 17, 2019, 11:11:46 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2878
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Teman-teman mungkin juga sukar percaya kalau nanti Nidus terangkan siapa yang menguasai Inggris sebetulnya,
singkatnya untuk bocoran bahwa keluarga kerajaan Inggris masih tidak lebih kuat dari keluarga Rostchild.
Tumpahkan saja, Bro, pelan2
Spy semua selalu waspada
Rajin mendengar berita
Pd saatnya ber-jaga2

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
May 17, 2019, 12:00:46 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9650
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalau mau meneliti begituan, saya sarankan dari bahasa aslinya, Inggris pun juga adalah terjemahan dari bahasa aslinya

yang jelas kata2 yang disitu bukanlah hanya "hijau" saja, silahkan ditelaah sendiri warna hijau pucat, kusam, pudar, dan lain sebagainya itu cocok gak dengan yang ada sekarang

kamu bilang kamu udah menjelaskan runut? yang terlihat dari saya kamu hanya mengambil sebagian ayat Alkitab dan mencocokannya dengan kondisi yang emang ada sekarang

bagaimana dengan penunggang maut?
bagaimana dengan kelaparan?
bagaimana dengan sampar?
bagaimana dengan binatang buas?

ini baru satu kuda
lom kuda lainnya :)
May 17, 2019, 12:28:02 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2878
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Atu-atu atuh!
Ingrisnya: "One step ahead!"
Terlalu banyak "bagaimana2"-mu, Hen
Dan tak memberi penjelasan yg memadai

To the point,
Kau tuh tak suka warna kuda2-nya
Atau kita hrs mencari warna2 yg sebenarnya?

Kali semua kita "buta warna" [Luk 6:39-42]
Yesus membuat perumpamaan kpd kita:
"Dapatkah orang buta menuntun orang buta?
Bukankah keduanya akan jatuh ke dlm lobang?"


Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
May 17, 2019, 03:14:05 PM
Reply #18
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 134
  • Denominasi: Interdenominasi
kalau mau meneliti begituan, saya sarankan dari bahasa aslinya, Inggris pun juga adalah terjemahan dari bahasa aslinya

yang jelas kata2 yang disitu bukanlah hanya "hijau" saja, silahkan ditelaah sendiri warna hijau pucat, kusam, pudar, dan lain sebagainya itu cocok gak dengan yang ada sekarang

kamu bilang kamu udah menjelaskan runut? yang terlihat dari saya kamu hanya mengambil sebagian ayat Alkitab dan mencocokannya dengan kondisi yang emang ada sekarang

bagaimana dengan penunggang maut?
bagaimana dengan kelaparan?
bagaimana dengan sampar?
bagaimana dengan binatang buas?

ini baru satu kuda
lom kuda lainnya :)

4 pertanyaan Henhen, menunjukan Henhen belum membaca dengan lengkap di komen (Reply # 4 dan Reply # 5 ) yang kemarin-kemarin sudah Nidus jelaskan satupersatu di dalamnya tentang pertanyaan-pertanyaan Henhen ini. Silahkan HenHen baca di komen 4 dan 5, disitu sudah ada semua Nidus jelaskan lho.

Nidus memang mencocokoan nubuatan itu dengan kenyataan, karena itulah gunanya nubuatan dan penglihatan yaitu untuk dicocokan dengan kejadian yang nyata. Dan penjelasan yang Nidus lakukan pasti sudah runut bagi mereka yang sudah membaca bahasan Nidus dengan lengkap di versi lengkap dari awal (bukan rangkumanya saja), dan juga jika pembaca tidak melakukan skip/loncat-loncat.
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
May 17, 2019, 03:15:50 PM
Reply #19
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 134
  • Denominasi: Interdenominasi
Tumpahkan saja, Bro, pelan2
Spy semua selalu waspada
Rajin mendengar berita
Pd saatnya ber-jaga2

Salam Damai!


Pasti pada saatnya akan Nidus bongkar dan bahas bro..  :happy0062: :afro:
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)