Author Topic: Sola Sriptura, Prima Scriptura, Tradisi, Magisterium  (Read 1778 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 11, 2019, 08:46:43 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
aku pernah ke gereja pentakosta, pada waktu itu pengkotbahnya itu adalah seorang nabi (atau dianggap oleh jemaat adalah nabi), waktu itu dia ada menceritakan pengalaman bahwa dia mendapat 'nubuat' bgini begitu.

nah ini bagaimana om?
Menurut saya sih tergantung gimana nubuatannya.
Kalau dia sudah membuat pengajaran atau dogma berdasarkan nubuatan yang tidak ada di alkitab, itu berarti dia sudah tidak berpijak pada sola scriptura lagi.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
June 11, 2019, 12:08:39 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2154
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Kenapa bisa menyulut perpecahan?
...seharusnya para rasul menangkap bahwa Petrus dipilih menjadi penerus ajaran Kristus. Namun faktanya, karena para penerus rasul tidak mempercayai sikap dan perbuatan Tuhan Yesus Kristus yang memilih seorang dari antara rasul itu, mengklaim semua rasul dan penerus rasul adalah sama hak dan kewajiban, yah... pecah deh.
Kurasa karena mulanya Allah yg sengaja memecahkan bahasa di Babel
Sebab dgn satu bahasa, satu logat mereka muter2 mulu pd satu sumbu putar
Manusia jadi blo'on, tak berani mencar ke penjuru bumi yg telah disediakan Allah

Itulah sebabnya sampai sekarang nama kota itu disebut Babel,
karena di situlah dikacaubalaukan TUHAN bahasa seluruh bumi
dan dari situlah mereka diserakkan TUHAN ke seluruh bumi.

Lalu Abraham dipanggil dr daerah itu, Mesopotamia
Ia menjadi bapak org beriman, moyang bangsa Israel
Dr Israel timbul Yahudi, dr pd-nya keselamatan [Yoh 4:22]

Kata Yesus kpd kita2 kini:
Akulah gembala yang baik
dan Aku mengenal domba2-Ku
dan domba2-Ku mengenal Aku

Kemudian Yesus mencurahkan ROH KUDUS
Menyatukan pengajaran-Nya melalui pendengaran
Lalu para rasul dpt berkata2 dgn ragam bahasa asing

Yerusalem heran, koq, org Galilea gile2, Yahudi KW-2 bisa bahasa2 asing?
Bahasa Partia, bah.Media, Elam, Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,
Bah. Frigia dan Pamfilia, Mesir, bah.daerah Libia dekat Kirene, Kreta , Arab, “kali2 Swahili pun”

Mungkin itu sebab Yesus memilih 12 murid-Nya
Utk menjadikan semua bangsa menjadi murid-Nya dan
Mebaptis mereka dlm nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS

Maka dgn demikian perpecahan itu indah, Bro!
Sing penting perpecahannya bukan karena meledak
Meledak karena hubungan pendek atau bom+daging
Atau karena sabotase demi memanen kuasa duit dunia

Salam Damai!

« Last Edit: June 11, 2019, 04:18:42 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
June 11, 2019, 05:37:01 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Menurut saya sih tergantung gimana nubuatannya.
Kalau dia sudah membuat pengajaran atau dogma berdasarkan nubuatan yang tidak ada di alkitab, itu berarti dia sudah tidak berpijak pada sola scriptura lagi.

Contoh Pengajaran YANG TIDAK ADA DI ALKITAB misalnya apakah contohnya "Ajaran bahwa Tuhan CUMA berFIRMAN SEJUMLAH 66 kitab"?
« Last Edit: June 11, 2019, 05:39:47 PM by cadangdata »
June 11, 2019, 06:10:46 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Contoh Pengajaran YANG TIDAK ADA DI ALKITAB misalnya apakah contohnya "Ajaran bahwa Tuhan CUMA berFIRMAN SEJUMLAH 66 kitab"?
Kalau contoh orang idiot itu elu.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
June 12, 2019, 01:08:22 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Kalau contoh orang idiot itu elu.

iya memang.. elo saking pinternya dan saking udah paham pikiran tuhan...
sampe-sampe ELO merasa kompeten untuk ber-FIRMAN bahwa
"Tuhan itu cuma NGOMONG SETEBAL 66 kitab, habis itu mingkem" padahal tidak ada dasar scriptura-nya

dan FIRMAN ALEPH ini juga INFALLIBLE sifat-nya sehingga SETARA KEBENARANNYA Dengan Firman Tuhan.

luarbiasa pinter banget elo ya..
hahahahaha
June 12, 2019, 01:22:02 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
iya memang.. elo saking pinternya dan saking udah paham pikiran tuhan...
sampe-sampe ELO merasa kompeten untuk ber-FIRMAN bahwa
"Tuhan itu cuma NGOMONG SETEBAL 66 kitab, habis itu mingkem" padahal tidak ada dasar scriptura-nya

dan FIRMAN ALEPH ini juga INFALLIBLE sifat-nya sehingga SETARA KEBENARANNYA Dengan Firman Tuhan.

luarbiasa pinter banget elo ya..
hahahahaha
ini orang idiot lagi sakau
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
June 12, 2019, 03:20:22 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
ini orang idiot lagi sakau

haha...

gw cuma menanggapi post elo sendiri yg ini:
Menurut saya sih tergantung gimana nubuatannya.
Kalau dia sudah membuat pengajaran atau dogma berdasarkan nubuatan yang tidak ada di alkitab, itu berarti dia sudah tidak berpijak pada sola scriptura lagi.

maka gw tanya:
kelompokmu MEMBUAT suatu AJARAN atau DOGMA bahwa "Tuhan CUMA BERFIRMAN setebal 66 KITAB", yang ternyata Ajaran itu TIDAK ADA DI ALKITAB, apakah bisa diartikan bahwa TIDAK BERPIJAK PADA SOLASCRIPTURA LAGI?

kalo kamu memang masih merasa berpijak pada solascriptura, kan tinggal ditunjukkan aja Dasar Scriptura dari AJARAN / DOGMA mu "tuhan CUMA BERFIRMAN setebal 66 KITAB" itu..

beres kan?

enggak perlu pakai ngomong idiot sakau segala..
tinggal tunjukin aja dengan gagah berani nomer ayatnya, seperti ketika kamu "mengkoreksi kekeliruan" Ajarannya ORANG LAIN...

kok malah plintat plintut cari alesan sana sini?
June 12, 2019, 03:28:15 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
haha...

gw cuma menanggapi post elo sendiri yg ini:
maka gw tanya:
kelompokmu MEMBUAT suatu AJARAN atau DOGMA bahwa "Tuhan CUMA BERFIRMAN setebal 66 KITAB", yang ternyata Ajaran itu TIDAK ADA DI ALKITAB, apakah bisa diartikan bahwa TIDAK BERPIJAK PADA SOLASCRIPTURA LAGI?

kalo kamu memang masih merasa berpijak pada solascriptura, kan tinggal ditunjukkan aja Dasar Scriptura dari AJARAN / DOGMA mu "tuhan CUMA BERFIRMAN setebal 66 KITAB" itu..

beres kan?

enggak perlu pakai ngomong idiot sakau segala..
tinggal tunjukin aja dengan gagah berani nomer ayatnya, seperti ketika kamu "mengkoreksi kekeliruan" Ajarannya ORANG LAIN...

kok malah plintat plintut cari alesan sana sini?
Lha elunya emang idiot kok.
Tuh ditrit sebelah udah dijawab secara gamblang dan terbukti elu yang guoblok. Eh, malah mau meracau di trit ini.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
June 12, 2019, 05:55:52 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Lha elunya emang idiot kok.
Tuh ditrit sebelah udah dijawab secara gamblang dan terbukti elu yang guoblok. Eh, malah mau meracau di trit ini.

sebelah mana?
trit sebelah mana yang elo tunjukkan Dasar Scriptura nya?

sebelah sumur?
ngimpi yaaaaa
haha...

jadi ada dasar scripturanya gak nih Ajaran Dogma yang kamu imani itu?
June 12, 2019, 08:20:51 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3548
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Setelah mencermati ulang pada judul trit, kutangkap, Katolik tidak terwakili.
Katolik itu mengacu kepada Scriptura tanpa prima, Tradisi Gereja atau Tradisi Suci, dan Magisterium. Sependek pengetahuanku, Scriptura, Tradisi Suci, dan Magisterium yang diimani Katolik, saling bersinergi melayani Firman Tuhan (Yesus Kristus). Tidak ada yang prima dari ketiganya, atau ketiga-tiganya prima.

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)