Author Topic: Apa itu Gereja dan Apa yang Tuhan Kehendaki Darinya?  (Read 138 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 20, 2019, 09:57:58 AM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 120
  • Denominasi: Protestan


Ketika mendengar kata “gereja”, mungkin yang pertama kali terlintas di benak kita adalah sebuah bangunan ibadah. Namun, apa sebenarnya pengertian gereja menurut Alkitab?

Gereja adalah Tubuh Kristus
Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. – Kolose 1:18
Pada ayat di atas, tertulis kata “jemaat”, yang tak lain adalah gereja. Gereja digambarkan seperti tubuh yang memiliki kepala. Tubuh itu adalah jemaat, dan Yesus adalah kepala bagi tubuh tersebut. Jadi, arti gereja menurut Alkitab adalah kumpulan orang-orang percaya yang menjadikan Yesus sebagai kepala mereka.

Banyak Anggota tapi Tetap Satu
Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. – 1 Korintus 12:12
Jemaat gereja di negeri ini memiliki keragaman yang luar biasa. Mulai dari suku bangsanya—misalnya Jawa, Batak, Ambon, Papua, Tionghoa—hingga variasi karakternya, seperti koleris, sanguin, plegmatis, dan melankolis. Ada yang hidupnya makmur, sederhana, atau kekurangan; ada yang berpendidikan tinggi atau sedang-sedang saja, dengan talenta berbeda-beda, misalnya mahir dalam public speaking, menyanyi, menulis, olahraga, dan lain-lain.
Terlepas dari semua perbedaan itu, kita semua adalah satu tubuh, karena kita memiliki bapa yang sama yaitu Kristus. Kita semua adalah saudara dan saudari di dalam Tuhan.

Saling Membutuhkan dan Saling Melengkapi (1 Korintus 12:12-27)
– 1 Korintus 12:18
– Roma 12:4
Tubuh kita terdiri dari banyak bagian; ada telinga, kaki, mata, jantung, kulit, dan lain-lain. Tidak ada anggota tubuh yang lebih penting atau lebih dibutuhkan ketimbang yang lain (1 Korintus 12:14-17). Setiap anggota diciptakan untuk tugas berbeda, masing-masing punya fungsi agar metabolisme dan aktivitas tubuh kita berjalan baik.
Seperti halnya tubuh, Tuhan merancang kita untuk saling melengkapi di dalam gereja. Jadi, semua anggota jemaat saling membutuhkan dan diharapkan untuk saling memerhatikan (1 Korintus 12:25). Anggota yang tak mengenyam pendidikan lanjutan sama pentingnya dengan anggota yang lebih terpelajar. Mereka yang hidupnya berkecukupan atau pandai bicara pun tidak berarti paling hebat sehingga tak lagi membutuhkan yang lain.

Satu untuk Semua, Semua untuk Satu
Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. – 1 Korintus 12:26
Di dalam gereja,  tidak ada istilah, “Urusanmu bukan urusanku, masalahmu bukan masalahku.” Ketika kaki kita terluka, mulut kita tidak akan memekik gembira atau malah menertawakannya. Justru, anggota-anggota tubuh yang lain akan secara otomatis mencari pertolongan supaya kaki yang terluka tidak kesakitan dan dapat pulih.
Demikian pula kita sebagai anggota tubuh Kristus: “Urusanmu adalah urusanku juga, masalahmu adalah masalahku juga.” Jika ada saudara / saudari yang terkena musibah, kita semua turut sedih dan prihatin. Ketika ada saudara / saudari yang menderita, kita ikut merasakan penderitaan tersebut. Pun ketika ada saudara / saudari yang diberkati Tuhan, kita turut merayakan sukacita mereka.

Saling Menasihati
Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan “hari ini”, supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa. – Ibrani 3:1
Rancangan lain yang Tuhan kehendaki untuk hubungan di dalam gereja adalah agar kita saling menasihati satu sama lain.
Sikap saling menasihati ini menandakan bahwa Allah tidak ingin kita menjalani kehidupan rohani sendirian. Dia ingin ada orang lain yang bisa membimbing dan memberi pengertian kepada kita. Seseorang yang bisa kita percaya, yang bersamanya kita dapat berbagi suka dan duka. Tentunya, mereka adalah orang-orang yang memiliki kedekatan dengan Allah dan dapat membangun iman kita.
– Ibrani 10:24-25
Marilah kita turut mengambil bagian sebagai anggota tubuh Kristus sesuai peran masing-masing. Jangan minder dan merasa tidak berguna, atau sebaliknya, menganggap diri lebih penting. Peran apa pun yang Anda terima bukanlah suatu kebetulan, melainkan sudah Allah rencanakan. Gunakanlah semaksimal mungkin apa yang Tuhan percayakan kepada Anda untuk membangun gereja sesuai dengan rancangan-Nya.
Amin.

Source : https://gkdi.org/blog/gereja/
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)